Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3044 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Depok: Fakultas Psikologi UI, 1999
150 SIM p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Sarlito Wirawan Sarwono
"PENDAHULUAN
Empat pembicara dalam simposium Etnopsikologi : Menjawab Tantangan Konflik Etnik, memberikan masukan yang saling melengkapi bagi pemahaman mengenai peran etnopsikologi dalam menjaga dan meningkatkan integrasi bangsa Indonesia.
DimuIai oleh Prof. Dr. Sarlito Wirawan Sarwono yang membahas mengenai Etnopsikologi. di Indonesia. Pada intinya beliau menggarisbawahi kekeliruan yang telah dilakukan pemerintah pada masa ORBA yang cenderung 'mengabaikan' keragaman dan memaksakan keseragaman. Hal ini, seperti diungkapkannya, terlihat dalam upaya pemerintah menyeragamkan tatanan pemerintahan desa yang otomatis mematikan tatanan perintahan adat. Contoh lain adalah tidak diakuinya agama Kong Hu Cu yang membuat penganut agama ini `kocar-kacir' pindah ke agama lain. Pada gilirannya sikap pemerintah yang kurang menerima keragaman ini justru menjadi bumerang bagi integrasi bangsa yang sesungguhnya menjadi tujuannya. Kondisi seragam dalam banyak hal menghilangkan eksitensi, yang pada gilirannya sangat mudah menyulutkan api konfik. Sumbernya satu: tidak adanya pengakuan akan eksitensi manusia. Hal ini dapat berdampak serius karena kebutuhan untuk diakui adalah termasuk kebutuhan dasar manuia.
Dalam tulisannya beliau juga menyebutkan bahwa dalam masa kolonial Belanda, sikap untuk menerima perbedaan bahkan sudah diterapkan., yaitu terlihat dalam menempatkan etnis tertentu dalam posisi tertentu dalam pemerintahan yang didasarkan pada studi etnopsikologi. Contohnya, pada saat itu mereka mengirirn antropolog Snouck Horgronje untuk mempelajari masyarakat Aceh dengan tujuan untuk dapat menaklukan Aceh.
Dengan demikian salah satu Cara yang harus ditempuh untuk menjaga integrasi bangsa ini adalah dengan mempelajari keragaman budaya yang ada, menerimanya dan tidak menutup-nutupinya dengan slogan `Bhineka Tunggal Ika". Untuk itu, diperlukan kajian etnipsikologi, yaitu suatu kajian yang merupakan cabang dan antropologi yang mengkhususkan diri pada usaha untuk memahami keadaan psikologi etniketnik tertentu.
Metodologi juga diuraikan dalam tulisan ini. Prof. Dr. James Danadjaja dalam tulisannya yang berjudul Relevansi Antropologi dalam Pengembangan Etnopsikologi juga menekankan pentingnya stereotipi yang berkembang di masyarakat. Karena menurut beliau stereotipi senantiasa selalu ada. Dengan demikian sikap yang mengabaikan stereotipi yang berkembang adalah tidak bijaksana, karena tidak membiasakan diri kita sendiri terhadap kenyataan yang ada, sehingga ketika konfik terjadi kita tidak slap apa-apa. Selain itu, beliau mengusulkan untuk menggunakan istilah antropologi psikologi daripada etnopsikologi, karena menurutnya cakupan etnopsikologi terlalu sempit karena hanya mengkonotasikan sukubangsa terpencil. Sedang antropologi psikologi meliputi kajian masyarakat desa dan juga kota-kota besar. Senada dengan Prof. Dr. Sarlito, beliau juga menekankan kekeliruan ORBA yang cenderung menekankan keseragaman.
Pembicara ketiga: Dharmayati Utoyo Lubis, PhD menguraikan pentingnya kajian psikologi lintas budaya bagi pemahaman kita mengenai psikologi individu dalam etnik-etnik yang berbeda. Bidang ilmu ini, menurutnya, dapat memberi masukan mengenai hal-hal yang sifatnya `etnic' atau `etic' adalah konstruk yang berkaitan dengan hal-hal universal. Dan tujuan dari kajian psikologi lintas budaya adalah mencari persamaan dan perbedaan dalam fungsi-fungsi psikologi dari berbagai kelompok etnik. Dengan demikian mempelajari psikologi lintas budaya pada masyarakat kita yang beraneka ragam etnik dapat meningkatkan pemahaman kita mengenai keunikan dan juga kemungkinan menemukan adanya kesamaan diantaranya.
Yang terakhir adalah uraian dari Prof. Dr. Subyakto Atmosiswoyo, MPA yang menghadirkan tulisan dengan judul 'Acuan Yang Sifatnya Lintas Ilmu untuk Mencari Alternatif Mengatasi Konflik Etnis'. Dalam tulisannya ini beliau menyebutkan sebab-sebab terjadinya konflik etnik, yaitu adanya 'potential hostility', 'the tragedy of the commas', sikap `ethnocentrism', ataupun adanya kecurigaan etnis. Dalam tulisan beliau disebutkan berbagai reference yang dapat digunakan antar disiplin dalam mengkaji alternatif kebijakan yang bisa ditempuh untuk menghindarkan konflik etnis. Di akhir tulisan beliau menawarkan sejumlah alternatif cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi konflik etnis Diantaranya adalah menggalakkan program untuk merubah presepsi. Dengan adanya program ini diharapkan presepsi negatif mengenai sukubangsa lain dapat dikurangi. Tentu hal ini juga membutuhkan bukti nyata yang berasal dari suku bangsa yang bersangkutan itu sendiri, sehingga etnis lain dapat merubah persepsi negatifnya menjadi positif."
Universitas Indonesia,
Prosiding - Seminar  Universitas Indonesia Library
cover
Edi Petebang
Jakarta: Institut Arsu Informasi, 2000
305.8 EDI k
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Dicky C. Pelupessy
2001
S3038
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
JPK 17:5(2011)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"dalam setiap masyarakat selalu terdapat konflik antara kepentingan dari mereka yang memiliki kekuasaan otoritatif berupa kepentingan untuk memelihara atau mengukuhkan status quo, dengan mereka yang ingin merubahnya...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Madiation as one of conflict resolution tool needs neutrality as its prerequisite. Neutrality is needed to guarantee that the third party does not have any vested or national interest. Vested or national interest of the third party will affect the mediation and the negotiation will not reach the best result for each parties. In this case neutrality cannot be fulfilled by United Nation in Morocco-Western Sahara negosiation and this is become stalemate in resolving conflict between Moroco and Western Sahara. This paper will examine why UN cannot play as neutral mediator in this negotiation."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"The United states is a super power country. Its potential human resources and advanced economy are the powerfull weapons for the US to dominate the world economy...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Abas
"Kabupaten Sambas merupakan daerah multietnis yang sangat rawan dengan konflik kekerasan horizontal. Konflik antar Dayak-Melayu dan Madura tahun 1999 merupakan fakta sosial yang memperlihatkan semakin rentannya hubungan sosial antar penduduk di daerah itu. Konflik dengan kekerasan, apapun latarbelakangnya akan berdampak terhadap terganggunya hubungan sosial antar masyarakat yang pada gilirannya akan menghambat fungsi sosial masyarakat. Karena itu penelitian ini berusaha untuk memahami latar belakang dan dampak sosial konflik etnik di kabupaten Sambas tahun 1999 tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menempatkan informan sebagai sumber data primer dan dokumen sebagai sumber data sekunder. Informasi dijaring melalui wawancara mendalam dengan informan kunci yang kemudian data tersebut ditranskrip dan dilakukan kategorisasi sesuai dengan pembabakannya yang kemudian dilakukan analisis dan interpretasi terhadap berbagai sumber informasi tersebut. Dalam upaya updating data dan informasi, peneliti juga melakukan diskusi dengan para ahli dalam rangka untuk menajamkan temuan lapangan.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa konflik antar etnik yang terjadi di kabupaten Sambas tahun 1999 dipicu oleh perkelahian antar warga dari etnik Melayu dan Madura yang diikuti dengan pembunuhan, Konflik tersebut merupakan konflik laten yang menjadi manifest ketika ada faktor pemicu tersebut. Hal ini kemudian berinterkasi dengan berbagai faktor Iainnya seperti stereotipe etnik, heterogenetis budaya, pertentangan elit politik dan perebutan sumber daya ekonomi sehingga konflik terbuka dengan kekerasan tak bisa terhindarkan. Konflik tersebut tidak hanya merusak tatanan sosial tetapi telah berdampak terhadap semakin retaknya hubungan sosial antar etnik. Melayu, Dayak dan Madura. Mereka terpaksa harus berpisah dimana orang Melayu dan Dayak tidak mau menerima lagi orang Madura untuk kembali ke wilayah Kabupaten Sambas. Hal tersebut semakin memperkuat dugaan bahwa nilai-nilai sosial yang dianut masyarakat Melayu dan Dayak menjadi rapuh. Budaya menghargai tamu atau pendatang walaupun itu musuh yang selama ini dibanggakan oleh orang Melayu dan Dayak menjadi sebuah keniscayaan yang perlu dipertanyakan kembali.
Karena itu, dapat disimpulkan bahwa konflik etnik yang terjadi di kabupaten Sambas tahun 1999 disebabkan oleh berbagai faktor yang muitidemensional. Keragaman budaya merupakan faktor utama yang mempengaruhi terjadinya berbagai benturan antar warga Melayu, Dayak dan Madura yang kemudian berinteraksi dengan fakor ekanomi dan politik, sehingga konflik yang tadinya laten berubah menjadi konflik manifest dengan kekerasan. Penolakan orang Melayu dan Dayak Sambas terhadap warga Madura untuk kembali ke kabupaten Sambas merupakan bentuk ketidakmampuan pemerintah dalam memberikan jaminan rasa aman bagi masyarakatnya. Hal tersebut sekaligus merupakan pengingkaran terhadap pengakuan akan keberagaman masyarakat Indonesia. Dalam jangka panjang fenomena tersebut bisa melahirkan semangat etnisitas berbasis wilayah dominasi yang pada gilirannya bisa menghambat proses demokrasi dan tumbuhnya civil society di daerah tersebut. Untuk itu pemerintah bersama masyarakat sipil harus mengambil langkahlangkah dialogis dalam rangka mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah sekaligus membangun semangat bare diantara warga yang berkonflik dengan tetap berpegang pada prinsip demokrasi. Selain itu juga perlunya dipikirkan upaya-upaya pencegahan secara dini dalam rangka mengantisipasi munculnya konflik kekerasan sekaligus membangun solidaritas diantara warga atas dasar semangat bhineka tungal ika."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2002
T183
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>