Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 21759 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Irman Triharyanto
"Perkembangan di bidang teknologi informasi yang begitu pesat telah membuat persaingan di dunia usaha semakin ketat, karena dengan adanya internet serta globalisasi telah mempengaruhi proses bisnis dalam suatu perusahaan baik yang bersifat lokal maupun internasional. PT. FMI dengan Divisi Farmasinya, selama ini melayani terutama kebutuhan obat -obatan pegawai dan pensiunan Bank Indonesia melalui gerai-gerai Apotek Farmarin. Adanya keinginan perusahaan untuk meningkatkan kinerja pelayanan dan pengendalian atas kegiatan Apotek Farmarin ditambah dengan akan adanya perluasan bisnis Divisi Farmasi menjadi Pedagang Besar Farmasi, membutuhkan upaya-upaya untuk mencapai keinginan tersebut. Salah satu upaya tersebut adalah mengkaji sistem informasi yang sudah ada dalam kegiatan operasional harian Apotek Farmarin. Pembuatan sistem informasi yang terintegrasi, selain meningkatkan kinerja dan meningkatkan pengendalian, juga akan mendukung upaya Divisi Farmasi untuk memperluas kegiatan bisnisnya menjadi Pedagang Besar Farmasi (PBF), karena sistem yang terintegrasi tersebut sudah mencakup fungsi supply chain management meskipun masih dalam skala yang terbatas. Fungsi tersebut akan mendukung keunggulan bersaing dari sebuah PBF, jika sistem ini diperluas untuk mencakup perusahaan di hulu dan hilir dari PBF tadi. Analis sistem menggunakan metodologi FAST untuk merumuskan langkah-langkah yang ditempuh dalam penyelesaian Laporan Akhir ini.. Untuk mengidentifikasi masalah, peluang-peluang dan arahan yang ada dalam sistem yang ada sekarang, analis sistem kembali menggunakan PIECES framework dalam menganalisa lebih lanjut hal-hal yang telah diidentifikasi dalam lingkup proyek. Untuk mendukung kegiatan operasional berbagai gerai Apotek Farmarin dan menjalankan fungsi-fungsi pelaporan yang dibutuhkan oleh Divisi Farmasi, analis sistem akan menggunakan sebuah sistem Basis Data untuk menyimpan seluruh data yang berkaitan dengan transaksi yang terjadi pada apotek, data pendukung kegiatan operasi dan data pendukung fungsi supply chain management. Teknologi Basis Data yang akan dipergunakan adalah teknologi relasional basisdata.

The development of information technology has grown very fast, make competition in the business world more tighter, because of the internet and the globalization that affects the business process in the organization either locally or internationally. PT FMI with its Pharmacy Division, after all the time serve the needs of medicine for Bank Indonesia?s employee and retirement through Apotek Farmarin outlets. With the company wants to improve services and controls every activities of Apotek Farmarin and the plan to expand its business to becoming a big medicine seller, needs to do something to gain the objectives. One thing that should try is to analyze existing daily operational information systems in Apotek Farmarin. The making of integrated information system, aside improving performance and controlling, also will support Pharmacy Division to expand its business and becoming big Pharmacy seller, because within this integrated information include Supply Chain Management function although its in the limited scale. Those functions will support the competitive advantages of becoming a big pharmacy seller, if this system expanded and included all the process from start to ends. System analyst use FAST methodology to formulate steps that will be taken in finishing this report. To identify problems, opportunities and directives in existing information system, analyst again uses PIECES framework for further analizing every task that has been identified in the project charter. To support every outlets daily operational activities and to run reporting function that will be needed by Pharmacy Division, system analyst uses database systems to store datas relations with every transactions in Apotek, operational activities supporting data and supply chain management supporting data. Database technology that will be used is relational database."
Depok: Universitas Indonesia, 2006
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Harry T. Yani Achsan
"ABSTRAK
Perusahaan perdagangan konvensional sekarang semakin sulit karena membengkaknya biaya pemasaran dan turunnya margin keuntungan. Hal tersebut masih ditambah dengan kenyataan makin banyaknya wanita bekerja, bertambah macetnya arus lalu lintas serta tingginya resiko di jalan sehingga menyebabkan toko-toko semakin sepi pengunjung.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat mendukung penerapan otomasi pemasaran dengan sistem call center terpadu untuk telemarketing yang memudahkan penjual menghubungi prospek, melakukan survei dan melakukan transaksi melalui saluran telekomunikasi. Potensi telemarketing sangat besar karena hampir semua keluarga di kota besar mempunyai telpon; bila dilihat dari sisi penjual, penjual akan dapat meningkatkan efisiensi karena dapat diputuskannya jalur distribusi yaitu barang dapat langsung dikirim dari pabrik ke pembeli.
Pengembangan sistem telemarketing menjadi semakin mudah karena adanya teknologi DDE (Data Dynamic Exchange) dan OLE (Object Link and Embedded) yang memungkinkan menjalankan fungsi-fungsi dalam aplikasi lain dengan program sederhana.
Studi kasus dalam tesis ini dilakukan terhadap beberapa sistem aplikasi telemarketing komersial dilakukan sebagai komparasi dari sistem yang ada di pasaran dengan kebutuhan bisnis perusahaan yang spesisfik dan harus terintegrasi dengan aplikasi back office yang sudah ada. Hasil studi kasus dapat dipakai sebagai referensi pada perancangan sistem telemarketing.
Perancangan sistem telemarketing beserta call center-nya merupakan titik berat tesis ini dengan harapan dapat membantu praktisi pengembang perangkat lunak dalam membuat sistem telemarketing dengan mudah, murah dan cepat.

ABSTRACT
Conventional trading company now is getting more trouble because of the increase of marketing expense and lower profit margin. In addition to the problems, the number of working women is currently higher, traffic is heavier than before and more dangerous occurs when driving in the street, therefore conventional store is becoming lack of visitors.
The advancement of information technology and telecommunication that support the application of marketing automation with integrated call center system offers a new way of marketing called telemarketing. With telemarketing the seller can easily contact the prospective buyers, conduct surveys, and close transactions through the telecommunication tools. Telemarketing offer a big potential marketing ways as most families in the big cities have a phone and this system can shorten the distribution of goods from the factory to the buyer.
Developing telemarketing system become more easy with help of DDE (Data Dynamic Exchange) and OLE (Object Link and Embedded) that enabling to run functions from other applications using simple program code.
The case study of commercial telemarketing systems in this thesis intended as comparison of the system that can be bought in the market and the specific business needs, and the integration to the back office system they already have. The result of this case study can be used as reference when designing telemarketing system.
I emphasized this thesis on the design of telemarketing system and the call center. I hope that this thesis will help the software developer to create telemarketing system easier, cheaper and faster."
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 1998
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
D. Suryadi H.S.
Jakarta: Gunadarma, 1996
658.403 SUR p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Zainal Abidin
"Penerapan sistem jaringan yang ter-interkoneksi secara on-line di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Medan saat ini perlu segera dilaksanakan . untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi dalam pemrosesan transaksi data-data pelanggan dan perusahaan. Penerapan jaringan on-line system ini ditujukan untuk mendukung sistem informasi ter-integrasi guna mengatasi berbagai masalah yang terjadi seperti dalam hal menghilangkan duplikasi data, mempercepat proses transaksi penjualan, mempermudah kontrol inventory dan keuangan, dan mempermudah penyediaan informasi bagi MIS/EIS. Pendekatan yang digunakan untuk pembangunan jaringan on-line system yang menuju kearah terbentuknya dengan metodologi Top Down Model karena dapat memberikan arah yang jelas dan tepat dalam rangka merencanakan infrastruktur jaringan, dimana perancangan akan benar-benar memperhatikan dan menyelaraskan dengan tujuan bisnis perusahaan. Berdasarkan analisa kebutuhan terhadap Enterprise Network (EN) PDAM Tirtanadi saat ini, diusulkan suatu solusi yang mencakup penggunaan aplikasi client/server, pemanfaatan DBMS, penggunaan jaringan backbone dengan menggunakan standar protokol TCP/IP dan protokol IPX/SPX. Untuk mendukung keberhasilan perencanaan pelaksanaan (roll out deployment) dalam merealisasikan jaringan on-line system di PDAM Tirtanadi perlu dipersiapkan SDM yang handal, adanya strategi transisi implementasi sistem serta memperhatikan masalah manajemen jaringan untuk mempermudah maintenance."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2001
T40365
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marpaung, Alex Y.
"PT. Satelit Palapa Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa telekomunikasi. Kepuasan pelanggan di dalam pemakaian jasa tersebut sangatlah penting sehingga perusahaan berusaha menjaga kehandalan dan ketersediaan sarana tersebut pada tingkat yang tinggi.
Divisi operation and maintenance sebagai salah satu divisi pada perusahaan menjadi kunci penting menjaga jaringan pada kualitas yang diinginkan pelanggan.
Pada kegiatan penyusunan skripsi ini penulis melakukan perancangan pengklasifikasian elemen jaringan dan perancangan sistem informasi penanganan masalah-masalah dari keluhan pelanggan. Perancangan kedua hal tersebut akan membantu bidang quality of service (QOS) yang berada didalam divisi operasi dan pemeliharaan untuk memantau dan menganalisis kualitas jasa perusahaan.
Pengklasifikasian yang berkaitan erat dengan manajemen eskalasi yang diterapkan perusahaan membantu perusahaan untuk menangani masalah pada jaringan sesuai dengan prioritas baik dari segi daerah maupun dari segi waktu. Sistem informasi pada penanganan masalah dari keluhan pelanggan akan membantu divisi operasi dan pemeliharaan untuk mengambil tindakan atas keluhan pelanggan dan menjaga kepercayaan pelanggan.
Hasil-hasil perancangan tersebut juga membantu divisi operasi dan pemeliharaan mendapatkan informasi yang dibutuhkan sesuai dengan kepentingannya."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S38764
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sofyan Hadi
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2003
T40446
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Misbachul Munir
"Penyelenggaraan haji adalah tugas nasional yang melibatkan berbagai unsur kementerian dan elemen organisasi lainnya. Kementerian Agama mempunyai kewajiban utama dalam mensukseskan penyelenggaraan ibadah haji yang ditandai dengan bertambahnya tingkat kepuasan layanan jamaah haji. Sistem informasi dan komputerisasi haji terpadu (SISKOHAT), sebagai unit penyedia teknologi informasi pada Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, maka SISKOHAT harus dapat menjadikan teknologi informasi sebagai kunci sukses pelaksanaan penyelenggaraan ibadah haji mulai dari proses pendaftaran hingga proses ibadah di tanah suci. Hasil audit dan blueprint SISKOHAT tahun 1432 H/2011M, merekomendasikan salah satu program peningkatan efisiensi proses layanan haji adalah program merancang arsitektur enterprise SISKOHAT. Untuk itu dalam penelitian ini akan dilakukan rekonstruksi requirement system SISKOHAT sebagai salah satu cakupan dari arsitektur enterprise. Kerangka kerja yang digunakan dalam penelitian ini adalah Zachman Framework, dengan alasan mempunyai nilai yang paling komprehensif dari sudut pandang stakeholder dan abstraksi, jika di bandingkan dengan beberapa kerangka kerja arsitektur enterprise yang ada saat ini. Hasil penelitian ini adalah dokumen rancangan arsitektur yang menggambarkan kondisi terkini SISKOHAT.

Organization of the Hajj is a national duty that involves the various elements of the Ministry and other organizations. The Ministry of Religious Affairs as the leading institution in organizing the Hajj has an obligation to make every organization of the pilgrimage a success, which is measured from the pilgrims’ level of satisfaction regarding the service given. Integrated and computerized hajj information system/Sistem informasi dan komputerisasi haji terpadu (SISKOHAT), as a provider of information technology unit at the Directorate-General of the Organization of the Hajj and Umrah, thus SISKOHAT must be able to make information technology as key to successful organization of the hajj starting from the registration process to the process of worship in the Holy land. In the SISKOHAT year 1432 H/2011 M blueprint report, it recommends one efficiency improvement program for hajj service process which is enterprise architecture design program. Therefore, in this study a reconstruction of SISKOHAT system requirement as one of the parts from enterprise architecture will be conducted. The framework used in this research is the Zachman Framework, because it has the most comprehensive value from the viewpoint of stakeholders and abstraction, if compared with some enterprise architecture frameworks that exist today. The result of this research is an architecture draft document that describes the current condition of SISKOHAT, based on 6 (six) main SISKOHAT business processes, which are: registration, settlement, document completion, departure, the process of worship in Saudi Arabia, and the process of repatriation."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"A visualization of information system for electrici distribution network(case study of Denpasar city) is an SIG based information system using spatial and non spatial data model. ...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Sukarman
"Keterbukaan informasi akan mendorong pengelola perpustakaan untuk menyebarkan informasi seluas-luasnya kepada pemakai, bukan hanya pemakai tradisional saja tetapi di luar perpustakaan yang bersangkutan. Informasi yang disebarkan adalah informasi terpilih baik secara kuantitas maupun kualitas. OIeh karena itu adanya kerjasama antar perpustakaan, di mana dengan kesadaran bahwa tidak ada satu pun perpustakaan yang bisa memuaskan dan menyediakan kebutuhan informasi dari pemakainya, maka pemakaian bersama koleksi menjadi penting dan perlu. Masalah utama yang dihadapi berkaitan dengan sistem jaringan informasi adalah kurang nya koordinasi, dana dan dukungan dari lembaga induk di mana perpustakaan anggota jaringan informasi bidang bisnis dan manajemen. Pelayanan yang dihasilkan dari adanya jaringan informasi ini mempunyai peranan penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan nilai yang baik sulit untuk diukur tetapi dapat dirasakan oleh perpustakaan dan tentunya lembaga induk di mana perpustakaan berada. Berbagai upaya pengembangan jaringan informasi telah dikerjakan di Indonesia. Tetapi pada realisasinya belum maksimal, apalagi jika harus mengikuti perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat. Jadi apapun alasannya pengembangan sistem jaringan bisa mengikuti kemajuan pesat teknologi informasi, minimal sejalan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1996
S15362
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mong Wishnu Wardhana
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1992
S38250
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>