Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 185959 dokumen yang sesuai dengan query
cover
R.B. Suryama Majanasastra
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1989
S2100
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Junaidi IB
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya prediksi skor Tes Seleksi Penerimaan Siswa Baru (TSPSB) MTSN Model Meulaboh I Kabupaten Aceh Barat tahun 2008 terhadap Tes Prestasi prestasi Belajar pada empat mata pelajaran yaitu Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Jumlah populasi dan sampel 212 siswa kelas VII angkatan 2008/2009 Data diperoleh dari dokumentasi lembar jawaban siswa yang telah mengikuti tes seleksi masuk dan lembar jawaban siswa pada empat mata pelajaran tersebut yang mengikuti Ujian Semester I. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasıl yang diperoleh menunjukkan bahwa kualitas butir soal dari kedua paket tes tersebut dapat dikategorikan baik serta daya prediktif naskah soal tes seleksi penerimaan siswa baru MTSN Model Meulaboh - tahun 2008 untuk meramalkan prestasi belajar juga termasuk baik (hubungan signifikan) pada taraf signifikansi 0,05.

ABSTRACT
This research investigates the predictive validity of the entrance selection test of MTSN Model Meulaboh - I West Aceh in 2008 toward the achievement tes on four subject which are Math, Sains, Indonesian and English language. The population and sample consists of 212 seventh grade students in 2008 academic year. Data were taken from the official documents. It was in the form of the answer sheet student that has followed the tes, both the entrance selection and achievement tes. All the data processed by linear regression analysis. The result shows that the characteristic items of the two tes are good and the predictive validity of the test is good (the correlation is significant)."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2009
T38356
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Serebriakoff, Victor
Semarang: Dahara Prize, 2000
153.9 SER ht
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Sabaria Umahuk
"Ujian Nasional merupakan penilaian pada akhir proses pembelajaran di sekolah dan penentu kelulusan siswa pada jenjang pendidikan tertentu yang secara periodik dilakukan setiap tahun. Bahasa Inggris sebagai salah satu mata pelajaran yang diujikan, soal ujiannya dikembangkan oleh pusat penilaian dengan melibatkan guru-guru yang terlatih dalam membuat soal.
Ujian Nasional tahun pelajaran 200412005, bentuk tes bahasa Inggris SMA/MA berupa tes tertulis dengan bentuk soal pilihan ganda sebanyak 60 soal, terdiri dari 20 soal listening comprehension dan 40 soal reading comprehension dengan alokasi waktu 120 menit. Untuk daerah Propinsi Maluku .Utara, ada 2 paket soal yang diujikan untuk jenjang pendidikan SMA/MA dengan jumlah populasi sebanyak 7148 orang.
Analisis soal dilakukan berdasarkan masing-masing program yaitu IPAI1PS dan BAHASA.Selain itu, juga dilakukan analisis gabungan yaitu analisis IPA dan IPS paket 1 serta TPA dan IPS paket 2. Hasil uji psikometrik untuk data ini dilakukan dengan menggunakan dua pendekatan yaitu secara klasik dengan ITEMAN dan IRT dengan menggunakan fasilitas program komputer BIGSTEPS.
Hasil analisis dengan ITEMAN menunjukkan bahwa untuk program IPAIIPS paket 1 dan 2 secara keseluruhan paket tes ini memiliki tingkat 1tesukaran soal yang sedang, dan rata-rata skor peserta juga memberikan gambaran bahwa sebagian besar peserta adalah berkemampuan sedang. Koefisien reliabilitas alpha dari tes paket 1 tinggi (> 0.8), sehingga skor tes ini dapat dipercaya penggunaanya. Sedangkan dari tes paket 2 alpha = > 0.7, artinya bahwa tingkat keajekanlkonsistensi tes ini tidak begitu tinggi. Untuk program BAHASA paket 1, secara keseluruhan paket tes ini memiliki tingkat kesukaran soal yang sedang, dan rata-rata skor peserta juga memberikan gambaran bahwa sebagian besar peserta adalah berkemampuan sedang. Tapi Koefisien reliabilitas alpha = > 0.7, artinya tingkat keajekanikonsistensi tes ini tidak begitu tinggi. Dan untuk program BAHASA paket 2 memiliki tingkat kesukaran yang sedang dan rata-rata skor peserta tes juga sedang, tetapi daya pembeda soal bemilai negatif (Point Bis negatifj. Alpha = > 0.8.
Analisis dengan BIGSTEPS hanya dilakukan untuk program IPA dan IPS. Hasil untuk program IPA paket I dan 2 , total data orang yang tidak fit = 73 orang, dan item = 23 butir; untuk program IPS paket 1 dan 2, total data orang yang tidak fit = 83 orang, dan item = 14 butir. Data orang dan item dianggap tidak fit karena memiliki nilai outfit > + 2.0 dan atau nilai Point Biserial yang negatif."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2006
T18000
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lubis, Siska Anggreni
"Diskusi pertama kelompok tutorial merupakan sesi paling penting yang menentukan pola dan dinamika kelompok dalam berdiskusi. Pada sesi ini dibutuhkan partisipasi aktif dan kemampuan kepemimpinan (leadership) dari fasilitator dalam memfasilitasi proses tutorial, maka perlu dilakukan penelitian untuk menyelidiki preferensi mahasiswa dan pemahaman fasilitator mengenai tipe kepemimpinan fasilitator dalam diskusi kelompok tutorial PBL di FK Universitas
Islam Sumatera Utara (UISU).
Metode : Penelitian ini dilakukan di FK UISU pada bukan juni 2013. Kuesioner tipe
kepemimpinan fasilitator dan kuesioner peran tanggung jawab fasilitator versi bahasa Indonesia yang telah divalidasi, dibagikan kepada 850 orang mahasiswa dan 50 orang fasilitator tahap prekilinik FK UISU tahun ajaran 2012-2013.
Hasil: Dalam penelitian ini dijumpai hubungan bermakna antara tipe kepemimpinan fasilitator menurut preferensi mahasiswa dengan pemahaman fasilitator tentang tipe kepemimpinan yang diperlukan dalam diskusi kelompok tutorial PBL.
Mahasiswa lebih menginginkan tipe kepemimpinan demokratis yang harus dimiliki fasilitator, tetapi fasilitator lebih memahami tipe non demokratis sebagai fasilitator. Penelitian ini juga menunjukkan mahasiswa dan fasilitator mengetahui dengan baik tentang semua peran dan tanggung jawab fasilitator kecuali peran
fasilitatif.
Kesimpulan: Tipe kepemimpinan demokratis merupakan tipe kepemimpinan yang diinginkan
mahasiswa dalam diskusi kelompok tutorial PBL FK UISU.

The first discussion group tutorial sessions are most crucial in determining the
pattern and dynamics of the group in discussion. At this session it takes active
participation and leadership skills (leadership) of the fascilitator in fascilitating the tutorial, it is necessary to study to investigate: type of fascilitator leadership in tutorial group discussion PBL: student preference and fascilitator understanding at Islamic of North Sumatra University (UISU) medical school
Methode : The research was conducted in June instead of UISU medical school in 2013.
Questionnaires leadership type and questionnaires role fascilitator responsible
Indonesian version that has been validated and distributed to 850 students and 50 fascilitators preclinic stage UISU medical school 2012-2013 school year.
Result: In the present study found a significant relationship between the type of leadership fascilitator preference about the student with an understanding of the type of
leadership fascilitator required in tutorial group discussion PBL. Students prefer more democratic type of leadership that should be owned by the fascilitator, but fascilitators understand more non-democratic type of facilitator. This study also shows students and fascilitators know well about all the roles and responsibilities of a facilitator than a fascilitative role.
Conclusion: Democratic type of leadership is the type of leadership in the student preference tutorial group discussion PBL UISU medical school.
"
Depok: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2013
T58578
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fika Fikria Riasti
"Skripsi ini membahas mengenai pengembangan Sistem Penilaian Esai Otomatis (SIMPLE-O) untuk ujian esai berbahasa Indonesia. Sistem ini dirancang dengan menggunakan Stacked Bidirectional LSTM dan menggunakan dua jenis similarity measurement, yaitu Manhattan Distance dan Cosine Similarity, untuk mencari model dengan performa paling optimal dan selisih terbaik dari tiap jenis similarity measurement. Sistem ini menggunakan bahasa pemrograman Python, dan terdiri atas tahap preprocessing, word embedding, training menggunakan deep learning, testing, dan similarity measure untuk menghitung kemiripan antar kata pada input. Input yang digunakan pada sistem ini adalah jawaban dosen sebagai kunci jawaban dan jawaban mahasiswa. Fase training menggunakan data augmentasi dan fase testing menggunakan jawaban mahasiswa asli. Pengujian sistem ini dilakukan dengan menggunakan 7 jenis skenario. Dengan hasil selisih akhir dari model untuk fase training dan testing pada Manhattan Distance sebesar 1.871 dan 7.808, dan Cosine Similarity sebesar 2.31 dan 7.635.

This thesis discusses the development of an Automated Essay Scoring System (SIMPLE-O) for Indonesian-language essay exams. This system is designed using Stacked Bidirectional LSTM and uses two types of similarity measurement, which are Manhattan Distance and Cosine Similarity, to find the model with the most optimal performance and the best difference from each type of similarity measurement. The system uses Python programming language, and the system's stages consist of preprocessing, word embedding, training using deep learning, testing, and similarity measuring to calculate the similarity between words on the input. The inputs used in this system are lecturers' answers as answer keys and students' answers. The training phase uses augmented data, and the testing phase uses original student answers. To test this system uses 7 types of scenarios. The final difference results of the model for the training and testing phases are 1.871 and 7.808 on Manhattan Distance and 2.31 and 7.635 on Cosine Similarity."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Davido, Roseline D.
Jakarta: Salemba Humanika, 2016
150.287 DAV t
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Gagan Hartana TB
"ABSTRAK
Mendifferensiasi merupakan satu tujuan penggunaan alat ukur. Angka pengukuran sebagai basil mengukur diharapkan memberikan representasi yang menggambarkan hal yang diukur.
Penelitian ini berupaya untuk meningkatkan kemampuan differensiasi alat ukur melalui pendekatan scoring. Dengan memahami bahwa alat ukur kemampuan memiliki parameter derajat kesulitan butir soal dan pada pendekatan klasik tidak digunakan sebagai bagian dari scoring. Di pihak lain, pendekatan teori modem membutuhkan pendekatan yang memerlukan kompetensi khusus dan belum dimiliki oleh sebagian besar pengguna alat ukur. Dengan mengasimilasikan pendekatan teori klasik dengan pendekatan items response theory peneliti berupaya untuk memperoleh kemungkinan tersebut.
Sampel ini berupa basil Achievement Test basil belajar pada mata kuliah Metode Observasi dan Wawancara tahun Akademik 2001-2002 Fakultas Psikologi Uiniversitas Indonesia, dan basil Aptitude Test dari Raven's Standard Progressive Matrices dari sejumlah klien yang memerlukan jasa pelayanan warid belajar di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan differensiasi kemampuan, namun perlu dipertimbangkan scoring yang merupakan gabungan pendekatan probabilistik dan data nominal."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002
T38339
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>