Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 34544 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Slobogin, Christopher
New York: Foundation press, 2000
345.05 Whi c
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Israel, Gerold H.
America: St. Paul Minn, 2000
345.05 laf c
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Carter, Linda
St. Paul: West, A Thomson Reuters Business, 2011
345.05 CAR g
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Hall, Livingston
St. Paul, Minnesota: West Publishing, 1966
364 HAL m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Hall, Livingston
St. Paul, Minn: West Publishing, 1969
343.097.3 HAL m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Hall, Livingston
St. Paul, Minn.: West Publishing, 1965
343.097.3 HAL b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Kamisar, Yale
St. Paul, Minn.: West Publishing, 1983
345.73 KAM m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Debora Vetra Mesia
"Skripsi ini membahas mengenai penyelesaian perkara pidana di luar persidangan yang berlaku baik di Indonesia, Belanda, maupun Singapura. Penyelesaian perkara pidana di luar persidangan atau dikenal dengan istilah Afdoening Buiten Proces merupakan salah satu cara untuk menyelesaikan perkara di luar persidangan dengan cara membayar denda maksimum secara sukarela sebagaimana diatur dalam Pasal 82 KUHP Lama. Ketentuan ini juga terdapat dalam KUHP Baru, tepatnya dalam Pasal 132 ayat (1) huruf d-e. Sementara itu, di Belanda ketentuan ini diatur dalam Pasal 74 Wetboek van Strafrecht, sedangkan di Singapura dikenal mekanisme Deferred Prosecution Agreement yang memiliki konsep berbeda dengan yang diatur oleh Indonesia dan Belanda. Terdapat dua pembahasan utama dalam skripsi ini. Pertama, skripsi ini akan membahas mengenai bagaimana ketentuan penyelesaian perkara pidana di luar persidangan dalam ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia, Belanda, dan Singapura. Kedua, skripsi ini akan membahas mengenai bagaimana Kitab Undang-Undang Hukum Pidana Lama dalam mengakomodir kebutuhan penyelesaian perkara pidana di luar persidangan. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian normatif-yuridis yang menganalisis lebih lanjut tentang ketentuan hukum yang berlaku di suatu negara. Adapun hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa ketentuan penyelesaian perkara pidana di luar persidangan yang berlaku di Indonesia, Belanda, dan Singapura masing-masing memiliki persamaan dan perbedaan. Selanjutnya, diketahui bahwa ketentuan penyelesaian perkara pidana di luar persidangan yang diatur dalam Pasal 82 KUHP Lama selama ini tidak mengakomodir kebutuhan yang diperlukan oleh sistem peradilan pidana. Terakhir, ketentuan penyelesaian perkara pidana di luar persidangan pada dasarnya memiliki tujuan yang baik dan dapat membantu meringankan beban sistem peradilan pidana, tetapi masih terdapat beberapa hambatan.

This thesis discusses the settlement of criminal cases outside the court which is valid in Indonesia, Netherlands, and Singapore. Settlement of criminal cases outside the court or known as Afdoening Buiten Process is one way to settle cases outside the court by paying the maximum fine voluntarily as stipulated in Article 82 of the Old Criminal Code. This provision is also contained in the New Criminal Code, specifically in Article 132 paragraph (1) letter d-e. Meanwhile, in the Netherlands this provision is regulated in Article 74 Wetboek van Strafrecht, while in Singapore the Deferred Prosecution Agreement mechanism is known, which has a different concept from that regulated by Indonesia and Netherlands. There are two main discussions in this thesis. First, this thesis will discuss how the provisions for settling criminal cases outside the court in the legal provisions in force in Indonesia, the Netherlands and Singapore. Second, this thesis will discuss how the Old Criminal Code accommodates the need for settlement of criminal cases outside of court. This research was conducted using a normative-juridical research method that further analyzes the legal provisions in force in a country. The results of this study state that the provisions for settling criminal cases outside the court in force in Indonesia, Netherlands and Singapore have similarities and differences, respectively. Furthermore, it is known that the provisions for settling criminal cases outside the court as regulated in Article 82 of the Old Criminal Code have so far not accommodated the needs required by the criminal justice system. Finally, provisions for the settlement of criminal cases outside the court basically have a good purpose and can help ease the burden on the criminal justice system, but there are still some obstacles."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Rahmah Sari Ramadhani
"Disharmonisasi ketentuan sita pidana dalam KUHAP dan sita umum dalam UU No. 37 Tahun 2004 tentang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (UUK-PKPU) telah menimbulkan masalah dalam implementasinya di lapangan. Untuk itu penulisan ini menganalisis 2 (dua) isu terkait dengan ketentuan sita yakni: (1) Disharmonisasi ketentuan KUHAP dan UUK-PKPU mengenai sita pidana dan sita umum; (2) Dampak ketidaklengkapan pengaturan pelaksanaan sita pidana dan sita umum kepailitan terhadap inkonsistensi putusan-putusan hakim. Melalui metode penelitian yuridis normatif dengan pendekatan kasus, pendekatan perundang-undangan, serta menerapkan metode analisis kualitatif, penelitian ini menyimpulkan, bahwa: (1) Kepastian hukum tidak tercapai sebab ketentuan sita yang diatur KUHAP dan UUK-PKPU disharmonis; (2) Inkonsistensi putusan-putusan hakim dalam tiga kasus yang penulis bahas terjadi akibat ketidaklengkapan peraturan terkait prosedur pelaksanaan sita pidana dalam KUHAP dan sita umum dalam UUK-PKPU sehingga masing-masing Majelis Hakim berhak untuk memutus berdasarkan keyakinan dan kewenangan yang dimiliki atas penemuan hukum (rechtvinding). Oleh karena itu, pemerintah perlu menyelaraskan ketentuan kedua perundang-undangan ini dengan melakukan revisi ketentuan Pasal 31 ayat (2) UUK-PKPU dan melengkapi mekanisme koordinasi antara kurator dan hakim pengawas dengan kepolisian dan kejaksaan agar mampu memberikan kepastian hukum dan perlindungan hukum yang berkeadilan dan berkemanfaatan bagi masyarakat secara umum dan para kreditor secara khusus.

The disharmony of criminal confiscation provisions in the Criminal Procedure Code and general confiscation in Bankcruptcy Code has caused problems in its implementation in the field. For this reason, this paper analyzes 2 (two) issues related to confiscation provisions, namely: (1) Disharmony of the provisions of the Criminal Procedure Code and Bankcruptcy Code regarding criminal confiscation and general confiscation; (2) The impact of incomplete regulation on the implementation of criminal confiscation and general confiscation of bankruptcy on the inconsistency of judges' decisions. Through a normative juridical research method with a case approach, a statutory approach, and applying qualitative analysis methods, this study concludes that: (1) Legal certainty is not achieved because the confiscation provisions regulated by the Criminal Procedure Code and Bankcruptcy Code are disharmony; (2) The inconsistency of the judges' decisions in the three cases that the authors discuss occurs due to incomplete regulations regarding the procedure for implementing criminal confiscations in the Criminal Procedure Code and general confiscations in Bankcruptcy Code so that each Panel of Judges has the right to make decisions based on their belief and authority over legal findings (Rechtvinding). Therefore, the government needs to harmonize the provisions of these two laws by revising the provisions of Article 31 paragraph (2) of Bankcruptcy Code and completing the coordination mechanism between curators and supervisory judges with the police and prosecutors in order to be able to provide legal certainty, justice, and benefit for society in general and creditors in particular."
Jakarta: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdul Basir
"Undang-undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana (KUHAP) mengandung beberapa asas didalamnya, Salah satunya adalah asas diferensiasi fungsional. Asas ini berarti penegasan pembagian tugas dan kewenangan antara jajaran aparat penegak hukum secara instansional. KUHAP meletakan suatu asas 'penjernihan' (clarification) dan ?modifikasi? (modification) fungsi dan wewenang antara aparat penegak hukum. Asas diferensiasi fungsional mulanya bertujuan untuk dipergunakan sebagai sarana koordinasi horizontal dan saling checking antara penegak hukum, terutama antara polisi selaku penyidik dengan jaksa selaku penuntut umum. Berdasarkan pasal 1 butir 1 dan 4 jo pasal 1 butir 6 huruf a jo pasal 13 KUHAP, maka jelas terlihat penjernihan dan pembagian secara tegas antara fungsi dan wewenang polisi sebagai penyidik dan jaksa sebagai penuntut umum serta pelaksana putusan pengadilan. Walaupun asas diferensiasi fungsional ditekankan antara polisi dengan jaksa, namun berpengaruh terhadap semua sub sistem dalam sistem peradilan pidana. Bagi Polri hal itu berakibat menumpuknya penanganan laporan dan pengaduan yang harus ditindaklanjuti yang pada akhirnya menyebabkan kurang maksimalnya pelaksanaan tugas-tugas penyidikan, seperti lambatnya pengiriman Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan dan bolak baliknya berkas perkara. Bagi jaksa asas diferensiasi fungsional telah menjadikan spektrum dan cara pandang jaksa dalam memberantas kejahatan menjadi sempit. Hal ini karena jaksa tidak terlibat secara langsung dalam proses penyidikan. Sedangkan pada proses persidangan di pengadilan, hanya tidak lebih dari mengkonfirmasi dan memverifikasi kebenaran isi Berita Acara pemeriksaan yang sebenarnya tidak mengikat. Sedangkan bagi tersangka dan pelapor / pengadu asas diferensiasi fungsional, telah merugikan hak-haknya karena perkaranya tidak dapat diproses berdasarkan peradilan yang cepat, sederhana dan biaya murah. Pada akhirnya asas diferensiasi fungsional menjadi salah satu penyebab over capacity pada lembaga pemasyarakatan. Lembaga ini tidak dapat melakukan pembinaan terhadap narapidana sebagaimana mestinya, bahkan dapat menjadi school of crime yang melahirkan residivis baru. Berdasarkan hal itu asas diferensiasi fungsional dirasa tidak dapat menciptakan keterpaduan antara penyidik dengan penuntut umum. Oleh karena itu perubahan KUHAP merupakan sesuatu yang urgent dan harus segera dilaksanakan.

Act No. 8 of 1981 on Procedure of Criminal Law (Criminal Procedure Code) contains some of the principles therein. The one of them is functional differentiation principle. The functional differentiation principle means the affirmation of the division of duties and authority between the law enforcement officers in institutional. The criminal procedure code put a principle of "purification" (clarification) and ?modification? functions and powers among law enforcement officers. The functional differentiation principle originally intended to be used as a means of horizontal coordination and mutual checking between law enforcement agencies, especially between polices as investigator and prosecutors as public prosecutor. Based on criminal procedure code article 1, point 1 and 4 jo article 1 point 6 letter a jo article 13, it is clearly seen purification and distribution between the functions and powers of the police as investigators and prosecutors as a public prosecutor and executor of verdict. Although the principle of functional differentiation stressed in between the investigators and the public prosecutor, but it influent all the sub systems in criminal justice system. For the police, it resulted in deposition of handling reports and complaints that should be followed up, in the end it can be implementation tasks which is not fulfilled maximal, such as the slow delivery of the notice of investigation letter and back and forth the docket. For prosecutors, principle of functional differentiation has made spectrum and perspective in combating crimes prosecutor becomes narrower. This is because prosecutors are not directly involved in investigation process. The trial process in court is nothing more than confirmation and verifying the correctness of the content of the examination dossier which is not binding. At the same time, for the suspect and the complainant, the functional differentiation principle has been detrimental to their rights because the case can't be processed with fast, simple and low cost trial. In the end the principle of functional differentiation be one cause of over capacity in the penitentiary. This institution can not conduct training of prisoners, even can be a school crime that spawned a new recidivist. Based on this principle of functional differentiation deemed not to create integration between law enforcement agencies, especially the investigators with the prosecutors. Therefore, conversion of the criminal procedure code is urgent and should be implemented immediately."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2013
T35268
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>