Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 28201 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Walford, Robert B.
Reading : Addison-Wesley Publishing Company, Inc., 1990
658.403 8 WAL i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Walford, Robert B.
Reading, Mass Addison: Wesley Pub. Co. , 1990
650.028 WAL i (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Billy Admiraldy Citra
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah prototype sistem informasi akuntansi penerimaan kas untuk bengkel Manic Motorsport Indonesia. Sejauh ini pencatatan penerimaan kas pada Manic Motorsport Indonesia dilakukan secara manual dan membutuhkan waktu cukup banyak dalam pengerjaannya, asalkan ada saldo di rekening bank perusahaan berarti bisnis berjalan dengan baik, Penelitian ini dilakukan dengan harapan bisa menyediakan modul pencatatan penerimaan kan dan modul pendukungnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode FAST Framework for Application of System Thinking berdasarkan pada Whitten, Bentley, dan Dittman yang digunakan untuk merancang prototype sistem penerimaan kas bagi Manic Motorsport Indonesia beserta modul pendukungnya dan membantu perusahaan untuk menghasilkan laporan penerimaan kas beserta data pendukungnya.

ABSTRACT
The purpose of this study is to designa prototype of accounting information system for cash collection for a workshop of Manic Motorsport Indonesia, so far Manic Motorsport Indonesia uses manual reconciliation regarding cash collection which takes time for the process, as long as there rsquo s balance in the bank account of company means the business is running well, with this study hope to provide necessary module for cash collection record and other compulsory items. Using the FAST Framework for the Application of Systems Thinking based on Whitten, Bentley, and Dittman writer are able to design prototype system that can provide necessary module for Manic Motorsport Indonesia and help company to provide cash collection report along the supporting data."
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Manalu, Sonya Rapinta
"Pengelolaan kinerja secara efektif merupakan salah satu faktor kunci untuk meningkatkan kinerja bisnis organisasi. Pengukuran kinerja yang efektif mencakup proses pengukuran hasil kerja secara objektif melalui serangkaian indikator kinerja yang tepat. Indikator ini disebut dengan Key Performance Indicator (KPI) yang diselaraskan dengan strategi organisasi yang disusun melalui BSC. BCS organisasi dapat diturunkan atau cascade menjadi BSC departemen, sehingga masing-masing bagian dalam organisasi memahami apa peran yang harus diberikan guna mencapai tujuan organisasi.
Dengan menggunakan studi literatur dan studi kasus pada karya ilmiah ini akan menjelaskan lebih lanjut mengenai bagaimana menurunkan BSC organisasi menjadi BSC departemen dengan menggunakan framework strategy map atau peta strategi hingga dapat ditetapkan sasaran strategi, KPI, target dan inisiatif dari departemen. Studi kasus karya ilmiah ini adalah yayasan XZY, dimana akan dilakukan cascading BSC yayasan XYZ menjadi BSC direktorat TI hingga memperoleh sasaran strategi, KPI, target dan inisiatif direktorat TI.

Effective performance management is one of the key factors to improve the organization's business performance. Effective performance measurement includes measurement of result objectively through a series of appropriate performance indicators. This indicator is called as Key Performance Indicator (KPI) that is aligned with the organizational strategy developed through the BSC. BCS organization can be cascaded into BSC departments, so each part of the organization understands what role should be given to achieve organizational goals.
By literature and case studies, this research will explain more about how to cascade organization BSC become department BSC to obtain strategic objectives, KPIs, targets and initiatives strategy of the department. Case study of this research is XZY IT directorate, which will cascade XYZ BSC become BSC IT directorate to obtain strategic objectives, KPIs, targets and initiatives strategy IT directorate.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Cutts, Geoff
[Place of publication not identified]: Alfred Waller, [date of publication not identified]
001.61 CUT s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Aldyano Sandi
"Pemetaan kegiatan Teknologi Infromasi (TI) yang baik pada pemerintahan, khususnya sektor layanan publik memiliki tingkat urgensi yang sama tinggi dengan sektor korporat. Tuntutan akan akuntabilitas dan transparansi, baik dari stakeholder maupun masyarakat luas, membutuhkan suatu perangkat pendukung terciptanya tata kelola yang baik di dalam organisasi.
Penelitian ini memotret kegiatan TI yang sudah ada pada Sekretariat Jenderal KESDM dengan beberapa model IT Governance, dengan tujuan ingin mengidentifikasi bagaimana penarapan IT Governance yang ada di Sekretariat Jenderal KESDM berdasarkan teori-teori yang ada. Dengan menggunakan best practices COBIT 4.1, penulis mencoba mengukur kondisi kematangan proses-proses dari 4 domain yang terdapat dalam standar Maturity Level berbasis COBIT 4.1.
Hasil penelitian ini meliputi pemetaan kondisi pelaksanaan kegitan TI saat ini dengan menggunakan beberapa model IT Governace, kondisi kematangan dari semua prosesproses yang ada, serta rekomendasi dan prioritas rencana implementasi yang perlu dilakukan demi perbaikan pengelolaan TI di masa yang akan datang.

Effective information technology (IT) mapping activities in the government sectors, particularly at the public service sector, has the same high level of urgency as that of the corporate sector. With demands for accountability and transparency, either from the stakeholders and public, there is a need to have supporting tools which will create and promote good governance within the organization.
This research describes existing IT activity at the Secretariat General of the Ministry of Energy and Mineral Resources with some models of IT governance, aiming to identify how IT Governance is implemented at the Secretariat General based on the existing theories. By using COBIT 4.1 best practices, the author is trying to measure the maturity level of the processes of 4 (four) domains contained in the standards-based COBIT 4.1 Maturity Level.
The results of this study are include among others; mapping the current IT implementation activity by using some models of IT Governance, maturity level of all existing processes, as well as the implementation plan which include recommendations and priorities that need to be done to improve the management of IT in the future.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nanang Sadikin
"Infrastruktur teknologi informasi yang handal diperlukan untuk mendukung kelancaran proses bisnis. PT XYZ menggunakan e-mail untuk melakukan proses bisnisnya. Penelitian ini mencoba untuk memberikan solusi arsitektur yang handal untuk PT XYZ. Penelitian ini menggunakan metode Architecture Development Method (ADM) The Open Group Achitecture Framework (TOGAF) untuk menyusun solusi yang tepat bagi arsitektur Enterprise E-mail PT XYZ. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk menyusun penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara dengan manajer teknologi informasi PT XYZ dan studi literatur. Data yang ada kemudian diolah untuk menghasilkan solusi arsitektur untuk PT XYZ. Hasil penelitian ini adalah suatu solusi arsitektur SI/TI khususnya Enterprise E-mail yang handal bagi PT XYZ.

Reliable information technology infrastructure is needed to support a smooth business processes. PT XYZ use e-mail to conduct of business process. This research tries to give a reliable architecture solutions to PT XYZ. this research uses Architecture Development Method (ADM) The Open Group Achitecture Framework (TOGAF) method to develop the right solution for Enterprise E-mail architecture of PT XYZ. Data collection techniques that are used to compose the research is observation, interview with PT XYZ Information Technology Manager and literature study. The data are then processed to produce a solution architecture for PT XYZ. The results of this research are reliable IS/IT architecture solution for PT XYZ, especially Enterprise E-mail."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Hall, V.J.
Scarborough, Ontario: Prentice-Hall, 1988
658.4032 HAL i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Raihan Mahendra Sutanto
"Perkembangan Internet telah memberikan peluang untuk perusahaan layanan hukum mengembangkan usahanya dengan menawarkan produk atau layanannya secara online. Sebagai salah satu online legal service di Indonesia, Justika berusaha memenuhi kebutuhan pengguna terkait informasi dan pengetahuan mengenai hukum dengan membuat sebuah blog. Blog ini bertujuan untuk membantu pengguna memahami situasi atau masalah yang sedang dihadapinya. Akan tetapi, hasil heuristic evaluation pada blog Justika menunjukkan bahwa masih ada masalah usability pada sembilan prinsip dari 10 Usability Heuristics milik Jacob Nielsen. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alternatif desain antarmuka blog Justika berdasarkan hasil evaluasi usability dan perilaku pengguna dalam mencari informasi hukum di Internet. Pengembangan alternatif desain antarmuka blog Justika dilakukan dengan menggunakan pendekatan user-centered design dan pengumpulan data penelitian dilakukan menggunakan pendekatan mixed methods. Berdasarkan hasil evaluasi dengan 10 partisipan, rancangan alternatif desain antarmuka blog Justika mendapatkan nilai usability di atas rata-rata dengan skor SUS sebesar 78. Meskipun demikian, alternatif desain antarmuka blog Justika masih perlu perbaikan lebih lanjut pada aspek desain antarmuka khususnya isu konsistensi dan aspek teknis dari fitur pencarian.

The development of the Internet has provided opportunities for legal service companies to expand their businesses by offering their products or services online. As one of the online legal services in Indonesia, Justika strives to meet the needs of users regarding information and knowledge about law by creating a blog. This blog aims to help users understand the situation or problem that is being faced. However, the results of the heuristic evaluation on Justika's blog show that there are still usability issues in the nine principles of Jacob Nielsen's 10 Usability Heuristics. Therefore, this study aims to develop alternative interface designs for Justika blogs based on the results of usability evaluation and user behavior in searching for legal information on the Internet. The development of alternative interface design for Justika's blog is carried out using a usercentered design approach and research data collection is done using a mixed methods approach. Based on the results of evaluations with 10 participants, the alternative interface design for Justika's blog has a usability rating above the average with a SUS score of 78. However, Justika's blog interface design alternatives still need further improvement on the interface design aspect especially the issue of consistency and technical aspects from the search feature."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Heni Sri Wahyuni
"Untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelayanan maka BKN (Badan Kepegawaian Negara) semakin dituntut untuk dapat memberikan informasi yang cepat, tepat dan akurat dalam memberikan pelayanan prima kepada publik khususnya bidang manajemen kepegawaian kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) dimana keseluruhan proses manajemen kepegawaian tersebut berkesinambungan antara instansi selaku pengusul proses kepegawaian dengan BKN, sehingga untuk mewujudkan hal tersebut maka BKN membangun suatu sistem informasi yang terintegrasi yaitu SAPK (Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian) berbasis web. Sistem ini bersifat mandatory use (wajib digunakan) dimana dalam lingkungan yang bersifat mandatory use, kepuasan pengguna menjadi ukuran penerimaan penggunaan sistem informasi. Untuk melihat keberhasilan implementasi sistem informasi tersebut diperlukan suatu evaluasi atas faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan total pengguna akhir sistem tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan diukur dari lima dimensi, kualitas sistem diukur dari delapan dimensi, kualitas informasi diukur dari enam dimensi, kepuasan pengguna sistem SAPK diukur dari delapan dimensi dan dampak kepuasan pengguna sistem terhadap manfaat-manfaat bersih diukur dari enam dimensi. Hipotesis kesatu dalam penelitian ini adalah kualitas informasi mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan pengguna, hipotesis kedua adalah kualitas sistem mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan pengguna, hipotesis ketiga adalah kualitas layanan mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan pengguna dan hipotesis keempat adalah kepuasan pengguna mempunyai pengaruh positif terhadap manfaat bersih.
Objek penelitian adalah para pengguna SAPK baik instansi pusat maupun daerah. Dari 160 kuestioner yang dikirim diperoleh responden sebanyak 158. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Updated D&M IS Success model dengan analisis data menggunakan metode Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis kesatu ditolak dan ketiga hipotesis lainnya mendukung terhadap model tersebut sehingga didapatkan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan pengguna SAPK di BKN tersebut dan dampaknya terhadap net benefits.

To improve the efficiency and effectiveness of the services of NCSA (National Civil Service Agency) is increasingly required to provide rapid, precise and accurate in providing excellent services to the public, especially in the field of personnel management of Civil Servants (PNS) in which the general personnel management process is continuously done between all government institutions as the proposer and BKN, therefore BKN has developed an integrated web-based information system called SAPK (National Civil Service Information System (NCSIS)). This system is mandatory use (must be used) as mandatory use environment, user satisfaction become a key factor to measure the acceptance use of information systems. Therefore to see the successful implementation of information systems required an evaluation of the factors influenced to end user satisfaction.
This research aimed to determine the effect of services quality which is measured on five dimensions, the quality system is measured on eight dimensions, quality information is measured on six dimensions, user satisfaction of SAPK system is measured on eight dimensions and user satisfaction and benefit simpact of the system is measured on six dimensions. Meanwhile this study has several hypothesis, the first hypothesis related to the service quality has a positive influence to the user satisfaction, the second hypothesis related to the quality of the system has a positive influence to the user satisfaction, the third hypothes is related to the quality of information has a positive influence to the user satisfaction and the fourth hypothesis related to the user satisfaction has a positive influence to the net benefits.
The observation objects of this research were the users of SAPK both central and local agencies. The number of questionnaire is about 160 questionnaires and only 158 are responded. This research use the methodology of the "Updated D&M IS Success Model with data analysis using Structural Equation Model (SEM)". The results of the model shown the first hypothesis is rejected and the three hypothesis supported the model, to obtain the factors which are influence to the user satisfaction of SAPK and also its impact to the net benefits.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
T20329940
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>