Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 100208 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Jelliffe, Derrick B.
Jakarta : Bumi Aksara, 1994
649.1 JEL ct (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
F.X. Supartono
"ABSTRAK
Tulisan ini menyampaikan tujuan dan kegunaan proses perawatan beton atau "concrete curing" terhadap beton yang masih berusia dini, terutama untuk pengecoran di daerah tropis seperti di Indonesia. Perawatan dalam hal ini berarti usaha untuk menjaga keseimbangan kadar air dan temperatur yang sesuai dan yang dibutuhkan dalam proses pengerasan beton, agar didapat beton dengan kinerja yang optimal. Dengan demikian perawatan beton berusia dini merupakan suatu proses penting dalam pertumbuhan kekuatan dan kinerja beton, untuk mencapai tingkat yang maksimal."
Fakultas Teknik , 1997
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
M. Ikhsan Bouty
Jakarta : Pustaka Sinar Harapan , 1987
728 IKH r
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
M. Ikhsan Bouty
Jakarta: Pustaka Sinar Harapan , 2002
728.1 IKH r
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ratna Sari Pratiwi
"Seni, sebagai bagian dari budaya manusia sejak awal keberadaanya di muka bumi, senantiasa mengalami perubahan. Perubahan tersebul pada akhimya merangsang perkembangan arsitektur sebagai bidang yang melekat erat dengan seni. Art Deco sebagai bagian dari seni dekoratif dan desain telah mengalami perkembangan di berbagai bidang. Namun yang paling terlihat adalah perkcmbangan pada bidang arsitektur.
Corak desain Art Deco yang semula lahir dan tumbuh di Eropa akibat pengaruh dari berbagai aliran yang sedang berkembang pada saat awal abad ke-20 mulai berkembang jauh dari ncgeri asalnya. Hal ini membawa perubahan yang cukup signifikan pada ciri dan karakteristik awal dari desain Art Deco. Pengaruh budaya, sejarah, lokasi serta iklim telah menimbulkan ciri dekoratif baru yang berbeda dari asalnya.
Art Deco Tropis merupakan bagian gaya dari Art Deco yang merupakan perwujudan corak dekoratif yang berkembang di negara beriklim tropis. Corak desain yang djhasilkannya membuka wawasan kita akan pemaharnan Art Deco dalam hal pengadaptasian bangunan terhadap iklim tropis."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
S48334
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Smith, John B.
Jakarta: UI-Press, 1988
636.088 5 SMI p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
"The basic function of nearly all buildings is to provide protection from extremes of climatic factors like heat and cold, and provide for certain fundamental human activities such as recreation, food, sleep, and work'. Fungsi dasar hampir semua bangunan termasuk rumah tinggal adalah memberikan perlindungan Bari faktor iklim yang ekstrim seperti panas dan dingin, dan menyediakan tempat bagi berlangsungnya kegiatan manusia yang fundamental seperti rekreasi, makan, tidur, dan bekeda. Perubahan kondisi iklim suatu daerah akan memberikan dampak bagi rumah tinggal di daerah tersebut dari segi kenyamanan penghuninya. Sehingga untuk mengantisipasi perubahan tersebut, diperlukan suatu pemahaman terhadap faktor-faktor iklim, pengaruh yang dapat ditimbulkannya pada bangunan, serta perlakuan terbaik bagi rumah tinggal yang ada di daerah tersebut."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S48182
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Annie Trisusilo Y. Kadarusman
"Unit Rawat Jalan merupakan bagian yang srategis dari suatu rumah sakit. Dalam menjalankan fungsinya akan mencerminkan salah satu penampilan dari rumah sakit tersebut. Beberapa faktor penting yang menentukan penampilan Unit Rawat Jalan adalah faktor kebersihan, pelayanan medik dan manajemen pasien. DaIam manejemen pasien, perlu diusahakan agar waktu tunggu dari pasien dapat dikurangi seminimal mungkin, melalui pengaturan dari arus dan penatalaksanaan dari waktu pelayanan harus benar-benar diperhatikan. Karena hal ini menyangkut aspek petugas, dalam hal ini adalah tenaga dokter di poliklinik dengan masing-masing karakteristiknya dan juga pasien yang datang ke poliklinik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghitung peningkatan efisiensi waktu pelayanan/penggunaan waktu kerja dari tenaga dokter di Poliklinik Kesehatan Anak Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Rebo Jakarta, agar dicapai kualitas pelayanan yang optimal dengan mengetahui waktu antar kedatangan dari pasien yang berkunjung ke poliklinik Kesehatan Anak dan menentukan jumlah tenaga yang efisien yang disesuaikan dengan purata kunjungan pasien per hari serta penentuan lama kontak yang efisien antara dokter dan pasien untuk Poliklinik Kesehatan Anak.
Penelitian ini merupakan penelitian operasional dan bersifat deskriptif analitik dengan menggunakan metoda Modifikasi Patient Flow Analysis dan Queuing System Simulation yang mencatat penggunaan waktu dari petugas dan pasien. Hasil penelitian pada poliklinik Kesehatan Anak menunjukkan adanya variasi dalam hal waktu kontak dan efisiensi waktu pelayanan dari petugas (dokter). Dan dari hasil perhitungan, efisiensi waktu pelayanan dan dokter Spesialis Anak didapatkan nilai 18.56% sampai 64%, sedangkan untuk dokter umum 14.83% sampai 50% dengan nilai purata Efisiensi Waktu Pelayanan berdasarkan empirik adalah sebesar 39.5%.
Dengan bantuan simulasi, dapat ditentukan lama kontak yang efisien, jumlah petugas yang sesuai dan waktu tugas yang efisien untuk tenaga dokter di poliklinik Kesehatan Anak Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Rebo Jakarta.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa waktu antar kedatangan dari satu pasien ke pasien berikutnya dalah 3.2 menit yang disesuaikan dengan waktu tugas yang efisien dan jumlah purata kunjungan pasien per hari. Jumlah petugas yang efisien (sesuai) untuk poliklinik Kesehatan Anak adalah 3 orang dan waktu tugas selama di poliklinik yang efisien adalah 4 jam (240 menit), serta lama kontak yang efisien antara dokter dan pasien adalah 7 menit. Ini semua dalam rangka pencapaian standar efisiensi waktu pelayanan 65% di poliklinik Kesehatan Anak Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Reba Jakarta. Disarankan kepada pimpinan Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Rebo Jakarta, perlu ketaatazasan terhadap waktu tugas dari para tenaga dokter di poliklinik Kesehatan Anak, penempatan petugas disesuaikan dengan kebutuhan yang efisien dan jumlah pasien yang diperkirakan, serta menggalakkan fungsi pengawasan dan pengendalian kepada personil Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Rebo. Juga disarankan agar jam buka poliklinik lebih awal dari sebelumnya, dengan mengingat pola kedatangan dari pasien dan mencegah terjadinya penumpukan pasien pada Unit Rawat Jalan. Mencoba diterapkannya sistem perjanjian atau penentuan hari pemeriksaan bagi pasien follow up/kontrol.;

Outpatient Unit is a Strategic part of the Hospital. In conducting the function, it reflects one of the appearances of the hospital. Some important factors that influence the appearance of outpatient unit are the hygiene, the medical service and the management of patient. Regarding the management of patients, it is necessary to minimize the waiting time of patients, through the arrangement of flow, and the settlement of service time. Since it is related to the work aspect, it includes the doctors with each characteristic and the patients in the polyclinic.
The objective of this research is to calculate the increase of efficiency of service time or the use of work hours of the doctors at the Health Polyclinic of Children in the General Hospital of Pasar Rebo Jakarta, so that the optimal qualified services can be done by knowing the time of patient's arrival and by determining the total of efficient work-force which is suited to the mean value of patients arrival per day and ales by determining the efficient contact length between the doctors and the patients at the Health Polyclinic of Children in the General Hospital of Pasar Rebo Jakarta.
This research is operational and is an descriptive analysis by using the modification method "Patient Flow Analysis" and "Queuing system Simulation" which record the time used by the workers and patients. According to the research, there are variation of the contact time and of the service time efficiency from the doctors at the Health Polyclinic of Children from the calculation, the efficiency of service time for the Children Specialist is 56% until 64%, while the one of physician is 14.83% until 50% with the mean value of 39.5%.
By simulation, it can be determined the efficient contact length, the total of suitable workers and the efficient work hours for the doctors at the Health Polyclinic of Children in the General Hospital of Pasar Rebo Jakarta.
This research concludes that the arrival time between one patient and another is 3.2 minutes, which is suited to the efficient work hours and the mean value of patient?s arrival per day. The total of efficient workers for the Health Polyclinic of Children are 3 persons and the efficient work hours is 4 hours (240 minutes), and the efficient contact length between the doctors and patients is 7 minutes. All is conducted in order to reach the standard of efficient service time, 65% at the Health Polyclinic of Children in the General Hospital of Pasar Rebo Jakarta.
It is suggested to the directors of the General Hospital of Pasar Rebo Jakarta, to by obey the basic regulation of work hours for the physicians, to place the workers suited to the efficient needs and to control and to manage the personnel of the General Hospital of Pasar Rebo Jakarta. It is also suggested to make earlier the open hour concerning the patient arrival and in order to avoid the stack of patients in the out patient unit. It should be tried to use the system of appointment at the confirmation of examination day for the follow-up/control patients.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 1994
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>