Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 146542 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Wijang Widhiarso
"Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi berkembang sangat pesat. Salah satu teknologi yang berkembang pesat dan jamak digunakan adalah SMS (Short Message) yang dapat digunakan melalui telepon selular. Dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada civitas akademika khususnya mahasiswa serta prosentase jumlah mahasiswa STMIK MDP yang menggunakan telepon selular (+ 90% ) memberikan peluang untuk memberikan layanan melalui sebuah aplikasi sistem informasi akademik menggunakan teknologi SMS. Pengguna dalam hal ini mahasiswa dapat mengakses seluruh informasi yang disediakan dengan hanya menggunakan sebuah identifikasi unik misalnya nomor pokok mahasiswa (NPM). Fitur pelayanan dan informasi yang dapat diberikan oleh aplikasi ini antara lain informasi untuk mahasiswa baru, registrasi, kalender akademik, jadwal kuliah dan daftar nilai mahasiswa (DNS). Perancangan aplikasi sistem informasi akademik berbasis teknologi SMS ini diharapkan dapat memberikan pelayaanan cepat dan prima yang muaranya adalah kepuasan pengguna khususnya mahasiswa.

Communication and information technology improves very fast. One of the technology that improves very fast and widely used is SMS (Short Message Service) that uses cellular phone. For the sake of giving good service to Especially the students of STMIK MDP who in big big percentage (+90%) uses cellular phone make an opportunity to give a service through an application of academic information system using SMS Technology. The user, ini this case the students, can acces the whole information provided by only using a unique identification number. The informations can be provide ar an information for new students, registration, academic calendar, course schedule and ??. The design of the SMS based application of academic information system is subjected to provide a quick and good services for the sake of user satisfication, especially students."
Depok: Universitas Indonesia, 2005
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
McLeod, Raymond
Jakarta: Prenhallindo , 1996
658.4 MCL s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Yaya Sudarya Triana
"ABSTRAK
Dalam rangka mengantisipasi era globalisasi di sektor pendidikan program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (MM-FEUI) dituntut untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanannya, sehingga dapat mempertahankan serta meningkatkan prestasinya. Untuk mewujudkan usaha tersebut MM-FEUI harus didukung dengan pelayanan teknologi informasi, diantaranya yaitu pelayanan di bidang akademik.
MM-FEUI berharap sistem registrasi online yang akan dikembangkan ini dapat memudahkan dalam melaksanakan administrasi dan pengelolaan data serta memiliki manual online. Sistem online ini diharapkan dapat memudahkan mahasiswa dalam mendaftarkan kuliah yang dipilih pada cawu yang berlangsung berdasarkan mata ajaran yang ditawarkan pada cawu yang bersangkutan. Selain itu dapat memudahkan dosen untuk melihat jadual perkuliahan yang akan di-plot. Demikian juga untuk staf administrasi dapat menetapkan jadual registrasi dengan menentukan batas waktu registrasi dan melakukan proses transfer kedalam sistem pembayaran terhadap mahasiswa yang tidak konflik, serta menentukan jadual perkuliahan.
Sistem ini dapat menampung sebanyak mahasiswa yang terdaftar, dosen, staf administrasi dan manajemen yang memiliki otoritas terhadap sistem tersebut secara cepat dengan menggunakan platform sistem registrasi online, menggunakan linux sebagai server dan web sebagai solusi interface antara pengguna dan sistem.
Sistem ini akan dibuat dengan terlebih dahulu menggunakan proses requirement management, sehingga requirement yang dihasilkan adalah requirement yang benar-benar dibutuhkan oleh pengguna dan stakeholder. Selain itu requirement ini dapat dipantau dan dikendalikan, dimana apabila terjadi perubahan-perubahan yang besar dapat diantisipasi dan dapat dikembalikan ke dalam proses awal pembuatan requirement management.
Acceptance test harus dilakukan agar dapat diperiksa, apakah aplikasi yang dibangun sudah sesuai dengan kebutuhan atau belum, untuk itu harus diperiksa fitur-fiturnya, keandalan, performansi dan keamanan. Penggunaan model untuk mengendalikan proses ini juga perlu dilakukan. Dalam tesis ini menggunakan model "V'' untuk mengendalikan antara satu requirement dengan yang lainnya.

ABSTRACT
In anticipating the globalization era, Master of Management program, faculty of Economic University of Indonesia (MM-FEUI) insisted to increase the education quality and it's services in order to defend and increase the education quality. To realize those effort, MM-FEUI 3hould be supported by information technology, especially is the academic services.
MM-FEUI insist to develop an on line system registration. This effort could make all administration and data process activities much easier and also could have on line document. This on line system expected to be a smooth facility for the students to register subject. They may choose courses in quarterly bases. Other advantage is to make the lecturer could access their schedule easier. This could also facilitate the administration staff in ascertaining registration schedule by enforcing registration deadline and transfering process into payment request system.
This system could enable more registered students, lecturers, administration staff and management person who have authority to make fast operation by using online registration platform. Using the system will adopt linux as server and web interface solution between user and system.
The development effort is in initialized by constructing the requirement become closed to the user and stakeholder needs. Beside that, this requirement could be evaluated if there are some big changes can be anticipates and returned to the first making process of requirement management.
Acceptance test make us able to check the result, in order to guarantee the application already fullfill the requirement. Therefore we have to check the futures, reliability, performance and security. To control the process, we need some pattern. This test will follow the "V' model to control from one to another requirements."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2002
T40500
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ratna Maulidiyah
"Pada saat ini, Pangkalan Data Pendidikan Tinggi PD Dikti menghimpun semua data dari perguruan tinggi, salah satunya adalah data akademik. Data akademik yang dibutuhkan oleh PD Dikti antara lain data program studi, mahasiswa, dosen, mata kuliah, proses pembelajaran, dan proses evaluasi. Namun, perguruan tinggi yang berbeda-beda memiliki sistem yang berbeda-beda sehingga data yang tersedia juga berbeda-beda baik dalam hal kelengkapan, format, dan lain-lain. Selain itu, sistem informasi akademik yang dimiliki perguruan tinggi saat ini umumnya memiliki kekurangan yaitu kesulitan mengetahui beban kerja dosen dan belum dapat menggambarkan secara keseluruhan performa akademik mahasiswa seperti IPK dan masa studi. Penelitian ini membandingkan sistem informasi akademik yang dimiliki oleh UI, ITS, dan ITK. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk memetakan data yang tersedia pada sistem informasi akademik perguruan tinggi dengan kebutuhan data PD Dikti. Pengumpulan data dengan observasi dari tiga sistem informasi akademik yang dibandingkan sehingga menghasilkan daftar fitur yang ada pada masing-masing sistem. Selain itu juga dilakukan analisis dokumen sehingga dapat diketahui alur proses bisnis dari sistem akademik. Pada tahap analisis, dihasilkan gambaran dari sistem yang sudah ada dan sistem yang diusulkan dengan menggunakan pemodelan UML. Nilai tambah dari sistem yang diusulkan antara lain mampu mengetahui beban kerja akademik dosen serta memberikan early warning mengenai banyaknya mahasiswa yang terancam DO dan banyaknya beban kerja dosen yang melebihi batas. Sistem yang diusulkan juga dapat memudahkan dosen ketika melakukan perubahan nilai dan memudahkan mahasiswa yang mengajukan permohonan transkrip resmi. Pada tahap desain, dihasilkan tampilan fitur-fitur pada sistem yang diusulkan, misalnya dashboard yang menampilkan data jumlah mahasiswa, IPK, masa studi, dan data dosen untuk rektor, dekan, dan ketua departemen. Selain itu, terdapat early warning yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan, misalnya dalam menentukan kebutuhan dan alokasi dosen. Penelitian ini menghasilkan sistem informasi akademik yang generik serta pemetaan antara data akademik yang dibutuhkan oleh PD Dikti dengan data yang ada pada sistem informasi akademik yang diusulkan.

Currently, Pangkalan Data Pendidikan Tinggi PD Dikti collects all data from universities, one of them is academic data. The academic data required by PD Dikti are data of study program, student data, lecturer data, course data, learning process, and evaluation process. However, different universities have different systems so that the data available also vary both in terms of completeness, format, and so on. In addition, academic information systems owned by universities are generally have weaknesses such as difficult to know the workload of lecturers and can not describe the overall academic performance of students, for example GPA and study period. This study compares the academic information system owned by UI, ITS, and ITK. This study also aims to map between available data on academic information system of higher education with the data required by PD Dikti. Data collection is done by observation of three academic information systems that are compared to produce list of features that exist on each system. In addition, document analysis is also done to know business processes of the academic system. In analysis phase, the existing system and proposed system are depicted using UML modeling. Added value of the proposed system is able to know academic workload of lecturers, provide early warning about the number of students who may drop out and the number of lecturer workload that exceeds the limit. The proposed system can also facilitate lecturers when making changes to student rsquo;s mark and facilitate students who apply for official transcripts. At the design stage, display of features of the proposed system, such as a dashboard showing the number of students, GPA, study period, and lecturer data for rector, dean, and department chairman. In addition, there are early warning that can assist in decision-making, for example in determining the needs and allocation of lecturers. This research results a generic academic information system and mapping of the academic data required by PD Dikti with the available data on the proposed system."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Pada saat ini, persaingan bisnis radio di Indonesia semakin ketat, baik itu di kota - kota besar maupun di kota kecil. Elkoga Radio adalah suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa, maka Elkoga Radio dituntut untuk memberikan pelayanan yang dianggap paling memuaskan bagi pendengar seperti misalnya kemudahan bagi pendengar untuk berpartisipasi dalam acara - acara radio, sebagai sumber informasi, dan memberikan fasilitas - fasilitas yang berguna bagi masyarakat. Pada pembuatan Website ini, konsep perencanaan dan perancangannya melalui survei dan pengumpulan data, Data Flow Diagram (DFD), Entity Relationship Diagram (ERD), basis data dan selanjutnya adalah mengimplementasikannya. Disamping itu, program aplikasi yang digunakan Macromedia Dreamweaver 8, bahasa pemogramannya menggunakan PHP dan DBMS ( Database Management System) MySQL yang digunakan untuk menyimpan data. Hasil dari pembuatan website ini membantu pendengar setia Elkoga Radio Bali untuk mendapatkan informasi - irformasi yang dibutuhkan khususnya informasi di Radio Elkoga Radio. Web ini juga memberikan kemudahan bagi admin yang mengelola sistem informasi dalam manajemen website"
005 JEI 1:2 (2012)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
M. Feriza Yoga I.A.
"Pelayanan administrasi akademik merupakan salah satu proses bisnis yang dijalankan oleh suatu lembaga pendidikan terkait dengan interaksinya kepada customer. Mekanisme pemberian layanan yang efektif, efisien serta tidak menyulitkan mahasiswa telah menjadi suatu competitive advantage bagi suatu perguruan tinggi saat ini. Layanan manual yang diotomasi ke dalam suatu sistem belum tentu menjawab kepuasan pelanggan. Oleh sebab itu, analisa terhadap customer needs perlu diselami lebih dalam dan seluruh requirement terhadap sistem perlu dikelola dengan baik. Sistem Informasi Akademik Online merupakan sebuah aplikasi online yang diperlukan oleh Cyber Campus Jakarta dalam memberikan layanan akademik kepada siswa yang selama ini dijalankan melalui sistem offline. Beberapa kelemahan yang ada pada sistem offline dan adanya perubahan kebijakan yang berlaku dari pihak akademik mengenai rencana penambahan cabang dan kerjasama dengan tempat pelatihan yang lain turut memicu keberadaan Sistem Informasi Akademik Online ini, selain karena adanya keinginan dari siswa untuk memperoleh layanan yang memudahkan mereka. Spesifikasi kebutuhan perangkat lunak yang lengkap dan terdokumentasi dengan baik sangat dibutuhkan untuk menunjang berhasilnya pengembangan aplikasi ini. Dengan memanfaatkan metodologi Rational Unified Process (RUP) diharapkan spesifikasi yang dihasilkan dapat membantu dan mempermudah Departemen Pengembangan dalam pengembangan aplikasi ini. Adaptasi RUP khususnya disiplin business modeling dan requirement dalam proyek ini akan disesuaikan dengan karakter aplikasi yang akan dikembangkan.

Academic administration service is one of business process that maintain by an institutional education in interaction with their customers. The service gift mechanism which effective, efficient and do not make any complicated for student have come to be competitive advantage for that institution. Manual services which automation a system not yet of course reply the customer satisfaction. On that account, analysis to customer needs require to be seen through deeper and entire all requirement to system require to be managed better. Online Academic Information System is one of the online application which needed by Cyber Campus Jakarta to serve an good academic service to the student which it is used to done by manual/offline and usually not integrated. Some weakness which occur on existing offline system and existence of policy change about adding branch in the future trigger the existence of this Online Academic Information System, besides caused by its desire from students to get the service which facilitating them with no difficulties. To make this project success, a complete and well documented software requirements becomes the main requisite. Software requirement specification yielded by adapting Rational Unified Process (RUP) methodology is expected to help this software developer. In this project, RUP adaptation particularly business modeling and requirement discipline will be conformed to characters of application being developed."
Depok: Universitas Indonesia, 2006
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Made Murwantara
"ABSTRAK
Perkembangan teknologi informasi pada dekade terakhir ini telah berkembang dengan pesatnya. Piranti lunak bantu analisis yang telah dikembangkan banyak membantu para pengembang untuk membuat piranti lunak yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Dalam dasawarsa ini, universitas dituntut memiliki integritas data yang tinggi dan kecepatan pelayanan yang prima. Teknologi informasi sebagai garda depan dalam pelayanan mahasiswa menjadi sarana vital sebagai pendorong strategi universitas untuk menghadapi persaingan dengan lembaga sejenis yang akan hadir dan telah mapan di Indonesia.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana mengendalikan pembangunan piranti lunak, Sistem Informasi Akademik dengan menerapkan metode requirement engineering yang terdapat dalam metodologi pengembangan perangkat lunak Rational Unified Process. Untuk memeriksa kebenaran piranti lunak terhadap user needs dan change requirement dilakukan acceptance test. Hal ini dicapai dengan merencanakan dan merancang serangkaian tes terhadap fitur dad piranti lunak tersebut.
Telaah kembali terhadap fitur-fitur ditemukan hal-hal yang kritis, yang harus ada pada registrasi perkuliahan, yaitu yang berkaitan dengan authorization, availability, data integrity, privacy dan reliability. Semua diatas diharapkan dapat meningkatkan efektifitas, efesiensi biaya dan tepat waktu dalam pengembangan sistem informasi akademik.

ABSTRACT
Improvement on information technology (IT)for the last decade has been increase amazingly. Analysis tools that have been build, help the developers to build the software which is satisfied to the user needs.
For the last decade, university has been challanged to give the high data integrity and excellence services. IT as the frontier ofservices for students has become a vital strategic to move forward the university to face for the competition against a kind establish organization and the new comers.
Problems that arrived by this research is how to manage software development on academic information system using requirement engineering methodology on the Rational Unified Process software development methodology. Acceptance test is held to check the correctness ofsoftware to the user needs and change requirements. It is achieved by planning and designing test series to the features ofsoftware.
Review on the features hasforwarded critical aspects that have to be present on the course registration, such as things that related to authorization, availability, data integrity, privacy and reliability. All ofthatfeatures expected to increase the effectivity, budget effeciency and on time at the development of academic information system."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2002
T40504
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amir Alkhoiri
"Pembinaan dan pemantauan terhadap mutu pendidikan Spesialis Obgin menjadi sebagai salah satu usaha memberikan jaminan mutu pendidikan sekaligus memberikan perlindungan bagi masyarakat. Dengan sangat bervariasinya penyelenggaraan pendidikan Obstetri dan Ginekologi menunjukkan betapa pentingnya manajemen pembinaan dan pemantauan Pusat Pendidikan Obstetri dan Ginekologi di dalam melaksanakan standar pendidikan yang ditetapkan Kolegium Obgin.
Untuk itu diperlukan suatu sistem informasi manajemen pembinaan dan pemantauan di Kolegium Obstetri dan Ginekologi supaya kualitas pendidikan Obgin dapat terjaga dengan baik.
Dari hasil penelitian didapatkan permasalahan-permasalahan di dalam sistem informasi lama. Adanya peluang untuk dikembangkau bahwa Sistem Inforrnasi Manajemen Pembinaan dan Pemantauan Kolegium Obstetri dan Ginekologi didasarkan pada pertimbangan kelayakan teknis, ekonomi, dan organisasi.
Sistem Informasi Manajemen Pembinaan dan Pcmantauan Kolegium Obstetri dan Ginekologi menggunakan Aplikasi Website dapat menghasilkan informasi yang dapat digunakan untuk pemantauan, evaluasi dan perencanaan Pendidikan Obstetri dan Ginekologi secara cepat dan akurat.

Directing and monitoring toward Obstetrics and Gynecology Specialist Education quality as one of strategy to protect the people, to guide the doctors, and to empower professionalism/institutions. In Indonesia, the holding of Obstetrics and Gynecology Specialist Education is still variously. These is shown that Management Infomation System of Directing and Monitoring for Education Center of Obstetrics dan Gynecology Specialist is very urgent.
In order to protect and improve the quality of specialist medical education of Obstetrics and Gynecology, Indonesian College of Obstetrics and Gynecology should be to develop management infomation system of Directing and Monitoring.
Based-on research result, researcher find the problems in the old information system From the feasibility study of technics, economics and organization, there are the opportunity to develop Management information System of Directing and Monitoring in the Indonesian College of Obstetrics and Gynecology.
The Management Information System of Directing and Monitoring in the Indonesian College of Obstetrics and Gynecology using Website Application can produce information that useful for, monitoring, evaluating and planning of Obstetrics and Gynecology Specialist Education quickly and acuracy.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2007
T33617
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
McLeod, Raymond
Jakarta: Prenhallindo , 1996
658.05 MCL mt I
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Lumban Gaol, Chr Jimmy
Jakarta: Grasindo, 2008
658.4038 GAO s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>