Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 78632 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1983
S17532
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tjut Zulfi Anzany
"Penelitian dilakukan dengan alasan bahwa pelaksanaan sistem pemrosesan data elektronik secara tepat sangat penting guna menjamin bahwa sistem informasi dan pengolahan data dapat diperiksa serta menyajikan informasi yang akurat dan dapat diandalkan. Tujuan penelitian untuk melihat seberapa jauh sistem pemrosesan data elektronik mempengaruhi sistem akuntansi dan pengendalian internal dalam perusahaan serta pengaruhnya terhadap pemeriksaan ekstern oleh akuntan publik. Metode penelitian yang digunakan meliputi identifikasi kasus, studi kepustakaan, studi lapangan, dan diskusi. Pengumpulan bahan dilakukan melalui wawancara, pengamatan langsung, serta data mengumpulkan dokumen-dokumen serta sekunder yang menunjang pembahasan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (a) studi dan evaluasi terhadap pengendalian internal dalam sistem yang terkomputerisasi harus memperhatikan pengendalian terhadap operasional, dokumentasi, dan keamanan dari sistem tersebut secara keseluruhan, (b) pemeriksaan ekstern terhadap sistem yang terkomputerisasi sebaiknya dilakukan dalam lingkungan komputer juga yaitu dengan pendekatan audit melalui komputer, agar akuntan publik menjadi lebih terlibat di dalam sistem dan hasil pengujiannya segera dapat diidentifikasi dan digunakan sebagai pengukur terhadap keandalan pemrosesan internal, serta (c) pelaksanaan audit dengan pendekatan tersebut juga dapat meningkatkan efisiensi danefektifitas pekerjaan akuntan publik. Kesimpulannya adalah bahwa implementasi sistem pemrosesan data elektronik pada PT. "AK" ditinjau dari segi pemeriksaan ekstern memperlihatkan hasil yang belum memuaskan yang disebabkan karena: (1) masih adanya kekurangan-kekurangan dalam segi teknis terutama yang berkaitan dengan program aplikasi dan bagan perkiraan yaitu dalam hal kesalahan penulisan program dan kekurang efisienan dalam menyusun nomornornor perkiraan, (2) kelemahan dalam struktur organisasi yang belum memperlihatkan pemisahan tugas yang baik, dan (3) kelernahan dalam segi personality pelaksana sistem pemrosesan data elektronik yang masih kurang baik. Sarannya, untuk perbaikan pelaksanaan sistem pemrosesan data elektronik selanjutnya pada PT. "AK" , perlu dilaksanakan penyempurnaan lebih lanjut dalam hal teknis, melakukan restrukturisasi organisasi yang menjanjikan pemisahan tugas dan tanggung jawab yang lebih baik, memperbaiki segi personality pelaksana sistem dengan meningkatkan pengetahuan dan keahlian personilnya, dan melakukan pendekatan psikhologis terhadap personil agar personil yang terlibat langsung dengan pelaksanaan sistem pemrosesan data elektronik tersebut dapat berkarya seoptimal mungkin sehingga efisiensi dan efektifitas pelaksanaan sistem dapat tercapai."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1993
S18531
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Lily Isjawara
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1987
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1994
S36377
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohamad Andi Rivandi
"Fungsi Pembelian pada PT. "X", suatu perusahaan yang beroperasi di bidang minyak dan gas bumi dan PT. "Y" suatu perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan, memegang peranan penting dalam kegiatan perusahaan-perusahaan tersebut. Skripsi ini menjelaskan seberapa jauh atau bagaimana perbedaan-perbedaan pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern atas fungsi Pembelian pada PT. "X", suatu Perusahaan Multi Nasional dengan PT. "Y", suatu Perusahaan Nasional. Metode penelitian yang dipakai dalam Skripsi ini ialah studi kepLlstakaan melalui text-books, majalah serta artikel di Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan Perpustakaan lainnya serta wawancara dan observasi langsung terhadap kegiatan-kegiatan perusahaan. Aspek-aspek perbedaan pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern atas fungsi Pembelian pada ke dua perusahaan itu meliputi perbedaan Struktur Organisasi dan Organisasi Pembelian. Lalu perbedaan Sistem Pemberian Wewenang dan Prosedur Pencatatan Pembelian yang mencakup langkah-langkah Permintaan Barang/Jasa yang diajukan oleh Bagian/Departemen, Pemberian Purchase Order/Contract kepada Supplier, Penerimaan Barang/Jasa, Persetujuan atas Invoice serta pembayarannya. Selain itu, perbedaan Praktekpraktek yang sehat dan Kualitas Karyawan dalam kegiatan Pembelian. Pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern atas fungsi Pembelian pada PT. "X" telah berjalan cukup baik walaupun ada satLI dua penyimpangan, sedangkan pada PT. "Y", pelaksanaannya bersifat otomatis yang disesuaikan dengan ukuran perusahaannya dan diawasi langsung oleh Pimpinan."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1992
S18402
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sepriandi Hendy
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1993
S18596
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fany
"Perkembangan era big data telah mendorong industri untuk mengadopsi teknologi data analitik untuk kebutuhan internal audit bekerja lebih efisien dan efektif. Penelitian ini menginvestigasi faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi teknologi data analytics untuk audit internal oleh sebuah perusahaan swasta. Kerangka teoritis studi berlandaskan pada Technology, Organization, and Environment (TOE) yang mengelaborasi komponen lingkungan dalam membahas faktor-faktor yang mendorong pengadopsian sebuah teknologi. Dengan metode studi kasus dan menggunakan in-depth interview untuk pengumpulan data primer di samping data sekunder, penelitian ini melakukan wawancara kepada 4 partisipan yang bekerja sebagai auditor internal di PT. XXX. Hasil temuan mengungkapkan bahwa faktor yang mempengaruhi adopsi data analytics di PT. XXX dari konteks teknologi ditentukan adalah relatif advantage dan complexity, sementara konteks organisasi ditentukan oleh quality of human resources dan top management support. Pada prakteknya, pemanfaatan data analytics di PT. XXX adalah untuk mencari anomali dalam populasi audit, menerapkan audit berkelanjutan (continuous auditing) serta analisa data audit dengan merekam lebih dari 1 juta data. Penggunaan data analytics untuk kegiatan audit masih cukup terbatas sehingga regulator diharapkan dapat membentuk standar audit dan mengadakan training untuk meningkatkan keterampilan auditor dalam penggunaan data analytics. Para akademisi juga diharapkan dapat menyusun dan membentuk kurikulum praktik untuk mempersiapkan para lulusannya berkiprah di dalam penggunaan data analytics.

The big data era has driven industry to adopt data analytics technology, particularly in the field of internal audit. This study systematically investigates into factors that influence the adoption of data analytics technology for internal audit by a private company. Technology, Organization, and Environment (TOE) framework is used to explain the antecedents of the adoption of data analytics technology. Using a case study design and in-depth interviews for primary data collection, the findings reveal that technological and organizational contexts are the major drivers of technology adoption in data analytics. In practice, the use of data analytics at PT. XXX is to identify the presence of anomalies in the audit population, implement continuous auditing and analyze audit data by using more than 1 million data. The use of data analytics for audit activities is still found limited, therefore regulators are advised to set reformed audit standards and provide training to enhance the use of data analytics. In addition, the role of academics to develop hands-on curriculum for students to develop their skills in data analytics is deemed crucial in promoting the advancement of data analytics technology for internal audit work.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Simarmata, Desy Karoline
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2000
S19320
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yan Suseno
"Direktorat Jenderal Pajak dalam melakukan fungsi penghimpunan keuangan negara membutuhkan ketersedian data yang cepat dan akurat. Untuk menjalankan fungsi pengolahan data dan dokumen perpajakan, maka dibentuklah Pusat Pengolahan Data dan Dokumen Perpajakan (PPDDP). Dalam menjalankan fungsi pengolahan, PPDDP memanfaatkan Teknologi Informasi pada setiap proses bisnisnya. Seiring dengan berjalannya waktu, sistem informasi pendukung yang ada semakin lambat dan tidak dapat memenuhi perkembangan proses bisnis saat ini. Hal tersebut mengakibatkan permasalahan dalam pengawasan proses dan produksi pengolahan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan perancangan sistem informasi pendukung baru yang dapat memenuhi proses bisnis yang ada. Dalam penilitian ini dilakukan perancangan Requirements sistem informasi yang memenuhi kebutuhan pengolahan yang ada saat ini. Perancangan ini menggunakan metode Rational Unified Process, dimana perancangan mengikuti workflow requirements dan dilakukan secara iteratif. Hasil penelitian berupa dokumen Requirement Artefact Set yang menjabarkan secara rinci kebutuhan dari sistem informasi pengolahan.

Directorate General of Taxes in performing the functions of state financial
accumulation requires the availability of data that quickly and accurately. To perform the function of data processing and tax documents, hence formed Data Processing and Document of Taxation Center (PPDDP). In carrying out the functions of processing, PPDDP utilizing Information Technology in every business process. As time goes by, the existing supporting information systems increasingly slow and can not meet the current business process. It lead to problems in process control and production processing. To addressing the issue required a new support information system design to meet existing business processes. This research was conducted design Requirements of information systems that meet the needs of today's existing treatment. This design uses the Rational Unified Process method, which follows the design requirements and workflow performed iteratively. The results of the research is a set of documents Requirement Artefact Set which outlining the needs of information processing systems in detail.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>