Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3591 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Wisnu Putro Prabowo
"Internet mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap perekonomian dunia. Internet membawa perekonomian dunia memasuki babak baru yang lebih popular disebut dengan istilah digital econmics atau perekonomian digital. Makin banyak kegiatan perekonomian dilakukan melalui media Internet. Perdangangan misalnya, semakin banyak mengandalkan e-commece sebagai media transaksi. Dengan kondisi gepgrafis yang terdiri dari ribuan pulau, dan kondisi demografis yang sangat besar dan tersebar luas, bisnis e-commerce di Indonesia memiliki potensi yang besar unutk maju. PT bumi Mataram merupakan sebuah perusahaan star-up e-commerce dengan jenis electronic marketplace. Emarketplace ini memperjualbelikan segala jenis barang dengan karakteristik tertentu seperti alat eletronik (jam tangan, ponsel, PDA, notebook, MP3 Player, PS2), buku-buku koleksi, ukiran, kompoen otomotif (turbo, karburator, ECU), dan lain-lain. Dengan e-marketplace ini, baik penjual maupun pembeli akan memperoleh banyak manfaat dibandingkan dengan pasar konvensional, diantaranya adalah bertambahnya jalur penjualan baru, kemudahan dalam menjual barang, penjualan dapat dilakukan kapan dan dimana saja di Indonesia, harga yang lebih murah, dan tidak adanya kontak langsung."
Depok: Universitas Indonesia, 2005
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kolibonso, Aloysius Johannes
"Keamanan sistem informasi semakin dipandang penting dan kebutuhan akan keamanan sistem informasi menjadi sangat nyata ketika ia dilihat sebagai pemungkin (enabler) dari berbagai kecenderungan teknologi informasi saat ini. Oleh karena itu, keamanan seringkali dipandang sebagai sebuah kapabilitas bisnis tersendiri. Proyek "ASEAN Agriculture e-Marketplace" (A2E) adalah proyek pengembangan pasar elektronik untuk industri agrikultur di ASEAN yang akan memfasilitasi manajemen relasi dan transaksi antara penjual dan pembeli sebagai peserta e-Marketplace. Untuk beroperasinya A2E, dibutuhkan arsitektur keamanan yang memungkinkan berlangsungnya segala interaksi dan transaksi antara para penjual dan pembeli dengan aman. Proses pengembangan Arsitektur Keamanan A2E, yang meliputi kebijakan/proses keamanan dan teknologi keamanan, menjadi salah satu faktor paling kritikal keberhasilan proyek A2E. Ruang lingkup pembahasan masalah dalam Proyek Akhir ini akan dibatasi pada kajian proses pengembangan arsitektur keamanan A2E berdasarkan metodologi Security Policy Development Life Cycle (SPDLC). Proyek Akhir ini bertujuan untuk menelusuri dan mengkaji seluruh proses pengembangan arsitektur keamanan yang komprehensif berdasarkan metodologi Security Policy Development Life Cycle (SPDLC) untuk mencapai sasaran yang tertuang dalam kerangka kerja arsitektur keamanan. Dari Proyek Akhir ini diharapkan diperoleh pemahaman tentang proses pengembangan arsitektur keamanan yang berkesinambungan dalam sebuah kerangka kerja arstitektur baku yang merangkum semua upaya-upaya keamanan demi mencapai sasaran-sasaran bisnis. Dengan itu diharapkan para praktisi keamanan TI dapat menj awab tantangan besar yang dihadapi dalam mendesain arsitektur keamanan yang kompleks untuk memenuhi kebutuhan aplikasi-aplikasi masa kini yang terdistribusi dan mission-critical.

The importance of information systems security has been more recognized lately and the needs for it become real when information security is being viewed as an enabler of the various growing information technology trends these days. Therefore security is often considered as a business capability by itself. The "ASEAN Agriculture e-Marketplace" (A2E) project is an engagement to develop an electronic e-Marketplace for Southeast Asia agriculture industry. It will facilitate the relationship and transactions management between the participants of the e-Marketplace, the sellers and the buyers. For A2E operation, a security architecture is required to enable secure interactions and transactions between the eMarketplace participants. A2E security architecture development, which covers security processes and technologies, is one of the most critical factors for A2E success. The scope of discussion in this Final Project will be limited to the analysis of A2E security architecture development process, which is based on a methodology known as Security Policy Development Life Cycle (SPDLC). The purpose of this Final Project is to walkthrough and analyze the whole development process of a comprehensive security architecture based on SPDLC methodology, in order to achieve the business goals defined in the security architecture framework. From this Final Project it is expected that we will obtain a thorough understanding of the continuous process of security architecture development using a standard architecture framework, which encompasses all security efforts to achieve business goals. Thus hopefully, all Information Technology practitioners can answer to the big challenge in designing a complex security architecture to meet the requirements of today's distributed and mission critical applications.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2002
T40521
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Apriliana Fajri Wibowo
"Pandemi Covid-19 telah melanda Indonesia bahkan dunia selama setahun ini dan diperkirakan masih berlangsung di 2021. Pandemi ini sangat berdampak pada kehidupan manusia terkait pola kerja dan keseharian masyarakat yang lebih banyak beraktivitas dirumah. Ini tentunya berdampak pada usaha UMKM yang terbiasa berjualan secara offline terutama untuk usaha kuliner dan fashion yang berada di daerah pariwisata. Langkah pemerintah untuk UMKM beralih ke e-commerce khususnya marketplace juga masih menemui banyak tantangan. Tingginya tingkat kegagalan yang dialami pelaku usaha untuk berjualan e-commerce juga tinggi. Untuk itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari hambatan yang menjadi tantangan pelaku usaha kuliner dan fashion dalam mengadopsi e-commerce khususnya e-Marketplace. Model penelitian yang diterapkan mengadaptasi konsep Innovation Resistance Theory (IRT) dan tambahan hambatan lainnya. Penyebaran kuesioner dilakukan kepada para pelaku UMKM sektor kuliner dan fashion. Sebanyak 214 data berhasil diolah untuk kemudian dianalisis dengan teknik olah data Covariance-Based Structural Equation Modeling (CB-SEM). Hasil analisis data menemukan bahwa keempat faktor yakni biaya, risiko, tradisi, dan regulasi menjadi hambatan yang mempengaruhi adopsi e-Marketplace pada sektor kuliner dan fashion. Dengan mengetahui hambatan yang mempengaruhi tersebut dapat dijadikan sebagai dasar bagi UMKM agar lebih siap menghadapi era digital.

The Covid-19 pandemic has hit Indonesia and even the world for this year and is expected to continue in 2021. This pandemic has had a major impact on human life related to the work patterns and daily life of people who are more active at home. This of course has an impact on MSME businesses that are accustomed to selling offline, especially for culinary and fashion businesses located in tourism areas. The government's move for MSMEs to switch to e-commerce, especially the marketplace, also still faces many challenges. The high level of failure experienced by business actors to sell e-commerce is also high. For this reason, this research was conducted with the aim of finding obstacles that are a challenge for culinary and fashion business actors in adopting e-commerce, especially e-Marketplace. The research model applied adapts the concept of Innovation Resistance Theory (IRT) and other additional barriers. Questionnaires were distributed to SMEs in the culinary and fashion sectors. A total of 214 data were successfully processed and then analyzed using the Covariance-Based Structural Equation Modeling (CB-SEM) data processing technique. The results of data analysis found that the four factors, namely cost, risk, tradition, and regulation, became obstacles that affected the adoption of e-Marketplace in the culinary and fashion sectors. By knowing the obstacles that influence these, it can be used as a basis for MSMEs to be better prepared to face the digital era."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Apriliana Fajri Wibowo
"Pandemi Covid-19 telah melanda Indonesia bahkan dunia selama setahun ini dan diperkirakan masih berlangsung di 2021. Pandemi ini sangat berdampak pada kehidupan manusia terkait pola kerja dan keseharian masyarakat yang lebih banyak beraktivitas dirumah. Ini tentunya berdampak pada usaha UMKM yang terbiasa berjualan secara offline terutama untuk usaha kuliner dan fashion yang berada di daerah pariwisata. Langkah pemerintah untuk UMKM beralih ke e-commerce khususnya marketplace juga masih menemui banyak tantangan. Tingginya tingkat kegagalan yang dialami pelaku usaha untuk berjualan e-commerce juga tinggi. Untuk itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari hambatan yang menjadi tantangan pelaku usaha kuliner dan fashion dalam mengadopsi e-commerce khususnya e-Marketplace. Model penelitian yang diterapkan mengadaptasi konsep Innovation Resistance Theory (IRT) dan tambahan hambatan lainnya. Penyebaran kuesioner dilakukan kepada para pelaku UMKM sektor kuliner dan fashion. Sebanyak 214 data berhasil diolah untuk kemudian dianalisis dengan teknik olah data Covariance-Based Structural Equation Modeling (CB-SEM). Hasil analisis data menemukan bahwa keempat faktor yakni biaya, risiko, tradisi, dan regulasi menjadi hambatan yang mempengaruhi adopsi e-Marketplace pada sektor kuliner dan fashion. Dengan mengetahui hambatan yang mempengaruhi tersebut dapat dijadikan sebagai dasar bagi UMKM agar lebih siap menghadapi era digital.

The Covid-19 pandemic has hit Indonesia and even the world for this year and is expected to continue in 2021. This pandemic has had a major impact on human life related to the work patterns and daily life of people who are more active at home. This of course has an impact on MSME businesses that are accustomed to selling offline, especially for culinary and fashion businesses located in tourism areas. The government's move for MSMEs to switch to e-commerce, especially the marketplace, also still faces many challenges. The high level of failure experienced by business actors to sell e-commerce is also high. For this reason, this research was conducted with the aim of finding obstacles that are a challenge for culinary and fashion business actors in adopting e-commerce, especially e-Marketplace. The research model applied adapts the concept of Innovation Resistance Theory (IRT) and other additional barriers. Questionnaires were distributed to SMEs in the culinary and fashion sectors. A total of 214 data were successfully processed and then analyzed using the Covariance-Based Structural Equation Modeling (CB-SEM) data processing technique. The results of data analysis found that the four factors, namely cost, risk, tradition, and regulation, became obstacles that affected the adoption of e-Marketplace in the culinary and fashion sectors. By knowing the obstacles that influence these, it can be used as a basis for MSMEs to be better prepared to face the digital era."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Albertus Febry Hananta Pratama
"Tujuan dari penelitian ini adalah menyelidiki faktor ndash; faktor yang mempengaruhi conversion rate pada situs e-marketplace di Indonesia. Secara khusus, penelitian ini menguji pengaruh dari persentase keberhasilan transaksi, status penjual premium, dan status penjual terbaik terhadap conversion rate pada situs e-marketplace XYZ.com. Penelitian ini diperlukan karena faktor ndash; faktor tersebut merupakan faktor yang dianggap penting dalam menentukan besarnya pendapatan pengelola jasa e-marketplace.
Penelitian ini menggunakan pendekatan big data analytics. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa regresi. Analisa regresi yang digunakan adalah regresi logistik dikarenakan data yang diteliti berupa data kategorikal. Data yang dianalisis merupakan data ndash; data yang diekstrak dari situs e-marketplace XYZ.com, sebanyak sepuluh ribu data. Data ndash; data tersebut merupakan data mengenai metode signaling yang digunakan oleh penjual. Tujuan dari data analisis tersebut untuk mengetahui pengaruh metode signaling tersebut terhadap conversion rate.
Hasil analisis menunjukkan bahwa presentase keberhasilan transaksi, status penjual premium, dan status penjual terbaik berpengaruh terhadap conversion rate, dimana penggunaan metode signaling status penjual premium paling berpengaruh dalam peningkatan conversion rate penjual pada situs e-marketplace XYZ.com.

The purpose of this study is to investigate the factors that affect the conversion rate at e marketplace site in Indonesia. Specifically, this study examines the effect of the percentage of successful transactions, premium seller status, and best seller status on conversion rate at XYZ.com e marketplace site. This research is necessary because these factors are considered important in determining the amount of revenue of e marketplace services.
This research uses big data analytics approach. Data analysis technique used is regression analysis. The regression analysis used is logistic regression because the data is categorical data. The data analyzed is data extracted from XYZ.com e marketplace site, as many as ten thousand data. These data are data on the signaling method used by the seller. The purpose of the data analysis is to determine the effect of signaling methods to conversion rate.
The results of the analysis show that the percentage of transaction success, premium seller status, and best seller status influence the conversion rate, where the use of signaling method of premium seller status is most influential in increasing the seller 39 s conversion rate at XYZ.com e marketplace site
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizky Wijayanti
"Perkembangan internet yang semakin pesat membuat internet menjadi aspek yang penting dalam kehidupan masyarakat, tidak terkecuali dalam hal berbelanja. Pergeseran pola belanja masyarakat menjadi serba digital disadari oleh para pelaku bisnis sehingga memicu pertumbuhan e-commerce dan e-marketplace. Saat ini Indonesia menjadi salah satu pasar terbesar di Asia Tenggara untuk kegiatan belanja online. Disisi lain, tidak bisa dihindari bahwa ternyata masih terdapat banyak kendala dan masalah dilapangan yang menyebabkan pertumbuhan e-marketplace Indonesia belum bisa maksimal. Terdapat kekhawatiran di pihak customer akan masalah yang mungkin muncul ketika melakukan belanja secara online. Service failure yang sering kali muncul akhirnya mendorong customer melakukan komplain. Kegagalan dalam pelayanan atau munculnya berbagai keluhan dari customer merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari. Bagi setiap perusahaan haruslah menyiapkan strategi optimal untuk mengelola keluhan tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk melihat strategi pemberian respon berupa service failure explanation yang tepat ketika muncul komplain. Metode yang digunakan adalah scenario-based experiment dan pengolahan data melalui uji beda t-test serta ANOVA. Dari total 325 responden online shopper Indonesia yang terkumpul, diperoleh hasil bahwa apology dan justification menjadi pilihan terbaik bagi customer ketika menerima respon atas komplain mereka.

The rapid development of the Internet makes the Internet as an important aspect in people 39 s lives, included shopping. The shifting pattern of shopping habit among people nowadays into a digital perceived by the business players as the trigger of the growth in e commerce and e marketplace. Indonesia is currently one of the largest markets in Southeast Asia for online shopping. On the other hand, it is inevitable that there are still many obstacles and problems that led to the growth of e marketplace Indonesia can not be maximized. There are customer concerns about issues that may arise when they do online shopping. Service failures that often arise eventually encourage customers to complain. Failure in service or the emergence of various complaints from customers is an inevitable thing. Each company must prepare an optimal strategy to manage those complaints. This research is conducted to see the strategy of giving response using service failure explanation. The method that used is scenario based experiment then all the data were analysed using t test and ANOVA. Total 325 respondents of online shopper Indonesia collected, and obtained the result that apology and justification is the best choice for customers when receiving a response to their complaints. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Tamas Fachryto
"Masyarakat kini sangat bergantung pada segala kemudahan karena kacanggihan teknologi yang ada. Salah satu bukti adalah semakin besarnya jumlah penduduk Indonesia yang terhubung oleh internet. Peningkatan jumlah pengguna internet tentunya mendukung perkembangan e-commerce. Oleh karena itu, perusahaan di bidang e-commerce melakukan berbagai bentuk penawaran dan promosi secara efektif dan efisien dengan maksud untuk mendapatkan konsumen dan menghasilkan keuntungan semaksimal mungkin.
Penelitian ini menggunakan online behavioral advertising yang terbaru dan mengukur pengaruh iklan tersebut terhadap attitude toward the ads dan niat pembelian pada e-commerce kategori e-marketplace di Indonesia.
Metode penelitian yang diguanakan adalah survei dalam bentuk pengisian kuisioner oleh responden yang pernah mengunjungi situs web e-marketplace. Responden diperlihatkan contoh online behavioral advertising yang telah diimplementasikan oleh e-marketplace di Indonesia dalam bentuk gambar maupun video terlebih dahulu sebelum pengisian kuisioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa online behavioral advertising berpengaruh positif pada perceived creepiness, threat, dan reactance sehingga menghasilkan attitude toward the ad dan niat pembelian yang negatif. Selain itu, hasil penelitian juga membuktikan bahwa perceived ad intrusiveness meningkatkan ancaman yang diarasakan oleh konsumen.

Society is becoming very dependent on all the convenience of sophistication of existing technology. One of proof is greater the number of people in Indonesia have been connected with internet. The increase of internet user certainly support the growth of e-commerce. So the companies perform various forms of offerings and promotions effectively and efficiently with the intent to get consumers and generate profits as much as possible.
This study uses newer online behavioral advertising techniques and measures the effect of online behavioral advertising (OBA) implementation on attitude towards ads and purchase intention in e-commerce categorized as e-marketplace in Indonesia.
The research method used is survey context in the form of questionnaire to respondent which ever visited e-marketplace website. Respondent were showed by author the example of OBA using picture and video before answer the quitionnaire.
The finding shows online behavioral advertising led to increased perceived creepiness, which led to increased threat, increased reactane so overall have a negative effect on attitude toward the ad and purchase intention. In addition, the results also prove that perceived ad intrusiveness increase perceived threat on consumers.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T49808
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Feby Rosiana Valentin
"Penelitian ini berfokus untuk meneliti pengaruh dari interaktivitas sistem Electronic Word of Mouth (EWOM) dan E-Quality pada Decision Support Satisfaction. Dalam mengembangkan hipotesis, penelitian ini mengembangkan tiga pandangan teori, yaitu recognition to action loyalty framework, the interactivity theory, dan E-Quality model. Model dan pengukuran dalam penelitian ini berdasarkan literatur yang digunakan.
Hasil analisis menggunakan teknik analisis Partial Least Square dengan software SmartPLS 3.2.4. Penelitian ini menghasilkan adanya pengaruh positif dari interaktivitas sistem Electronic Word of Mouth (EWOM) terhadap kepuasan pelanggan pada keputusan pembelian dan juga secara positif mempengaruhi kualitas situs. E-Quality atau kualitas situs memiliki pengaruh positif terhadap Decision Support Satisfaction, serta Decision Support Satisfaction berpengaruh positf terhadap E-Loyalty.

This study aims to investigate the impact of the interactivity of Electronic Word of Mouth (EWOM) systems and E-Quality on decision support satisfaction. To develop hypotheses, this study adopted three theoretical lenses, the cognition-toaction loyalty framework, the interactivity theory, and E-Quality model. The model and measurements were based on the literature.
The analysis applied Partial Least Square (PLS) technique with software SmartPLS 3.2.4. The findings illustrate that interactive Electronic Word of Mouth (EWOM) systems positively affect customer satisfaction on the purchase decision and also positively influence the website quality. E-Quality was found to have a positive impact on decision support satisfaction, then also decision support satisfaction have a significant impact on E-Loyalty.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S63340
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yudi Riyanto
"Penelitian ini membahas mengenai perusahaan modal ventura sebagai salah satu lembaga pembiayaan di Indonesia yang menjadi alternatif sumber pembiayaan bagi usaha yang sulit memperoleh pembiayaan konvensional salah satunya berasal dari bank. Salah satu kegiatan usaha perusahaan modal ventura adalah penyertaan saham yang menurut hukum Indonesia diwajibkan untuk dilakukannya divestasi pada jangka waktu tertentu. Dalam hal terdapat perusahaan modal ventura asing yang melakukan pembiayaan secara langsung kepada pihak pasangan usaha di Indonesia, tidak terdapat ketentuan divestasi. Mengacu kepada ketentuan tersebut, maka perusahaan modal ventura dalam negeri dirugikan dengan adanya kewajiban divestasi, sementara perusahaan modal ventura asing dapat dengan bebas menanamkan modalnya tanpa adanya kewajiban divestasi. Didalam prakteknya, khususnya kegiatan usaha dalam bidang platform e-marketplace, pembiayaan lebih banyak ditemukan oleh perusahaan modal ventura asing dibandingkan perusahaan modal ventura dalam negeri. Penelitian ini mengambil contoh salah satu perusahaan rintisan di Indonesia berbasis Platform E-Marketplace yaitu PT. Tokopedia sebagai salah satu perusahaan yang mendapatkan pembiayaan dari perusahaan modal ventura asing. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis-normatif.

This study discusses the venture capital firms as one of the financing institutions in Indonesia which became an alternative source of financing for businesses that are difficult to obtain conventional financing as example one of them came from banks. One of the activities of a venture capital firms is equity participation which, according to Indonesian law, is required for divestment for a certain period of time. In case of a foreign venture capital firm financing directly to business partners in Indonesia, there is no divestment provision. Referring to these provisions, domestic venture capital firms are impaired by divestment obligations, while foreign venture capital firms can freely investing without divestment obligations. In practice, particularly business activities in the e marketplace platform, more financing is found by foreign venture capital firms than in domestic venture capital firms. This research takes the example of one of the e marketplace platform start up companies in Indonesia, PT. Tokopedia as one of the companies that get financing from foreign venture capital firm. This research method using juridical normative research method."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2017
S69703
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>