Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 170387 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Sistem informasi pengarsipan yang kami kembangkan adalah sebuah sistem berbasis web yang dapat melakukan beberapa fungsi, diantaranya: mengelola arsip yang memungkinkan terjadinya penambahan, pengubahan dan penonaktifan data arsip, mengelola user (pengguna sistem) yang memungkinkan untuk menambah, mengubah dan menghapus data user, membuat laporan pengarsipan yang memungkinkan untuk melihat log pengaksesan arsip, melakukan penambahan subjek, kategori dan sub kategori arsip, serta melakukan proses pencarian arsip. Sistem ini dibangun menggunakan web server Apache, PHP dan DBMS MySQL. Pengguna dari sistem ini dibagi ke dalam tiga kategori, yaitu: Administrator yang memiliki wewenang penuh untuk melakukan semua fungsi yang ada pada sistem, Staf yang hanya memiliki wewenang untuk melihat arsip dan mengelola arsip-arsip, membuat laporan pengarsipan, serta melakukan pencarian arsip, sedangkan user biasa hanya memiliki wewenang untuk melihat data arsip dan melakukan pencarian arsip. Studi kasus yang kami lakukan adalah di bagian pengarsipan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, yang selama ini baru memiliki sistem pengarsipan secara manual, yang ternyata cukup menyulitkan. Proyek ini ditujukan untuk membangun sebuah sistem pengarsipan dijital yang dapat diterapkan di lingkungan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, yang selanjutnya dapat menjadi pilot project bagi pengembangan sistem informasi pengarsipan di Universitas Indonesia. Untuk pengembangan lebih lanjut, sistem ini dapat di - kembangkan dan dapat digunakan tidak hanya di lingkup fakultas, tetapi juga di tingkat Universitas.Beberapa kelemahan dan kemungkinan pengembangan kami tuliskan di bagian Penutup."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2005
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rengga Sendrian
"Skripsi ini membahas penerapan standar internasional dalam fitur registrasi aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD), standar internasional yang digunakan adalah konsep Jay Kennedy dan Functional Requirement yang dikeluarkan oleh International Council of Archieves (ICA). Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dan disajikan secara deskriptif.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa fitur registrasi yang terdapat di SIKD sebagian besar sudah mengacu kepada modul ICA dan konsep Jay Kennedy. Namun masih ada beberapa hal yang tidak ada didalam SIKD seperti, SIKD tidak dapat secara otomatis berhubungan dengan suatu aplikasi bisnis dan pengguna tidak dapat menambahkan metadata yang bersifat opsional.

This thesis discusses comply of international standards in the application registration feature “Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD)”. an international standard that is used is the concept of Jay Kennedy and Functional Requirements issued by the International Council of Archives (ICA). This research using qualitative methods and case studies presented by descriptive.
The research concludes that the features contained in the registration SIKD largely been referring to the ICA and the concept of modules Jay Kennedy. But there are still some things that are not in SIKD like, SIKD can not be automatically associated with a business application and the user can not add the optional metadata.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S44223
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fuad Gani
Fakultas Ilmu Pengatahuan Budaya Universitas Indonesia, 2003
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
"Sistem Inventori Morphix ini adalah suatu sistem informasi yang menangani pencatatan barang-barang alat tulis kantor, kegiatan yang membutuhkan alat tulis, pemakai, penanggung jawab, dan transaksi yang terjadi setiap ada barang masuk ataupun keluar. Sistem ini dikemas dalam Live CD yang dapat dilakukan instalasi pada sisi client. Sistem ini berformat web based menggunakan web server Apache,
PHP, Smarty sebagai Template Engine, dan DBMS PostgreSQL. Kemudian
implementasi dibangun diatas sistem operasi Morphix menggunakan Live CD yang dapat dieksekusi di sisi client. Sistem Inventori Morphix dapat digunakan oleh Usaha Kecil Menengah yang memiliki proses bisnis yang berkaitan dengan inventori sederhana dan bersifat seharihari.
Hal ini dikarenakan sistem ini dapat mengakomodasi fungsi-fungsi dasar yang biasanya terjadi pada proses pencatatan inventori.
Studi kasus yang kami lakukan adalah terhadap Sub BagianPerlengkapan
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) yang mempunyai permasalahan pada pengolahan dan pengelolaan data inventori terutama pada jenis alat tulis kantor. Sistem yang ada sekarang belum mampu mendukung pembuatan laporan yang cepat dan memiliki kinerja yang belum optimal. Oleh karena itu dibutuhkan suatu aplikasi lengkap yang dapat menunjang kegiatan pencatatan tersebut. Penerapan sistem ini diharapkan dapat memberikan solusi terhadap masalah yang terjadi dan memenuhi kebutuhan bisnis Fasilkom UI."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2004
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ihsan Wahyu Prabawa
"Universitas Indonesia terdiri dari dua belas fakultas yang memiliki sistem perkuliahan yang beragam jenisnya. Dibutuhkan suatu sistem informasi yang handal untuk dapat membantu sistem akademik yang telah berjalan saat ini. Selama ini, pihak universitas maupun masing-masing fakultas telah berusaha untuk mengembangkan sistem informasi akademik yang handal bagi masing-masing fakultas. Akan tetapi sistem informasi akademik tersebut seperti sistem SIAK Client Server, SIAK Online, maupun SIAK FEUI dirasakan masih kurang mengakomodasi kebutuhan universitas maupun fakultas. Masih ada fungsi-fungsi yang belum diterapkan atau diterapkan kurang tepat, skema basis data yang masih kurang memadai dan kurang fleksibel, serta banyaknya informasi yang tidak bisa dihasilkan secara tepat baik waktu maupun kandungan datanya adalah beberapa contoh dari masalah yang ada pada sistem-sistem saat ini.
Proyek mahasiswa ini bertujuan untuk melakukan pengembangan awal suatu sistem informasi akademik yang baru untuk mengatasi kelemahan dan kekurangan sistem yang ada saat ini. Sistem yang baru ini diharapkan memiliki fitur-fitur yang diperlukan, seperti mendukung integrasi UI melalui pengelolaan data akademik mahasiswa, memungkinkan administrasi akademik dilakukan secara terpusat oleh Registrar pada Direktorat Pendidikan, dan memiliki kesesuaian rancangan dan fasilitas untuk berinteraksi secara transparan dengan subsistem-subsistem lain dalam sistem informasi Universitas Indonesia. Hasil dari proyek mahasiswa ini adalah adanya suatu definisi requirement yang jelas, rancangan sistem maupun basis data dan framework sebagai dasar implementasi sistem informasi akademik selanjutnya."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2005
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Daud Rusyad Nurdin
"La concurrence clans les affaires de plus en plus serree oblige chaque organisation a pouvoir augmenter sa performance en vue de preserver ses affaires. Le systeme d'information base sur la technologie d'information est un instrument ou une structure de support d'organisation face aux pressions causees par la concurrence d'affaires en question.
PT Indonesia Power est une entreprise qui opere clans le domaine de generatrice d'energie electrique. En tant que succursale de PT PLN (Entreprise d'Etat) qui a herite des machines generatrices les plus grandes a Java et Bali, actuellement PT Indonesia Power est le plus grand fournisseur d'electricite dans cette zone. Conformement a la vision de l'entreprise pour devenir une entreprise a la performance intemationale, le systeme d'information base sur la technologie d'information (SIITi) integree est deveioppe afin de supporter la reussite de ses affaires.
Cette tache finale analyse comment une entreprise developpe le systeme d'information integre en vue d'augmenter sa performance interne comme un instrument pour ameliorer sa concurrence d'affaires, avec l'etude de cas chez PT Indonesia Power. L'objectif de cette etude est pour pouvoir comprendre les methodes utilisees par PT Indonesia Power afin de developper le systeme d'information en faisant les analyses en vue de trouver la solution exacte clans son developpement.
Pour realiser cette recherche, on utilise l'approche strategique de developpement d'un SI/TI. Ainsi, I'investissement dans le domaine de TI n'est plus considers comme un gaspillage inutile pour l'organisation.
Pour faire les analyses, on applique deux approches : l'approche d'affaires et l'approche de TI. L'analyse d'approche d'affaires est realisee par l'utilisation des methodes etant capables de comprendre les facteurs internes et externes de l'organisation qui influencent I'operation des affaires de PT Indonesia Power. Les methodes utilisees sont entre autres : la methode de valeur de chaine (value chain), « 5-Forces )) de Porter, et cetera. L'analyse d'approche de TI se realise avec l'analyse de portefeuille d'application developpee par McFarlan. A la demiere partie, on donne aussi l'explication sur l'avantage d'application de systeme d'information integre chez PT Indonesia Power base sur le resultat d'interview avec les partis concernes.
Base sur le resultat d'etude, on trouve qu'il y a encore quelques problemes clans son developpement, c'est-a-dire que le systeme d'information developpe actuellement ne peut pas encore repondre au besoin de l'organisation parce que le systeme n'est pas encore integre et standard. Ainsi, it est necessaire de faire une certaine amelioration clans le developpement de SICTI en utilisant 1'approche strategique et integree. Quelques approches necessaires a appliquer sont la standardisation, l'integration de systeme et la realisation d'applications pouvant supporter I'entreprise en vue d'augmenter la performance concurrentielle elevee comme helpdesk, entrepot de donnees et business intelligence, afin que l'entreprise puisse anticiper la concurrence d'affaires clans I'avenir.
En tenant compte des frais d'integration asset eleves, la technologic actuelle an coat bas comme Grid Computing rune des considerations en tant que solution economique pour construire SIITI integre. Le systeme Backup and Recovery dolt titre applique comme complement de systeme d' integration.
PT Indonesia Power a deja fait le developpement de son systeme d' information planifie et continuellement vers un systeme qui de plus en plus integre. Le systeme d'information integre a PT Indonesia Power maintenant a reussi d'ameliorer son systemeinterne en moue d'ameliorer l'avantage competitive aujourd'hui ou bien au future, qui contient : d'ameliorer l'efficience de temps, la precision et consistance de donnees, l'efficience de coat operationnel, l'efficience de ressources humaines, l'uniformite Standard Operationnelle de Procedure (SOP), et securite de donnees."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2005
T18204
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Balnaves, John
Melbourne F.W. : Cheshire , 1966
026 BAL a
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan diajarkannya mata kuliah
tentang penyakit jantung dan pembuluh darah dengan pola konsumsi makanan
gorengan mahasiswa reguler FIK UI angkatan 2003, 2004, dan 2005. Penelitian ini
menggunakan instrumen berupa kuesioner yang berisi pernyataan tentang
pengetahuan penyakit jantung dan pembuluh darah dan pola konsumsi makanan
gorengan. Jumlah sampel sebanyak 169 orang yang diperoleh melalui metode simple
random sampling, dimana peneliti melakukan pemilihan secara acak dan sederhana
melalui penunjukkan secara langsung. Analisa data dilakukan dengan menggunakan
uji Chi-square dengan tingkat kemaknaan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
mayoritas responden memiliki pengetahuan tentang penyakit jantung dan pembuluh
darah kategori sedang, pola konsumsi mayoritas responden juga yang berkategori
sedang. Tidak terdapat hubungan antara diajarkannya mata kuliah tentang penyakit
jantung dan pembuluh darah dengan polalconsumsi makanan gorengan. Hal ini
menunjukkan bahwa diajarkannya mata kuliah tentang penyakit jantung dan
pembuluh darah tidak begitu berpengaruh terhadap pola konsumsi makanan gorengan
responden. Banyak faktor lainnya yang mempengaruhi, baik internal maupun
eksternal. Oleh karena itu penting sekali untuk lebih menggali faktor-faktor tersebut
agar dapat mengetahui lebih banyak tentang hal apa saja yang dapat memengaruhi
pola konsumsi makanan gorengan sehingga akan bermanfaat untuk kepentingan ilmu
pengetahuan khususnya terkait promosi kesehatan."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2007
TA5591
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
M. Baskoro Palwo N.
"RINGKASAN EKSEKUTIF
Pertumbuhan ekonomi yang baik di Indonesia serta kebijakan diversifikasi bahan bakar minyak membuka peluang yang menghasilkan dampak yang positif pada pengusahaan penyaluran/ pendistribusian gas melalui jaringan pipa yang dalam
hal ini merupakan ke g iatan usaha Perusahaan Umum Gas Negara. Dengan kondisi yang demiki an perus ahaan mengalami pe rtumbuhan yang relatif tinggi, tentunya secara intern terjadi perubahan baik dari dinamika organisas , sistem, prosedur, pola kegiatan dan perilaku organisasi serta pengel olaan data dan informasi. Penge1olaan informasi yang disebut SIM merupakan alat manajemen
untuk melihat bagai mana kegiatan fisik perusahaan yang terjadi. SIM di PGN umurnya masih relatif muda dimana satuan kerja yang menangani nya ada1ah Pusat Pe1ayanan Informasi yang baru mu1ai beroperasi tahun 1987. Satuan kerja ini baru mulai beroperasi tahun 1987.
Di da1am tulisan ini di lakukan suatu evaluasi sejauh mana upaya yang te1ah dilakukan o1eh perusahaan untuk membangun SIMnya dan kendala-kendala apa yang dihadapi dalam pembangunannya. Lalu di1akukan ana1isis dengan perangkat konseptual dari bidang SIM.Pene1itian ini di1akukan berdasarkan penga1aman penu1is sebagai pelaksana harian Kepala Bidang Pengembangan Sistem Informasi
ditambah dengan hasil wawancara dengan para pemakai sistem .
dari hasil penelitian yang dilakukan perusahaan telah memulai pengembangan SIM mulai dari hal yang paling dasar yaitu proses transaksi yang merupakan komponen dari SIM yaitu Data Processing System yang pada dasarnya berisikan aplikasi-aplikasi akuntansi, selain itu ada pula aplikasi perpustakaan. Namun demikian sub-sistem yang dibangun dilakukan secara parsial
sehingga menciptakan islands of information. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti berikut ini.
* Dukungan pimpinan puncak yang kurang memadai untuk mendorong pengembangan SIM, hal ini terlihat dari tidak tercantumnya perencanaan teknolgi informasi pada rencana
perusahaan (corporate plan).
* Perubahan-perubahan dalam perusahaan yang relatif tinggi akibat adanya pertumbuhan perusahaan yang pesat sehingga prosedur yang ada tidak begitu mapan.
* Struktur organisasi yang kaku karena keputusan Menteri mengatur organisasi dan struktur terlalu deti1 sertapembagian satuan kerja atas dasar fungsional sehingga Direksi dibebani tugas yang terlalu berat untuk melakukan kompi1asi.
* Kurang terbukanya satuan kerja akan pengembangan SIM yang sebetulnya diakibatkan oleh keterbatasan pengetahuan dalam bidang teknologi informasi.
* Kurangnya tenaga tfeknologi informasi di perusahaan dan Pengembangan Sistem..., M. Baskoro Palwo N., FE UI, 1990 sulitnya mencari tenaga bidang ini yang berkualitas karena
sistem imbal jasa yang ada di perushaan tidak mungkin memenuhi persyaratan mereka karena terikat pada struktur gaji dan kepangkatan.
* CPU yang ada sekarang sudah terlalu kecil untuk menangani operasi transaksi rekening dan akuntansi.
Dan beberapa kendala lainnya yang dijelaskan pada bagian lain dari tulisan ini.
Dari kendala yang dihadapi perusahaan seperti itu untuk dapat mengembangkan SIM dengan lebih baik diajukan usulan yang kiranya bisa digunakan sebagai kerangka dasar untuk pengembangan selanjutnya; dimana pada tahap awal perlu ditempuh beberapa langkah sebagai berikut :
* Pembentukan Tim Penerapan Teknologi Informasi yang diketuai oleh Direktur Utama, dimana tim ini berfungsi sebagai pengarah kebijakan SIM dan sekaligus menjadi jembatan akibat kekakuan organisasi.
* Melakukan restrukturisasi database sehingga. Terintegrasi dengan memanfaatkan database engine yang lebih baik dari pada yang dimiliki sekarang. Sekaligus dilakukan migrasi kepada sistem komputer yang lebih besar untuk proses
transaksi seperti aplikasi akuntansi dan aplikasi rekening.
* Merekrut tenaga teknologi informasi yang berkualitas dengan catatan melakukan perubahan si stem imbal jasa bagi personil yang memiliki keahlian ini.
Selain usulan pemecahan permasalahan yang disebutkan di atas ini masih ada beberapa langkah yang perlu dilakukan yang terdapat pada bagian lain tulisan ini.
Tulisan ini merupakan hasil penelitian yang sifatnya kualitatif dan memberikan gambaran kerangka pemecahan masalah yang kiranya mungkin dapat dikembangkan lebih lanjut dan lebih detail.
"
1990
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>