Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 21464 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Cherry, Colin
Massachusetts: MIT Press, 1968
001.5 CHE h
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Cherry, Colin
London: MIT Press, 1978
001.5 CHE h
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Fitri
"Klassieke Model merupakan sebuah teori yang menggunakan konsep Legpuzzel atau puzzle yang membantu pembelajar bahasa asing dalam proses pemahaman suatu makna kata. Metode legpuzzel ini menggunakan perumpamaan konsep Legpuzzel dengan menganalisis dan menghimpun komponen-komponen pembentuk makna kata dengan bantuan tabel dan kolom yang diibaratkan sebagai himpunan potongan-potongan puzzle yang akan membentuk kesatuan puzzle yang utuh. Dalam jurnal ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dan survey untuk mencoba meneliti proses mahasiswa tingkat III Program Studi Belanda, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia mengenai konsep legpuzzel dengan menguji 9 responden menggunakan dua kosakata berbahasa Belanda, yaitu kata wrijftelefoon dan facebookrellen. Dari hasil penelitian tersebut, penulis menyimpulkan bahwa metode Legpuzzel memang mempermudah pembelajar bahasa asing dalam hal proses pemahaman kata-kata baru. Konsep legpuzzel pun dinilai cukup membantu responden dalam menebak makna kata berbahasa asing yang baru dikenal oleh para responden.

The Klassieke Model is a theory that uses the concept of jigsaw puzzle that helps to ease a language learner to understand, apply and to absorb new meanings. This Legpuzzel Method can be used by foreign language learners to ease them translating a word into their mother language. The aim of this journal is to analyze and compare the process of identifying and acknowledging two dutch words facebookrellen and wrijftelefoon among nine 3rd year students of the Dutch Department of Faculty of Humanities University of Indonesia. The result shows that the students generally concluded one of two meanings correctly by using the Legpuzzel Method. The Legpuzzel Method plays an important role in the process of identifying new words and their meaning and also helping students in summing up the meaning of new words in Dutch.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Teeuw, Andries, 1921-
S-Gravenhage: Martinus Nijhoff, 1961
499.28 TEE c
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Lee, Irving J.
New York : Harper & Brothers, 1941
401.43 LEE l
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Janssen, Theo
Den Haag: Sdu Uitgevers, 1997
BLD 439.318 JAN c
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Puteri Risdayani
"Makalah ini membahas tinjauan sosiolinguistik terhadap sebuah iklan yaitu iklan Rosѐe Hoegaarden (bir pink). Bir adalah salah satu minuman yang terkenal di dunia yang disukai dan dikonsumsi oleh banyak orang setiap hari, terlebih di belahan dunia yang memiliki 4 musim. Saat ini terdapat variasi yang baru dari bir, yaitu bir yang berwarna pink. Bir pink adalah salah satu produk yang cukup menarik perhatian masyarakat. Bir ini berbeda dengan bir pada umumnya, karena warnanya merah muda dan terlihat identik dengan perempuan karenanya rasanya lebih manis daripada bir pada umumnya. Pada iklan bir pink juga terlihat perbedaan dengan bir pada umumnya, karena biasanya dalam sebuah iklan bir, laki-laki selalu mendominasi dan menjadi pemeran utama yang disorot. Dalam makalah ini, penulis menganalisis iklan Rosѐe Hoegaarden (bir pink) berdasarkan S-P-E-A-K-I-N-G yang merupakan singkatan dari Setting and Scene, Participants, Ends, Act Sequences, Key, Instrumentalities, Norms, Genres yang dikemukakan oleh Dell Hymes. Dari model tersebut, iklan dapat dipaparkan secara terperinci. Penilitian ini menggunakan metode kepustakaan karena dengan metode tersebut, peneliti dapat menggambarkan dan memaparkan bagaimana iklan tersebut ditinjau dari segi S-P-E-A-K-I-N-G. Data yang dianalisis sebanyak 4 buah iklan bir Hoegaarden dengan berbagai versi. Setelah dianalisis dari keseluruhan aspek yang diteliti, ada beberapa aspek yang paling menonjol yaitu Setting (Latar dan Tempat), Participants (Pelaku), Ends (Tujuan), dan Norms (Norma). Hal tersebut menunjukkan bahwa sebuah iklan dapat diteliti dan dipaparkan berdasarkan S-P-E-A-K-I-N-G.

This article discusses about a sociolinguistic review to an ad for Rosѐe Hoegaarden (the pink beer). Beer is one of the world most famous beverages which is liked and consumed by many people everyday, especially in parts of the world that has four seasons. Currently there are a whole lot of new variations of beer in the market, i.e. the pink beer. The pink beer is one of the products that caught people’s attention. This beer is different with other beers in general because of the unusual pink colour and often associated with women because the taste is sweeter than any other beers in general. In the pink beer commercial we can also see the distinction with the other brands because usually the ads are men orientated and they are the main focus of the ads. In this article, the author analyzed the Rosѐe Hoegaarden ad based upon S-P-E-A-K-I-N-G which is an abbreviation for Setting and Scene, Participants, Ends, Act Sequences, Key, Instrumentalities, Norms, Genres proposed by Dell Hymes. From these models, advertising can be described in details. This research uses literature methods because with this method researchers are able to describe and explain how the ads are reviewed by the S-P-E-A-K-I-N-G terms. Data were analyzed by analyzing 4 Hoegaarden beer commercials with various versions. After all aspects that are being studied are analyzed, there are certain prominents aspects which really stands out that is the Setting and Scene, Participants, Ends and Norms. It shows that an advertisement can be studied and presented based on the S-P-E-A-K-I-N-G model.
"
Depok: [Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia;, ], 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Bickerton, Derek
London: UCL Press, 1996
400 BIC l
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Wahyu Tri Laksono
"Penelitian ini membahas mengenai kritik sosial yang dilakukan kelompok Warkop lewat film komedi yang dibuat tahun 1980-1987. Alasan pemilihan film komedi sebagai media historiografi karena film merupakan media audio visual yang dapat mendokumentasikan, mengkomunikasikan dan menarasikan sebuah peristiwa sejarah. Ditambah pula kritik yang disampaikan melalui media film komedi dianggap tidak terlalu mengganggu stabilitas nasional. Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang terdiri dari tahap heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Historiografi yang dibuat ditautkan dengan klasifikasi humor guna mempermudah menarasikan, menganalisis dan mengklasifikasikan film mana saja yang mengandung kritik di dalamnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah menarasikan kritik sosial yang dilakukan kelompok Warkop melalui rekonstruksi dan interpretasi dari audio visual suatu film. Hasil dari penelitian dengan narasi dan interpretasi terhadap film komedi Warkop adalah bagaimana sebuah film komedi yang dianggap sebagai hiburan ternyata dapat digunakan sebagai kritik terhadap pemerintah maupun masyarakat yang dapat dilakukan secara halus maupun secara tajam.

This study is discussed about social critics by Warkop group through their comedy films in 1980-1987. Comedy film is chosen to enlighten documentation process through audiovisual media in communicating or narrating historical event. In addition, the critics in comedy films have no reputation in disrupting national stability. Historical methods which consist of heuristic stage, critics, interpretation, and historiography are used in this study. Historiography related to humor classification is used to make a narrative, analyzed and classified all films easier which contain critics.
By aiming this study, I will make social critics in narrative from audio visual in Warkop group films through reconstruction and interpretative. As result, this study which used narrative and interpretative about comedy films by Warkop group is how a comedy films could be reputed as an entertainment only turned out into critic and acridity to both the government and society.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S45830
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Downes, William
"Language and Religion offers an innovative theory of religion as a class of cultural representations, dependent on language to unify diverse capacities of the human mind. It argues that religion is widespread because it is implicit in the way the mind processes the world, as it determines what we ought to do, practically and morally, to achieve our goals. Focusing on the world religions, the book relates modern cognitive theories of language and communication to culture and its dissemination. It explains basic features of religion such as the supernatural, the normative, abstract and ideal theological concepts such as ‘God’, and religious feeling. It develops a linguistic theory, based on how utterances are understood, of metaphysical and moral ‘mysteries’ and their key role in thought and action. It shows how such concepts gain strength in the light of their successful use, and when tempered by criticism, can also have genuine authority."
Cambridge, UK: Cambridge University Press, 2011
e20394934
eBooks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>