Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 108672 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fitria Fauziah Thaher
"ABSTRACT
Tesis ini membahas kinerja keuangan Perum PERURI Jakarta yang menunjukkan bahwa selama periode analisis PERURI memiliki kinerja yang cukup baik. Pada tesis ini digunakan metode Free Cash Flow untuk menilai kinerja arus kas perusahaan atau disebut sebagai Free Cash Flow of The Firm yang menunjukkan tren penurunan pada dua tahun terakhir (2006 dan 2007), sehingga menjadi bernilai negatif atau lebih dikenal dengan istilah Negative Free Cash Flow of The Firm. Sementara Free Cash Flow of Equity perusahaan terus mengalami kenaikan. Merujuk pada proyeksi keuangan yang dilakukan dengan menggunakan CAGR (Compund Annual Growth Rate) sebagai dasar asumsi proyeksi laporan keuangan, ditemukan bahwa Free Cash Flow of The Firm perusahaan dari tahun 2009 ? 2019 menunjukkan Negative Free Cash Flow of The Firm yang semakin membengkak, sedangkan Free Cash Flow of Equity juga terus mengalami kenaikan. Hal ini memunculkan kemungkinan Potential Financial Distress pada Perum PERURI yang secara langsung maupun tidak langsung akan menyebabkan resiko kebangkrutan pada perusahaan. Sebagai BUMN, pemerintah tidak akan lepas tangan terhadap kesulitan yang dihadapi Perum PERURI. Namun bila hal ini dibiarkan, maka PERURI akan kalah bersaing dengan perusahaan sejenis bila suatu saat terjadi Pasar Bebas ASEAN atau AFTA (Asean Free Trade Area). Untuk mengantisipasi hal ini manajemen PERURI harus meningkatkan kinerja dan melakukan efisiensi, khususnya terhadap penggunaan beban usaha, dan mencari sumber pendanaan lainnya.

ABSTRACT
This thesis analyses about Perum PERURI?s financial report that indicate during analysis period, PERURI has good enough performance. This thesis use Free Cash Flow method to assess performance of company cash flow or Free Cash Flow of The Firm. This method show trend degradation at last two year (2006 and 2007) that reach negative value or more known as negative free cash flow of the firm. Meanwhile company?s free cash flow of equity keeps on increase. Refer at financial projection that conducted by using CAGR (Compound Annual Growth Rate) as basic for assumption of financial statement projection, it founded that from 2009 ? 2019 free cash flow of the firm show negative value that growing higher, whereas free cash flow of equity keep on increase. This condition emerges potential financial distress at Perum PERURI that will cause potential bankruptcy risk at the company. As BUMN, government wills interference the difficulties that Perum PERURI faces. But with this condition, PERURI could not compete with other companies in the same industry if Asean Free Trade Area (AFTA) or ASEAN free market is happened. To anticipate this condition, PERURI must improve its performance and conduct efficiency, especially to the usage of effort burden and other fund sources searching.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
T25522
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Baskoro Ismail Mumpuni Arti
"Thesis ini bertujuan membantu salah satu UMKM sepatu kulit di Indonesia yaitu UMKM De’monte shoes dengan membuat laporan keuangan untuk menganalisis performa UMKM dan membuat company profile untuk melakukan promosi B2B. Dengan metode riset studi kasus kualitatif dan business coaching digunakan untuk menemukan kondisi aktual dan gap yang ada dan kemudian diambil implementasi yang disetujui oleh UMKM untuk menyelesaikan gap pada usaha. Setelah dilakukan analisis internal dan eksternal seperti Proses Bisnis, BMC, PESTEL, Porter’s Five Forces, STP, 7Ps, dan Analisis Laporan keuangan ternyata ditemukan beberapa masalah yang perlu diselesaikan terutama di masalah laporan keuangan yang berantakan dan company profile yang tidak bisa menjadi alat promosi karena tidak terlihat menarik. Analisis Pareto dan gap menemukan masalah tersebut merupakan masalah yang paling penting dan mudah untuk diselesaikan. Oleh karena itu, mengurangi gap pada UMKM melalui implementasi pembuatan laporan keuangan untuk menganalisa performa UMKM dan pembuatan company profile untuk promosi B2B dilakukan. Hasilnya terdapat laporan keuangan dan panduan membuat laporan keuangan menggunakan aplikasi Si Apik untuk dipakai UMKM dan company profile baru untuk dipakai dalam melakukan promosi B2B.

This paper aims to help one of the leather shoe MSMEs in Indonesia, De’monte Shoes by making financial reports to analyse the performance of MSMEs and create a company profile for B2B promotion. Qualitative case study research and business coaching methods are used to find actual conditions and gaps that exist, and then take the implementation approved by MSMEs to resolve gaps in MSMEs. After conducting internal and external analysis such as Business Process, BMC, PESTLE, Porter's Five Forces, STP, 7Ps, and Financial Statement Analysis, it turns out that there are several problems that need to be resolved, especially in the problem of disorganized financial report and disorganized company profiles that cannot be used as a promotional tool since it was not looking good. Pareto and gap analysis find the most important and easy problems to resolved. Therefore, reducing the gap in MSMEs through making financial reports to analyse the performance of MSMEs and creating company profiles for B2B promotion are conducted. The results are financial report and guidance of financial reports using Si Apik for MSME and new company profile to use for B2B promotion."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nainggolan, Pahala
Jakarta: Yayasan Bina Integrasi Edukasi, 2012
658.15 NAI p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Yasmin Julianti
"Penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan rancangan program review berbasis risiko atas pemeriksaan laporan keuangan pemerintah oleh Tim BPK RI dan KAP untuk Inspektorat Utama BPK-RI Itama . Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Itama belum menggunakan pendekatan berbasis risiko dalam perencanaan penugasan. Dengan demikian, Peneliti mengusulkan rancangan program review berbasis risiko. Penelitian ini memfasilitasi penilaian risiko terkait pemeriksaan laporan keuangan pemerintah oleh Tim BPK RI dan KAP dengan melibatkan para Pemeriksa BPK selaku pemilik risiko. Hasil penilaian risiko menjadi dasar penentuan tujuan, ruang lingkup, kriteria, dan prosedur pengujian. Penelitian ini menghasilkan program review berbasis risiko di tengah keterbatasan sumber daya yang dimiliki Itama.

This research aims to propose a design of review program on audit of government's financial statement conducted by Supreme Audit Board and Public Accountant for The Comptroller of Supreme Audit Board. This is a qualitative research with descriptive analysis. The result shows that in preparing the engagement plan, The Comptroller has not used a risk based approach. Therefore, we proposed a risk based approach in designing the review program. We facilitated to arrange risk assessment and used it to determine the audit objective, audit scope, audit criteria, and audit procedures. This research produce a risk based review program in the midst of limited resources for The Comptroller.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marthinus Eri Sifyon Laure
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak Kebijakan Bantuan Keuangan Khusus di Kabupaten Alor Provinsi Nusa Tenggara Timur. Intervensi tersebut dilakukan melalui alokasi anggaran untuk rangsangan permodalan bagi usaha ekonomi produktif yang dilakukan oleh masyarakat miskin, dengan tujuan kebijakannya adalah berdampak pada peningkatan taraf hidup masyarakat. Implementasi Bantuan Keuangan Khusus (BKK) dilakukan sejak tahun 2019 – 2022 di Kabupaten Alor Provinsi NTT. Studi ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, Focus Group Discussion dan observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan alokasi bantuan keuangan khusus memberi dampak pada peningkatan usaha ekonomi produktif masyarakat miskin dan berpengaruh terhadap kemampuan untuk mengakses kebutuhan pendidikan dan kesehatan yang lebih baik. Studi ini juga menemukan bahwa kebijakan Bantuan Keuangan Khusus memberikan dampak positif terhadap perkembangan usaha ekonomi produktif masyarakat miskin, karena adanya kemudahan akses permodalan bagi masyarakat miskin sehingga dapat mengembangkan usaha dan meningkatkan taraf hidup masyarakat, yang pada akhirnya memperbaiki kondisi ekonomi rumah tangganya, dan mampu mengakses layanan kesehatan dan pendidikan yang lebih baik.

This study aims to evaluate the impact of the Special Financial Assistance Policy in Alor Regency, East Nusa Tenggara Province. This intervention is carried out through budget allocations to stimulate capital for productive economic businesses carried out by poor communities, with the policy objective being to have an impact on improving people's living standards. The implementation of Special Financial Assistance (SFA) was carried out from 2019 – 2022 in Alor Regency, NTT Province. This study uses a descriptive qualitative method with data collection techniques through in-depth interviews, Focus Group Discussions and field observations. The results of the study show that the policy of allocation of special financial assistance has an impact on increasing the productive economic efforts of the poor and affects the ability to access better education and health needs. This study also found that the Special Financial Assistance policy has a positive impact on the development of productive economic enterprises of the poor, because of the ease of access to capital for the poor so that they can develop their businesses and improve people's living standards, which ultimately improves their household economic conditions, and is able to access better health and education services."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Nur Hidayati
"Penelitian ini menganalisis strategi Forum Zakat (FOZ) dalam meningkatkan transparasni pelaporan keuangan anggota FOZ. Penelitian ini difokuskan pada strategi FOZ yang memberikan pelatihan terkait keuangan kepada anggota FOZ. Anggota FOZ adalah Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) yang terdiri dari organisasi nirlaba berbentuk BAZ (Badan Amil Zakat) dan LAZ (Lembaga Amil Zakat) yang memiliki kewajiban untuk mempertanggungjawabkan dana yang didapat dari publik. Oleh sebab itu penyusunan laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku dan transparansi ke publik adalah hal yang penting untuk dilakukan organisasi nirlaba, dalam hal ini anggota FOZ.
Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam serta studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi FOZ dalam meningkatkan transparansi pelaporan keuangan anggota FOZ perlu ditingkatkan agar lebih optimal, khususnya dalam hal pembuatan laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi berlaku dan publikasi laporan keuangan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

This study is focused on FOZ’s strategy that provides financial training to members of the FOZ. The FOZ’s members are organization which manage zakat, consisting of BAZ (Badan Amil Zakat) and LAZ (Lembaga Amil Zakat) which is part of nonprofit organization that has an obligation to account public funds. Therefore, creating financial statements according to current accounting standards and transparency to the public is important for the nonprofit organization, in this case members of the FOZ.
This study used case study method which data is collected through in-depth interviews and literature studies. The findings suggest that the FOZ strategy for increasing the transparency of financial reporting of FOZ members needs to be enhanced to more optimal, especially on creating financial statements according to current accounting standards and the publication of the financial report to stakeholders.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Igor Sickov
"Laporan keuangan adalah sebuah alat yang dapat digunakan oleh manajer perusahaan untuk memperlihatkan pencapaian laba maupun kinerja yang sudah ditetapkan oleh perusahaan sebelumnya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data laporan keuangan PT. CIMB Niaga, Tbk selama 7 tahun yang dimulai dari tahun 2015 hingga 2021. Teknik analisis data yang digunakan adalah meliputi Uji Asumsi Klasik yang terdiri dari Uji Normalitas dan Uji Multikolinearitas dan juga Uji Signifikansi yang meliputi Uji T, Uji F, dan Uji R-Square. Hasil dari penelitian ini menunjukan tidak ada hubungan yang signifikan serta tidak berpengaruh secara simultan antara variabel Independent Free Cash Flow (Arus Kas Bebas), Earnings Volatility (Volatilitas Laba), Return On Assets (Pengembalian Aset) dan Leverage (Hutang) terhadap variabel dependen Earnings Management (Manajemen Laba) pada PT. CIMB Niaga, Tbk. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah untuk dapat menambahkan variabel independen lainnya untuk melihat adakah signifikansi variabel tersebut dengan Earnings Management pada PT. CIMB Niaga, Tbk.

The financial report is a tool that can be used by company managers to check the profit and performance set by the previous company. This research is a quantitative research using data from the financial statements of PT. CIMB Niaga, Tbk for 7 years starting from 2015 to 2021. The data analysis techniques used include the Classical Assumption Test consisting of Normality Test and Multicollinearity Test and also Significance Test which includes T Test, F Test, and R-Square Test . The results of this study indicate that there is no significant relationship and there is no simultaneous effect between the variables of Independent Free Cash Flow (Free Cash Flow), Profit Volatility (Profit Volatility), Return on Assets (Return on Assets) and Leverage (Debt) on the Income Dependency Management variable. (Earnings Management) at PT. CIMB Niaga, Tbk. Suggestions for further researchers is to be able to add other independent variables to see if there is a significance of these variables with Earnings Management at PT. CIMB Niaga, Tbk."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syaifuddin Zuhri
"Rumah Sakit Tugu ibu merupakan rumah sakit swasta milik Yayasan (YASPEN), dalam menjalankan rumah sakit ini dibutuhkan pendapatan dari hasil kegiatan untuk membiayai kegiatan rumah sakit.
Penelitian ini bertujuan mengetahui tren utilisasi dan tren keuangan Rumah Sakit Tugu ibu sehingga didapatkan proyeksi utilisasi dan keuangannya, mengunakan rise operasi, penelitian ini melakukan analisis utilisasi, analisis neraca, analisis laba/rugi dan analisis proyeksi, dengan data tahun 1999 sampai dengan tahun 2003, diperbandingkan dengan nilai rata - rata, kapasitas, nilai konstan serta tahun ke tahun.
Hasil penelitian menunjukan aktiva lancar berfluktuasi antara 28,4 % sampai 44,8 % dengan hutang lancar juga berfluktuasi antara 14 % sampai 19,6 % serta modal yang terus meningkat dari 30 % sampai 61,7 %.
Unit produksi farmasi memberikan kontribusi terbesar pendapatan rumah sakit sebesar 39 %. utilisasi pelayanan medis menurun di tahun 2002 dan 2003 dan meningkat di tahun 2000 dan 2001, utilisasi penunjang medis menurun di tahun 2002 dan 2003, kecuali unit radiologi tetap meningkat.
Pendapatan rumah sakit terus meningkat dengan 3 kali kenaikan tarif serta biaya yang terus meningkat dan bila dibandingkan dengan nilai konstan/riil, masih lebih tinggi yaitu sekitar 2 - 15 %. Surplus yang didapatkan secara nominal tetap meningkat, namun dibandingkan nilai riil, pada tahun 2001 dan tahun 2003 dibawah nilai riil, dapat dikatakan tahun tersebut asetnya menurun sedangkan tahun 2000 dan tahun 2002 didapatkan surplus baik secara nominal maupun nilai riilnya.
Rasio keuangan digambarkan dengan rasio likuiditas berfluktuasi antara 2,19 pada tahun 1999 dan 1,16 ditahun 2003, tahun 1999 - 2002 dalam kondisi likuiditas baik, sedangkan tahun 2003 kurang baik likuiditasnya. Rasio hutang membaik dari 70 % ditahun 1999 menurun sampai 15 % ditahun 2003. Rasio aktivitas dari tahun ke tahun meningkat dari 2,56 menjadi 4,02 dan rasio profitabilitas berfluktuasi dari 3 % di tahun 1999 menjadi 8 % di tahun 2000 dan menurun menjadi 1 % di tahun 2003.
Dari hasil simulasi didapatkan pendapatan riil minimal rumah sakit adalah sebesar Rp 17.122.538.652, dengan nilai inflasi rata - rata 8 %.
Proyeksi utilisasi meningkat kecuali unit rawat jalan, kamar bersalin dan kamar operasi dan proyeksi keuangan rumah sakit meningkat, agar tetap bertahan dan berkembang dibutuhkan rencana bisnis, survey pelanggan, meningkatkan mutu pelayanan agar utilisasi meningkat dan melakukan analisis biaya dan analisis unit cost agar keuangan lebih efektif dan efisien.
Daftar bacaan : 43 (1979 - 2004)

The Trend Financial Report Analysis of Tugu Ibu Hospital Based on the Trend of Utilization Years 1999 - 2003Tugu Ibu is a private hospital belongs to the YASPEN foundation. In running the hospital revenue is needed the income that comes from the business activity to finance the hospital operation.
The aim of this research to know utilization and financial of Tugu Ibu Hospital trends using operational research so it was got the utilization, trial balance, income statement and projection analysis, with 1999 to 2003 data, that compare than the average point, capacity, constant point from year to the following year continuously.
The result of this research shows current asset is fluctuation between 28,4 % and 44,8 % with debt assets fluctuation too between 14 % to 19,6 % and the capital assets that increase continuously from 30 % into 61,7 %.
The pharmacy production unit give the biggest income to the hospital contribution around 39 % utilization medical services decreased in the year of 2002 and 2003 and increase in the year of 2000 and 2001, utilization medical co services decreased in the year of 2002 and 2003 3xcept the radiology unit, that keeps increasing.
The income of the hospital increases 3 times of the increases tariff and cost keep on growing up and if it is compared than the constant value, it is still higher namely around 2 - 15 %. Surplus that got in nominal value keeps increasing but if it is compared than the real value in the year of 2001 and 2003 underneath the real value. So it is said that the assets in those years decreased in reality while in year of 2000 and 2002, got nominal surplus as well as its real value.
The financial ratio is described by liquidity ratio with the fluctuation of 2,19 in 1999 and 1,16 in 2003 but in year of 1999 into 2002 in good liquidity conditions while in the year of the 2003 in worse liquidity condition. The debt ratio is better from 70 % in the year of 1999 and decreased until 15 % in the year of the 2003. The ratio activity from year to year increased from 2,56 to 4,02 and the ratio of the profitability with the fluctuation of 3 % in the year of 1999 and 8 % in the year of 2000 and decreased into l % in the year of the 2003.
From the simulation result shows real minimal income of the hospital around Rp 17.122.538.652. with inflation average rate around 8 %.
The utilization projection increased except the ambulatory unit, fetus room and surgical room units and the financial projection of the hospital increased in order it keep standing and developing that needed by business plan, customer survey and increased the services of the quality in order the utilization increased and does the cost analysis and the analysis of unit cost in order the finance is more effective as well as efficient finance.
Bibliography, 43 (1979 - 2004)
"
Depok: Universitas Indonesia, 2004
T13175
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vega Lavlinesia
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas laporan keuangan di Sekretariat Jenderal DPR RI Setjen DPR RI. Berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 24 tahun 2005 dan Peraturan Pemerintah nomor 71 tahun 2010, bahwa laporan keuangan pemerintah harus memenuhi kualitas sesuai karakteristik kualitatif, yaitu relevan, andal, dapat dibandingkan, dan dapat dipahami.
Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas laporan keuangan dan menjadi variabel bebas dalam penelitian ini adalah kualitas sumber daya manusia SDM, kualitas teknologi informasi TI, Penelitian ini mengembangkan model dalam bentuk persamaan, dan dituangkan dalam hipotesis. Teknik analisis regresi linier berganda digunakan untuk menguji model penelitian, dan uji hipotesis dilakukan dengan uji signifikansi, dan koefisien determinan.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa kualitas SDM memberikan pengaruh tetapi tidak signifikan terhadap laporan keuangan, hal ini disebabkan kurangnya kesadaran untuk mengelola SDM berdasarkan kompetensi yang harus dimiliki oleh pengelola anggaran, dan penempatan SDM berdasarkan latar belakang pendidikannya.
Hasil pengujian juga menunjukkan bahwa kualitas TI, SPI, dan intervensi negatif tidak memberikan pengaruh dan tidak signifikan terhadap kualitas laporan keuangan. Hal ini menarik untuk dicermati, karena berdasarkan penelitian dan tinjauan literatur menunjukkan bahwa TI dan SPI yang berkualitas memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja organisasi. Ketidaksesuaian yang terjadi di Setjen DPR RI disebabkan oleh kurangnya pemahaman dan kesadaran untuk memanfaatkan TI, dan kurangnya kebutuhan atas SPI dalam pelaksanaan kerja organisasi karena SPI di Setjen DPR RI lemah. Intervensi negatif tidak memberikan pengaruh kepada kualitas laporan keuangan, karena SDM pengelola anggaran mengharapkan tidak terjadinya intervensi negatif dalam pengelolaan anggaran.

This study aims to determine the factors that affect the quality of the financial statements at the Secretariat General of the House of Representatives Setjen DPR RI. Based on Government Regulation PP number 24 of 2005 and Government Regulation PP No. 71 of 2010, that the government's financial statements must meet the appropriate quality of qualitative characteristics, that is relevant, reliable, comparable, and understandable.
Factors that affect the quality of financial reporting and become independent variable in this study is the quality of human resources HR, the quality of the information technology IT, the quality of the internal control system SPI, and intervention. Data collect by distributing questionnaires to 70 people managing the budget, ranging from budget user to verifikatur, and staff officers of commitment makers in the Parliament Secretariat. of the 70 questionnaires distributed, 61 questionnaires that can be declared valid and worthy to be processed by using SPSS 22. This study develops a model in the form of the equation, and poured in a hypothesis.
The results show that the quality of human resources, but no significant effect on the financial statements, this is due to lack of awareness to manage human resources based on the competencies that must be owned by budget managers, and HR placement based on educational background. Positive intervention results significant impact on the quality of the financial statements, it demonstrates the need for leadership roles and responsibilities in the implementation of the immediate supervisor as the manager of the budget.
The test results also showed that the quality of IT, SPI, and negative intervention have no significant effect on the quality of financial reporting. It is interesting to observe, because it is based on research and review of the literature shows that the quality of IT and SPI provides a positive and significant effect on the performance of the organization. Mismatches that occur in the Parliament Secretariat is caused by a lack of understanding and awareness to take advantage of IT, and the lack of need for SPI in the implementation of the organization's work for SPI in the Parliament Secretariat is weak.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>