Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 32602 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Sistem Informasi Bantuan Operasional Sekolah (SI BOS) merupakan aplikasi berbasis web untuk membantu pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) mulai dari tingkat pusat hingga tingkat sekolah. Proses bisnis rutin dari pengelolaan dana BOS adalah pelaporan mengenai penggunaan dana BOS. Laporan ini menjelaskan proses pelaksanaan proyek mahasiswa berupa pengembangan SI BOS. Pelaksanaan proyek mahasiswa dilaksanakan oleh tim proyek mahasiswa yang terdiri dari empat orang. Anggota tim tersebut adalah Albert Kurniawan, Anjar Widianto, Dirgantoro Muhammad dan Kholid Abdul Hadad.
Penulisan laporan ini dapat digolongkan menjadi tiga bagian. Bagian pertama seputar pendahuluan dan penjelasan mengenai proses pelaksanaan proyek mahasiswa. Bagian selanjutnya menjelaskan tentang tahapan pengembangan sistem yang terdiri dari proses analisis, perancangan, implementasi, serta pengujian. Bagian terakhir merupakan penutup dari laporan yang dibuat.Proses implementasi sistem dilakukan dengan menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman, smarty sebagai template engine, PostgreSQL sebagai sistem manajemen basis data, dan apache sebagai web server.
Seluruh teknologi yang digunakan merupakan open source software yang dapat diperoleh secara bebas sehingga tidak membutuhkan biaya yang sangat besar untuk pengembangan sistem ini. Selain itu, seluruh proses pengembangan sistem bersifat legal.SI BOS diharapkan dapat mempermudah proses pelaporan penggunaan dana BOS. Dengan diimplementasikannya sistem ini, diharapkan proses manajemen dana BOS, mulai dari perjanjian penerimaan bantuan, pengalokasian dana, sampai pelaporan penggunaan dana dapat lebih efisien dan mudah. Selain itu juga bila dikemudian hari akan dilakukan evaluasi ataupun pengkajian tenatang dana BOS, hal itu akan lebih mudah dilakukan dikarenakan oleh adanya database yang terpusat, sehingga pengolahan data jadi lebih mudah."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2007
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Miranti
"Pondasi tiang digunakan untuk menopang struktur. Di desain dapat menahan beban vertikal dan beban lateral. Tiang yang menerima pembebanan lateral merupakan permasalahan dalam rekayasa pondasi yang melibatkan interaksi tanah dan struktur. Akibat dari tiang yang terkena beban lateral dapat menimbulkan defleksi atau pergeseran tiang. Perencanaan awal pondasi diharapkan mendapatkan hasil yang tidak kurang atau lebih kapasitasnya dengan hasil pengujian pondasi langsung di lapangan. Metode pengujian kapasitas pondasi yaitu uji pembebanan lateral statik untuk mendapatkan defleksi lateral tiang. Penelitian ini menganalisis balik perhitungan dengan metode finite difference non-linier menggunakan aplikasi LPile 2019. Bertujuan mendapatkan parameter kurva p-y yang merepresentasikan hasil yang mendekati hasil pengujian pembebanan lateral di lapangan. Data penelitian dari 3 lokasi proyek dengan kondisi geoteknik tanah lunak cukup tebal. Sebanyak 20 tiang pancang uji dengan diameter tipikal 600 mm dan 1 tiang 500 mm. Data SPT sebanyak 8 titik yang digunakan sebagai parameter pemodelan. Pemodelan dilakukan dengan menginput properti tiang, lapisan tanah tiap kedalaman, parameter awal, dan beban lateral untuk mendapatkan defleksi lateral tiang. Hasil yang didapatkan menunjukkan 11 tiang pancang dapat menggunakan model soft clay, 8 tiang dapat menggunakan 2 model soft clay dan stiff clay with free water. Parameter kurva p-y dari hasil pemodelan sesuai dengan korelasi SPT sebagai referensi pada literatur yang digunakan. Perbaikan tanah pada lokasi proyek mempengaruhi nilai cu mengalami peningkatan.

Pile foundations are used to support structures. It is designed to withstand vertical loads and lateral loads. Piles that receive lateral loading are a problem in foundation engineering that involves the interaction of soil and structure. As a result og piles that are exposed to lateral loads can cause deflection or displacement of the pile. Design foundation is expected to get results that are not less or more capacity with the results of direct foundation testing in the field. The method of testing the foundation capacity is the static lateral loading test to obtain the lateral deflection of the pile. This research analyzes the back calculation with the non-liniear finite difference method using LPile 2019. The aim is to obtain p-y curve parameters that represent results that are close to the result of lateral loading test. Research data from 3 project sites with moderately thick soft soil geotechnical conditions. A total of 20 test piles with a typical diameter of 600 mm and 1 pile of 500 mm. SPT data of 8 points were used as modeling parameters. Modeling was performed by inputting pile properties, soil layers, initial parameters, and lateral loads to obtain pile lateral deflection. The results obtain show that 11 piles can use the soft clay model, 8 piles can use 2 models of soft clay and stiff clay with free water. The p-y curve parameters from the modeling results are in accordance with the SPT correlation as a reference in the literature used. Soil improvement at the project site affects the cu to increase."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Sebagai upaya pengelolaan sekolah-sekolah di DKI Jakarta, pihak Dikmenti (Dinas Pendidikan Menengah dan Tinggi) mengharuskan setiap sekolah untuk melaporkan keadaan sekolah secara rutin untuk suatu periode tertentu. Dalam proses pelaporan ini sering ditemukan permasalahan, seperti keterlambatan dalam pelaporan, format pelaporan yang tidak tetap, dan lain sebagainya. Untuk mengurangi permasalahan tersebut, maka diperlukan suatu sistem yang menjembat ani pihak sekolah dan pihak Dikmenti. Permasalahan lainnya, yang juga tidak kalah pentingnya, adalah perlunya media penyampai informasi mengenai sekolah-sekolah yang ada.
Dalam proyek mahasiswa ini akan dikembangkan suatu sistem yang membantu pihak sekolah dalam melaporkan keadaannya, yaitu melalui pemasukkan data sekolah ke sistem. Dan pemasukkan data ini akan dilakukan dalam suatu kurun waktu tertentu. Kemudian, Dikmenti akan mengambil data sekolah-sekolah dari sistem setelah lewat periode pemasukkan data oleh sekolah-sekolah. Untuk periode selanjutnya apabila tidak terjadi perubahan pada data sekolah, maka sekolah yang bersangkutan dapat menggunakan data terakhir yang tersimpan dalam sistem.
Selain itu, sistem ini juga menyediakan fasilitas untuk men-generate laporan untuk pihak Dikmenti. Ini bertujuan untuk menjaga konsistensi isi laporan yang dihasilkan. Dan fitur ini juga bertujuan mengurangi kesalahan entry data sekolah oleh pihak Dikmenti. Untuk pihak publik atau masyarakat luas, pada sistem ini disediakan fitur untuk mencari sekolah berdasarkan domisilinya atau nama sekolahnya. Setelah itu dapat dipilih sekolah mana yang akan dilihat profilnya. Selain disediakan fitur pencarian, pada halaman utama juga disediakan peta bagi pengguna yang memang sudah tahu posisi sekolah yang dicarinya.
Metodologi yang digunakan dalam pengembangan sistem ini adalah metodologi Web Engineering (WebE). Metodologi WebE ini merupakan metodologi pengembangan website yang mengacu pada metodologi Waterfall. Metodologi Web Engineering ini terdiri dari lima tahap, yaitu tahap formulasi sistem web, analisis sistem web, perancangan sistem web, pengembangan sistem web, dan pengujian sistem web. Saran yang dapat diberikan untuk peng- embangan lebih lanjut adalah pilihan template dan font yang lebih bervariasi, sistem mencakup seluruh sekolah di Indonesia, perlunya sistem keamanan yang lebih, khususnya untuk hal-hal yang krusial seperti keuangan. Dan pada sistem ini juga perlu ditambahkan link ke situs lain yang berhubungan dengan sistem."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2006
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ety Rochaety
Jakarta: Bumi Aksara, 2006
370.11 ETI s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
"salah satu program di bidang pendidikan adalah bantuan operasional sekolah (BOS) yang menyediakan bantuan bagi sekolah dengan tujuan membebaskan peserta didik dari iuran sekolah dalam rangka mendukung pencapaian program wajib belajar pendidikan dasar (Wajardikdas) 9 (sembilan) tahun...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Nurilhami
"

Penelitian ini membahas mengenai pelayanan pendidikan pada Dinas Pendidikan Kota Bekasi dalam pelaksanaan pelayanan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online di jenjang SMK pada tahun  2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma post positivist. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan pendidikan yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kota Bekasi memiliki kinerja yang belum baik, padahal Dinas memiliki sumber daya keuangan, material, manusia dan regulasi yang cukup memadai. Panitia penyelenggara memilki struktur dan fungsi yang jelas dalam bertugas, namun masih ditemukan banyak masalah dalam pengelolaan sumber daya dan komitmen panitia penyelennggara dalam melaksanakan pelayanan. Manfaat dari pelayanan pendidikan PPDB Online tahun 2015 belum terasa signifikan bagi para stakeholder yang terlibat.


This study discusses the educational services in Bekasi City Department of Education in the implementation of Admission Students New (PPDB) Online service at vocational high school in 2015. This study used qualitative approach and the post-positivist paradigm. Data was collected through in-depth interviews and literatures study. The results showed that educational services are carried out by the Bekasi City Department of Education has not been good, yet, the Department has the financial resources, materials, human and adequate regulation. Departement have the effective structure and clear function, but still found many problems in the resources management and the committee commitment in carrying out the service. Benefit from educational services PPDB Online 2015 has not felt significant for stakeholders involved.

"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ita Yulita
"Sistem monitoring dan evaluasi program pembelajaran di Politeknik Kesehatan Jakarta I Jurusan Kesehatan Gigi belum berjalan optimal dan komponen pendidikan yang dinilai hanya mahasiswa. Indikator yang digunakan belum mewakili sebagai ukuran kemajuan dan keberhasilan Proses Belajar Mengajar. Penyimpanan dan pengelolaan data pembelajaran pun masih dilakukan secara manual sehingga membutuhkan waktu lama untuk menghasilkan informasi.
Identifikasi indikator program pembelajaran dan pengembangan indikator baru yang bermanfaat, mewakili, dan robust dilakukan untuk mengukur kualitas program pembelajaran. Dan untuk keterpaduan pengelolaan data dibangunlah model aplikasi basis data sesuai rujukan indikator yang telah dikembangkan sehingga menghasilkan keluaran sesuai kebutuhan program.
Proses pengembangan sistem informasi menerapkan langkah-langkah dalam System Development Life Cycle (SDLC) dengan menggunakan teknik wawancara mendalarn, observasi, dan telaah dokumen sebagai metode pengumpulan datanya. Hasil yang diperoleh adalah suatu prototype penunjang sistem informasi untuk monitoring dan evaluasi program pembelajaran dengan perangkat lunak aplikasi siap pakai. Uji coba menunjukkan bahwa sistem berjalan sesuai rujukan indikator yang telah ditetapkan.
Keberhasilan uji coba menyimpulkan bahwa pengembangan indikator telah dilakukan, perangkat lunak aplikasi telah dirancang, dan dengan dukungan sistem manajemen basis data, dapat dihasilkan keluaran yang disajikan secara menarik sesuai rujukan indikator. Untuk efektifitas implementasi sistem dibutuhkan kornitmen tinggi untuk menjalankan proses monitoring dan evaluasi program pembelajaran dengan memanfaatkan sistem yang telah dikembangkan, dan ditunjang dengan kelayakan spesifikasi perangkat keras serta sumber daya manusia pengelola basis data.
Daftar bacaan : 38 (1986-2002)

Monitoring and evaluating system on teaching program in Jakarta I Health Polytechnic, Department of Dental Health has not progress optimal yet and educational component which counted only student. This indicator is not representative for assessment the progress and successfulness of teaching process. Data storing and management still manually and need too much time to presenting information.
Indicators identification of teaching program and developing the new indicators that useful, representative, and robust conducted to measure teaching program quality. Database application mode established for integrated data management as reference by developed indicators to produce output as program needs.
Development process of information system implemented the steps in System Development Life Cycle (SDLC) using in-depth interview, observation, and documents appraisal as data collecting method. The result is a prototype to support information system of monitoring and evaluating the teaching program, with application software that ready to use. Test drive of this prototype showed that system works as reference indicators that have determined.
Success of test drive conclude that indicators development has been done, application software has been designed, and with support by database management system, could produce output as reference indicators. For effectiveness of system, implementation need high commitment to do monitoring and evaluating process of teaching program by using system that have developed, and supported by reliability of hardware and human resources for database management.
Bibliography : 38 (1986 - 2002)
"
Depok: Universitas Indonesia, 2003
T12639
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sutjipto
"Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara komprehensif pandangan guru sekolah luar biasa dalam pengembangan kurikulum pendidikan khusus pada dimensi perancangan dan asasnya. Penelitian melibatkan empat puluh tiga guru sekolah luar biasa dari delapan sekolah. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik diskusi kelompokterpumpun dan teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sudut pandang guru dalam perancangan kurikulum pendidikan khusus untuk peserta didik berkebutuhan khusus harus mengandung muatan-muatan pengetahuan praktis, kualitas karakter moral dan kinerja, keterampilan penting, kompetensi,seni, dan praksis literasi. Selain itu, keluwesan, fungsional, kemandirian, literasi, dan kejuruan merupakan asas-asas pengembangan kurikulum pendidikan khusus bagi peserta didik berkebutuhan khusus"
Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2018
370 JPK 3:1 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"In 1859, Italy for the first time introduced a national education system, which main purpose was to demolish illiteracy throughout t.he nation. In 1923, the structural foundation for in first level education (basic and intermediate education) was formed. Through time, Italian education system has been reformed to reach its general direction as well as to cope with the changes of time. Higher education reformation in Italy is aimed to reach a general direction called "a european space of high school education" and this direction is an answer to the demand of change, to the globalization, and to the enlargement of European Union membership. However, the question now is if the original general direction which was mentioned in the Casati?s law, which aimed to demolish illiteracy, then, through time, is transformed to demolish illiteracy in informatics' technology in the platform of reformation in higher education. The establishment of new norms in EuropeaN's higher education system could be an indicator of general improvement in Europeans higher education system."
Jurnal Kajian Wilayah Eropa, Vol. 4 No. 3 2008: 21-31, 2008
JKWE-4-3-2008-21
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Yogyakarta: Aditya Media bekerjasama dengan AIPI, 2005
370.598 SIS
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>