Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 84718 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Hary Soebagyo
"ABSTRAK
Karakteristik lelah dari material, komponen dan struktur sangat perlu untuk dipelajari serta dianalis sebelum merancang bangun pesawat terbang. Saat ini material material baru dikembangkan terus menerus untuk mendapatkan material yang mempunyai karakteristik lebih baik.
Untuk itulah salah satu komponen pada pesawat terbang yang dinamakan Lug, terbuat dari bahan baru yang disebut "ARALL (Aramid Reinforced Aluminium Laminates)", diuji untuk diketahui karakteristik lelahnya. Lug ini dipilih karena komponen ini harus dibuat dari material yang tahan terhadap kelelahan.
Pengujian dilakukan dengan menggunakan Benda Uji berbentuk Double Ended Lug yang merupakan model pendekatan dari struktur Lug pada umumnya. Simulasi pembebanan untuk uji kelelahan dipilih bervariasi, yaltu : FALSTAFF, TWIST dan Constant Amplitude.
Dari uji kelelahan ini, dapat diketahui bahwa ARALL jauh lebih kuat untuk menghambat retak dibanding Aluminium. Diketahui pula bahwa bila ARALL dipakai sebagai bahan Double Ended Lug, akan mempunyai ketahanan lelah yang jauh lebih tinggi dibanding Double Ended Lug dari bahan paduan Aluminium yang banyak dipakai pada industri pesawat terbang pada saat ini.

ABSTRACT
Fatigue characteristic of material, component and structures are very important and should be studied and analyzed before designing the aircraft structures. New material has been continuously developed to find a better material that can resist to fatigue and to understand its crack propagation properties.
For the above mention, the typical component for Aircraft structures namely Lug and new material call ARALL (Aramid Reinforced Aluminum Laminates} will be tested to get its characteristic. Lug is choose because this component demanding a resistance material to fatigue.
The test specimens being used are Double Ended Lug specimens. The test was performed with the loading type of CA (Constant Amplitudes) and the flight by flight loading of FALSTAFF (Fighter Aircraft Loading Standard For Fatigue) and TWIST (Transport Wing Standard).
The results shows that ARALL material is superior to Aluminum in slowing down the crack. This also shows that if ARALL to used to Double Ended Lug joint, the material perform very well in enduring the fatigue compare to Double Ended Lug joint made by Aluminum.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Ridwan
"ABSTRAK
Pada pesawat terbang dengan sistem kendali konvensional, tongkat kendali pada
mang kemudi (kokpit) dihubungkan ke pennukaan-permukaan kendali (control surfaces) melalui kabel-kabel mekanis. Pada saat tongkat kendali tersebut digerakkan oleh penerbang, permukaan kendali akan bergerak yang berakibat terjadinya perubahan pada sikap (attitude) pesawat terbang.
Pada saat permukaan kendali digerakkan, terjadi perubahan distribusi tekanan
aerodinamik pada permukaan kendali sehingga tedadi momen perlawanan akibat beban
aerodinamik yang disebut rnomen engsel. Pilot akan merasakan timbulnya momen engsel ini sebagai beban perlawanan dalam mcnggerakkan tongkat kendali. Timbulnya beban perlawanan pada tongkat kendali saat digerakkan mempakan suatu informasi tambahan bagi pilot akan kondisi pwawat akan efektilitas pexmukaan kendali pada saat itu.
Pada pesawat terbang dengan sistem kendali Fly by Mre, tongkat kendali dihubungkan dengan permukaan kendali melalui kabel-kabel serat optik. Hal ini mengakibatkan timbulnya beban akibat gaya aerodinamik tidal: lagi dirasakan oleh pilot. Hal ini tentu saja akan mengurangi informasi tentang sikap pesawat yang dapat membahayakan kondisi penerbangan.
Untuk mengatasi hal tersebut maka perlu dibuat suatu konstruksi tongkat kendali
dengan beban buatan untuk pesawat-pesawat terbang yang menggunakan sistem kendali Flyby Wire. Beban yang timbul merupakan pemodelan dari momen engsel yang timbul pada permukaan kendali pada saat tongkat kendali digerakkan. Besamya momen engsel pada permukaan kendali dinyatakan melalui persamaan :
Mk = q X C x S x Ch
dengan Ch adalah koeisien momen engsel yang besamya dinyatakan dengan persamaan sedangkan besarnya beban pada tongkat kendali dinyatakan melalui hubungan :
Fm* = Ko Mn '

"
1996
S36680
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1990
S35497
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
TA2533
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Masalah yang penting untuk dipertimbangkan dalam desain struktur baja akibat beban dinamis adalah ancaman terhadap patah lelah.Oleh karena itu perlu dipahami mengenai mekanisme patah lelah yang akan dialami oleh struktur baja beserta metode yang efektif untuk mengantisipasi jenis katastrofik ini. Didalam makalah ini diuraikan secara rinci mengenai pemanfaatan konsep Linear Elastic Fracture Mechanics (LEFM) untuk menganalisis perllaku patah lelah dari model
desain baja cantilever akibat beban lentur dinamis. Didalam pendekatan LEFM, mekanisme patah lelah cantilever dianalisis berdasarkan besaran faktor intensitas tegangan disekitar ujung retak lelah dan teori empiris dari Paris Untuk memverifikasi pendekatan LEFM, maka desain baja cantilever juga diuji menggunakan beban lentur dinamis sampai patah lelah. Data hasil pengujian digunakan sebagai masukkan dalam analisis LEFM untuk mengestimasi perilaku perambatan dan kecepatan perambatan retak lelah dari desain baja cantilever akibat beban lentur dinamis."
MKK 11:2 (2011)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S39130
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Komariyah
"Pada tesis ini dipelajari pengaruh spatter terhadap degradasi material yaitu pengaruhnya terhadap laju korosi serta terhadap kegagalan struktur yang diawali dengan timbulnya retak akibat beban bending fatigue. Beberapa pengujian dilakukan untuk mendapatkan data-data yang diperlukan yang selanjutnya dianalisa.
Uji Vickers dilakukan untuk mengetahui perubahan nilai kekerasan akibat adanya spatter. Untuk mendapatkan data tentang awal terjadinya retak dilakukan uji bending fatigue. Pengaruh spatter terhadap laju korosi diteliti dengan melakukan pengujian Cyclic Potentiodynamic Polarization.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai kekerasan akibat adanya spatter lebih tinggi dibandingkan dengan tanpa spatter. Awal retak akibat beban fatigue tidak terjadi pada daerah spatter, tetapi terjadi pada mikro notch pada daerah HAZ. Laju korosi pada daerah spatter lebih tinggi dibandingkan dengan daerah tanpa spatter."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2012
T40833
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Anton Suharmono
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1992
S35918
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Saymarantha
"Teknologi komputasi yang semakin maju memungkinkan untuk menggunakan teknologi ini semaksimal mungkin pada pemecahan masalah yang lebih kompleks dengan menggunakan algoritma evolusi (Evolutionary Algorithm, EA). Supaya bisa memanfaatkan komputasi paralel ini, struktur kontrol EA hams didesentralisasikan. Hal ini sulit dicapai tanpa mengubah semantik dad algoritma seleksi yang digunakan, sehingga mengakibatkan berubahnya sifat-sifat pemecahan masalahnya secara keseluruhan. Tulisan ini akan mengaplikasikan suatu jenis algoritma seleksi yang didesentralisasi yaitu seleksi lokal yang dielitisasi yang digabungkan dengan seleksi turnamen biner. Algoritma evolusi ini akan diaplikasikan pada pencarian Fuzzy Associative Memory untuk sistem gerak pitch pada pesawat terbang."
Depok: Universitas Indonesia, 2000
S39711
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>