Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 160484 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Chan Sirdi
"Perkembangan Perpustakaan Universitaa Riau (selanjutnya disingkat Perpustakaan Unri) tidak begitu memuaskan, walaupun Perpustakaan Unri telah mulai dibina sejak tahun 1969. Sampai seat ini pekerjaan-pekerjaan perpustakaan yang sederhana pun masih banyak yang tidak dapat dilaksanakan dengan lancar. Hal ini terutama sekali disebabkan karena sangat lemahnya potensi pegawai Perpustakaan Unri yang ada sekarang. Tidak seorang pun diantara pegawai-pegawai Perpustakaan Unri yang mempunyai pendidikan penuh dan pengalaman yang memadai dalam bidang perpustakaan. Pimpiaan Unri menyadari sepenuhnya bahwa harus ada usaha untuk mengatasi keadaan ini. Oleh karena itulah di dalam buku Rencana Pengembangan Universitas Riau: 1974-1983 telah digariskan kebijaksanaan jangka pendek dalam pengembangan Perpustakaan Unri. Rencana jangka pendek itu memberikan tekanan pada usaha untuk memenuhi tenaga yang trampil dalam menjalankan pekerjaan-pekerjaan perpustakaan. Bahkan pada tahun 1973 telah dimulai mengirimkan pegawai Perpustakaan Unri untuk mengikuti pendidikan/latihan dalam bidang perpus_takaan_"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1977
S15208
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anton Hardy
"Peninjauan terhadap Perpustakaan Universitas Katolik Indonesia Atmajaya dan segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatannya bertujuan untuk meningkatkan pelayanaa perpustakaan terhadap para pemakainya. Peninjauan ini dilakukan dengan mengamati kegiatan dan tata kerja didalam perpustakaan. Juga akan ditinjau jumlah koleksi, jumlah karyawan yang bekerja dan penempatannya, anggaran yang tersedia dan ruangan-ruangan dalam perpustakaan itu sendiri. Penilaian terhadap penggunaan perpustakaan juga diperhatikan. Data-data ini kemudian dikumpulkan secara sistematis dan dalam suatu periode waktu yang tertentu. Yaitu antara bulan Januari 1977 sampai dengan bulan April 1977, setelah itu diolah dan disusun dalam bentuk skripsi ini. Dengan mengetahui kelebihan dan/atau kekurangan perpustakaan Universitas Katolik Indonesia Atmajaya penulis akan mngusulkan saran-saran yang dapat dilaksanakan, sebagai suatu sumbangan pemikiran dari hasil peninjauan, untuk kemajuan perpustakaan Universitas katolik Indonesia Atmajaya."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1978
S15176
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Urip Sutono
"Faham atau konsep _storehouse period_ yang menganggap perpustakaan universitas sama dengan sebuah _gudang buku_ yang tugasnya hanya untuk mengumpulkan, merawat dan menyediakan buku-buku, telah ditinggalkan oleh universitas-universitas yang bergerak maju mengiuti irama perkembangan ilmu pengetahuan. Langkah sejarah telah membawa perpustakaan memasuki zaman _educational and research function_ dengan faham barunya yang mengangkat perpustakaan universitas pada kedudukan terhormat, yaitu sebagai pusat kegiatan pendidikan dan aktifitas ilmiah dari suatu universitas. Dengan dianutnya konsep baru ini, perpustakaan universitas selanjutnya disebut perpustakaan memegang peranan yang sangat penting di dalam kehidupan universitas. Perpustakaan telah dianggap sebagai jantung universitas, dan dipakai sebagai ukuran untuk menilai mutu akademik universitas."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1973
S15665
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ciwuk Musiana Yudhawasthi
"Penelitian ini bertujuan mengetahui kondisi perpustakaan fakultas di lingkungan Universitas Indonesia sekarang ini. Penelitian ini mencoba merangkum dan mendeskripsikan kondisi dan masalah yang dihadapi perpustakaan fakultas di lingkungan UI. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah semua perpustakaan fakultas di lingkungan Universitas Indonesia dan unit pelaksana teknis (UPT) perpustakaan di Universitas Indonesia. Melalui metoda penarikan sampel jatah (Quota Sampling) ditetapkan enam perpustakaan dari dua belas perpustakaan fakultas yang ada di UI. Serta satu unit pelaksana teknis perpustakaan yaitu UPT Perpustakaan UI. Perpustakaan fakultas yang terpilih sebagai sampel adalah Perpustakaan Fakultas Kedokteran UI (FK UI), Perpustakaan Fakultas Kesehatan Masyarakat UI (FKM UI), Perpustakaan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UI (FMIPA UI), Perpustakaan Fakultas Ekonomi UI (FE UI), Perpustakaan Fakultas Sastra UI (FS UI) dan Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UI (FISIP UI). Penarikan sampel ini dilakukan secara sengaja (Purposive Sampling Technique). Data dikumpulkan menggunakan tiga cara, yaitu pertama, wawancara mendalam (in-depth interview) terhadap Kepala Perpustakaan atau Pustakawan Senior di perpustakaan fakultas anggota sampel, serta Kepala UPT Perpustakaan UI. Kedua, mengadakan observasi dan ketiga, mengumpulkan pemikiran_-pemikiran melalui studi kepustakaan. Pendekatan penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Berdasarkan data yang berhasil dikumpulkan, diketahui bahwa kondisi dan masalah yang dihadapi perpustakaan fakultas di lingkungan Universitas Indonesia bervariasi dalam bidang struktur organisasi dan sistem perpustakaan, koleksi, staf, layanan pemakai dan anggaran perpustakaan. Mengenai gedung perpustakaan secara keseluruhan perpustakaan di lingkungan UI telah memiliki ruang/gedung tersendiri. Meskipun demikian terungkap bahwa letak ruang/gedung yang tersedia kurang strategis dan rancangan arsitekturnya mengganggu pembagian ruang. Perabot dinilai memadai, tapi perpustakaan ingin menambahkan perlengkapan kerja untuk staf, seperti telepon, komputer dan sebagainya. Dari penelitian ini juga terungkap bahwa perpustakaan kurang aktif mengadakan kegiatan promosi dikarenakan kurangnya dana, waktu dan tenaga. Hubungan antara perpustakaan dan pihak fakultas (staf pengajar, para pengambil keputusan, mahasiswa dan karyawan) kurang terbuka, sehingga ada kesan fakultas masih menomorduakan perpustakaan. Selain daripada itu, terungkap kesan adanya kesenjangan hubungan dan komunikasi antara perpustakaan fakultas dan UPT Perpustakaan UI."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1994
S15267
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Made Widiasa
"Penilaian kinerja terhadap staf perpustakaan adalah suatu upaya pemetaan tingkat kemampuan atau unjuk kerja staf perpustakaan dalam menyelesaikan tugas-tugasnya sehari-hari. Tujuan penilain kinerja terhadap staf perpustakaan adalah untuk mengetahui kelebihan maupun kekurangan masing-masing staf perpustakaan sehingga memudahkan dalam melakukan perencanaan operasional perpustakaan dengan mengedepankan kelebihan-kelebihan yang dimiliki, serta lebih mudah merencanakan program pengembangan keahlian guna mengatasi kekurangan atau hambatan yang berhasil diidentifikasi lewat penilaian yang diselenggarakan. 'Penelitian tentang penilaian kinerja staf perpustakaan perguruan tinggi dengan mengambil lokasi di perpustakaan Universitas Udayana bertujuan untuk : 1) Mengetahui perbedaan kinerja staf perpustakaan universitas Udayana ditinjau dari tingkat pendidikan yang dimiliki. 2) Mengetahui perbedaan kinerja staf perpustakaan Universitas Udayana ditinjau dari masa kerja masing-masing staf perpustakaan. 3) Mengetahui perbedaan tingkat kinerja staf perpustakaan Universitas Udayana ditinjau dari aspek pengembangan keahlian. Sampel penelitian adalah staf perpustakaan Universitas Udayana berjumlah 42 orang (sampel jenuh). Penelitian ini menggunakan pendekatan survei dengan menerapkan kuesioner sebagai instrumen pengumpul data, dengan skala pengukuran likert dengan 4 (empat) kategori yaitu; kurang, cukup, baik dan sangat baik. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan eksplanatori studi. Pengujian hipotesis mengunakan analisis tata jenjang Spearman dengan tingkat signifikansi 5 % atau 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Tingkat kinerja staf perpustakaan Universitas Udayana ditinjau dari tingkat pendidikan,masa kerja dan pengembangan keahlian tergolong pada kategori baik. 2). Berdasarkan aspek¬aspek kinerja ditinjau dari tingkat pendidikan, masa kerja dan pengembangan keahlian tergolong baik. Ada peningkatan nyata pada kategori baik ditinjau dari tingkat pendidikan dan masa kerja dari masing-masing kelompok responden, dan tidak terjadi peningktanan nyata ditinjau dari pengembangan keahlian. 3) Dari tiga hipotesis yang diajukan hanya pengembangan keahlian yang menunjukkan signifikan dengan peningkatan kinerja

Performance assessment to library staff is an effort of mapping or drawing staff performance degree when completing their duties. The objectives of performance evaluation are to collect or invent such kinds of strengths and weaknesses of the staff so that, it will be easier for library management when they manage library operation according to the staff abilities or strengths, and it is also easier when planning for professional development program to overcome insufficiencies. or weaknesses which are identified by assessment program. The objectives of performance appraisal research of Udayana library staff are: I). To identify the differences of performance degree of Udayana library staff according to their educational back ground. 2). To identify the differences of performance degree of Udayana library staff according to their length of work 3). Identifying the differences of performance degree of Udayana library staff according to their participation intensities on professional development programs. The research sampling is total sampling with 42 respondents. The research is basically survey technique with questionnaire as an instrument to collect the data. This research is employee Likert Scale to show the degree of performance with 4 (four) categories, namely: poor, sufficient, good and very good. Data is analyzed using descriptive statistical and explanatory analyses, while examining of research hypothesis using Spearman test with significant level at 5 % or 0.05. The finding of the research shows: 1). Performance degree of Udayana library staff according to educational background, length of work and participation intensities on professional development programs classified into good categories. 2). Based on performance aspects through educational, length of work and participation intensities on professional development programs classified into good categories. Educational background and length of work shows significant improvement on good categories, while participation intensities on professional development programs do not show significant improvement. Performance degree of Udayana library staff according to classified into sufficient nearly good. 3) From three research hypothesis raised, only participation intensities on professional development programs show significant correlation with performance degree of Udayana library staff"
2005
T39941
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novia Aulia Nugraha
"Umumnya seseorang menghabiskan banyak waktu di dalam ruang, seperti tempat kerja. Buruknya kualitas udara dalam ruang dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti, Sick Building Syndrome (SBS). Perpustakaan berisiko untuk mengalami pencemaran udara yang disebabkan oleh mikrobiologi karena banyaknya bahan organik seperti buku yang dapat menjadi tempat pertumbuhan kapang. Penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan jumlah kapang di udara dalam ruang dengan keluhan SBS pada staff di Perpustakaan UI. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan variabel independennya adalah jumlah kapang, variabel dependennya adalah keluhan SBS, serta variabel confounding yang meliputi suhu, kelembaban, pencahayaan, usia, jenis kelamin, lama kerja, riwayat alergi, riwayat asma, dan kebiasaan merokok. Pengumpulan data SBS dilakukan dengan cara wawancara menggunakan kuesioner kepada 63 staff Perpustakaan, sedangkan pengukuran kapang di udara dilakukan dengan teknik passive sampling metode settle plate. Secara keseluruhan kualitas udara di Perpustakaan UI tergolong buruk. Hasil statistik menunjukan proporsi keluhan SBS pada staff sebesar 55,6% dan secara statistik tidak ada variabel yang berhubungan secara signifikan dengan SBS.

Generally a person spends a lot of time in indoor, such as a workplace. Poor air quality in the room can cause health problems such as Sick Building Syndrome (SBS). Libraries are at risk of experiencing air pollution caused by microbiology because of the Many organic materials such as books that can become a place for mold growth. The study was conducted to determine the relationship of the number of molds in the air in the room with SBS complaints on staff at the UI Library. This study uses a cross sectional design with the independent variable is the number of molds, the dependent variable is SBS complaints, and the confounding variables include temperature, humidity, lighting, age, gender, length of work, history of allergies, history of asthma, and smoking habits. SBS data collection was done by interviewing questionnaires to 63 Library staff, while mold measurements in the air were carried out using the settle plate method passive sampling. Overall the air quality in the UI Library is classified as bad. The statistical results show the proportion of SBS complaints to staff is 55.6% and statistically there are no variables that are significantly related to SBS."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hendryanto
"Penelitian mengenai manajemen promosi pada perpustakaan UKP ini dilakukan pada bulan Januari 1996, dengan waktu efektif 8-9 hari. Tujuannya adalah untuk menggambarkan manajemen promosi yang diselenggarakan oleh perpustakaan DRP dan membandingkannya dengan kerangka teoritis yang digunakan oleh peneliti. Data yang digunakan adalah data yang dikumpulkan melalui sejumlah literatur dan data langsung dari lapangan (perpustakaan UKP). Hasil penelitian ini adalah : Manajemen promosi di perpustakaan UKP tidak dilakukan berdasarkan kerangka teoritis yang digunakan oleh peneliti. Walaupun demikian unsur-unsur manajemen promosi yang ada di perpustakaan UKP sebenarnya sudah hampir sama dengan teori, kecuali tidak adanya daur hidup produk dan penetapan harga bagi penyandang dana. Selain itu, tahapan-tahapan manajemen promosi itu sendiri tidak dilakukan menurut tata unit teoritis."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1996
S15294
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Neisa Faiqotul Himmah
"Skripsi ini mengangkat permasalahan kewajiban profesional pustakawan terhadap profesinya dalam wujud kegiatan penelitian dan reformasi. Tujuannya adalah mendeskripsikan bagaimana pustakawan yang bekerja di Perpustakaan Universitas Indonesia melakukan kewajiban profesionalnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Ditemukan bahwa para pustakawan cenderung melakukan penelitian mereka secara berkelompok. Dalam melakukan penelitian tersebut mereka tidak didorong oleh motivasi individual dalam rangka melakukan reformasi pada ilmu perpustakaan tetapi lebih untuk memenuhi kegiatan penelitian yang sudah direncanakan oleh institusi perpustakaan. Reformasi menurut mereka, diwujudkan dalam bentuk menyediakan bahan untuk para profesor. Mereka juga memperbaiki sistem temu kembali informasi dengan menerapkan RDA dan melakukan roadshow literacy informasi, namun didalam mewujudkan kewajiban profesionalnya, mereka menghadapi kendala kurangnya akomodasi dari pimpinan terhadap pemikiran mereka sehingga menimbulkan kebuntuan komunikasi antar pimpinan dan pustakawan.

This thesis raises the problem to the professional librarians to his profession in the form of research and reform activities. The purpose is to describe how librarians working in libraries of Universitas Indonesia perform their professional duties. This research uses qualitative approach with case study method. Found by librarians tend to conduct their research in groups. In doing that research they can not be driven by individual motivation in order to reform the library science more to meet the research activities that have been planned by the library institution. Reform according to them, manifested in the form of providing material for the professors. They also improved information retrieval systems by implementing the RDA and conducting information literacy roadshows, but in realizing their professional obligations they faced obstacles from leadership to their thinking resulting in communication deadlock between leaders and librarians."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S70101
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tampubolon, Sisca
"Kedudukan perpustakaan perguruan tinggi sangat panting karena bertugas menghimpun, mengolah dan menyebarkan infor_masi, sehingga dapat dikatakan bahwa perpustakaan adalah jantung sebuah universitas. Pentingnya sebuah perpustakaan akan dapat dirasakan jika perpustakaan tersebut dapat dipergunakan oleh mahasiswa dengan secara maksimal. Untuk itu diperlukan suatu kemampuan yang baik dalam menggunakan perpustakaan. Kemampuan ini dapat diperoleh melalui suatu program bimbingan yang disebut Program Pendidikan Pemakai, yang bertujuan memperbaiki kemampuan mahasiswa untuk menggunakan sumber-sumber dan pelayanan yang ada di perpustakaan secara efektif guna menemukan informasi yang diperlukan.
Berdasarkan hal tersebut, maka penulis membuat suatu penelitian yang bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan mahasiswa Unika Atma Jaya dalam menggunakan perpustakaan, sehingga dari sana akan terlihat apakah program orientasi perpustakaan yang telah dilaksanakan selama ini sudah mencukupi atau belum dalam memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk dapat menggunakan perpustakaan dengan baik dan efektif."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1992
S15702
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdul Halim
"Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap mahasiswa program sarjana Universitas Indonesia terhadap layanan sirkulasi di UPT Perpustakaan Universitas Indonesia. Tipe penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner atau angket. Jumlah sampel sebanyak seratus (100) responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan accidental sampling. Analisa data dilakukan dengan menggunakan Rumus Persentase dan Skala Sikap Likert. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa sikap mahasiswa program sarjana Universitas Indonesia terhadap aspek-aspek Iayanan sirkulasi: sistem terbuka (open access) adalah sangat positif; Prosedur keanggotaan perpustakaan, kegiatan browsing (melihat-lihat dan membaca-baca buku di rak), keterangan tentang peraturan layanan sirkulasi, sirkulasi terautomasi, proses peminjaman buku, proses pengembalian buku, cara penggunaan OPAC (Online Public Access Catalog), suasana di ruangan koleksi buku, sikap staf layanan sirkulasi, dan keterampilan staf layanan sirkulasi adalah positif; Jam buka perpustakaan, letak ruang koleksi buku, rambu-rambu petunjuk buku di rak, susunan atau letak buku di rak, lamanya waktu peminjaman buku, jumlah meja dan kursi baca di ruangan koleksi buku adalah cenderung positif; Jumlah uang denda atas keterlambatan pengembalian buku, jumlah katalog komputer (OPAC) adalah cenderung negatif; Jumlah maksimal buku yang dapat dipinjam adalah negatif."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2000
S15171
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>