Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 113111 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Aquarini Priyatna Prabasmoro
Yogyakarta: Jalasutra, 2006
305.42 AQU k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Aquarini Priyatna
Yogyakarta : Arti Bumi Intaran, 2018
305.42 AQU k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Storey, John, 1950-
Yogyakarta: Qalam, 2003
306.01 STO t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Rafi Afdan Muhammad
"Penelitian ini memiliki fokus mengenai pengaruh lagu pop pada perkembangan budaya populer Indonesia dalam kurun waktu tahun 1962 hingga 1976. Penelitian menggunakan metode ilmu sejarah yang terdiri atas tahap heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Sebagai pendukung penelitian turut digunakan disiplin ilmu kajian budaya. Budaya populer adalah budaya yang diproduksi secara massal untuk konsumsi massal. Kebudayaan ini berasal dari negara-negara Barat yang selanjutnya menyebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Masuknya budaya populer Barat ke Indonesia ditandai dengan diputarnya lagu-lagu Barat di radio pada periode 1950-an. Musik Barat yang masuk ke Indonesia mengalami hibriditas untuk menyesuaikan diri dengan kondisi masyarakat. Proses hibriditas tersebut selanjutnya mendorong kemunculan musisi-musisi pop Indonesia pada periode 1960-an seperti Koes Bersaudara dan Lilis Suryani. Keduanya berhasil mendorong perkembangan budaya populer Indonesia pada periode 1970-an melalui lagu-lagu pop yang mereka nyanyikan. Hasil temuan penelitian ini adalah bagaimana musik pop yang berasal dari Barat bisa berkembang di Indonesia. Kalangan remaja memiliki peran penting dalam perkembangan musik pop sebagai budaya populer. Selain itu, menarik untuk diketahui bagaimana perbedaan sikap pemerintah Orde Lama dan Orde Baru terkait musik pop yang dipandang sebagai budaya Barat. Budaya populer Indonesia cenderung mengalami kemajuan setelah musik pop berkembang pesat.

This research has focus about pop song`s influence in the development of Indonesian popular culture from 1962 to 1976. The research using method of history that consists stage of heuristic, criticism, interpretation and historiography. As a research supporting studies, cultural studies will be used too. Popular culture is a culture that mass produced for mass consumption. This culture comes from Western countries then spread to various countries, including Indonesia. The entry of popular culture in Indonesia was marked by the Western pop songs that plays on the radio in the 1950s. Western pop music that entered Indonesia subsequently experienced hybridity to adapt to society condition. The process then encourages emergence of Indonesian pop musicians in the 1960s, such as Koes Bersaudara and Lilis Suryani. Both of them success developing Indonesian popular culture in the 1970`s through their pop songs. The result of this research is how pop music that comes from Western can develops in Indonesia. Adolescents have an important role in the development pop music as popular culture. It is also interesting to know how differences Old Order and New Order attitude towards pop music which is seen as Western culture. Indonesian popular culture tends to experience progress after pop music has developed rapidly."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Arundi Dosini
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998
S48988
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yogyakarta: Jalasutra, 2010
305.42 TAT
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Farah Tsani Almasah
"Industri budaya populer Korea Selatan telah mengalami pertumbuhan yang luar biasa jika dibandingkan pada awal perkembangannya di tahun 2000-an. Meskipun telah banyak penelitian yang memberikan wawasan mengenai hubungan antara budaya populer dan pariwisata, masih sedikit yang membahas mengenai bagaimana industri budaya populer Korea Selatan berperan dalam membentuk dan mengubah citra negaranya. Penelitian ini kemudian hadir untuk mengonfirmasi hubungan antara budaya populer Korea Selatan (Hallyu) dengan citra negara Korea Selatan dengan menggunakan musik (K-Pop), serial drama (K-Drama), dan film Korea Selatan sebagai objek penelitiannya. Survei diikuti oleh 280 responden usia sekolah menengah atas (perempuan = 66,1%) yang familiar dengan budaya populer Korea Selatan. Temuan menunjukkan bahwa Hallyu berpengaruh terhadap citra negara Korea Selatan. Akan tetapi, hasil dari uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa Hallyu bukanlah faktor pemengaruh satu-satunya dalam pembentukan citra negara Korea Selatan (R2 = 36,8%).

South Korea's popular culture industry has seen tremendous growth compared to its early development in the 2000s. While studies have provided many insight into the relationship between popular culture and tourism, little has been discussed about how South Korea's popular culture industry plays a role in shaping and changing its country's image. This research is then aimed to confirm the relationship between South Korean popular culture (Hallyu) and the country image of South Korea by using music (K-Pop), drama series (K-Drama), and South Korean films as the research objects. Valid survey responses were collected from 280 high school students respondents (female = 66,1%) who are familiar with South Korean popular culture. The findings showed that Hallyu has an effect on the country's image of South Korea. However, the coefficient of determination analysis test shows that Hallyu is not the only influencing factor that could contribute to South Korea's country image (R2 = 36,8%)."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rosenna Ernady Rabbani
"Studi ini meneliti aktivitas donasi fandom K-Pop dari grup perempuan asal Korea Selatan, GFRIEND dan Dreamcatcher, yang ada di Indonesia. Berdasarkan wawancara mendalam dengan penggemar, artikel ini membahas makna budaya donasi sebagai budaya partisipatoris bagi BUDDY dan InSomnia. Budaya donasi yang difokuskan adalah donasi atas nama idola. Penelitian ini berfokus pada konstruksi makna yang dibangun oleh kedua fandom melalui kegiatan berdonasi. Dalam tulisan ini budaya fandom merupakan budaya yang dimiliki oleh seseorang atau suatu kelompok untuk menunjukan kegemarannya sebagai sebuah dukungan terhadap suatu objek. Tulisan ini menganalisis kegiatan berdonasi atas nama idola sebagai bentuk budaya partisipatoris dengan objek penelitian fandom BUDDY dan fandom InSomnia Indonesia untuk memahami makna yang dikonstruksi melalui kegiatan berdonasi itu. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara dan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fandom BUDDY dan InSomnia memaknai donasi sebagai wadah bagi penggemar untuk membangun citra positif idola dan fandom. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa dalam berdonasi untuk membangun citra positif idola bukan hanya karena faktor untuk mendorong popularitas saja, tetapi juga terdapat faktor moralitas di dalamnya.

This study examines the donation activities of K-Pop fandom from South Korean girl groups, GFRIEND and Dreamcatcher, in Indonesia. Based on in-depth interviews with fans, this article discusses the cultural meaning of donation as a participatory culture for BUDDY and InSomnia. The donation culture in this study focused on donating on behalf of idols. This study focuses on the meaning construction built by both fandoms through donating activities. In this study, fandom culture is a culture that is owned by a person or group to show their passion as a support for an object. This paper analyzes the activity of donating on behalf of idols as a form of participatory culture with the research object of the BUDDY fandom and the InSomnia Indonesia fandom to understand the meaning constructed through the donation activity. This study uses a qualitative approach with interview methods and descriptive analysis. The results of this study indicate that the BUDDY and InSomnia fandom interpret donations as a forum for fans to build a positive image of idols and fandoms. In this study, it was found that the donation activities to build a positive image of an idol is not only a factor to encourage popularity, but also a factor of morality in it."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Balqis Cemal Xaviera Hadi
"Terdapat mutualisme (hubungan saling menguntungkan) antara penggemar dan industri budaya populer. Adanya perspektif negatif terkait penggemar yang menyatakannya sebagai sesuatu yang pasif dan tidak terberdayakan perlu diubah. Berangkat dari hal tersebut, penulis melakukan studi terhadap penggemar NCT (NCTzen) melalui karya penggemar Alternate Universe (AU) dan novel Butterflies yang dibuat oleh Alesa Cakes. Tulisan ini bertujuan untuk melihat mutualisme antara Alesa Cakes sebagai penggemar NCT dan industri budaya populer. Penulis melakukan analisis deskriptif dengan memerhatikan beberapa aspek, yaitu (1) penggemar sebagai textual poacher, (2) penggemar sebagai pemasaran industri budaya populer (fan-labour), (3) fantrepreneurship dan karya penggemar, dan (4) produsage pada karya penggemar. Dari analisis yang dilakukan, ditemukan bahwa Alesa Cakes berhasil memberdayakan dirinya melalui komersialisasi karya penggemar Alternate Universe (AU) Butterflies menjadi sebuah novel dengan judul serupa. Penciptaan karya penggemar tersebut turut menguntungkan industri budaya populer karena membantu memasarkan produk media, yaitu Haechan (NCT) pada khalayak umum.

There is mutualism between fans and the popular culture industry. There is a negative perspective regarding fans who declare it as something passive and helpless that needs to be changed. Based on this, the author studied NCT fans (NCTzen) through Alternate Universe (AU) fan art and the Butterflies novel by Alesa Cakes. This paper aims to see the mutualism between Alesa Cakes as a fan of NCT and the popular culture industry. The author conducts a descriptive analysis by paying attention to several aspects, namely (1) fans as textual poachers, (2) fans as the marketing for the popular culture industry (fan-labour), (3) fantrepreneurship and fanworks, (4)Production of fanworks. From the analysis conducted, it was found that Alesa Cakes succeeded in empowering herself through the commercialization of the fan work Alternate Universe (AU) Butterflies into a novel with a similar title. The creation of fan art also benefits the popular culture industry because it helps market the media product, namely Haechan (NCT), to the general public."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Astuti
"ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang Imperialisme Budaya Korea yang terjadi di Indonesia
dan menerpa gaya hidup remaja-remaja Jakarta, terutama dalam pengaruh musik
K-pop. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain naratif. Dengan
fenomena meledaknya K-pop ini, pihak Korea Selatan pun menanamkan
kesadaran palsu di benak remaja-remaja agar budaya Korea ini dikultivasi. Hasil
penelitian menemukan bahwa saat ini telah banyak remaja-remaja yang
menggemari musik K-pop, hingga mereka mengonsumsi segala macam hal-hal
yang berhubungan dengan Korea Selatan.

Abstract
This thesis describes Korean cultural imperialism occured in Indonesia and hit the
style of living of Teenagers in Jakarta, especially the influence of K-pop music.
This research is qualitative research using narrative design. The phenomenon of
K-pop explotion makes South Korea party spread the false consciousness in
Teenagers? mind in order to cultivate the Korean cultures. The result of this
research found that currently many teenagers fancy K-pop music thus consume
any things related to South Korea"
2012
T30763
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>