Ditemukan 76721 dokumen yang sesuai dengan query
Universitas Indonesia, 2004
S29196
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Universitas Indonesia, 2004
S28747
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Universitas Indonesia, 1995
S28339
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
"Lampu lalu lintas adalah perangkat yang sangat penting dalam pengaturan lalu lintas. Lampu lalu lintas yang ada saat ini tidak terlalu efisien dalam menangani masalah kepadatan jumlah kendaraan akibat banyaknya kendaraan yang menuju arah tertentu. Oleh karena itu diperlukan sensor yang digunakan untuk mendeteksi jumlah kendaraan sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan.
Pada skripsi ini dirancang suatu sistem untuk mendeteksi jumlah kendaraan. Pendeteksian ini menggunakan sensor yang memanfaatkan cahaya. Setelah mendapat data, maka data ini akan diproses oleh mikrokontroler. Mikrokontroler ini sebagai otak dan berfungsi untuk menentukan jalur mana yang mendapatkan layanan yang lebih lama. Kemudian mikrokontroler ini akan mengatur nyala lampu lalu lintas.
Percobaan yang dilakukan menunjukkan bahwa sistem ini dapat mengatur lampu lalu lintas sesuai dengan program yang dibuat. Sistem ini memiliki yaitu penundaan waktu yang terjadi ketika sistem sedang mengambil keputusan tetapi penundaan waktu ini tidak menghabiskan waktu yang lama."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S40162
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Josua Andri Bram
"Tingkat kemacetan yang terjadi pada jalan-jalan protokol di kota Jakarta sudah sangat memprihatinkan. Berdasarkan survey yang dilakukan pada persimpangan Jalan Kyai Maja menuju Jalan Trunojoyo dengan Jalan Sisingamangaraja diketahui bahwa sistem pengaturan nyala lampu lalu lintas yang diterapkan saat ini masih berupa penetapan durasi nyala lampu merah, kuning dan hijau. Pola pengaturan ini berlaku untuk sepanjang hari, sementara jumlah arus lalu lintas tidaklah sama di setiap waktu.
Untuk itu diperlukan suatu sistem yang dapat mengendalikan durasi nyala lampu lalu lintas yang dapat sesuai dengan jumlah kepadatan kendaraan yang terjadi. Pada skripsi ini dilakukan rancang bangun prototipe pengatur lampu lalu lintas dengan memanfaatkan sensor tekan yang bertujuan untuk mengendalikan nyala lampu lalu lintas secara otomatis sesuai dengan tingkat kepadatan yang terjadi. Perangkat ini bekerja menggunakan LED dan photodioda sebagai sensor pendeteksi kepadatan lalu lintas serta mikrokontroler AVR ATMEGA 8535.
Dari hasil pengujian sensor yang dipasangkan pada miniatur perempatan jalan raya sesuai dengan kondisi lapangan, ditunjukkan bahwa perangkat mampu mengendalikan durasi nyala lampu lalu lintas secara otomatis berdasarkan kepadatan yang terjadi dengan batasan durasi tekan ≥ 30 detik setelah menyelesaikan siklus durasi normal yang sedang berlangsung.
Nowadays traffic congestion that occurs on highways in Jakarta is really concerning. Based on the survey conducted on an intersection of Kyai Maja Street, Trunojoyo Street and Sisingamangaraja Street, showed that the traffic light duration are stipulated. This duration pattern is used for daily traffic, meanwhile the traffic flows are not always the same. Therefore it is a necessity to developed a system that can control the traffic light duration according to the traffic flow density. In this final project, a prototype design of traffic light controller by using the press sensor that able to control the traffic light automatically based on the actual traffic flow density has been developed. The device worked by using LED and photodiode as the sensor detection for the traffic density and microcontroller AVR ATMega 8535. Based on the test result on the intersection of the highway miniature, it is shown that the device can manage the traffic light duration automatically based on the actual traffic density. The traffic light duration will automatically change after the sensor pressed for about 30 seconds after completing the existing normal duration cycle."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S1208
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Iswanjono
"Fase kuning lampu lalu lintas menimbulkan zona dilema yang mempengaruhi reaksi pengemudi dalam menentukan sikap untuk berhenti atau meneruskan perjalanan. Kendaraan yang berada dalam zona dilema dapat terlibat melakukan pelanggaran lampu lalu lintas karena terlambat merespon fase kuning lampu lalu lintas. Penelitian ini mengembangkan algoritma IBR dalam sistem pelacakan nirkabel diskrit (DWT system) untuk pemantau pergerakan kendaraan di persimpangan yang dilengkapi lampu lalu-lintas.
Algoritma IBR dipergunakan untuk memprediksi pelanggaran lampu lalu-lintas. Prediksi dilakukan berdasar waktu pindai oleh tiga sensor pencacah kendaraan untuk mendapatkan besaran parameter kecepatan, percepatan. Parameter kecepatan dan percepatan dipergunakan untuk mendapatkan batas-batas zona dilema.
Hasil simulasi menunjukkan bahwa algoritma IBR dapat meningkatkan keberhasilan prediksi pelanggaran lampu lalu lintas pada sisa nyala lampu kuning antara 1 sampai 4 detik. Diperoleh peningkatan ketepatan prediksi pelanggaran lampu lalu lintas mencapai 6,87% lebih tinggi dibanding dengan hasil penelitian sejenis yang dilakukan oleh peneliti terdahulu.
Yellow phase of traffic lights cause a dilemma zone that affects the driver reaction to determine attitude to stop or to go on. The vehicles that are in a dilemma zone able to engage red light running since late response to the yellow phase of traffic light. This research develop a IBR algorithms on the discrete wireless tracking system (the DWT system) to monitor the movement of vehicles at intersections. The IBR algorithm is used to predict the red light runnings. Predictions made based on detection time of the three vehicle counter sensors to obstain the magnitudes of speed and acceleration parameters. Velocity and acceleration parameters used to obtain the dilemma zone boundaries. Simulation results show that the IBR algorithm improves the success of violation prediction during the period of the yellow light between 1 to 4 seconds. The experiments also exhibits that the accuracy of the red light running prediction increases up to 6.87% is higher than previous research works that have been studied during this work."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
D1480
UI - Disertasi Membership Universitas Indonesia Library
Hilalia
"Telah dibuat suatu rangkaian antar muka dari sensor infra merah yang ditampilkan dalam komputer berupa data output tegangan. Jenis sensor ini termasuk sensor pasif yang tidak memancarkan sinar infra merahnya sendiri. Sistem pendeteksi kendaraan ini bekerja berdasarkan perbedaan temperatur, antara temperatur lingkungan dengan temperatur objek yang melaluinya. Dengan menggunakan ADC, data sensor diubah menjadi data digital dan dikirim ke komputer melalui port printer paralel PC serta diolah menggunakan perangkat lunak berbasis VB 6.0. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa perubahan jarak benda dari sensor mempengaruhi sinyal keluaran sensor. Perubahan jarak disimulasikan sebagai ukuran atau jenis kendaraan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sensor yang digunakan tidak dapat menentukan besar atau jenis kendaraan.
It has been made an interface circuit from infrared sensor and visualized in to a computer as a digital output voltage data. This sensor is a passive sensor that doesn’t emit its own infrared light. This vehicle system works based on temperature differences between the ambient temperatur and the temperatur of the object. The data which resulted from sensor are converted to be digital data by a convertion ADC 0809 and it transfered to the PC by parallel printer port. This system is controlled by a software using VB 6.0. The results give conclusion that many various of distances from the object to sensor and temperatur variations are affecting the output signal of sensor. Those variations of distances are simulated as a size and a type of vehicles. From the results of this experiment, this sensor can not used to determine the size or the type of vehicle."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2007
S28842
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Diyan Ferta Diny
"Telah dilakukan penelitian mengenai deteksi lalulintas menggunakan sensor PIR. Penelitian ini bertujuan mempelajari sensor PIR yang dapat mendeteksi kendaraan melalui sinar inframerah yang dipancarkan, serta menentukan penempatan sensor yang terbaik di jalan bebas hambatan. Proses pengambilan data dilakukan dengan melakukan simulasi-simulasi terkendali yang mendekati keadaan jalan bebas hambatan sebenarnya. Metode teoritis digunakan dalam mempelajari cara kerja sensor PIR sedangkan metode eksperimen digunakan untuk proses pengambilan data dengan berbagai variasi. Hasil yang diperoleh adalah posisi terbaik dalam penempatan sensor di jalan bebas hambatan dengan ketinggian 1m dan tegak lurus dengan lintasan kendaraan.
Detection of traffic system has been researched using PIR sensor. The purposes of research are knowing characteristic of PIR sensor and able to detect vehicles by infrared radiation, also determine the best sensor positioning in freeways. The process of data taking by controlled simulation close up to real condition of freeways. Theorytical methode used for learning PIR sensor. Experiment methode used to process data taking with variations. The result are the best positioning sensor in freeways with 1m height perpendicular to vehicles pathway."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2006
S28852
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Universitas Indonesia, 1998
S28431
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
"Sistem Pengaturan Lampu Lalu Lintas Terdistribusi adalah sebuah sistem lampu lalu lintas yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan akan kinerja pengaturan lampu lalu lintas yang cerdas dengan pengambilan data secara real-time. Sistem ini dapat melakukan penjadwalan dan pengaturan jaringan banyakpersimpangan secarareal-time yang tidak bisa dilakukan oleh sistem pengaturan lampu lalu lintas konvensional. Penerapan klasifikasi di dalam sistem ini digunakan untuk meningkatkan akurasi dari pengenalan mobil. Proses klasifikasi diimplementasikan menggunakan tiga algoritma Jaringan Syaraf Tiruan, yakni Backpropagation, FLVQ, dan FLVQ-PSO. Berdasarkan hasil ujicoba, dapat ditunjukkan bahwa algoritma Backpropagationmemiliki performa akurasi yang lebih baik dibandingkan dua algoritma JST yang lainnya."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2011
AJ-Pdf
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library