Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 172337 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
M. Dachyar
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Adhi Nugroho
"Struktur merupakan salah satu bagian paling penting pada sebuah bangunan. Sistem struktur berfungsi sebagai media yang menerima dan menyalurkan beban-beban yang terjadi pada bangunan ke lingkungan, agar bangunan tersebut dapat berdiri. Sistem struktur telah berkembang sejak lama, dan banyak jenis sistem struktur yang telah ditemukan. Pemilihan jenis sistem struktur yang tepat bagi sebuah bangunan ditentukan oleh kondisi fisik Iingkungan, budaya masyarakat, dan sumber daya yang tersedia dimana bangunan tersebut didirikan.
Rumah di atas air merupakan suatu objek yang menarik karena dibangun pada kondisi lingkungan air yang memiliki karakteristik yang sangat kompleks. Sistem struktur sebuah rumah yang dibangun di atas air, khususnya struktur bagian bawah adalah bahasan yang akan dipaparkan dalam skripsi ini.
Skripsi ini menelaah sejauh mana teori-teori mengenai sistem struktur tersebut digunakan dalam perancangan struktur bangunan yang dikaji dalam empat studi kasus dengan kriteria perbandingan Iokasi dan teknologi yang digunakan. Selanjutnya dari hasil penelaahan ini ditarik kesimpulan yang disajikan dalam bentuk sebuah tabel perbandingan."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
S48326
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Sudono V.R.
"ABSTRAK
Dewasa ini perlumbuhan rumah saki! mengalami perkembangan yang sauga! pesal. Terlebih lagi selelah benruk badan hukum perseroan lerbalas diUinkan untuk mendirikan rumah sakil. Rumah Sakit ?9{? sebagai safah salu rumah sakit swasra yang menghadapj. persaingan, berupaya menjaga dan meningkalkan mum pelayanan, dianlarmqya adalah dengan lersediaqya peralalan pemnymzg kegiatan yang diburuhkan da/am drmia kesehatan.
[bunk in: d¢er1ukan lenaga-rcrmga crhli yang dapat memelihara dan menangani peralaran fersebut agar berada dalam kondisi yang siap pakai.
Peralaran rersebur cmtara Iain EKG Mo/:Nor dengan 7}~eadmill, Servo Ventilator, Peralatan Diaihermi, lnkubalor dan lain-fain. Peralalan medis lersebut memerlukan man: kegialan pemelihaman yang ierencarza, karena pez-aIa1an tersebut sangal vital dalam memuyang kcgiarcm penyembuhan a? rumah sakit.
Dalam penelitian ini penulis memfokuslcan pada pembebanan tenaga kerja Ieknisi RS bagian pemeliharacm peralarcm medis, dimana data pemeiiharaan peralalan medis diperoleh dari do/rumemasi kegiaran pemeliharaarz yang ada, buku panduan penggunaan ala! dan hasif wawancara dengan pihak rgrkaii. Iiguan penelirian ini adalah untuk mengeralrui jumlah pckezja pada bagian pemeliharaan peralatan medis.
Data yang diperoIeh dianalisa dengan menggzmakan Microsoft Project 4.0.
Hasil analisa memperlihatkan alolrasf sumber daya mmmsia pada bagian pemeliharaan yang ada sudah mencukrqni, yairu kebuluhan jumlah tenaga kerja pada bagian pemeliharaan pera/alan medis adalah 2 (dna) orang pekezja.
Untuk lebih memaksimalkan efekriviras pekerjaan, pihak RS bagian pemeliharaau dapat mengalokasilran fenaga kega bagicm pemeliharaan peralarafn medis ke dalam pemeiiharcran peralaran non medis.
Alokasi snmber daya mcvmsia dengan asumsi pekejaan pemeliharaan pencegahan dan beberapa pemeliharaan lrecil laimyfa dapa! dilalmkan oleh Ieknisi pemeliharaan RS bagian pemeliharaan peralaran medis masih memungkinkan dna orarrg tenaga kerja, dimana ejékrivims pekeyaan tertinggi reqadi pada rahmz 1996, yailu 73%. Asumsi ini juga menuryukkan tidak adanya pembebanan yang berlebihanjika digunakan chra orang pekerja.

"
1996
S36656
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Carey, James
New York: Wiley Publishing, Inc., 2000
643.7 CAR h
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1995
S36411
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dharmoro Budiawan
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
S36231
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nazmi Thaher
"Bangunan atau fasilitas yang telah dibangun, dalam operasionalnya memerlukan pemeliharaan (maintenance) yang terencana dengan baik, agar kondisinya tetap terjaga dan laik pakai. Terkait dengan keselamatan penerbangan dan persaingan bisnis Bandar Udara yang semakin tajam, maka program kegiatan pemeliharaan terhadap fasilitas perlu perhatian yang sungguh-sungguh agar misi perusahaan bisa tercapai.
Keberhasilan melaksanakan pemeliharaan fasilitas, sangat terkait dengan pola dan jenis kontrak yang dipakai. Penelitian ini dilakukan 2 (dua) bagian atau tahap dengan responden karyawan PT AP II. Tahap I untuk mengetahui sejauh mana pengaruh variabel-variabel yang diteliti pada penanganan kegiatan pemeliharaan dengan kontrak tahunan terhadap fasilitas (peralatan dan bangunan) ditinjau dari aspek kinerja biaya. Dan pada tahap II dilakukan untuk mengetahui pandangan responden terhadap bentuk kontrak lainnya sebagai alternatif dalam menangani kegiatan pemeliharaan yaitu kontrak multi years dan performance based contract.
Data penelitian yang diperoleh dari kuesioner yang disebarkan, dianalisis dengan program SPSS 10.0. Didapatkan hasil bahwa variabel-variabel pada penanganan kegiatan pemeliharaan dengan kontrak tahunan (tahap I), yang memberikan konstribusi dominan adalah tingkat kelengkapan isi dokumen kontrak, tingkat ketersediaan jumlah alat pelaksanaan pekerjaan, dan tingkat kualitas pengawasan pekerjaan. Sedangkan untuk kontrak multi years yang dominan adalah proses tender. Dan untuk performance based contract adalah kontraktor lebih profesional. Hubungan variabel penanganan kegiatan pemeliharaan dengan kontrak tahunan terhadap peningkatan kinerja biaya adalah regresi non-linier. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
T9310
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rieva Fahamsyah
"Jalan disebut ideal secara teknis dan fungsinya, diantaranya kuat, aman, nyaman dan bersih. Secara harfiah kuat artinya konstruksi jalan dapat menahan beban kendaraan dan memenuhi syarat teknis. Guna mempertahankan tingkat kenyamanan jalan maka diperlukan suatu program pemeliharaan jalan agar jalan tersebut masih mantap jika digunakan. Untuk menghitung besarnya biaya pemeliharaan terlebih dahulu harus mengetahui besarnya kerusakan yang terjadi pada perkerasan tersebut terkait juga metode apa yang akan digunakannya.
Di skripsi ini penulis memakai metode perhitungan Bina Marga yang juga banyak mengadopsi dari AASHTO. Dengan melakukan beberapa modelisasi terhadap perubahan LHR maka akan didapat perubahan nilai performance jalan yang dilihat dari penurunan nilai PSI. Dari nilai PSI inilah analisis dilakukan sehingga didapat pula variasi-variasi kerusakan yaitu cracking, patching, dan ruth depth. Dalam perhitungannya batasan yang digunakan adalah hanya terhadap nilai cracking, dengan anggapan kerusakan patching dan ruth depth belum terjadi.
Dari hasil perhitungan tersebut didapat kesimpulan yaitu sensitivitas hubungan antara Biaya pemeliharaan dan LHR, dalam bentuk regresi linear yang besarnya adalah sebagai berikut : grafik regresi linear untuk lentur : y = 10342x - 3.106 dengan R2 = 0,9965 grafik regresi linear untuk kaku : y = 1055,5x - 727102 dengan R2 = 0,9953. Hasil ini menunjukan bahwa pada grafik lentur lebih sensitive dari pada grafik kaku, hal ini dikarenakan pada perkerasan lentur membutuhkan biaya pemeliharaan yang lebih besar dari pada perkerasan kaku. Sensitivitas biaya pemeliharaan antara perkerasan lentur dan kaku ini dapat dijadikan salah satu kriteria dalam memilih penggunaan jenis konstruksi perkerasan jalan, sehingga didapat suatu hasil yang terbaik dan ekonomis."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S35828
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hadinandra
"Program pemeliharaan perkerasan jalan dirancang dengan selalu mempertimbangkan dua hal, yaitu tingkat pelayanan jalan yang diharapkan dan ketersediaan dana. Untuk mendapatkan suatu program pemeliharaan yang baik maka kriteria yang harus dipenuhi adalah dengan mengoptimalkan dua hal tersebut di atas, dimana tingkat pelayanan jalan tidak terabaikan dan biaya pemeliharaan jalan tidak terlalu besar.
Berdasarkan waktu pelaksanaannya maka metode pemeliharaan perkerasan jalan dapat dibedakan atas pemeliharaan terjadwal (scheduled maintenance) dan pemeliharaan berdasarkan kondisi jalan (condition responsive maintenance). Pemeliharaan terjadwal dilakukan setelah waktu kerusakan dapat diperkirakan pada awal tahun perencanaan. Sedangkan pemeliharaan berdasarkan kondisi jalan dilakukan dengan melihat apakah kondisi jalan yang ada sudah melewati tingkat batas kerusakan yang diijinkan.
Untuk bisa memperkirakan waktu dan tingkat kerusakan, maka dilakukan dengan cara membuat suatu model, yang diharapkan dapat mensimulasikan kondisi suatu perkerasan jalan yang dimulai sejak awal pembukaannya sampai waktu beberapa tahun sesudahnya. Di dalam model ini dapat ditunjukkan pengaruh dari metode pemeliharaan yang dilakukan terhadap perkerasan jalan tersebut. Dan selanjutnya dari metode pemeliharaan yang dipilih dapat diperkirakan berapa biaya pemeliharaan yang diperlukan. Model yang dirancang, supaya dapat disimulasikan dengan baik, diterjemahkan ke dalam bahasa komputer dengan menggunakan perangkat lunak (software) POWERSIM. Karena merupakan salah satu program yang bisa mensimulasikan suatu sistem dinamik, POWERSEM dapat memodelkan perkembangan luas kerusakan perkerasanjalan dengan baik dan menggambarkannya secara grafis.
Dari hasil analisa model meunjukkan bahwa metode pemeliharaan yang dilakukan dengan melihat tingkat kerusakan jalan lebih baik dari pada pemeliharaan terjadwal, karena pada metode yang disebut pertama kondisi perkerasan jalan dapat selalu terjaga dan perbaikan hanya dilakukan pada waktu tertentu saja."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
S34965
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>