Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5934 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Zulfiar Sani
Jakarta: UI-Press, 2013
658.383 ZUL e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Rustian Kamaluddin
Jakarta: Ghalia Indonesia, 1987
658.383 RUS e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
"The aim of this study is to investigate the sea transportation moda in Bontang East of Kalimantan,as a base on Bontang district as Buffer Zone from Kutai Timur Regional....."
JUPERKO
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ronny Sumarna
"
ABSTRAK
Perencanaan adalah suatu proses yang berkesinambungan (kontinyu), berkelanjutan, sejak dari tahap survey sampai pada tahap pengamatan_ Dalam kenyataannya, proses perencanaan merupakan suatu kegiatan yang tidak pemah selesai, karena selalu memerlukan peninjauan ulang atau pengkajian, guna memberikan balikan daiam proses penilaian. Ini berlaku pula apabila sudah sampai pada tahap pelaksanaan, seteiah proses ini, bukan tidak mungkin harus diambil berbagai Iangkah penyempumaan rencana bagi pelaksanaan selanjutnya.
Perencanaan merupakan proyeksi untuk masa depan, seg:-:ala iindakan untuk tujuan masa depan jelas mempunyai hubungan erat dengan apa yang dimiliki sekarang. Karena perencanaan dimaksudkan untuk waktu yang akan datang, jelaslah bahwa setiap perencana harus dapat memperkirakan berbagai situasi yang akan terjadi di kemudian han- Dengan demikian, tidak hanya tujuan saja yang dirumuskan, tetapi juga penelaahan situasi dengan ramalan dan proyeksi yang cukup tepat merupakan indikator utama.
Dalam kaitannya dengan perencanaan transportasi, indikator yang dapat dijadikan dasar perencanaan adalah mengetahui jumlah populasi penduduk dan aktivitas ekonomi di masa depan. Oleh karena itu, dalam penulisan Tugas Akhir ini, penulis ingin mencoba membuat suatu program yang dapat memproyeksikan jumlah populasi dan kegiatan ekonomi saat ini ke masa yang akan datang. Sehingga dari hasil proyeksi ini dapat dijadikan dasar penentu kebijaksanaan dalam perencanaan transportasi selanjutnya.
Programasi akan menggunakan perangkat Iunak bahasa Visual Basic.
"
1997
S35545
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dani Miftahul Akhyar
"ABSTRACT
Transportasi online semakin popular di Indonesia. Kepraktisan dan kemampuannya menyiasati kemacetan menjadikannya favorit di mata pengguna. Selain itu, ia membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat. Jika dahulu pekerjaan menjadi tukang ojek dipandang rendahan, kini tidak lagi karena dianggap sudah naik kelas. Bahkan mereka tidak mau disebut tukang ojek, melainkan driver. Istilah narik ketika sedang bekerja sudah diganti dengan ngebid. Penumpang ojek mereka sebut dengan customer. Dari sisi penghasilan pun mereka merasakan perubahan, yaitu lebih tinggi dibandingkan ojek konvensional. Namun, seiring waktu, para driver mulai mengeluh. Segala kebanggaan tersebut ternyata tidak sebanding dengan penderitaan yang dialami. Tiap hari mereka mempertaruhkan keselamatan di jalan raya. Namun pendapatan mereka semakin menurun karena kebijakan tarif dari aplikator (sebutan untuk perusahaan. transport online, seperti Gojek, Grab, dan Uber) yang fluktuatif ditambah dengan banyaknya promo. Kompetisi antar aplikator semakin lama semakin keras. Apalagi setelah operasi Uber di Indonesia diambil alih oleh Grab. Para pengemudi seperti terjepit diantara pertarungan dua raksasa aplikator online. Makalah ini bertujuan untuk membuktikan adanya komodifikasi pekerja di dalam bisnis transportasi online. Para driver atau pengemudi dengan kerja keras dan jerih payahnya hanyalah menjadi alat atau faktor produksi bagi aplikator untuk memproduksi trafik dan ujung ujungnya mendapatkan profit atau surplus value sebanyak banyaknya. Dalam perspektif yang lebih makro, upaya komodifikasi ini merupakan dampak persaingan, dan integrasi bisnis aplikator secara vertikal dan horizontal di industri financial technology.
"
Jakarta: The Ary Suta Center, 2018
330 ASCSM : 41 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ida Kade Sukesa
"Penelitian tentang hubungan infrastruktur transportasi dan pertumbuhan ekonomi telah menarik perhatian banyak peneliti di Indonesia. Namun, beberapa studi yang telah dilakukan menunjukkan hasil yang bervariasi tergantung pendekatan yang digunakan, lokasi penelitian dan waktu penelitian.
Berkenaan dengan itu, penelitian ini sekaligus menggunakan dua pendekatan yaitu pertama dengan menggunakan data time-series dan kedua menggunakan data panel. Dengan menggunakan pendekatan pertama, penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan searah dari pertumbuhan ekonomi ke pertumbuhan infrastruktur jalan, dan tidak sebaliknya. Sementara, hubungan pertumbuhan ekonomi dengan transportasi udara dan laut tidak signifikan. Hasil yang serupa juga ditemukan dengan menggunakan pendekatan kedua dengan menggunakan fixed effect model dengan robust standard errors. Pertumbuhan dari ketiga moda transportasi itu tidak memiliki efek yang signifikan pada pertumbuhan ekonomi. Namun, dampak dari level transportasi udara signifikan dan negative pada pertumbuhan ekonomi.
Selanjutnya, berbeda dengan efek dari infrastruktur transportasi, efek dari pertumbuman modal tetap bruto, sebagai proxy dari investasi infrastruktur, positif dan signifikan di semua model yang menggunakan fixed effect model dengan robust standard errors. Ini menunjukkan bahwa investasi modal memiliki peran penting pada ekonomi Indonesia, dan sepertinya ini menkonfimasi bahwa pertumbuhan investasi infrastruktur meningkatkan permintaan pada intermediate goods dan buruh, yang dapat menstimulasi terjadinya multiplier effect di dalam ekonomi.

The relationship between transport infrastructure and economic growth has attracted many researchers, including in Indonesia. However, all of these studies show quite mixed results depending on the approach used, the study's location, and the time studied.
This study uses both time-series data analysis and panel data analysis to investigate the relationship between economic growth and three transport infrastructure types. By using time-series data analysis, by employing VAR/VECM, this study concludes that there is a unidirectional relationship from economic growth to the growth in road infrastructure, not vice versa, while the relationships of per capita economic growth with the growth in air and sea transport infrastructure are not significant. A similar result also has been found using panel FEM with robust standard errors. All the growths in three types of infrastructure have no significant effect on per capita economic growth. Similarly, the effects of the level of both road transportation infrastructure and sea transportation infrastructure on economic growth are also not significant. However, the effect of the level of air transportation infrastructure is significant and negative.
Furthermore, in contrast with the effect of the growth rate of transport infrastructure on economic growth, the effect of growth in gross capital formation per capita, as a proxy of infrastructure investment, is positive and significant in all equations using FEM with robust standard errors. This shows that capital investment plays an essential role in Indonesias economy and might confirm that the growth in infrastructure investment increases the demand for intermediate goods and labours, which can stimulate a multiplier effect in the economy.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Harry Kurniawan
"Peran jasa transportasi udara di Indonesia meningkat secara signifikan sejak awal tahun 2000. Salah satu penyebabnya adalah deregulasi industri jasa penerbangan. Namun demikian, hubungan antara pertumbuhan pengguna jasa transportasi udara dan pembangunan ekonomi regional di Indonesia belum jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkeskplorasi dampak ekonomi dari tumbuhnya penggunaan jasa transportasi udara terhadap pembangunan ekonomi regional di Indonesia. Observasi dilakukan terhadap 52 bandara di Indonesia, dengan menggunakan metode regresi panel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertumbuhan penumpang dan kargo memberikan dampak positif terhadap indikator pertumbuhan ekonomi, yaitu PDRB per-kapita dan serapan tenaga kerja. Deregulasi industri jasa penerbangan mendorong peningkatan manfaat ekonomi dari tumbuhnya pengguna transportasi udara.

The role of air transport service in Indonesia has increased significantly since 2000. One of the main causes is the deregulation of air transportation industry. However, the relationship between air transportation growth and regional economics development is unclear. This study seeks to explore the economic impact from the growing number of air transportation usage to the regional economic development in Indonesia. Fifty-two airports are the units of observation with the use of panel regression methods. The result reveals that the growth of passenger and cargo impact the economic growth indicators positively, including GDP per-capita and employment. The deregulation of air transportation industry boosts the economics benefits obtained from the growing users of air transport services."
Depok: Universitas Indonesia, 2016
S64455
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dani Miftahul Akhyar
"ABSTRAK
Transportasi online semakin populer di Indonesia. Kepraktisan dan kemampuannya menyiasati kemacetan menjadikannya favorit di mata pengguna. Selain itu, ia membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat. Jika dahulu pekerjaan menjadi tukang ojek dipandang rendahan, kini tidak lagi karena dianggap sudah naik kelas. Bahkan mereka tidak mau disebut "tukang" ojek, melainkan driver. Istilah 'narik' ketika sedang bekerja sudah diganti dengan 'nge-bid'. Penumpang ojek mereka sebut dengan 'customer'. Dari sisi penghasilan pun mereka merasakan perubahan, yaitu lebih tinggi dibandingkan ojek konvensional. Namun, seiring waktu, para driver mulai mengeluh. Segala kebanggaan tersebut ternyata tidak sebanding dengan penderitaan yang dialami. Tiap hari mereka mempertaruhkan keselamatan di jalan raya. Namun pendapatan mereka semakin menurun karena kebijakan tarif dari aplikator (sebutan untuk perusahaan transport online, seperti Gojek, Grab, dan Uber) yang fluktuatif, ditambah dengan banyaknya promo. Kompetisi antar aplikator semakin lama semakin keras. Apalagi setelah operasi Uber di Indonesia diambil alih oleh Grab. Para pengemudi seperti terjepit diantara pertarungan dua raksasa aplikator online. Makalah ini bertujuan untuk membuktikan adanya komodifikasi pekerja di dalam bisnis transportasi online. Para driver atau pengemudi dengan kerja keras dan jerih payahnya hanyalah menjadi alat atau faktor produksi bagi aplikator untuk memproduksi trafik dan ujung-ujungnya mendapatkan profit atau surplus value sebanyak-banyaknya. Dalam perspektif yang lebih makro, upaya komodifikasi ini merupakan dampak persaingan dan integrasi bisnis aplikator secara vertikal dan horizontal di industri financial technology. "
Jakarta: The Ary Suta Center, 2018
330 ASCSM 42 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Yogie Tanoyo
"Transportasi merupakan hal yang krusial di dalam perekonomian, hal ini dapat dilihat dari mobilisasi yang semakin meningkat, baik mobilisasi barang maupun manusia. Oleh karena peningkatan mobilisasi, perkembangan dari transportasi ini ikut meningkat. Peningkatan perkembangan transportasi ini sejalan dengan peningkatan kepadatan penduduk di daerah-daerah tertentu terutama daerah pusat transit. Penelitian ini bertujuan untuk melihat asosiasi antara aglomerasi ekonomi dengan pemilihan moda transportasi umum yang dipilih oleh masyarakat dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Menggunakan metode two-step least-squared (TSLS) dan proporsi populasi kota-kota di Jabodetabek sebagai proksi untuk menggambarkan aglomerasi ekonomi. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat hubungan antara aglomerasi ekonomi dan preferensi pemilihan moda transportasi umum. Hubungan ini berpengaruh signifikan pada variabel biaya perjalanan dan pekerjaan individu. Dari hasil tersebut, penulis mengadvokasi bagi instansi terkait untuk meningkatkan kualitas dari transportasi umum terutama kemudahan transit bagi penggunanya.

Transportation is a crucial factor in economics, we can see this from the increasing number of mobilizations, whether it is a person mobilization or goods mobilization. Increasing numbers of mobilization also increases development in transportation. This development of transportation followed by increasing number of population density, especially cities with transit centre. This study aims to estimate the association between economic agglomeration and transportation preferences chosen by public to do their daily activities. Using two-step least-square (TSLS) and population proportion of cities in Jabodetabek as a proxy to present economic agglomeration. This study finds that there is an association between economic agglomeration and public transportation preferences. This association is significant travel cost and individual job variable. From this finding, author advocates for related institutions to improve the quality public transportation especially for transit convenience."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fachri Munadi
"Industri energi dunia berkontribusi 87% terhadap peningkatan gas rumah kaca di dunia. Untuk mengurangi emisi gas rumah kaca di dunia, hidrogen merupakan alternatif sumber energi dengan densitas energi gravimetrik 120 MJ/kg dan densitas volumetric 0,0824 kg/m3. Tantangan utama hidrogen sebagai energi alternatif adalah densitas volumetriknya yang sanagt rendah, sehingga memerlukan teknologi penyimpanan hidrogen dengan densitas volumetrik yang lebih tinggi. Sistem penyimpanan hidrogen sangat penting dalam siklus supply-chain hidrogen, terutama dari segi keekonomiannya. Sistem penyimpanan hidrogen terdiri dari proses hidrogenasi, transportasi, dan dehidrogenasi. Pada penelitian ini dilakukan analisis tekno-ekonomi dari 5 jenis teknologi penyimpanan hidrogen: compressed hydrogen, liquid Hydrogen, liquid organic hydrogen carrier, metal hydride, and amonia. Penelitian ini menggunakan Aspen Hysys dalam process design, process modeling, dan equipment sizing. Biaya sistem (IDR/kg) ditentukan berdasarkan Capital Expenditure (CapEx) dan Operational Expenditure (OpEx) dari masing-masing proses hidrogenasi dan dehidrogenasi, serta biaya transportasi pada 2000 km. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembawa liquid organic hydrogen carrier memiliki biaya sistem terendah sebesar IDR 40.254/kg, diikuti metal hydride sebesar IDR 45.247/kg, compressed hydrogen sebesar IDR 54.926/kg, amonia sebesar IDR 165.434/kg, dan liquid hydrogen sebesar IDR 189.658/kg. Namun efisiensi penyimpanan liquid organic hydrogen carrier hanya bernilai 8,71%, metal hydride bernilai 7,66%, dan amonia bernilai 33,49%. Hasilnya menunjukkan bahwa baik LOHC ataupun metal hydride memiliki tingkat kematangan teknologi yang baik.

The world's energy industries contribute 87% to the increase in global greenhouse gases. To reduce global greenhouse gas emissions, hydrogen as clean energy is an alternative energy source with a gravimetric energy density of 120 MJ/kg and a volumetric density of 0.0824 kg/m3. The main challenge of hydrogen as an energy carrier is its low volumetric density, thus requiring hydrogen storage technology at higher volumetric densities. Hydrogen storage systems are crucial to the hydrogen supply chain process, especially in terms of its economics. The hydrogen storage system consists of hydrogenation, transportation, and dehydrogenation processes. This paper uses the techno-economic analysis of five types of hydrogen storage technologies: compressed hydrogen, liquid Hydrogen, liquid organic hydrogen carrier, metal hydride, and ammonia. Hysys was introduced to help process design, process modeling, and equipment sizing of each technology. System costs (IDR/kg) are determined based on projected Capital Expenditure (CapEx) and Operational expenditure (OpEx) of each hydrogenation and dehydrogenation process, as well as shipping transportation cost at 2000 km. The results show that liquid organic hydrogen carrier had the lowest system cost of IDR 40.254,65/kg, followed by metal hydride at IDR 45.247,35/kg, compressed hydrogen at IDR 54.926,27/kg, ammonia at IDR 165.434,6/kg, and liquid hydrogen at IDR 189.658,25/kg. However, the storage efficiency of liquid organic hydrogen carriers is only 8.71%, metal hydride 7,66%, and ammonia 33,49%. The results show that both LOHC and metal hydride have better technological maturity."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>