Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 192706 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ria Dhiani
"Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa jauh tingkat kepuasan pemakai terhadap pelayanan Perpustakaan Umum DKI Jakarta Pusat, yang mencakup penggunaan katalog, pelayanan referens dan penelusuran buku di rak. Lebih lanjut kemudian adalah mengungkapkan permasalahan yang dihadapi dan memberikan saran/gagasan yang berhubungan dengan peningkatan kepuasan pemakai terhadap pelayanan perpustakaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 90 orang, dengan perincian untuk penggunaan katalog 30 orang, pelayanan referens 30 orang dan penelusuran buku di rak 3 orang. Penyebaran kuesioner dilakukan dari tanggal 13-31 Desember 1991. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa sebagian besar responden merasa puas terhadap pelayanan perpustakaan. Untuk penggunaan katalog dengan pengaran dan/atau judul buku yang diketahui tingkat kepuasan pemakai mencapai 71,4% dan untuk subjek yang diketahui tingkat kepuasan pemakai adalah 73,7%. Untuk penelusuran buku di rak kepuasan pemakai ada pada tingkat 93.3%, dan untuk pelayanan referens tingkat kepuasan pemakai adalah 86,7%. Selain hal tersebut diatas, penelitian ini juga mengungkap kan bahwa banyak dari koleksi perpustakaan sudah tidak layak untuk dijadikan modal yang bisa menunjang jasa pelayanan perpustakaan. Baik dari informasinya yang tidak aktual lagi, maupun dari segi fisik buku-buku."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1992
S15381
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bida Kus Supartina
"Perpustakaan umum DKI Jakarta di Tanah Abang merupakan salah satu perpustakaan umum yang ada di Wilayah DKI Jakarta. kehadirannya cukup diperlukan o1eh masyarakat. Oleh karena itu perlu adanya penyediaan bahan pustaka secara tepat agar dapat dimanfatkan secara optimal. Berdasarkan hasi1 evaluasi pemanfaatan koleksi bahan pustaka non referens, maka dapat dikatakan bahwa pengunjung perpustakaan cukup homogen di1ihat dari latar belakang pendidikan yang dimi1ikinya. Sedangkan status pengunjung perpustakaan adalah pelajar, mahasiswa dan karyawan. Dari analisis data berdasarkan daftar pengrakan penekanan koleksi pada bidang Teknologi dan Ilmu- Ilmu Sosial. Sedangkan koleksi yang banyak dipinjam adalah bidang Teknologi, I1mu- i1mu Sosial dan Agama. Namun ada juga koleksi yang jarang digunakan yaitu bidang karya Umum, Kesenian serta Bahasa. Buku-buku fiksi lebih banyak dipinjam oleh pengunjung yang berstatus karyawan, dan buku-buku non fiksi oleh para pelajar dan mahasiswa. Sedangkan buku-buku non fiksi dapat memuaskan pengunjung bila dibandingkan dengan buku-buku fiksi. Namun tingkat penemuan koleksi yang ada di perpustakaan masih cukup rendah."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1988
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yuniarti
"Penelitian mengenai sikap pemakai remaja dan dewasa terhadap Perpustakaan Umum Kotamadya Jakarta Selatan (PUSS) dilakukan pada bulan Juni 2003. Tujuannya adalah: (I) mengetahui sikap pemakai remaja dan dewasa terhadap layanan (jam layanan, koleksi perpustakaan dan petugas perpustakaan), dan (2) mengetahui sikap pemakai terhadap layanan berdasarkan demografi responden (remaja dan dewasa, pendidikan, status pekerjaan, keanggotaan, frekuensi kunjungan dan lama waktu kunjungan)Pengumpulan data dilakukan dengan cara survai melalui kuesioner yang dibagikan langsung kepada para responden. Sampel yang diambil berjumlah 100 orang pemakai, baik yang anggota maupun bukan anggota perpustakaanHasil penelitian menunjukkan bahwa sikap pemakai remaja dan dewasa tergolong cenderung positif terhadap jam layanan, koleksi perpustakaan dan petugas perpustakaan. Sikap pemakai remaja dan dewasa tidak berbeda secara signifikan terhadap jam layanan tetapi sikap pemakai berbeda secara signifikan terhadap koleksi perpustakaan dan petugas perpustakaan, dimana pemakai remaja memiliki sikap yanglebih negatif terhadap koleksi dan petugas perpustakaan dibandingkan pemakai dewasa. Sikap pemakai perpustakaan berdasarkan keanggotaan, tidak berbeda secara signifikan terhadap petugas perpustakaan, tetapi berbeda secara-signifkan terhadap jam layanan dan koleksi perpustakaan. Sikap pemakai terbadap jam layanan, koleksi perpustakaan, dan petugas perpustakaan tidak berbeda secara signifikan berdasarkan pendidikan, status pekerjaan, frekuensi kunjungan dan lama waktu kunjunganUntuk lebih meningkatkan pelayanan kepada para pemakai, maka PUSS harus lebih konsisten terbadap jam buka dan jam tutup perpustakaan, menambah koleksi fiksi, nonfiksi dan referensi dengan buku-buku yang lebih beragam dan lebih mutakhir. Melengkapi subjek yang belum ada pada surat kabar, majalah dan tabloid. Petugas PUUS harus lebih perhatian, lebih ramah dan murah senyum kepada para pemakai..."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2004
S15382
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hitipeuw, Messa C.
"Saat ini, banyak, buku yang memuat cantuman bibliografi dalam balik halaman judulnya atau yang disebut Katalog Dalam Terbitan (selanjutnya disingkat KDT). Untuk buku-buku terbitan Indonesia, KDTnya dibuat oleh Perpustakaan Nasional. Terdapat pula badan-badan lain yaitu Balai Pustaka dan Penerbit ITB yang juga membuat KDT untuk buku-buku terbitan mereka. Adanya KDT dalam buku membuat pengatalogan menjadi ringan. Orang-orang yang bertugas mengatalog buku dapat menyalin cantuman bibliografi dari KDT yang ada dalam buku tersebut, dan langsung membuat kartu katalognya. Penyalinan cantuman bibliografi dari KDT atau pun sarana lain disebut copy cataloging (selanjutnya disebut penyalinan). Sebaliknya original cataloging adalah pengatalogan yang dilakukan tidak berdasarkan penyalinan dari sarana manapun. Walaupun dengan adanya penyalinan buku dapat segera disajikan kepada pemakai, penyalinan tidak terlepas dari masalah yang berkaitan dengan kebijakan pengatalogan. Masalah-masalah yang timbul dalam penyalinan yang berkaitan dengan kebijakan pengatalogan merupakan topic dari skripsi ini. Sedangkan untuk penelitian dilakukan di dua tempat yaitu Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PDII-LIPI) di Bidang Perpustakaan (selanjutnya disebut Perpustakaan PDII-LIPI) dan di Perpustakaan Omura Jakarta Selatan (selanjutnya disebut Perpustakaan Umum)."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1993
S15569
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lely Kusnadi
"Fungsi dan pelayanan referens di Perpustakaan Universitas Bidang Ilmu-Ilmu sosial adalah sebuah skripsi yang akan menguraikan fungsi dan pelayanan yang sebaiknya dijalankan oleh seksi referens di perpustakaan universitas. Perlu diketahui bahwa yang kami maksud dengan perpustakaan universitas di sini adalah perpustakaan pusat suatu universitas yang koleksinya dikhususkan pada bidang ilmu-ilmu sosial. Karya ini disusun dengan maksud mengetengahkan contoh seksi referens yang sesuai bagi perpustakaan universitas yang perlu melayani kebutuhan fakultas-fakultas ilmu-ilmu sosial di Indonesia, terutama fakultas-fakultas Pembina dan persoalan-persoalan yang mungkin timbul. Akan tetapi, walaupun pembahasan karya tulis ini kebanyakan hanya terbatas pada bidang ilmu-ilmu sosial , tidaklah berarti bahwa fungsi dan prinsip pelayanan referens tidak dapat diterapkan di perpustakaan bidang-bidang lain, karena pada pokoknya pelaksanaan kedua hal tsb. Di perpustakaan universitas bidang apapun sama."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1975
S15482
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riyadi Sudaryanto
"ABSTRAK
Kedudukan perpustakaan di dalam masyarakat sangat penting karena p erpustakaan merupakan sumber informasi. Perpustakaan bertugas menyimpan, memelihara, dan mendayagunakan informasi untuk masyarakat. Disamping itu perpustakaan juga member jasa pelayanan kepada masyarakat misalnya, peminjaman bahan pustaka, pelayanan referens, pelayanan audio-visual dan pelayanan fotokopi. Didalam kehidupan sehari-hari dijumpai kenyataan bahwa tidak semua orang mengetahui pelayanan yang diberikan oleh perpustakaan. Agar masyarakat mengetahui pelayanan yang diberikan oleh perpustakaan, perlu ada kegiatan promosi. Tujuannya adalah memperkenalkan perpustakaan dan jasa pelayanannnya sehingga masyarakat menjadi sadar dan kemudian tertarik untuk memakai perpustakaan secara maksimal. Berbagai usaha promosi telah ditempuh oleh tiga perpustakaan umum di DKI Jakarta, yakni Perpustakaan Sumantri Drojonegoro, Perpustakaan Umum DKI Jakarta Pusat dan Perpustakaan Yayasan Idayu. Penelitian membuktikan bahwa kegiatan promosi di tiga perpustakaan itu masih perlu ditingkatkan secara teratur. Penelitian juga menemukan bahwa kebanyakan pengunjung mengenal perpustakaan tersebut untuk pertama kali dari komunikasi antar teman, dengan guru/dosen atau orang tua mereka. Media promosi yang lazim seperti brosur/pamphlet dan sebagainya ternyata tidak banyak berperan. Diketemukan pula bahwa sebagian besar pengunjung di tiga perpustakaan tersebut adalah mahasiswa/pelajar. Jumlah pengunjung yang bukan mahasiswa/pelajar amat kecil. Kenyataan ini kiranya dapat mendorong bagi perpustakaan-perpustakaan yang diteliti itu untuk melakukan promosi lebih diet terutama ditujukan kepada anggota masyarakat bukan pelajaran atau mahasiswa agar mereka juga memanfaatkan perpustakaan.

"
1989
S15526
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Soetitah Siwi Soedojo
"Perpustakaan memiliki berbagai masalah yang menarik sebagai bahan kajian. Masalah tersebut dapat berupa sarana atau jasa. Sa_lah satu sarana perpustakaan yang akan dikaji di dalam penelitian ini ialah katalog.
1. DASAR PEMIKIRAN
Keberhasilan misi sebuah perpustakaan biasanya diukur melalui pelayanannya. Suatu perpustakaan dapat memberikan pelayanan dengan baik bila didukung oleh sarana yang baik pula. Salah satu sarana yang amat penting dalam pelayanan perpustakaan adalah katalog. Melalui katalog pustakawan maupun pengguna dapat mengetahui koleksi perpustakaan dan mencari literatur yang diperlukannya. Bi_la katalog dipersiapkan dengan baik, pengguna akan dapat mengguna_kannya tanpa banyak kesulitan. Dengan kata lain, katalog haruslah bersifat komunikatif.
Untuk dapat menyajikan katalog yang berfungsi dengan baik, pustakawan telah mencurahkan tenaga, pikiran, maupun waktu yang ti_dak sedikit. Pedoman-pedoman pengkatalogan yang disusun oleh para ahli melalui pengalaman selama puluhan tahun biasanya juga digunakan. Namun semua jerih payah ini tidak selalu mencapai sasarannya. Masih banyak pengguna perpustakaan merasa kecewa, karena mereka menganggap bahwa katalog yang disajikan terlalu sulit dan tidak sesuai dengan kemampuan mereka. Jadi nyatalah dalam mempersiapkan katalog, selain sistem yang baik faktor keinginan pengguna juga harus diperhatikan.
Pusat Perpustakaan Pertanian dan Biologi atau disingkat PUSTAKA, adalah suatu perpustakaan bertaraf nasional yang telah berusia lebih dari satu abad. Perpustakaan ini merupakan sumber informasi utama dalam pertanian bagi para peneliti, dosen, mahasiswa, pelajar, pengusaha, dan masyarakat lain. Sebagai pusat sumber informasi dalam bidangnya, PUSTAKA perlu meningkat pelayananannya secara terus menerus. Salah satu cara untuk meningkatkan pelayanan ialah dengan jalan memperbaiki sarananya, antara lain katalog. di PUSTAKA katalog memiliki peranan yang amat penting dalam pelayanan karena perpustakaan ini menggunakan sistem tertutup (closed access) bagi sebagian besar penggunanya. Di dalam sistem ini pengguna tidak dapat langsung mencari buku di rak, tetapi hanya dapat mencari informasi melalui katalog.
2. TUJUAN PENELITIAN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:
(a) seberapa jauh sistem katalog yang ada sekarang ini sudah memenuhi fungsinya dengan baik, dilihat dari keberhasilan pengguna dalam penelusuran.
(b) macam-macam titik pendekatan yang paling sering digunakan oleh pengguna dalam penelusuran."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1985
S15693
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irhamni
"Penelitian mengenai persepsi pernakai terhadap desain interior di perpustakaan FIB UI pada bulan Oktober 2004. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pemakai Perpastakaan FIB UI terhadap desain interior perpustakaan dan pengaruh elemen desain interior terhadap pernakai yang melipuli elemen ruang, warna, pencahayaan, sirkulasi udara sera penataan akustik atau suara. Sehingga diperoieh nrasukan kepada perpustakaan dalam menata desain interiornya. Metode penelitian yang dipakai adalah metode survei. Sampel diambil secara acak dari pernakai perpustakaan FIB IJI yang terdiri atas dosen dan mahasiswa FlU UI. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner dengan jumlah responden sebanyak I00 responder dan diperoleh sampling error sebanyak 3 responden. Data dianalisis dengan teknik analisis menaksir parameter proporsi/prosentase. Basil penelitian menunjukkan bahwa persepsi pernakai terhadap desain interior perpustakaan FIB UI merasakan tidak nyaman sebanyak 60.8 %. Pemakai perpustakaan FIB UI mengangap elemen desain yang mempengaruhi kenyamanan meraka adalah elernen ruangan perpustakaan, sebanyak 55.6 % pernakai merasakan pengaruh tidak nyarnan dalam beraktivitas berasal dari elemen penetaan suara atau akustik disusul kemudian denga elemen, ruangan sebanyak 54,6% pemakai menyatakan pengaruh tidak nyaman beraal dari elemen ruangan yang terlalu sempit sehingga mempengaruhi mereka dalam beraktifitas."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2005
S15824
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Munawar Hadi
"
ABSTRAK
Perkembangan teknologi informasi yang berkomponen teknologi telekomunikasi dan komputer telah diaplikasi ke dalam banyak bidang kehidupan manusia. Salah satunya adalah penerapan teknologi tersebut dalam kegiatan temu kembali informasi. Perpustakaan sebagai lembaga pengolah informasi juga menerapkan teknologi informasi dalam bentuk layanan penelusuran terpasang pangkalan data seperti yang dilakukan oleh Pusat informasi Kompas.
Skripsi ini mendeskripsikan pendapat pernakai atau pelanggan pangkalan data Kompas yang beralamat di Jakar_ta dan mencoba mendapatkan gambaran penelusuran yang dilakukan oleh pemakai. Diharapkan hasil penelitian ini dari dapat dimanfaatkan untuk masukan evaluasi layanan dan sistem penelusuran pangkalan data Kompas.
"
1997
S15312
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Heri Purwanto
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2005
T39405
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>