Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 111874 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Rudy Hertanto
"Pendidikan dokter adalah pendidikan akademis dan profesional. Dokter adalah ilmuwan dan praktisi. Sebagai ilmuwan, ia harus membina dan mengembangkan ilmunya dengan melakukan berbagai riset. Sebagai praktisi, ia harus mengamalkan ilmunya dalam praktek medis. "Obyek" riset dan pengamalannya adalah manusia, yang di dalamnya ia sendiri ikut termasuk. Oleh karena itu, istilah "obyek" ditolak dan diganti dengan "subyek", yang harus diperlakukan sebagai person yang otonom..Riset dan praktek medis lalu punya kekhususan tersendiri yang berbeda dengan ilmu-ilmu lain di luar kedokteran.Manusia tidak boleh dijadikan alat untuk mencapai tujuan lain, karena tujuan manusia terletak dalam dirinya sendiri. Baik: dalam riset maupun dalam praktek medis, subyek penelitian dan pasiennya harus diberi kebebasan untuk menentukan pilihannya sendiri, tanpa boleh ada paksaan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2000
D1556
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lubis, D. Bachtiar
Jakarta: Balai Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2005
616.891 4 LUB p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Raden Irawati Ismail
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 1990
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raden Irawati Ismail
Depok: UI-Press, 2013
PGB 0065
UI - Pidato  Universitas Indonesia Library
cover
R A Mulya Liansari
"ABSTRAK
Latar Belakang: Psikoterapi merupakan salah modalitas dalam tatalaksana gangguan jiwa yang banyak memberikan luaran positif. Studi-studi dalam bidang psikoterapi umumnya menilai luaran dan proses psikoterapi, salah satu luaran yang dinilai adalah aliansi terapeutik dan dianggap sebagai faktor prediksi yang konsisten terhadap luaran terapi selama 30 tahun penelitian di bidang psikoterapi. Pengukuran aliansi terapeutik merupakan hal penting karena dapat menjamin proses psikoterapi yang efektif sehingga dapat meningkatkan kualitas layanan psikoterapi. Dalam bidang pendidikan pengukuran aliansi terapeutik dapat digunakan untuk menilai kemampuan peserta didik dalam membangun dan memelihara aliansi terapeutik selama menjalankan praktik psikoterapi. Saat ini belum ada instrumen versi bahasa Indonesia yang sahih dan handal untuk mengukur aliansi terapeutik. Instrumen Working Alliance Inventory WAI yang umum digunakan dalam mengukur aliansi terapeutik dipilih untuk dilakukan uji validitas dan reliabilitas dalam studi ini.Metode: Studi dilakukan di Poliklinik Jiwa Dewasa Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo terhadap 100 pertemuan psikoterapi yang dilakukan selama bulan Desember 2016 hingga Mei 2017. Sesi psikoterapi yang dinilai adalah minimal pertemuan ketiga pasien dengan terapis yang sama. Sebelum diterapkan, telah dilakukan uji coba instrumen WAI Bahasa Indonesia pada 10 pertemuan psikoterapi. Uji validitas yang digunakan adalah validitas isi oleh 4 orang pakar psikoterapi dan validitas konstruksi dengan uji korelasi Pearson. Uji reliabilitas menggunakan reliabilitas konsistensi internal dengan mencari nilai Cronbach rsquo;s Alpha. Analisis uji validitas konstruksi dan reliabilitas menggunakan perangkat Statistical Package for the Social Sciences SPSS versi 20.Hasil: Partisipan studi terdiri dari 99 orang pasien dan 18 orang terapis. Pendekatan psikoterapi yang dilakukan pada 100 pertemuan berupa psikoterapi suportif 54 sesi, Cognitive Behavior Therapy CBT 20 sesi, dan psikoterapi psikodinamik 26 sesi. Uji validitas isi WAI versi Bahasa Indonesia untuk terapis dan pasien menghasilkan koefisien relevansi sebesar 1 yang berarti semua poin pernyataan relevan dengan konsep aliansi terapeutik. Uji validitas konstruksi menghasilkan instrumen WAI terapis adalah valid untuk setiap poin namun pada WAI pasien terdapat satu poin pernyataan nomor 9 yang tidak valid. Uji reliabilitas WAI Bahasa Indonesia menghasilkan nilai Cronbach rsquo;s Alpha sebesar 0,898 untuk kuesioner pasien dan 0,929 untuk kuesioner terapis.Kesimpulan: Uji validitas WAI Bahasa Indonesia dinilai valid untuk validitas isi. Berdasarkan validitas konstruksi, WAI Bahasa Indonesia versi terapis valid untuk mengukur aliansi terapeutik, dan versi pasien didapatkan 1 dari 36 poin pernyataan yang memiliki nilai p>0,05. Uji reliabilitas WAI Bahasa Indonesia menyimpulkan bahwa instrumen ini reliabel dalam mengukur aliansi terapeutik dengan Cronbach rsquo;s alpha 0,898 versi pasien dan 0,929 versi terapis .Kata Kunci: aliansi terapeutik, validitas, reliabilitas, Working Alliance Inventory

ABSTRACT
Background Psychotherapy is one of many therapeutic modalities in psychiatry that have been proven to produce positive outcomes. Studies in the field of psychotherapy commonly measure the process of psychotherapy and its outcome, therapeutic alliance is one of the measured aspects, as 30 years of research has shown that it consistently predicts the outcome of therapy. Measurement of therapeutic alliance is needed to assure the effectiveness of psychotherapeutic services in order to improve its quality. For educational purposes, the measurement of therapeutic alliance could assess the ability to build and to maintain alliance in psychiatric training. Currently, there is no valid and reliable instrument to measure therapeutic alliance. The Working Alliance Inventory WAI has been commonly used for such purpose and this study aims to evaluate its validity and reliability.Methods This study was conducted in the Adult Psychiatric Clinic of Cipto Mangunkusumo Hospital on 100 psychotherapy sessions from December 2016 to May 2017. Only psychotherapy with at least 3 sessions with the same therapist was included in this study. WAI Bahasa Indonesia underwent pilot trial in 10 psychotherapy sessions prior to testing. Content validity was assessed by 4 experts in psychotherapy, while construct validity was tested using Pearson correlation test. Cronbach rsquo s alpha was used to assess internal consistency as a measure of reliability. Analysis was performed using Statistical Package for the Social Sciences SPSS version 20.Results There were 99 patients and 18 therapists included in this study. Among the 100 psychotherapy sessions, 54 sessions were supportive psychotherapy, 20 sessions cognitive behavioral therapy, and 26 sessions psychodynamic psychotherapy. For content validity, relevance coefficient of WAI Bahasa Indonesia for therapist and for patient is 1, signifying that all items are relevant with the concept of therapeutic alliance. For construct validity, all items in WAI Bahasa Indonesia for therapist are valid, but one item in WAI Bahasa Indonesia for patient is not valid. Testing for internal consistency produced Cronbach rsquo s alpha of 0,898 and 0,929 for patient and therapist, respectively.Conclusion WAI Bahasa Indonesia achieved good content validity in measuring therapeutic alliance. WAI Bahasa Indonesia for therapist also achieved construct validity, but 1 out of 36 items in WAI Bahasa Indonesia for patient is not sufficiently valid with p value 0,05. For reliability, WAI Bahasa Indonesia achieved good internal consistency values with Cronbach rsquo s alpha 0,898 and 0,929 for patient and therapist, respectively.Keywords reliability, therapeutic alliance, validity, Working Alliance Inventory "
2017
SP-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Tarigan, Ferdinan S.
"Walaupun sejak tahun 1992 telah diterapkan kebljakan penempatan dokter dan dokter gigi PIT tetapi penyebaran tenaga kesehatan khususnya dokter dan dokter gigi belum menggembirakan. Sekitar 25 - 40% Puskesmas tidak memiliki tenaga dokter, khususnya puskesmas yang berada di kawasan timur indonesia dan daerah konflik. Penyebaran dokter dan dokter gigi belum merata khususnya di daerah di kawasan Indonesia Bagian Timur. Rasio ldealnya I 00.000 jiwa dilayani 40 dokter, tetapi hanya 4 Propinsi yang mencapai rasio tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif untuk menganalisis kebijakan pemerintah pusat da1am pemerataan dokter dan dokter gigi di Indonesia. Dalam penelitian ini data yang digunakan terdiri atas data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan me!akukan wawancara mendalam. Data sekunder diperoleh melalui telaah dokumen. Data primer digali dari berbagai inforrnan yang berkompeten, yakni: Biro K!!pegawaian Departemen Kesehatan RJ. Biro Hukum dan Organisasi Departemen Kesehatan RI, Pusat Perencanaan dan Pendayagunaan SDM Kesehatan Badan PPSDM Depkes RI, Konsil Kedokteran Indonesia, Ditjen Dikti Depdiknas, Pengurus Besar IDI dan PDGI.
Hasii penelitian menunjukkan bahwa penyusunan kebijakan pemerataan dokter dan dokter gigi menjadi hal dilematis, ditengah-tengah issue pe]anggaran Hak Azasi Manusia, sementara disisi Iain masyarakat memerlukan pelayanan k.esehatan, tanpa membedakan status ekonomi. Koordinasi antara stakeholders di tingkat pusat masih kurang nptimal khususnya dalam penyusunan kebijakan serta monitoring implementasi kebijakan pemerataan doktcr dan dokter gigi.

Since 1992, the temporary placement policy of general practitioner and dentist (PTT) has been applied even though it distribution> particularly dentists and general practitioner, not satisfactory yet. Approximately 25 - 40% of local health center do not have general practitioner, especially those in eastern part of Indonesia and regional conflict. Within it ideal ratio where 40 general practitioners served 100,000 inhabitants, only 4 provinces could fulfill it.
This is a qualitative approach research aim of analyzing the central government policies on equity distribution of general practitioners and dentists in Indonesia, In this research, data used consists of primary obtained through in depth interview and secondary data obtained through the document assessment. Primary data gathered from various competent informants, namely the Bureau Employee Affair of Health Department, Bureau of Legal and Organization Affairs of Health Department, The Center of Human Resource Planning and Utility of Health~ PPSDM Agency of Health Department, the Indonesian Medical Council, the General Directorate of High Education Ministry, the Indonesian Association of Medical Doctor, and the Dentist Association of Indonesia.
The results of research showed that this policies fall into a dilemma in the middle issue of human rights violations, while in the other side people need a health care without distinction on economic status. Coordination between stakeholders at the central level is not optimal yet, particularly In the policies preparation and monitoring on the policy implementation.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2009
T32484
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Andi Mappiare A.T.
Jakarta: Rajawali, 2011
616.891 4 AND p (1)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Luzi Adriyanti
"Latar belakang: Salah satu masalah terbesar yang dihadapi oleh mereka yang mengalami gangguan jiwa adalah masalah stigma. Berbagai upaya dilakukan untuk menghilangkan atau menurunkan stigma yang ada pada gangguan jiwa. Salah satu langkah yang dilakukan adalah melalui pendidikan. Pengetahuan mengenai psikiatri diterima oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dalam tiga tahap selama mereka menjadi peserta didik. Tahap pertama adalah pada awal pendidikan yaitu tingkat I kemudian pada tingkat III selanjutnya pada tingkat IV dan V yaitu pada tahap akhir pendidikan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan gambaran peranan pendidikan psikiatri terhadap pengetahuan dan sikap mahasiswa FKUI terhadap psikiatri, gangguan jiwa dan profesi psikiater.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran yaitu kuantitatif dan kualitatif. Bentuk penelitian kuantitatif adalah studi observasional (non eksperimental), bersifat deskriptif, cross sectional. Sampel adalah semua mahasiswa FKUI tingkat I, III dan VI yang memenuhi kriteria inklusi. Penelitian kualitatif menggunakan metode wawancara mendalam dengan memilih sepuluh mahasiswa tingkat I, sepuluh mahasiswa tingkat III dan sepuluh mahasiswa tingkat VI.
Hasil: Terdapat peningkatan pengetahuan dan peningkatan sikap terhadap psikiatri, gangguan jiwa dan profesi psikiater sejalan dengan peningkatan paparan psikiatri yang diterima. Terdapat persepsi yang salah bahwa guna-guna sebagai penyebab gangguan jiwa, obat-obat psikiatri menyebabkan ketergantungan dan menurunkan kualitas hidup pasien. Ilmu psikiatri sulit, tidak jelas dan kurang ilmiah, pengertian yang kurang tepat mengenai psikoterapi dan pemahaman yang kurang sesuai mengenai profesi psikiater.
Simpulan: Peningkatan pengetahuan dan sikap mahasiswa terhadap psikiatri cukup sesuai dengan paparan yang diterima pada tiap tingkat akademis. Terdapat persepsi yang salah mengenai etiologi dan penatalaksanaan di bidang psikiatri serta pemahaman profesi psikiater.

Background: One of the biggest problem faced by mentally disordered person is the problem of stigma. There venous attempts to erase or to minimize the stigma. One of the steps taken was through education. The knowledge of psychiatry is taught to die medical students of Faculty of Medicine of University of Indonesia (Fakullas Kedokteran Universitas Indonesia, FKUI) in three phases during their study. The first phase is at the beginning of the study, the second phase is at the third year and the final phase is at the end of their study, to enable have them to sufficient psychiatric exposure.
Aims: This study is to know and to obtain the role of psychiatric education to the knowledge and attitude of the medical students in Faculty of Medicine of University of Indonesia towards psychiatry, mental disorder and psychiatric profession.
Methods: Quantitative and qualitative methods were used in this study. The first method is observational (non experimental), cross sectional and descriptive study. Sample consisted of all the first, third and sixth year medical students who fulfilled the inclusion criteria. A qualitative study was done through deep interview technique to ten students ranging from the first, the third and sixth year students.
Results: There was an increase of knowledge and increase of attitude to psychiatry, mental disorder and psychiatric profession in line with the increase of the psychiatric exposure being received. There was a wrong perception that "witch craft" was the etiology of mental disorder, psychiatric medicine cause addiction and decrease the quality of life of the patients. Psychiatry is a difficult science and not scientific enough, incorrect understanding about psychotherapy and insufficient understanding about psychiatric profession.
Conclusion: The increase of the knowledge and attitude toward psychiatry fitted with the exposure received in each academic year. There were wrong perceptions concerning the issues of etiology and treatment in psychiatry, as well as the misunderstandings about the psychiatry profession."
Depok: Universitas Indonesia, 2004
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dadang Hawari
Jakarta: UI-Press, 1993
PGB 0132
UI - Pidato  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>