Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 42420 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Cavenagh, Thomas D.
Cincinnati: West Legal Studies in Business, 2000
347.09 CAV b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Curtis , Graham
Workingham, England: Addison-Wesley, 1995
658.403 CUR b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Rachima Fatkhawati
"UMKM di Indonesia menjadi prioritas pengembangan pemerintah. Peta jalan Making Indonesia 4.0 oleh Kementerian Perindustrian mengatakan bahwa UMKM di Indonesia harus mengadopsi teknologi informasi dalam kegiatan bisnisnya untuk meningkatkan produktivitas dan pangsa pasar. Ditargetkan pada 2030 mendatang, sebanyak 30 juta UMKM di Indonesia telah melakukan transformasi digital. Sistem informasi ini diterapkan guna mendukung operasional bisnis agar tercapai tingkat efisiensi dan efektivitas dalam kegiatan operasionalnya. Selain itu, perlu diperhatikan juga penerapan strategi Customer Relationship Management (CRM) untuk mempertahankan loyalitas pelanggan dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode Agile Kanbandengan pendekatan Object Oriented. Sistem yang dihasilkan berupa Sistem Pemesanan, Sistem Transaksi, Sistem Manajemen Pelanggan, Sistem Manajemen Karyawan, Sistem Input Stok, Sistem Invoice, dan Sistem Manajemen Produk. Penulis juga menggunakan alat bantu dalam melakukan perancangan sistem yaitu dengan use case diagram, use case scenario, entity relationship diagram, class diagram, activity diagram, dan sequence diagram.Penulis juga merancang high-fi design user interface menggunakan software Figma. Sistem informasi ini menggunakan database server yaitu MySQL.

MSMEs in Indonesia are a government development priority. The Making Indonesia 4.0 roadmap by the Ministry of Industry says that MSMEs in Indonesia must adopt information technology in their business activities to increase productivity and market share. It is targeted that in 2030, as many as 30 million MSMEs in Indonesia will carry out digital transformation. This information system is implemented to support business operations in order to achieve a level of efficiency and effectiveness in its operational activities. In addition, it is also necessary to pay attention to the implementation of Customer Relationship Management (CRM) strategies to maintain customer loyalty and customer satisfaction. This study uses the Agile Kanban method with an Object Oriented approach. The resulting systems are Ordering Systems, Transaction Systems, Customer Management Systems, Employee Management Systems, Stock Input Systems, Invoice Systems, and Product Management Systems. The author also uses tools in designing the system, namely use case diagrams, use case scenarios, entity relationship diagrams, class diagrams, activity diagrams, and sequence diagrams. The author also designed a high-fi user interface design using Figma software. This information system uses a database server, namely MySQL."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Risky Ade Maisal
"Peningkatan penjualan daring memberikan dampak positif pada pelaku usaha jasa logistik pergudangan sehingga permintaan pergudangan logistik di Indonesia ikut meningkat. Hal ini menjadikan Perum Bulog sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki gudang terbanyak di Indonesia berpotensi menjadi pelaku Penyedia Jasa Logistik (PJL) pergudangan. Selain menjalankan tugas publik, Perum Bulog juga melakukan kegiatan komersial, seperti jasa sewa gudang. Namun demikian, jasa sewa gudang ini tidak disertai dengan layanan pergudangan yang dapat memberikan nilai tambah. Penelitian ini mengkaji perancangan fungsionalitas Warehouse Management System (WMS) yang sesuai dengan kebutuhan internal Perum Bulog dan untuk mendukung model bisnis Perum Bulog sebagai PJL pergudangan. Metode analisis dalam merumuskan strategi model bisnis PJL pergudangan menggunakan audit strategi model bisnis, dalam memprioritaskan fungsionalitas WMS menggunakan metode MoSCoW (Must have, Should have, Could have, Won’t have), dan dalam mengidentifikasi potensi manfaat bisnis yang didapatkan dari investasi WMS menggunakan Tabel Manfaat Bisnis SI/TI Generik. Hasil dari penelitian ini adalah strategi layanan bisnis PJL pergudangan dari 4 aspek (konteks bisnis, pelanggan, kompetitor, dan jaringan bisnis), prioritas fungsionalitas WMS yang harus ada (Must have) pada peluncuran pertama, dan manfaat bisnis dari investasi WMS bagi internal Perum Bulog dan bisnis PJL pergudangan. Manfaat bisnis utama dari implementasi WMS bagi Perum Bulog adalah dapat mengurangi biaya penyimpanan, mengurangi risiko kecurangan administrasi, dan meningkatkan pendapatan lain-lain dari bisnis PJL pergudangan.

A bold increase in sales has a positive impact on warehousing logistics service business actors so that the demand for logistics warehousing in Indonesia also increases. This makes Perum Bulog a State-Owned Enterprise which has the most warehouses in Indonesia to become a Logistics Service Provider (LSP) of warehousing. In addition to carrying out public duties, Perum Bulog also carries out commercial activities, such as warehouse rental services. Unfortunately, this warehouse rental service is not accompanied by warehousing services that can provide added value. This study examines the design of the Warehouse Management System (WMS) functionality in accordance with the internal needs of Perum Bulog and to support the Perum Bulog business model as a warehousing PJL. The analytical method in formulating the LSP of warehousing business strategy model uses a business strategy model audit, in prioritizing WMS functionality using the MoSCoW (Must have, Should have, Could have, Won't have) method, and in identifying potential business benefits obtained from WMS investment using Generic IS/IT Business Benefits Table. The results of this study include the LSP of warehousing business service strategy from 4 aspects (business context, customers, competitors, and business networks), the priority of WMS functionality that must exist (Must have) at the first launch, and the business benefits of WMS investment for Bulog internal companies and LSP of warehousing business. The main business benefits of implementing WMS for Bulog are that it can reduce storage costs, reduce the risk of administrative fraud, and increase other income from the LSP of warehousing business."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Singer, Linda R.
Amerika: Westview Press, 1994
341.522 Sin s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Amir Rachman Syarifudin
"Meningkatnya layanan TI pada sebuah perusahaan dibutuhkan perencanaan lebih mendalam untuk menjaga keberlangsungan bisnis suatu perusahaan. Salah satu yang menjadi permasalahan pada sebuah perencanaan TI perusahaan yaitu mengesampingkan perencanaan kelangsungan bisnis jika terjadi gangguan, oleh karena kurangnya kesadaran beberapa stakeholder.
Untuk membantu peningkatan layanan keseluruhan manajemen TI agar bisnis perusahaan dapat berjalan meskipun terjadi gangguan atau bencana yang tidak diinginkan, maka penulis berinisiatif mengadakan penelitian dengan melakukan kajian dampak analisis terhadap divisi Business Support System PT. PT. XYZ. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metodologi NIST 800-34 sebagai panduan proses rancangan BCP yang disesuaikan dengan standar sistem informasi untuk industri teknologi informasi dan telekomunikasi.
Penelitian ini menghasilkan perancangan BCP dapat digunakan sebagai suatu panduan untuk PT. PT. XYZ, sehingga meningkatkan kewaspadaan terhadap suatu ancaman atau gangguan, dan dapat menjaga keberlangsungan bisnis pada perusahaan.

IT Service improvement for a company more in-depth planning is needed to maintain the continuity of a company's business. One of the problems in IT company is the planning exclusion of business continuity planning in the event of disruption, because a lack of awareness by some stakeholders.
To improve the overall management awarness of the IT services, that the company's business can be run even if an interruption or disaster undesirable, the authors initiated a study to conduct impact assessment analysis of the division of Business Support System PT. PT. XYZ. In this study case the authors used a methodology NIST 800-34 as guide for the design process to develop BCP standard information systems for information technology and telecommunications industries.
The results is the design of BCP that can be used as a guide for PT. PT. XYZ, thus increasing awareness of a threat or a nuisance, and can maintain business continuity in the company.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Kemala Hayati
"Sebagai bagian dari perencanaan dan pembangunan suatu negara, tingkat perkembangan infrastruktur sepanjang tahun cenderung meningkat. Industri konstruksi merupakan suatu sektor yang berfungsi dalam memenuhi kebutuhan tersebut, sementara industri konstruksi merupakan sektor yang sangat rentan terhadap perubahan dalam pelaksanaannya, dimana sebagian besar mengarah pada timbulnya klaim. Saat hal ini terjadi, kemampuan para pihak yang terlibat dalam proyek dalam mengelola klaim secara tepat menjadi sangat penting agar tidak menjadi sengketa yang akan berpengaruh pada proyek (time and cost overrun).
Penelitian ini bertujuan mengembangkan suatu sistem manajemen klaim yang terintegrasi dan terinovasi berbasis sistem informasi yang dapat di gunakan oleh praktisi guna menjalankan fungsi dalam manajemen klaim. Pengembangan sistem ini diawali dengan melakukan beberapa penelitian (reseacrh question) yang terdiri dari identifikasi risiko dan tindakan preventif, strategi manajemen kontrak, administrasi dan dokumentasi klaim, serta proses resolusi ditingkat arbitrase dan litigasi.
Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah metode analisa uji homogenitas, uji validitas, uji reliabilitas, analisa deskriptif, chi square, analisa relative importance index (RII), dan analisa ISM (Interpretative Struktural Model) dengan hasil berupa SOP, instruksi kerja dan checklist. Hasil penelitian kemudian dikembangkan menjadi suatu sistem informasi berbasis Web dengan jenis EIS (executive information system) dengan menggunakan metode Rapid Applications Development (RAD), pemograman menggunakan HTML dan PHP serta MySQL sebagai database servernya.
Prototipe yang telah siap kemudian diuji kinerjanya dari aspek fungsional, efisiensi, kompatibilitas, usability dan security. Sistem informasi manajemen klaim berbasis Web ini dapat digunakan oleh para pelaku industri konstruksi khususnya pada kontrak design build sebagai suatu mekanisme informasi dan guidance untuk mengambil keputusan dalam melaksanakan manajemen klaim dari sebelum terjadinya klaim, saat terjadinya sampai sudah menjadi sengketa konstruksi.

As part of a country development plan, the rate of need for physical infrastructures of the country is increasing throughout the year. In this regard, construction industry is the sector that serves, hence feeds the need. Whilst, the industry itself is a service sector with probability of changes in its implementation considered soaring that mostly led to claims. At this point, capability of the parties involved in a project to properly manage the claims is compromised. Fails to settle the claims mean disputes to occur, thus jeopardize the project implementation such in costs and time overrun.
This research aims to develop an innovative and integrated management of claims with its guideline that is based on information system on the web. The study started with questions leading to identification of risks and its preventive actions, contract management strategies, administration and claim documentation models, and resolution processes at the arbitration and litigation level.
Various methods and analysis applied in this research in order to test the findings, i.e. homogeneity test analysis, validity and reliability tests, descriptive analysis, chi square, Relative Importance Index analysis (RII), Interpretive Structural Modeling (ISM) that is framing the Standard Operating Procedure (SOP), and task instructions and its checklist. Moreover, the results exercised with Rapid Applications Development (RAD) method in order to configure a web-based Executive Information System (EIS). In developing the system, HTML and PHP programming were deployed, whereas MySQL engaged as its server database.
Furthermore, the system prototype is tested for its performance, thus to be fitted with such aspects of its functionality, efficiency, compatibility, usability, and security. The developed Web-based Claim Management System is hence strongly suggested to be used in the construction industry, especially for projects with design-build contract. The system shall serve as guidance in an advance mechanism for decision making, hence improving the whole management cycle of claims; even when it turns to dispute.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
D2607
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Al-Zahra Aisha Namira
"Pemerataan pembangunan infrastruktur di Indonesia menjadi salah satu faktor pengembangan jasa konstruksi di Indonesia. Dalam rangka menjawab tantangan gencarnya pembangunan yang sedang dilaksanakan di Indonesia yang mengakibatkan terjadinya peningkatan daya saing dalam industri jasa konstruksi, perusahaan jasa konstruksi BUMN pun dituntut harus menerapkan inovasi standar kontrak konstruksi. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah menerapkan pekerjaan berbasis kontrak rancang bangun karena dianggap lebih efisien dibandingkan dengan metode kontrak design bid build yang memisahkan antara kontrak perencanaan dengan pelaksanaan. Namun pada pelaksanaannya, muncul banyak klaim yang diajukan oleh penyedia jasa yang dapat berujung dispute yang seharusnya dapat diminimalkan dengan menerapkan manajemen kontrak yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perbaikan standard kontrak rancang bangun pada perusahaan jasa konstruksi BUMN berbasis Contract Management Body of Knowledge (CMBOK) dengan melakukan survey kuesioner dan wawancara pakar. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan diperoleh 19 (sembilan belas) risiko dominan yang berpengaruh terhadap terjadinya dispute pada proyek rancang bangun di Perusahaan Jasa Konstruksi BUMN.

Equitable infrastructure development in Indonesia is one of the factors in the development of construction services in Indonesia. In order to answer the challenges of the incessant development that is being carried out in Indonesia which has resulted in increased competitiveness in the construction service industry, construction service Indonesian state-owned enterprises are also required to implement innovative construction contract standards. One of the innovations made is implementing contract-based work design and build because it is considered more efficient than the contract method design bid build which separates planning and implementation contracts. However, in practice, there have been many claims submitted by service providers that can lead to Disputes which should have been minimized by applying proper contract management. This study aims to improve the design and build contract standard in construction service Indonesian state-owned enterprises based on CMBOK by conducting questionnaire surveys and expert interviews. From the results of the research that has been carried out there are 19 dominant risk factors that affect the occurrence of disputes in design and build projects at construction service Indonesian state-owned enterprises."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Laudon, Kenneth C., 1944-
New Jersey: Prentice-Hall, 1999
658.403 801 1 LAU e
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Fabi Himawan
"Sebagai perusahaan jasa pelayanan purna jual menjadi competitive advantage bagi Perusahaan XYZ yang bergerak sebagai penyedia layanan mesin ATM Divisi Servis memegang peranan utama dalam hal ini yaitu mendampingi bank sebagai klien dalam mengatasi masalah masalah pada mesin ATM Pembagian pengetahuan knowledge menjadi penting untuk dilakukan Namun demikian pembatasan terhadap hak akses pada sistem informasi pengetahuan perusahaan yang saat ini diatur oleh kantor global menyebabkan tidak seluruh karyawan dapat memanfaatkannya Hal ini menyebabkan banyak pengetahuan yang tidak terekam dan tingginya ketergantungan terhadap karyawan senior Oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem lokal yang dapat mengelola dan mendokumentasikan pengetahuan pada divisi ini Penelitian ini dilakukan untuk merancang knowledge management system yang sesuai dengan kebutuhan Divisi Servis Pendekatan yang dilakukan menggunakan metodologi Fernandez 2010 dan ditambah satu proses dari Tiwana 2000 Pengumpulan data dilakukan melalui observasi wawancara mendalam in depth interview dan kuesioner Hasil dari penelitian ini adalah rancangan model knowledge management system dan prototipe nya.

Being a service company, after sales service is a competitive advantage for Company XYZ, as ATM machine service provider. In this case, Service Division holds the main role, i.e. handles the banks as their clients in dealing problems related to ATM machines. Distribution in knowledge is critical. Nonetheless, the limitation policy in the access right on the company knowledge information system, which is currently regulated by the global head office, have made not every staffs could benefit it. It leads to unrecorded knowledge and high dependency to the senior staffs. Therefore, there is a need to create a local system that could organize and document the knowledge in this devision.
This study was performed to design a knowledge management system that accommodates the Servise Division needs. The approach on this study uses methodology from Fernandez (2010) and one process from Tiwana (2000). Data collection used observation, in-depth interview, and questionnaire. Result of this study is a design of knowledge management system model and its prototype.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>