Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 61335 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
"Penyiksaan tenaga kerja (terutama perempuan) dari Indonesia (TKW) di luar negeri terus bermunculan dan berlanjut. keberlangsungan kejadian ini dari tahun ke tahun membuat banyak orang beranggapan seperti tidak ada tindakan apapun dari pemerintah untuk membela warga negaranya. Pemerintah pasti berkilah karena peraturan perundang-undangan untuk melindungi tenaga kerja Indonesia telah lama dibuat. tetapi demikianlah faktanya."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
"The purpose of this paper is to analyse the changing role of civil society and governments to promote corporate responsibility (CR) as a result of the challenges raised by globalisation. Design/ methodology/approach-CR is linked to the restructing of government agendas in the framework of government/private sector/civil society relationships. It is result of the research project that applies the relational state model approach to the analysis of CR public policies."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Unit kerja/UPT lingkup badan litbang pertanian telah mengembangkan perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Tujuan pengembangan perpustakaan berbasis TIK tersebut salah satunya agar data dan informasi dapat diakses secara luas melalui internet. Selain itu dalam rangka efisiensi dan sinergi antar data, dikembangkan katalog induk online yg merupakan gabungan semua data yang dikelola UK/UPT. Sesuai dengan kondisi infrastruktur yang ada maka pengembangan katalog induk online perpustakaan lingkup badan litbang pertanian menggunakan sistem terpusat, dengan server pusat perpustakaan dan penyebaran Teknologi Petanian (PUSTAKA) sebagai induk (host) dan server UK/UPT sebagai simpul (node) kendala yang dihadapi dalam pengembangan katalod induk online adalah keterbatasan infrastruktur dan kapasitas pengelola perpustakaan serta kualitas data pada masing-masing simpul."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"The competence-based human resource development is a strategic measure to materialize good governance and high-quality public service performance. This strategy aims to obtain the compatibility between the organization's objectives and targets.The human competence relevant to his or her skills, knowledge and capability include the individual authority to perform her or his talk in decision making according to his or her roles in an"
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Sinaga, Yanti Demsina
"PT ABC merupakan salah satu importir dan distributor alat kesehatan di Indonesia. Pasca pandemi covid-19 banyak pengusaha baru tertarik melakukan impor sehingga menimbulkan tingkat persaingan harga pada produk alat kesehatan yang semakin tinggi.
Selain faktor persaingan, tingginya biaya-biaya operasional juga membuat laba
perusahaan menurun. Oleh karena itu, dibutuhkan kerja keras manajemen untuk
melakukan tindakan-tindakan yang dapat melakukan strategic cost atau manajemen
biaya untuk setiap aktivitas perusahaan sehingga mampu memaksimalkan profitabilitas. Mengacu pada situasi tersebut, penelitian ini ditujukan untuk mengidentifikasi dan menganalisis aktivitas yang tidak bernilai tambah dalam peningkatan efisiensi biaya operasional perusahaan. Analisis Value Chain dan Activity-Based Management digunakan sebagai kerangka penelitian ini. Studi kasus dengan metode analisis kualitatif
dan dalam rangka memperkuat hasil analisis dilakukan observasi, analisis dokumen,
wawancara mendalam (in-depth interview) dan diskusi internal dengan tim manajemen PT ABC. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hambatan atas supplier terkait minimal quantity order, annual target dan minimal amount order serta hambatan dari logistik berupa lokasi gudang dan proses pengiriman produk yang menggunakan berbagai jenis ekspedisi pilihan pelanggan. Hambatan-hambatan tersebut menyebabkan
terdapat aktivitas yang tidak bernilai tambah (non-value added activity) pada rantai nilai PT ABC yang dapat dilakukan penghapusan, pengurangan, seleksi dan sharing aktivitas yang tidak bernilai tambah sehingga menghasilkan penghematan yang dapat mengurangi biaya operasional perusahaan untuk memaksimalkan profitabilitas.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan penerapan Value Chain Analysis dan Activity-Based Management maka PT ABC dapat melakukan manajemen biaya dan efisiensi biaya untuk memaksimalkan profitabilitas.

PT ABC is one of Indonesia's importers and distributors of medical equipment. After the
Covid-19 pandemic, many new entrepreneurs became interested in importation,
resulting in increased price competition for medical device products. Additionally,
excessive operational costs contributed to the company's profit decline. Therefore, it
requires a commitment of management to implement strategic costs or cost management
for each company's activities in order to maximize profitability. This study seeks to
identify and analyze non-value-added activities that contribute to increasing the
operational cost efficiency of the company. This study employs Value Chain Analysis
and Activity-Based Management as its framework. To strengthen the results of the
analysis, observations, document analysis, in-depth interviews, and internal discussions
with PT ABC's management team were conducted. The results of the analysis indicate
that there are obstacles for suppliers associated with the minimum order quantity,
annual target, and minimum order amount, as well as obstacles from logistics in the
form of warehouse locations and product delivery processes employing a variety of
customer-selected expedition types. These obstacles cause non-value-added activities in
PT ABC's value chain that can be eliminated, reduced, selected, and shared in order to
generate savings that can reduce the company's operational costs and increase its
profitability. This study concludes that by applying Value Chain Analysis and Activity-
Based Management, PT ABC can maximize profitability through cost management and
cost efficiency.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Wida Choirunnisa
"ABSTRAK
Pengembangan perangkat lunak pada Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan BPPK belum sesuai dengan harapan dari pengguna dan belum memenuhi target dari rencana strategis Renstra BPPK Tahun 2015-2019, dimana masih menghasilkan produk yang belum sesuai dengan kebutuhan dan belum memenuhi target waktu yang telah ditentukan. Hal ini terutama disebabkan oleh user requirement yang belum terdefinisi dengan baik, kurangnya keterlibatan pengguna dalam proses pengembangan perangkat lunak, dan waktu pengembangan perangkat lunak yang tidak realistis. Rancangan Standar Operasional Prosedur SOP pengembangan perangkat lunak diharapkan mampu mengatasi permasalahan tersebut. Rancangan SOP pengembangan perangkat lunak disusun dengan menggunakan metode Scrum. Metode scrum dipilih karena Scrum mampu beradaptasi dengan perubahan kebutuhan bisnis, requirement user yang tidak terdefinisi dengan baik, dan menuntut keterlibatan pengguna dalam proses pengembangan perangkat lunak sehingga dapat menghasilkan perangkat lunak yang andal. Penelitian ini menghasilkan rancangan SOP pengembangan perangkat lunak yang terdiri dari 8 SOP yaitu, SOP analisis kelayakan pembangunan atau pengembangan perangkat lunak berdasarkan permintaan unit, SOP analisis kelayakan pembuatan atau pengembangan perangkat lunak berdasarkan penugasan, SOP analisis kebutuhan pengembangan perangkat lunak, SOP pembentukan tim pengembangan perangkat lunak, SOP perubahan Surat Keputusan SK tim pengembangan perangkat lunak, SOP perencanaan pengembangan perangkat lunak, SOP pengembangan perangkat lunak, dan SOP tinjauan pasca implementasi. Dengan dibuatnya rancangan SOP pengembangan perangkat lunak, diharapkan perangkat lunak yang dikembangkan oleh BPPK menjadi berkualitas.

ABSTRACT
Software development in Financial Education and Training Agency BPPK has not met the user expectations and has not fulfilled the BPPK targets in the strategic plan for 2015 2019. Moreover, most of the time, the software development activities rarely pay attention to the user requirements and most of the project do not met the deadline in which requested by the users. These yield such low quality software. Those situation happened mainly because of the developer could not identify appropiate user requirements, lack of user involvement in software process, and the unrealistic timeline of software development. The Standard Operational Procedure SOP design of software development is expected to overcome all the problems above. This SOP design was developed based on the Scrum method. Scrum method is chosen because it is able to adapt the change of business needs and the undefined user requirements. Furthermore, this method demands user to get involve in the software development process so developer could develop a reliable software. This research proposed 8 SOP design for software development. They are, SOP for Software development feasibility analysis based on user demand, SOP for software development feasibility analysis based on assignment, SOP for requirement analysis of software development, SOP for software developer team formation, SOP for revision of software developer team formation, SOP for software development planning, SOP for software development, and SOP for post implementation. With these SOP designs, it is expected that BPPK will develop more high quality software."
2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>