Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 14528 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Handwritten word segmentation problem is one of many problems in the handwritten wprd recognition field. This segmentation problem will be more complicated if dealing with cursive handwritten words. This paper will discuss a simple approach in segmentation using 1D Gaussian filters having 8 points in length and 4 - 12 in standard deviation as well as those having 12 - 24 points in length 4- 16 in standard deviation can be used effectively for this kind of segmentation."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Harjuli Surya Putra
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah rubrik penilaian tulisan,
khususnya tulisan discussion. Rubrik ini dibuat sesuai dengan standar penilaian
pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di tingkat SMA untuk dapat
digunakan guru dalam menilai hasil tulisan siswa. Berdasarkan pengamatan yang
dilakukan pada dua orang guru Bahasa Inggris di SMA Negeri 8 dan 15 Kota
Tangerang diketahui bahwa bentuk penilaian terhadap hasil tulisan siswa kelas XI
IPA dilakukan dengan hanya memberikan poin atau nilai tanpa kriteria yang jelas.
Penilaian seperti ini cenderung subjektif, tidak akurat, dan tidak sesuai dengan
bentuk penilaian yang telah diamanatkan dalam KTSP. Salah satu cara untuk
mengatasi hal ini adalah dengan penggunaan rubrik penilaian. Pengembangan
rubrik ini dilakuan melalui 7 tahap pengembangan, yaitu penelitian dan
pengumpulan data awal, perencanaan, pembuatan produk awal, uji coba awal,
perbaikan produk awal, uji coba lapangan, dan perbaikan produk operasional.
Pada pengembangan rubrik ini diambil 16 hasil tulisan siswa. Analisis data pada
penelitian ini dilakukan dengan menganalisis dan menilai buram 1 yang ditulis
siswa, buram 2 hasil perbaikan tulisan siswa, hasil uji kuesioner dan wawancara
pertama mengenai format rubrik yang telah jadi, dan hasil uji kesioner dan
wawancara kedua mengenai manfaat rubrik dalam membantu siswa memperbaiki
tulisan pada buram 2. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan rubrik
dapat meningkatkan rerata nilai pada tiap kategori penilaian dan siswa
menganggap penggunaan rubrik ini efektif dalam membantu mereka memperbaiki
tulisan.

Abstract
This research aims at developing a writing assessment rubric for a discussion text.
This rubric is made in accordance with the assessment standard of the current
Senior High School curriculum, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) to
be used by the teachers. Based on observations made of two high school English
teachers at SMA Negeri 8 dan 15 Kota Tangerang , it was found that the
assessment of students' writing in class XI was done by simply giving points or
grades without any clear criteria. Such assessments tend to be subjective,
inaccurate, and are not helpful for students. One way to overcome this is to use an
assessment rubric. The development of this rubric was done through 7 stages of
development, namely research and information collection, planning, developing
premilinary forms of the product, premilinary field testing, main product revision,
main field testing, and operational product revision. The development of this
rubric is based on 16 students' writing. Analysis of data in this study was
conducted by analyzing and assessing students' writing in first and second drafts
as well as the results of the first and second questionnaires and interviews. The
results show that the use of assessment rubric can significantly increase the
students? average score for every assessment category. Furthermore, the students
consider using the rubric is effective in helping them improve their writing."
2012
T31201
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Bintang Cahya Dwi Putra
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai kemampuan siswa Sekolah Menengah Atas SMA dalam keterampilan menulis, khususnya keterampilan menulis teks naratif. Oleh karena itu, tesis ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana instruksi tugas tersebut dapat mempengaruhi proses pembelajaran siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas Action Research , terdiri atas 2 tahap yang masing-masingnya terdapat 2 kegiatan menulis, yaitu menulis bebas dan menulis dengan kendala constraints . Hasil penelitian menunjukan bahwa kedua intervensi yang dilakukan memiliki hasil belajar yang berbeda. Penggunaan constraint dapat membantu meningkatkan kemampuan menulis siswa. Akan tetapi, dalam kegiatan menulis dengan kendala perlu pertimbangan yang baik, agar kendala tersebut dapat memfasilitasi siswa dan tidak menghambat pekerjaan siswa. Secara umum, hasil penelitian ini mendukung gagasan bahwa instruksi tugas yang memberikan kebebasan dapat membantu siswa dalam proses belajar, dan penggunaan kendala yang tepat dapat membantu siswa memperoleh hasil belajar yang lebih baik.

ABSTRACT
This study focuses on the instruction of writing task of high school students, especially in narrative writing skill. The research aims to find out how the instruction of the task affects the students rsquo learning process. By implementing an action research approach consisting of two stages, the results showed better result in constraint used writing rather than free writing. However, in constraints used writing task, considerations in providing thoughtful constraints are needed to facilitate students rsquo learning. In general, the result of this study support the idea that task assignments giving freedom of choice in writing help students in the learning process, and providing appropriate constraints help students achieve even better learning outcomes."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
T49959
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I. N. Soebagyo
Surabaja: Panjebar Semangat, [date of publication not identified]
899.222 SOE g
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
"Bagaimana mempelajari bentuk penulisan bunyi bahasa, terutama
dijumpai pada orang-orang yang sedang belajar asing. Dari segi
penulisan itu, terjadi suatu sistem yang mengaitkan grafi dan foni.
Misalnya orang Indonesia yang sedang belajar bahasa Perancis,; me-
reka belajar bagaimana menuiskan bunyi bahasa Prancis dengan benar
dan baik. Kesulitan dirasakan pertama-tama karena adanya penggunaan
sistem penulisan yang berbeda dari kedua bahasa tersebut, di mana sebuah
bunyi yang sama dapat ditulis dalam bentuk tulisan yang berbeda dalam
bahasa Indonesia dan bahasa Prancis.
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat/mengetahui bentuk-bentuk
grafi dari foni-foni bahasa Prancis yang dilakukan oleh sementara
pelajar-pelajar Indonesia yang sedang mempelajari bahasa Prancis."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1981
S14365
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Surya Asra
"ABSTRAK
Perbedaan karakteristik linguistik dalam tulisan akademik antara laki-laki dan perempuan merupakan suatu hal yang konsisten terjadi. Oleh karena itu, tesis ini bertujuan untuk menemukan perbedaan karakteristik linguistik tulisan akademik antara mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan dari perspektif linguistik. Metode paduan dengan pendekatan convergent parallel design digunakan untuk menganalisis 60 tulisan esei mahasiswa yang dipilih dengan cara purposive sampling technique. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa ada perbedaan karakteristik linguistik dalam tulisan akademik antara mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan. Mahasiswa perempuan ditemukan memiliki kemampuan yang lebih baik dalam kompetensi penyusunan paragraf, tanda penghubung, jumlah keluaran teks, pengaturan topik, penutup, pembuka kalimat, klausa, dan struktur sintaksis. Secara umum, hasil penelitian ini mendukung gagasan bahwa perbedaan karakteristik linguistik antara laki-laki dan perempuan harus dipertimbangkan dalam pengajaran keterampilan menulis akademik.

ABSTRACT
Differences of linguistic characteristics in academic writing between boys and girls are inevitable to happen. Therefore, this study aims at finding out the differences of boys rsquo and girls rsquo in linguistic characteristics of academic writing from the perspective of linguistics. Mixed method research with convergent parallel design is used to analyze sixty students rsquo essay writing chosen by using a purposive sampling technique. The result reveals that there are some differences of linguistic characteristics in academic writing between boys and girls. The girls are found more capable in paragraphing competences, linking devices, text output counts, topical organization, ending, sentence openings, clauses, and syntactical structures. The findings generally support the notion that differences of linguistic characteristics between boys and girls should be considered in teaching academic writing."
2017
T48575
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yogi Widiawati
"ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan berdasarkan pada pandangan bahwa pagar merupakan peranti bahasa yang digunakan oleh penulis akademik untuk menghindari ketidakpastian penulis akademik terhadap isi klaim yang diajukan kepada pembaca. Penggunaan pagar ini juga dimaksudkan untuk melakukan mitigasi (memperlunak) klaim yang dianggap keras untuk menghindari konflik yang mungkin muncul pada pembaca karena isi klaim yang diajukan masih bersifat sementara.
Mengetahui bagaimana akademisi Indonesia menyampaikan klaim ilmiahnya dalam tulisan akademik berbahasa Inggris merupakan tujuan utama penelitian ini. Korpus Data diambil dari 10 disertasi berbahasa Inggris dari sebuah universitas di Jakarta. Korpus data yang diteliti bukan merupakan teks utuh tetapi hanya berupa kalimat-kalimat yang mengandung peranti pagar. Penelitian ini tidak dikaitkan dengan kompetensi bahasa Inggris penulis yang menjadi objek penelitian ini.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan pisau analisis yang terdiri dari prinsip kerjasama (PKS) yang dikemukakan oleh Grice (1975, 1991), teori klaim dari Toulmin (1962, 2003), serta teori klasifikasi pemagaran dan sikap yang dikemukakan oleh Hyland (1996a, 1996b, 1998, 2004). Teori PKS digunakan untuk menganalisis pematuhan bidal yang dipersyaratkan dalam proses komunikasi, sedangkan teori Toulmin digunakan untuk melihat keakurasian isi klaim. Teori Hyland digunakan untuk melihat strategi pemagaran yang digunakan penulis sesungguhnya menyiratkan sikap ilmiah penulis Indonesia terhadap klaim yang dibuat.
Temuan yang sangat penting dari penelitian ini adalah temuan tentang sikap ilmiah akademisi Indonesia yang berada pada posisi netral (gradasi keyakinan menurut Hyland adalah yakin, netral, dan tidak yakin) yang tampak dari attitudinal markers yang tercantum pada tingkat gradasi tersebut. Hal ini berarti bahwa akademisi Indonesia berusaha menempatkan dirinya pada posisi aman.
"
2017
D2427
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bramantya Dwipramadya
"

Sebuah kalimat dapat digunakan untuk mengekspresikan emosi yang ada di pikiran sang penulis. Tulisan pada angkutan barang dan juga penumpang merupakan bentuk dari ekspresi emosi sang pengendara kendaraan tersebut. Isi tersebut secara tidak langsung mengekspresikan permasalahan pribadi sang pengendara, atau mengekspresikan permasalahan sosial pada masyarakat umum dewasa ini. Penggambaran emosi pada tulisan di angkutan barang dan penumpang selain dapat dimaknai sebagai saran dan kritik kepada pemerintah dan masyarakat, juga dapat menjadi evaluasi diri bagi yang membacanya terhadap keadaan yang terjadi di sekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan ekspresi emosi sang pengendara yang diekspresikan melalui tulisan yang disajikannya pada kendaraan, sehingga menghasilkan sebuah gambaran sosial dan kehidupan pengendara tersebut. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena yang terjadi, dan metode kualitatif yang bertujuan untuk memahami lebih dalam fenomena yang terjadi. Data penelitian ini adalah hasil pengambilan gambar berupa foto pada angkutan penumpang dan barang yang memiliki tulisan berbahasa Jawa di daerah Jakarta – Depok, dari tahun 2017 – 2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekspresi emosi yang dinyatakan melalui tulisan merupakan ekspresi keresahan hati, kebanggaan diri, dan semangat hidup. Bagi pembaca ekspresi emosi itu dapat memberikan wawasan baru mengenai pekerjaan dan kehidupan sosial pengendara angkutan penumpang dan barang.

 


A sentence can be used to express emotions in the mind of the author. The writing on the transportation of goods and also passengers is a form of emotional expression of the driver of the vehicle. The content indirectly expresses the personal problems of the driver or expresses social problems in the general public today. Emotional portrayals in writing on goods and passenger transportation besides being interpreted as suggestions and criticisms of the government and society can also be a self-evaluation for those who read it about the circumstances that occur around it. The purpose of this study is to explain the motorist's emotional expression expressed through the writing he presents to the vehicle, thus producing a social picture and life of the driver. The method used is a descriptive method that aims to describe the phenomenon that occurs and qualitative methods that aim to understand more deeply the phenomena that occur. The data of this study are the results of taking photographs in the transportation of passengers and goods that have Javanese writing in the Jakarta-Depok area, from 2017 - 2019. The results of this study indicate that emotional expression expressed through writing is an expression of anxiety, pride, and the spirit of life. For readers of emotional expression, it can provide new insights regarding the work and social life of passengers and goods transport drivers.

"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"handwritten word segmentation problem has been exist for a long time in a handwritten word recognition filed...."
004 CJTK 1:1 (2008)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Fitra Muri
"This classroom action, research was conducted to see the improvement of students' ability in writing a narrative text. the research was done at SMAN 3 Padangpanjang, the second year scicnce class 1 (XI IA 1) in three cycles. There were 23 students in this class. The data were collected thrugh pre test formative test and observaton. The students were listened to song's and led them to tell the stories of the songs they listened well by taking what the the stories in the songs as a model. Through observaton and formative test, it seemed that the students liked and enjoyed riting a narrarive text. It seemed that the students liked and enjoyed writing a narrative text.it could be seen from the achievement improved from cycle to cycle and from their test result. In the first cycle, there was improvement 57% in average. In the second cycle, there was improvement 65% in averae. In the third cycle, there was improvement 71% in average. In conclusion, the sutdents ability in writing can be improved gadually if they now what and how to write and the use of the approapriate teaching aids are very important."
Padang panjang: Dinas pendidikan Kota Padangpanjang, 2014
370 JGR 11: 1 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>