Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 61848 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rita
"Representasi data multimedia seperti gambar, musik dan video dalam bentuk digital mempermudah penyebaran data multimedia tersebut melalui jaringan internet. Hal ini pada akhirnya menyebabkan penyalahgunaan data multimedia yang mengancam keamanan hak cipta. Digital watermarking adalah metode penyisipan informasi, yang disebut sebagai watermark, pada data multimedia sedemikian rupa sehingga tidak dapat dideteksi oleh manusia (Imperceptibility) tetapi dapat dengan mudah dideteksi oleh komputer[2]. Watermarking berguna untuk melindungi data yang didistribusikan melalui Internet atau secara nirkabel dari penduplikasian ilegal. Teknik watermarking berbasiskan wavelet kemudian dipadukan dengan informasi-informasi dari karakteristik sistem penglihatan manusia merupakan salah satu algoritma yang digunakan dalam watermarking pada gambar digital.
Pada skripsi ini, analisis dilakukan untuk melihat hubungan sifat perceptual imperceptibility dari watermark dengan tingkat pendeteksian. Hal ini dilakukan karena salah satu ciri dari watermarking yang utama adalah memiliki sifat imperceptibility. Proses analisis didukung dengan simulasi yang dibuat menggunakan MATLAB versi 7.0.1. dan diujicobakan pada lima buah gambar hitam-putih berukuran 256x256 pixel.
Pada hasil simulasi didapatkan bahwa gambar Lenna, Matches, dan Crowd memiliki nilai alpa sebesar 0.001-0.01 untuk mendapatkan visual imperceptibility yang baik dan masih dapat terdeteksi. Sedangkan gambar Rose dan Cameraman memiliki batas nilai alpa sebesar 0.002-0.01. Batas ketahanan terhadap Gaussian noise ketika gambar-gambar input disisipi watermark dengan nilai alpa sebesar 0.01 adalah pada variance Gaussian noise sebesar 0.04 untuk gambar Lenna, 0.01 untuk gambar Rose, 0.05 untuk gambar Matches dan Crowd, 0.03 untuk gambar Cameraman."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S40737
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dionysius Hendri Setianto
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
TA3408
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Daniel Ortega
"Perkembangan dunia internet yang begitu cepat pada dekade terakhir ini telah membuka peluang produsen untuk memproduksi secara komersial media dijital. Media ini mencakup data, teks, gambar, audio maupun video. Untuk itu pengembangan perlindungan terhadap hak kekayaan intelektual menjadi isu yang sanngat penting, Watermarking adalah teknologi yang mampu melindungi hak kekayaan intelektual dari pemilik konten. Pada tugas skripsi ini disajikan skema real time video stream watermarking dengan menggunakan Transform Wavelet Diskrit. Dalam sistem ini, watermark disisipkan pada setiap frame yang ditangkap oleh webcam yang diproses dengan real time.

The fast development of the Internet in the last decade has increased the company's opportunity for commercial presentation of their digital media products. The media may include data, text, image, audio and video. The intellectual property right protection is becoming an increasing important issue, digital watermarking is a technology that capable to protect the intellectual property right of the content owners. This paper presents a real time video stream watermarking scheme using Discrete Wavelet Transform. In this system, watermark is embedded in frames that captured by webcam in real time."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51438
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Arif Rakhman Hakim
"ABSTRAK
Watermarking merupakan teknik penyisipan data atau informasi yang bersifat rahasia ke dalam media data digital lainnya. Watermarking pada citra digital dibutuhkan sebagai perlindungan terhadap kepemilikan citra digital. Tujuan penelitian ini adalah merancang simulasi algoritma watermarking dengan menggunakan transformasi wavelet diskrit dari beberapa mother wavelet seperti diskrit meyer, daubechies, symlet, dan haar. Hasil pengujian penyisipan citra watermark dengan beberapa dimensi yang berbeda, citra watermark dengan dimensi 64 x 64 piksel memiliki hasil yang paling baik. Proses watermarking dengan dekomposisi yang paling baik pada percobaan ini terjadi pada dekomposisi satu level. Pengujian penyisipan watermark dengan sub-band LL,LH,HL, dan HH, didapat bahwa penyisipan pada sub-band LL memiliki nilai PSNR yang paling baik. Citra asli yang telah disisipkan dengan citra watermark juga di uji secara subjektif. Hasil dari citra yang terwatermark tidak dapat dideteksi secara langsung oleh koresponden karena perubahan citra terwatermark tidak jauh berbeda dengan citra asli. Pengujian citra terwatermark terhadap robustness dengan ?salt & pepper? terjadi penurunan kualitas citra yang sangat tinggi. Pengujian citra terwatermark terhadap robustness dengan AWGN, tidak banyak mempengaruhi kualitas citra terwatermark. Nilai power noise dari AWGN yang diujikan dari 10-40 db, dengan nilai maksimum power noise dari AWGN adalah 40 db. Dari hasil percobaan beberapa jenis keluarga wavelet yang paling baik adalah diskrit meyer.

ABSTRACT
Watermarking is a technique of embedding the data or information that is confidential to the other digital data media. Digital image watermarking is needed as a protection against the ownership of digital images. The purpose of this study is to design a simulated watermarking algorithm using discrete wavelet transform of a mother wavelet such as discrete meyer, daubechies, symlet, and haar. Test results with the embedding a watermark image several different dimensions, watermark image with dimensions of 64 x 64 pixels have the best result. The best decomposition process of watermarking in this study occurred at a single level of decomposition. Watermark embedding testing with sub-bands LL, LH, HL, and HH, found that the embedding in sub-band LL has the best PSNR values. The original image has been embedded with a watermark image was tested subjectively. The results of the watermarked image can not be detected directly by the correspondents because the change of watermarked image is not much different from the original image. The robustness of watermarking image with "salt and pepper" shows decrease in quality greatly. However, the test by adding the AWGN showed that the robustness did not affect the quality of watermarked image. The experimental result by varying power noise, ranged from 10 db to 40 db, with a maximum power noise of AWGN is 40 db. From the experimental results, the discrete meyer is the best type among the wavelet family."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43322
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rinaldi Munir
"Asymmaetric watermaking scheme enable one can detect public watermark. Watermark detection doesn't need secret ke or original multimedia data. Watermark detection done by doing correlation test between public keys and data multimedia tested. Usually scheme, private keyis watermark inserted; public key is public key that correlated with private watermark.In this paper presents asymmetricwatermaking scheme concept that based on correlation test, and continue with review some asymmetric watermarking proposals that already publish."
Penelitian Akademik Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Teknik Komputer Surabaya, 2007
001 GJMI 9:1 (2007)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Jemmy Susanto
"Teknologi digital yang berkembang sekarang menyebabkan adanya data berbentuk digital, rermasuk data citra diam (image). Tetapi keterbatasan teknologi media penyimpanan digital dan kecepatan saluran transmisi menyebabkan diperlukannya teknologi untuk kompresi gambar yang handaL Salah satu tekoologi kompresi citra diam yang dapat diandalkan adalah Embedded Block Coding with Optimized Truncarion(EBCOT). Teknologi EBCOT melaknkan kompresi dengan mengganti parameter dari nilai-nilai koefisien citra dengan parameter pengganti yang lebih kecil uknrannya. Proses ini yang disebut dengan truncal ion. Dipakainya basis transformasi wavelet diharapkan dapat menutupi kekurangan yang terdapat pada EBCOT dalam memampatkan citra heterogen. Sedangkan penggunaan Arithmetic Coding setelah proses EBCOT akan membantu besamya rasio kompresi citta tanpa menghilangkan nilai kualitas dari citra yang dimampatkan. Untuk melihat keandalan kompresi EBCOT maka dilakukan perhitungan parameter pada kompresi citra diam. Dari basil perhitungan dapat diketabui bahwa step size kuantisasi untuk EBCOT akan barpengaruh terhadap basil perhitungan. Semakin besar faktor kuantisasi maka semakin basar rasio kompresi dan semakin kecil PSNR(Peak Signal to Noise Ratio)."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S39984
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
Yuli
"Organisasi merupakan salah satu sistem yang terdiri dari banyak subsistem. Salah satunya adalah faktor manusia yang menambah kedinamisan organisasi tersebut. Segala kedinamisan ini harus dapat ditangani oleh seorang manajer yang baik. Namun untuk dapat mempelajari suatu sistem dinamis dan kompleks dalam waktu cepat itu tidaklah mudah. Oleh karena itu dibuatlah permainan Executive Decision Plus, yang diharapkan dapat mempermudah proses belajar bagi para peserta yang ingin mempelajari kedinamisan suatu sistem bisnis lengkap dengan faktor manusia didalamnya. Adapun permainan ini mengadapatasi dari permainan Executive Decision. Pada penelitian ini, pertama akan dicari tahu terlebih dahulu hubungan antara variabel sumber daya manusia dengan elemen bisnis yang lain, kemudian digambarkan dalam bentuk diagram kausal. Setelah itu permainan ini dibuat kedalam program Powersim Studio 2005 yang telah biasa digunakan dalam membuat suatu simulasi sistem dinamis. Adapun konsep yang digunakan dalam permainan ini antara lain, pemasaran, akuntansi, pengembangan organisasi, dan sistem dinamis.

Organization is a system that contains many subsystems. Human Resource Management is one of the subsystems that make the organization more complex and dynamics. All this complexity must be handling by a good manager. But, it is not easy to learn dynamic and complex system in a fast time. Therefore the Executive Decision Plus was made. Hope this game can help people who want to learn about the dynamic business systems. This game is adaptation from the beginning game Executive Decision. In this research, first the human variable must be identified and the correlation between these factors with other factors was drawn in the causal loop diagram. The causal loop will be transfer into stock and flow diagram in Powersim Studio 2005 program. Some concepts that used in this game such as, marketing, accounting, organization development, and of course the dynamic systems."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S48544
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>