Ditemukan 3324 dokumen yang sesuai dengan query
Mauro Purnomo Rahardjo
Bandung: [publisher not identified], 1982
720.284 MAU t
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Suparno Sastra M.
Yogyakarta: Andi, 2005
006.68 SUP t
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Yusuf Latief
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
690 YUS k
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Oei Tek Han, J.
Yogyakarta: Kanisius, , 1988
720.284 Oei t
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Surabaya: Universitas Kristen PETRA, {s.a.}
DIMENSI 31:1 (2003) (1)
Majalah, Jurnal, Buletin Universitas Indonesia Library
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Berg, H. van den
Jakarta: Bhatara Karya Aksara , 1979
604.2 BER m
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
"The aim of the research was to improve students' motivation and learning achievent by using a procedural orienntation structure in teaching technicaldrawing subject...."
2008
370 JPUNP 30:2 (2008)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
"Mata kuliah teknik komunikasi arsitektur biasanya ada pada semester awal tahun pertama dalam rangkaian pendidikan arsitektur. Diletakkan diawal karena mata kuliah ini adalah dasar dan perangkat bagi rangkaian mata kuliah perancangan selanjutnya. Pertanyaannya, sejauh mana mata kuliah yang diselenggarakan dalam sekitar hanya 13 minggu (pertemuan 1-3 kali se-minggu) ini dapat memberikan dasar dan perangkat yang kuat bagi para mahasiswa? Umumnya pendidikan arsitektur mempunyai 6-7 studio perancangan dimana seluruh aspek yang berkaitan pada komunikasi arsitektur dibebankan pada satu mata kuliah ini. Secara materi mata kuliah komunikasi arsitektur dapat dikelompokan menjadi dua; komunikasi arsitektur sebagai visualisasi dari ide arsitektur dan visualisasi keterbangunan dari suatu ide arsitektur. Kelompok pertama lebih menekankan pada tersampaikannya ide arsitektur dan informasi yang bcrsifat kualitatif Kelompok kedua menekankan pada informasi kuantitaf dari suatu ide arsitektur. Kedua kelompok ini tidak berdiri sendiri tetapi saling melengkapi. Kompleksitas terjadi karena kedua kelompok tersebut tidak dapat diberikan sekaligus. Materi pada kelompok kedua sangat didasari oleh kepahaman pelaku komunikasi pada materi kelompok pertama. Sehingga diperlukan waktu dan pendekatan yang berbeda untuk menyampaikannya. Hal ini yang menyebabkan sulitnya memberikan dasar teknik komunikasi yang kuat melalui hanya satu mata kuliah saja. Dengan latar tersebut, tulisan ini hendak menyampaikan sebuah usulan penyelenggaraan mata kuliah teknik komunikasi arsitektur agar kedua kelompok materi tadi dapat tersampaikan secara sistematis dan saling-hubung dengan mata kuliah lainnya, khususnya mata kuliah studio perancangan."
720 JIA 4:1 (2007)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Sri Widyawati
Depok: Perpustakaan FTUI, 1996:
808.06 Wid d
Buku Teks Universitas Indonesia Library