Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 115976 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
cover
Adhika Prajna Nandiwardhana
"ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang bagaimana pengelolaan suku cadang pesawat yang menyulitkan karena adanya ketidakpastian permintaan. Biaya perawatan telah menjadi perhatian saat ini terutama biaya suku cadang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari biaya yang dikeluarkan dalam pengadaan suku cadang menggunakan model manajemen persediaan usulan dan dibandingkan dengan model manajemen persediaan yang saat ini digunakan. Untuk menyajikan analisis inventory ini, sebuah studi kasus berdasarkan pada perusahaan Maintenance, Repair and Overhaul (MRO) di Indonesia dibahas. Dalam penelitian ini, dua metode digunakan, yaitu Syntetos-Boylan Approximation (SBA) dan Single Exponential Smoothing (SES) untuk memprediksi planned maintenance yang direncanakan. Selanjutnya, setelah peramalan telah dilakukan, analisis persediaan diperlukan untuk menentukan model persediaan yang akan diimplementasikan. Menurut model persediaan, kuantitas pesanan tetap digunakan untuk memperhitungkan biaya yang dihasilkan dalam kegiatan pengadaan. Karena metode peramalan baru di PT XYZ, ini memberikan hasil yang berbeda dibandingkan dengan metode yang ada. Metode peramalan yang sesuai digunakan pada setiap SKU karena karakteristik permintaan berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model manajemen persediaan usulan yang menggunakan metode peramalan SBA dan SES lebih akurat, dan memberikan pengurangan biaya 2,4% dari total biaya pengadaan tahunan dibandingkan dengan model persediaan yang ada. Dapat dikatakan bahwa metode ini dapat diterapkan untuk meningkatkan pengurangan biaya persediaan untuk menghadapi tantangan dalam industri penerbangan. Kelemahan penelitian ini adalah hanya dilakukan pada beberapa SKU suku cadang dengan karakteristik permintaan yang berbeda-beda. Untuk membuktikan bahwa metode ini dapat diterima secara umum, jumlah sampel SKU perlu ditingkatkan.

ABSTRACT
This thesis examines how managing aircraft spare parts has been troublesome since there is demand uncertainty. Maintenance cost has been a concern nowadays especially spare parts cost. The objective of this research is to discover costs generated by spare parts procurement using proposed inventory management model and compared with existing inventory management model. To present this inventory analysis, a case study based on a maintenance, repair and overhaul (MRO) company in Indonesia is discussed. In this research, two methods are used, i.e. Syntetos-Boylan Approximation (SBA) and Single Exponential Smoothing (SES) to predict the planned maintenance forecasting. Furthermore, after forecasting has been done, inventory analysis is needed to determine inventory model to be implemented. According to inventory model, fixed order quantity is used to account for costs generated in procurement activity. Since the forecasting methods are new in PT XYZ, this gave different result compared to existing method. Suitable forecasting method is used on each SKU as the demand characteristics are different. The result shows that the proposed inventory management model using SBA and SES forecasting method are more accurate, and gave cost reduction 2.4% of total annual procurement cost compared to existing inventory management model. The method can be applied to improve inventory cost reduction to face challenges in aviation industry. The limitation of this research is only conducted in several spare part SKUs with specific demand characteristics. To prove that the method can be generally accepted, number of SKU samples needs to be increased."
2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammed Riza Zarkasi
"ABSTRAK
Penelitian ini meneliti 248 responden yang terdiri dari karyawan staff dan
atasan atau pimpinan di lingkungan PT. Taspen. Dilatarbelakangi oleh ketidak
pastian lingkungan yang dialami PT Taspen seperti pengembangan model bisnis
baru dan kekurangan sumber daya manusia akibat putusnya program rekrutmen,
memaksa karyawan untuk dapat mengikuti arus perubahan. Sehingga kesiapan
untuk berubah atau readiness for change menjadi hal yang menarik untuk di teliti.
Faktor-faktor yang diangkat untuk melihat pengaruhnya terhadap readiness for
change adalah Leader member exchange (LMX) dan Perceived Organizational
Support (POS). kedua faktor tersebut memberikan pengaruh yang sangat tinggi
terhadap dimensi valence sebagai Readines For Change

ABSTRACT
This study examined the 248 respondents consisting of staff employees and
superiors or leaders within the PT. TASPEN. Motivated by the uncertainty of the
environment that experienced by PT. TASPEN, like developing new business
model and lack of human resources due to discontinuation recruitment, this
uncertainty environment force employees to be able to follow the flow of change.
So that the readiness for change be interesting to investigate. Factors that influence
the readiness for change in this research are the Leader member exchange (LMX)
and Perceived Organizational Support (POS). High finding on the research results
explain both factors have the most effect in affecting valence as a Readines For
Change dimension."
2016
T49434
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Refananta Andryan Airlangga
"Tesis ini membahas mengenai bagaimana strategi perusahaan Sony untuk memproduksi produk konsol video game Playstation 5 pada saat ada krisis pasokan chip semikonduktor. Krisis chip semikonduktor menyebabkan Sony untuk mengurangi kapasitas kemampuan manufaktur Playstation 5 karena tidak dapat memperoleh pasokan chip semikonduktor yang merupakan komponen sangat vital dalam penciptaan konsol tersebut. Konsep global value chain, general marketing, dan Japanese corporate culture digunakan sebagai dasar untuk menganalisa data penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi literatur dari berbagai buku, jurnal, artikel, situs video dan situs resmi perusahaan Sony. Dari data-data yang telah dianalisa, disimpulkan bahwa relasi antara Sony sebagai perusahaan utama dan AMD dan TSMC sebagai perusahaan pemasok memilliki hubungan yang sangat vital dalam menyediakan penciptaannya pasokan konsol Playstation 5. Krisis chip semikonduktor memperlambat proses produksi berbagai alat elektronik termasuk konsol Playstation 5 dan menyebabkan disrupsi pada jaringan pasokan global. Strategi Sony adalah untuk membantu perusahaan pemasok untuk meningkatkan kapasitas produksi, memastikan harga produk-produknya stabil, dan sebisa mungkin menjual langsung ke konsumen. Jaringan pasokan global mengalami disrupsi karena pandemi Covid-19 dan tingkat permintaan alat elektronik meningkat pesat terutama di sektor kendaraan berbasis elektrik dan teknologi 5G.

This thesis discusses how the strategies of Sony corporation produces the Playstation 5 video game console during the semiconductor chip supply crisis. The semiconductor chip crisis caused Sony to reduce the manufacturing capacity of the Playstation 5 console because it was unable to obtain a supply of the semiconductor chip which was a vital component in the creation of the console. The concepts of global value chain, general marketing, and Japanese corporate culture are used as the basis for analyzing research data. This study uses a qualitative method by literature studies from various books, journals, articles, video sites and the official website of Sony. From the analyzed data, it is concluded that the relationship between Sony as the main company and AMD and TSMC as the supplier company maintains a vital relationship in providing the creation of the supply of the Playstation 5 console. The semiconductor chip crisis slowed down the production process of various electronic devices including the Playstation 5 console and caused disruptions to the global supply network. Sony's strategy is to help its supplier companies to increase production capacity, ensure the prices of their products are stable, and sell directly to consumers as much as possible. The global supply network has been disrupted due to the Covid-19 pandemic and a sharp rise in demand for electronic devices, especially in the electric vehicle and 5G technology sectors."
Depok: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: KPPU-RI (Komisi Pengawasan Persaingan Usaha Republik Indonesia),
300 KOM
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Bertha Rosanica Verawati
"Skripsi ini membahas gambaran manajemen pelatihan bagi tenaga perawat di Bidang Keperawatan RSU Kabupaten Tangerang tahun 2008. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui gambaran manajemen pelatihan bagi tenaga perawat yang meliputi input, proses, dan output. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menyebutkan bahwa pelaksanaan pelatihan bagi tenaga perawat di RSU Kabupaten tahun 2008 masih terbilang minim serta kurang optimal. Sehingga penulis menyarankan agar dilakukan: pengawasan dari pihak RS untuk mengetahui kondisi pengembangan SDM perawat, pengajuan usulan pembuatan protap khusus pelatihan perawat untuk kelancaran program pelatihan perawat di masa mendatang, penambahan intensitas pelatihan perawat internal untuk memenuhi kebutuhan optimalisasi kinerja perawat, penambahan sarana pelatihan perawat agar pelatihan perawat dapat diselenggarakan lebih efektif, peninjauan ulang proses perencanaan agar pelatihan perawat yang diselenggarakan di masa mendatang dapat dilaksanakan secara menyeluruh dan tepat memenuhi kebutuhan perawat."
Depok: Universitas Indonesia, 2009
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Agus Saputra
"Sistem manajemen keamanan informasi merupakan suatu kebijakan terintegrasi yang menjadi bagian dari keseluruhan manajemen organisasi untuk mengoperasikan, memantau, meninjau dan memelihara keamanan informasi dengan pendekatan risiko. Lebih jauh, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem manajemen keamanan informasi di KPK dengan menggunakan pendekatan model CIPP (context, input, process, product). Penelitian ini menggunakan pendekatan interpretif dengan teknik pengumpulan data kualitatif melalui studi literatur, wawancara narasumber dan observasi untuk kemudian dilakukan elaborasi berdasarkan indikator-indikator dalam evaluasi menggunakan model evaluasi CIPP sebagai pedoman analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konteks sistem manajemen keamanan informasi di KPK telah diatur dalam regulasi internal yang telah disusun secara kolaboratif antar fungsi di KPK. Namun demikian pada implementasinya masih perlu pengembangan lebih lanjut terutama pada aspek pengembangan kompetensi pelaksana kebijakan. Pada dimensi evaluasi produk, sistem manajemen keamanan informasi masih dibutuhkan eksistensinya di KPK mengingat sebagai lembaga publik yang memiliki fungsi penegakan hukum, perlu dijamin kerahasiaan data dan informasi agar tidak jatuh kepada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

The information security management system is an integrated policy that is part of the overall management of the organization to operate, monitor, review and maintain information security with a risk approach. Furthermore, this study aims to evaluate the information security management system at the KPK using the CIPP model approach (context, input, process, product). This study uses an interpretive approach with qualitative data collection techniques through literature study, interview with informants and observations to then be elaborated based on the indicators in the evaluation using the CIPP evaluation model as an analysis guide. The results of the study indicate that the context of the information security management system at the KPK has been regulated in internal regulations that have been compiled collaboratively between functions at the KPK. However, the implementation still needs further development, especially in the aspect of developing the competence of policy implementers. In the product evaluation dimension, an information security management system is still needed to exist in the KPK considering that as a public institution that has a law enforcement function, it is necessary to guarantee the confidentiality of data and information so that it does not fall to irresponsible parties."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Thomas Windharyanto Nugroho
"Studi ini didasarkan pada sejumlah besar usaha kecil dan menengah dalam penerapan Total Quality Management TQM . Kurangnya standarisasi atau kejelasan sistem mutu yang digunakan dalam UKM agak menjadi kendala bagi UKM dalam mempertahankan sistem manajemen.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan Total Quality Management TQM untuk industri kecil dan kecil di sektor makanan. Setelah mengetahui hasil implementasi Total Quality Management TQM dalam industri kecil dan menengah di industri makanan. Metodologi yang digunakan adalah mengambil data primer dengan kuesioner.
Penelitian ini merupakan studi empiris menggunakan teknik studi populasi atau sering disebut sebagai teknik sensus dalam data. Data yang dihasilkan akan diproses dengan metode Structural Equation Model SEM . Batasan penelitian adalah industri kecil dan menengah di industri makanan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor strategik memberi pengaruh terhadap kinerja non-finansial. Hal ini berarti faktor-faktor seperti komitmen manajemen dan leadership kepemimpinan, budaya perusahaan, dan perbaikan berkelanjutan memberikan kontribusi terhadap kinerja non-finansial. Kemudian faktor taktis memberikan pengaruh terhadap kinerja finansial, sedangkan faktor operasional memberikan pengaruh terhadap kinerja non finansial.

This study is based on a large number of small and medium enterprises in the application of Total Quality Management. The lack of standardization or clarity of the quality system used in SMEs is rather a constraint for SMEs in maintaining the management system.
The purpose of this study was to analyze the application of Total Quality Management for small and medium industries in the food sector. After knowing the result of Total Quality Management implementation in small and medium industry in food industries. The methodology used is taking primary data with questionnaires.
This study is an empirical study using population study techniques or often referred to as census techniques in the data. The resulting data will be processed by the Structural Equation Model SEM method. Restrictive studies are small and medium industries in the food industries.
The results of this study show that strategic factors influence the nonfinancial performance. This means factors such as management commitment and leadership, corporate culture, and continuous improvement contribute to nonfinancial performance. Then tactical factor gives influence to financial performance. Whereas operational factor give influence to non finansial performance.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
T51165
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Article 157 section 4 of the Limited Corporation Act stated that Company which does not reform its statuta within a periode of time arranged by article 157 section 3, the company can be dissolved by Court's decision based upon attorney's petition or authorized party. It does not mean automatically dissolve but should be liquidated. It could appen that a limited corporation may not reform its statuta after August 16th, 2008 but the company still exists because it does not automatically cause the last of its legal entity status. A limited corporation is still recognised as a legal entity eventhough the corporation does not reform its statuta according to Limited Corporation Act No. 40/2007 because there is no single article which arranges legal sanction for contravention of the article 157 section 4."
JUHUBIS
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>