Ditemukan 16246 dokumen yang sesuai dengan query
Whitaker, Dorothy Stock
London: Routledge, 1994
158.35 WHI u
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Haney, Hutch
Australia: Brooks/Cole, 2001
158.35 HAN b
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Haney, James Hutchinson
Belmont, CA : Brooks/Cole Thomson Learning, 2001
158HANB001
Multimedia Universitas Indonesia Library
Bion, W.R.
New York: Basic Book, Inc. , 1961
616.89 BIO e
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Primalova Septiavy Estiadewi
"Kecemasan dewasa muda dalam menghadapi Quarter-life crisis berdampak pada terganggunya proses pertumbuhan dan perkembangan masa dewasa muda. Intervensi yang digunakan adalah Terapi Kelompok Terapeutik dewasa muda dan Thought Stoppung. Kerangka yang digunakan adalah Model Stres Adaptasi Stuart dan Model Adaptasi Roy. Aplikasi TKT dan Thought Stopping dapat membantu pemenuhan tugas perkembangan dan manajemen kecemasan dewasa muda. Analisa dilakukan pada 36 klien. Hasil Analisa menunjukkan bahwa terdapat peningkatan tugas dan aspek perkembangan serta penurunan angka Quarter-life crisis dan tanda dan gejala kecemasan. Saran dari Karya Ilmiah Akhir ini adalah untuk meningkatkan kemampuan klien dewasa muda menstimulasi aspek perkembangan dan manajemen kecemasan untuk mendukung tugas perkembangan dewasa muda “intimacy” baik dari teman, keluarga maupun perawat CMHN.
The anxiety experienced by young adults in facing a Quarter-life crisis affects their growth and development processes. The interventions used were Therapeutic Group Therapy for young adults and Thought Stopping. The frameworks used were Stuart's Stress Adaptation Model and Roy's Adaptation Model. The application of Therapeutic Group Therapy and Thought Stopping can assist in fulfilling developmental tasks and managing anxiety in young adults. The analysis was conducted on 36 clients. The results showed an improvement in developmental tasks and aspects, as well as a decrease in the incidence of Quarter-life crisis and anxiety symptoms. The recommendation from this final scientific work is to enhance young adults' ability to stimulate developmental aspects and manage anxiety to support the developmental task of "intimacy" from friends, family, and CMHN nurses."
Jakarta: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
SP-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Free, Michael L.
Chichester ; New York: John Wiley, 1999
616.891 4 FRE c
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Agung Tri Yuwono
"Remaja harus dapat mencapai tugas perkembangan
Remaja harus dapat mencapai tugas perkembangan identitas diri agar tidak terjadi kebingungan peran yang dapat memunculkan ide bunuh. Tujuan dari penelitian ini menerapakan Terapi Kelompok Terapeutik dan Family Psychoeducation Therapy (FPE) sebagai upaya pencegahan ide bunuh diri pada remaja dengan pendekatan model adaptasi stres Stuart. Penelitian ini menggunakan desain operational research dengan jumlah sampel 42 individu yang dibagi menjadi 20 remaja dalam kelompok kontrol dan 22 remaja dalam kelompok intervensi. Hasil analisis Mann-whitney menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelompok kontrol yang diberikan TKT, pendampingan, dan latihan mandiri dengan kelompok intervensi yang diberikan TKT, FPE, pendampingan, dan latihan mandiri secara bermakna (p value < 0,05). Penerapan TKT dan FPE direkomendasikan karena dapat menurunkan ide bunuh diri, meningkatkan tugas dan aspek perkembangan, serta meningkatkan kemampuan keluarga dalam merawat remaja.
Adolescents must be able to achieve the task of developing self-identity so that role confusion does not occur which can give rise to suicidal ideation. The aim of this research is to apply Therapeutic Group Therapy and Family Psychoeducation Therapy (FPE) as an effort to prevent suicidal ideation in adolescents using the Stuart stress adaptation model approach. This research used an operational research design with a sample size of 42 individuals divided into 20 teenagers in the control group and 22 teenagers in the intervention group. The results of the Mann-Whitney analysis showed that there was a significant difference between the control group that was given TKT, mentoring, and independent training and the intervention group that was given TKT, FPE, mentoring, and independent training (p value < 0.05). The implementation of TKT and FPE is recommended because it can reduce suicidal ideation, improve tasks and developmental aspects, and increase the family's ability to care for adolescents."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
SP-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Corey, Marianne Schneider
Belmont: Thomson/Brooks/Cole, 2006
150 COR g
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Shapiro, Jerrold Lee
Boston: Brooks/Cole, 1985
616.891 5 SHA b
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Wahyu Reknoningsih
"Perkembangan mental yang sehat pada anak mencerminkan kualitas kepribadian anak sebagai masa depan dan generasi penerus cita-cita suatu bangsa. Guna membentuk dan mengembangkan kepribadian anak, diperlukan stimulasi untuk mencapai perkembangan yang optimal terutama pada usia lima tahun pertama kehidupan atau usia prasekolah. Tujuan karya ilmiah akhir (KIA) ini adalah memperoleh gambaran tentang Efektivitas Terapi Kelompok Terapeutik Pra Sekolah terhadap perkembangan inisiatif anak usia pra sekolah di RW 06 Kelurahan Suka Damai Tanah Sareal Bogor Tahun 2014.
Karya ilmiah akhir ini menggunakan pendekatan model konseptual keperawatan Hildegard Peplau dan manajemen CMHN (Community Mental Health Nursing). Hasil KIA menunjukkan peningkatan perkembangan inisiatif anak usia pra sekolah dan kemampuan ibu dalam melakukan stimulasi perkembangan. Terapi kelompok terapeutik pra sekolah direkomendasikan untuk dilakukan pada tatanan pelayanan kesehatan di masyarakat sebagai bentuk pelayanan keperawatan kesehatan jiwa pada anak pra sekolah beserta keluarga dengan melibatkan kader kesehatan di masyarakat guna mengoptimalkan perkembangan inisiatif anak.
The mental health in children show the good qualities of child as the nation future generation.To establish and develop the children, required stimulation to achieve optimal growth, especially in the first five years of age or preschool age. The purpose of this study was to obtain an overview of the effectiveness of group therapy Therapeutic Pre-School initiative on the development of pre-school children in RW 06 Suka Damai Bogor in 2014. Recent scientific work uses a conceptual model approach Hildegard Peplau nursing and management CMHN (Community Mental Health nursing). Therapeutic preschool group therapy is recommended in order to do health care in the community as a form of mental health nursing services to pre-school children and their families by involving the cadre in order to optimize the initiatives of child's development"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2014
SP-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library