Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 125508 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Bekti Mulatiningsih
"Skripsi ini membahas tentang pendapat pengguna terhadap warna dinding, Miriam Budiardjo Resource Center. MBRC adalah perpustakaan dengan tampilan modern yang menggunakan merah dan orange sebagai warna dindingnya menciptakan suasana keingintahuan,, percaya diri, ingin maju, dan kepuasan atas infromasi bagi pengguna sehingga MBRC dapat dijadikan sebagai identitas FISIP UI dalam menunjang kegiatan belajar mengajar. Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini untuk mengetahui pendapat pengguna terhadap warna dinding MBRC yang menggunakan merah dan orange sebagai warna dindingnya untuk menciptakan suasana keingintahuan, percaya diri, ingin maju, dan kepuasan atas informasi yang diperoleh pengguna sehingga MBRC dapat dijadikan sebagai identitas FISIP UI dalam menunjang belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan tiga jenis metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan kuesioner. Wawancara dilakukan kepada tiga orang pengguna MBRC yang masih aktif. Kuesioner pada penelitian ini dibagikan kepada 30 orang mahasiawa S1 Reguler angkatan 2002 yang masih terdaftar sebagai anggota MBRC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa warna dinding MBRC menciptakan suasana keingintahuan, percaya diri, ingin maju dan kepuasan atas informasii bagi penggunanya. Desain interior MBRC yang indah dan menarik telah menimbulkan rasa afeksi dan loyalitas warga FISIP UI terhadap perpustakaannya sehingga terjadi lonjakan drastis jumlah angota dan jumlah rata-rata pengunjung setiap harinya. MBRC membentuk citra perpustakaan dengan tampilan modern khususnya melalui penggunaan warna hangat (warm colors) pada dindingnya yang bertolak belakang dengan warna dinding perpustakaan pada umumnya. MBRC merefleksikan perpustakaan modern dalam pengertian perpustakaan yang memberikan rasa perubahan. MBRC memberikan pilihan kepada pengguna terhadap tampilan perpustakaan yang selama ini menimbulkan kesan membosankan. MBRC diposisikan sebagai salah satu ikon FISIP UI yang merepresentasikan kegiatan belajar mengajar dan memberikan suatu kendali dalam pengelolaannya karena perpustakaan dapat menjadi identitas bagi orang-orang terpelajar."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2006
S15517
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indah Survyana Wahyudi
"Penelitian yang dilaksanakan di Miriam Budiardjo Resource Center, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam mengenai hubungan antara perubahan perpustakaan FISIP UI menjadi MBRC dan hubungan MBRC dengan Amcor yang di interpretasikan dalam pengertian propaganda. Hasil dari pemahaman yang mendalam ini kemudian dapat menjadi refleksi dalam evaluasi serta pemberdayaan kembali prinsip-prinsip perpustakaan perguruan tinggi serta peranan dan tanggung jawab pustakawan dalam mengelola perpustakaan perguruan tinggi. Penelitian ini menggunaka metode kualitatif dengan pendekatan grounded theory dalam pengumpulan data dan interpretativ-konstruktif dalam pembahasan dan analisisnya. Alat pengumpulan data yang saya gunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, tinjauan literatur dan kuesioner. Dalam penelitian ini kuesioner hanya untuk melengkapi data yang kurang lengkap sekaligus untuk menguatkan argumentasi saja. Data yang kurang lengkap tersebut antara lain mengenai pemanfaatan koleksi Amcor MBRC UI. Kuesioner ini berbentuk semi terbuka. Kuesioner ini dibagikan kepada 80 orang pengunjung MBRC secara acak. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa MBRC telah dijadikan alat propaganda oleh FISIP UI dan oleh Kedutaan Amerika Serikat. Kesimpulan ini diambil dari pemaparan 3 hubungan yang diperoleh dari penelitian yaitu Hubungan yang pertama adalah FISIP UI melakukan propaganda dengan cara merubah MBRC menjadi perpustakaan modern dengan tujuan agar civitas akademika UI tertarik untuk mengunjungi MBRC dengan demikian sumber-sumber informasi yang terdapat di MBRC dapat termanfaatkan. Hubungan yang kedua adalah Kedutaan Amerika Serikat melakukan propaganda dengan menempatkan Amcor sebagai media propaganda di MBRC. Dengan demikian Kedutaan Amerika menggunakan MBRC sebagai alat propaganda untuk menyebarkan pesan-pesan Amerika kepada sivitas akademika FISIP UI pada khususnya dan sivitas UI pada umumnya. Hubungan yang ketiga adalah FISIP UI memanfaatkan Amcor sebagai alat propaganda agar FISIP UI melalui MBRC-nya dapat di kenal ke seluruh dunia. Dengan demikian FISIP UI menggunakan MBRC sebagai alat propaganda untuk mendapatkan jaringan internasional. Hasil penelitian ini memberikan refleksi bahwa Propaganda dapat digunakan di perpustakaan dan perpustakaan dapat pula dijadikan alat propaganda. Fungsi dan tujuan MBRC harus di kembalikan kepada fungsi dan tujuan perpustakaan perguruan tinggi tanpa kepentingan politik atau propaganda yang menyertainya. Semua itu harus di lakukan agar pengguna tidak menjadi korban berbagai kepentingan dan MBRC sebagai perpustakaan perguruan tinggi dapat menjalankan tugasnya secara optimal terutama dalam memenuhi kebutuhan informasi civitas FISIP UI."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2006
S15398
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lloyd, Elizabeth Jane
New York: Simon ans Schuster, 1990,
R 745 Lio e
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Erwin
"Penelitian mengenai sikap mahasiswa terhadap perpustakaan telah dilaksanakan di Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) Depok pada bulan April 1995. Tujuannya adalah untuk membandingkan sikap pemakai dan non-pemakai terhadap perpustakaan, koleksi perpustakaan, program pendidikan dan promosi perpustakaan, pustakawan dan mengetahui tingkat ketrampilan pemakai dan non-pemakai dalam menggunakan sumber-sumber perpustakaan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan secara kebetulan (accidental sampling). Sampel yang diambil berjumlah 100 orang mahasiswa program SI FISIP UI.
Hasilnya menunjukkan bahwa secara umum pemakai mempunyai sikap positif dan non-pemakai mempunyai sikap tidak tahu dan cenderung negatif terhadap ke lima aspek yang dikaji. Untuk mengatasi masalah tersebut diatas, maka perpusta_kaan harus senantiasa menambah jumlah koleksi, meningkatkan program pendidikan pemakai, promosi perpustakaan dan kerja sama dengan staf pengajar."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1996
S15254
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fenty Afriyeni
"Skripsi ini membahas tentang kualitas layanan internet yang diberikan oleh Miriam Budiardjo Resource Center dari sudut harapan dan persepsi pengguna dengan atribut pengukuran terhadap empat dimensi LibQual+TM, yaitu :Access o Informasi, Affect of Service, Personal Control, dan Library as Place. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kualitas layanan internet di MBRC terhadap dimensi LibQual+TM tersebut dari sudut harapan dan persepsi pengguna, sehingga bias menjadi masukan bagi pihak Miriam Budiardjo Resource Center terhadap kualitas layanan yang telah diberikan. Penelitian mengenai kualitas layanan internet ini menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data. Responden dalam penelitian ini diambil berdasarkan teknik pengambilan secara accidental sampling yang berjumlah 84 orang dimana seluruhnya adalah mahasiswa D3 dan S1. Kuesioner terdiri dari 22 pernyataan yang dibagikan kepada responden yang sedang memanfaatkan layanan internet pada saat penelitian dilangsungkan. Responden diminta memilih jawaban berdasarkan nilai yang telah disediakan, yaitu nilai 1-4 untuk tiap kolom harapan dan kolom persepsi. Kualitas layanan dinilai berdasarkan kesenjangan (gap) antara persepsi dan harapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan internet di Miriam Budiardjo Resource Center secara umum dinilai cukup baik walaupun belum memenuhi harapan responden. Kebanyakan responden mempunyai nilai harapan yang lebih tnggi dibandingkan dengan kinerja layanan yang dipersepsikan. Hal ini ditunjukkan oleh nilai persepsi yang diperoleh sebesar 2,96 dimana nilai tersebut lebih kecil dibandingkan nilai harapan yang diperoleh yaitu sebesar 3,31. Dari kedua nilai tersebut didapatkan kesenangan negative, yaitu sebesar-0,35. Dari 4 dimensi yang ada, tidak ada satu dimensi pun yang memperoleh kesenjangan positif. Dimensi yang paling baik ada pada dimensi Personal Control dimana mendapatkan nilai kesenjangan sebesar -0,08, sedangkan dimensi Affect of Service mendapatkan nilai kesenjangan terendah, yaitu sebesar -0,51. Dimensi Affect of Service ini merupakan dimensi yang paling penting untuk di evaluasi terutama dalam hal pelayanan yang diberikan oleh petugas. Meskipun dari seluruh dimensi tidak ada yang memperoleh kesenjangan positif, namun jika dilihat satu persatu, dari 22 pernyataan yang diajukan, terdapat 10 pernyataan yang memperoleh kesenjangan positif. Sedangkan sisanya atau sebanyak 12 pernyataan memperoleh kesenjangan negative."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2007
S15114
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Haznam Fahriza Widhiansyah
"Skripsi ini membahas mengenai tingkat kepuasan pengguna terhadap kualitas layanan Miriam Budiardjo Resource Center (MBRC) FISIP UI. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FISIP dan FIA UI yang pernah atau sering menggunakan layanan MBRC. Metode penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penarikan sampel secara purposive dengan kriteria responden yang telah disebutkan. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Pertanyaan pokok dalam kuesioner diadopsi dari metode LibQual+TM yang memiliki 4 dimensi dan 21 indikator kualitas layanan MBRC. Kuesioner menggunakan skala Likert dengan 5 pilihan jawaban. Adapun metode analisis yang digunakan meliputi analisis statistik deskriptif, Importance Perormance Analysis (IPA), dan Indeks Kepuasan Pengguna (IKP). Kegunaan penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam rangka upaya peningkatan kualitas layanan MBRC secara berkala dan selalu berorientasi kepada pengguna. Hasil pembahasan penelitian ini menghasilkan nilai Indeks Kepuasan Pengguna (IKP) sebesar 51,03% yang mengindikasi bahwa responden cukup puas terhadap pelayanan MBRC. Hasil diagram IPA menunjukkan bahwa kebanyakan indikator masuk kedalam kuadran III yang berarti MBRC perlu memperhatikan kembali kualitas layanannya karena yang masuk ke kuadran ini adalah indikator yang memiliki kinerja yang tidak terlalu istimewa dengan tingkat kepuasan yang relatif rendah.

The focus of this study discusses the level of satisfaction from users of the quality of Miriam Budiardjo Resource Center (MBRC) FISIP UI services. The population in this study was FISIP and FIA UI students who had or often used MBRC services. The sampling method used in this study is a purposive sampling method with the criteria of the respondents mentioned. The instrument in this study used a questionnaire. The main questions in the questionnaire were adapted from the LibQual + TM method which has 4 dimensions and 21 MBRC service quality indicators. The questionnaire uses a Likert scale with 5 answer choices. The analytical methods used include descriptive statistical analysis, Importance Performance Analysis (IPA), and User Satisfaction Index (IKP). The usefulness of this research is expected to be a reference in order to improve the quality of MBRC services on a regular basis and always be user-oriented. The results of the discussion of this study resulted in the value of the User Satisfaction Index (IKP) of 51.03% which indicated that respondents were quite satisfied with the service of MBRC. The IPA diagram results show that most indicators fall into quadrant III, which means that MBRC needs to pay attention to the quality of its services because those who enter this quadrant are indicators that have not too special performance with a relatively low level of satisfaction."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
cover
Miriam Budiardjo, 1923-2007
Bandung: Mizan Pustaka, 1998
920.959 8 MIR m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>