Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 165101 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Frida Zuliaty
"Maraknya indikasi penyalahgunaan narkoba di lingkungan Universitas Trisakti yang menunjukkan peningkatan sejak tahun 1997 mendorong pihak pimpinan Universitas berfikir keras untuk mengatasi dan menanggulangi masalah yang dapat merobohkan sistem pendidikan di kampus tersebut.
Undang-undang no 22 tahun 1997 tentang kejahatan narkoba menjadikan payung hukum bagi pimpinan Universitas untuk rnenangani berbagai masalah yang terjadi dilingkungan kampus yang menjadi wilayah kewenangannya salah satunya dengan diterbitkannya Surat Keputusan Rektor No. 342/USAKTI/ SKR/XII/1999 tentang Pemberian sanksi terhadap pengedaran dan penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan berbahaya lainnya.
Sebagai bentuk kebijakan dari pimpinan Universitas Trisakti, maka keberhasilannya akan sangat tergantung pada implementasi kebijakan itu sendiri. Keberhasilan implementasi kebijakan pencegahan dan penanggulangan narkoba di Universitas Trisakti Salah satunya tergantung pada persepsi civitas akademikanya. Beraneka ragam latar belakang pendidikan, pengetahuan, dan pengalaman empirik yang dimiliki oleh mahasiswa, dosen dan karyawan memungkinkan timbulnya persepsi yang berbeda-beda terhadap implementasi kebijakan tersebut.
Untuk mengukur dapat tidaknya kebijakan mencapai sasaran atau tujuan yang dikehendaki oleh pembuat kebijakan, Edward III berpendapat ada empat variabel yang mempengaruhi pelaksanaan kebijakan yang saling berinteraksi dan saling mempengaruhi yaitu komunikasi, sumberdaya, sikap, dan struktur birokrasi. Persepsi rmemainkan peranan penting dalam proses kebijakan karena hal ini akan mempengaruhi definisi suatu masalah (Jones). Kebijakan yang baik dan terarah akan berhasil jika dipahami dan didukung oleh seluruh civitas akademika Universitas Trisakti.
Bertolak dari latar belakang masalah di atas, pertanyaan peneliltian ini adalah apakah ada hubungan antara komunikasi, sumberdaya, sikap dan struktur birokrasi dengan implementasi kebijakan penanganan penyalahgunaan narkoba menurut persepsi civitas akademika Universitas Trisakti dan apakah terdapat perbedaan signifikan persepsi antara mahasiswa, dosen dan karyawan terhadap komunikasi, sumberdaya, sikap dan struktur birokrasi.
Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan instrumen kuesioner dan pengujian hipotesisnya menggunakan path analisis dan uji F dengan analisis SPSS for windows.
Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa komunikasi, sumberdaya, dan struktur birokrasi mempunyai hubungan yang signifikan dengan implmentasi kebijakan penanggulangan dan penyalahgunaan narkoba dengan nilai p- value masing masing faktor < 0,05 sedangkan sikap tidak mempunyai hubungan yang signifikan dengan nilai p- value > 0 ,OS serta terdapat perbedaan persepsi yang signifikan antara mahasiswa, dosen dan karyawan terhadap faktor-faktor implementasi kebijakan dengan nilai masing p-value <0,05.
Merujuk hal tersebut di atas maka, perlu upaya yang Iebih jelas dan terarah dari TPPN agar persepsi civitas akademika sama terhadap kebijakan penanggulangan dan penyalahgunaan narkoba. Dari keempat faktor tersebut, hanya faktor sikap yang cenderung dipersepsikan sama, oleh karena itu diperlukan model baru dan perbaikan terhadap ketiga faktor lainnya terutama faktor komunikasi yang cenderug dipersepsikan kurang efektif oleh civitas akademika maka TPPN perlu mengubah pola komunikasi yang disesuaikan dengan masing-masing civitas akademika."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
T22626
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Akhmat Mahmudin
"Penyalahgunaan dan peradaran gelap narkoba menjadi ancaman serius bagi kelangsungan hidup bangsa dan Negara Indonesia. Pemerintah Republik Indonesia telah menunjukkan perhatian yang besar terhadap upaya pemberantasan dan peredaran gelap narkoba.
Keberhasilan suatu kebijakan tidak hanya ditentukan oleh kualitas kebijakan semata, tetapi bagaimana kebijakan itu dilaksanakan. Sedangkan kegagalan kebijakan bisa disebabkan tidak diimplementasikan, bisa pula karena implementasi yang tidak berhasil atau eksekusi yang salah serta kebijakan yang salah ( Hogwood dan Gunn : 1986 ). Penelitian terhadap implementasi kebijakan pencegahan penyalahgunaan narkoba di Universitas Nasional Jakarta bertujuan untuk menjelaskan persepsi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi kebijakan pencegahan penyalahgunaan narkoba di Universitas Nasional Jakarta dan untuk mengetahui sejauhmana tingkat keberhasilan implementasi kebijakan tersebut.
Untuk mengetahui tujuan tersebut, penelitian dilakukan dengan mengunakan metode kuantitatif. Secara keseluruhan operasional variabel-variabel yang diteliti adalah persepsi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi kebijakan pencegahan penyalahgunaan narkoba di Universitas Nasional Jakarta Dari variabel-variabel tersebut diturunkan menjadi beberapa indikator, kemudian dijabarkan Iebih jauh menjadi pertanyaan-pertanyaan dalam bentuk kuesioner tertutup. Sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui teknik survai/penyebaran kuesioner kepada Pimpinan Universitas, Fakultas, Biro/Lembaga yang terpilih mewakili lembaga, setelah itu analisis data dilakukan dengan membuat tabulasi. Karena tingkat pengukuran skala dari Likert?s Summated Rating adalah ordinal, maka agar dapat diolah lebih lanjul harus diubah dahulu menjadi skala interval dengan menggunakan Method of Successive Interval (MSI).
Berdasarkan hasil penelitian temyata menurut persepsi responden keberhasilan implemenlasi kebijakan pencegahan penyalahgunaan narkoba di Universitas Nasional Jakarta 60,30 % dipengaruhi oleh variabel komunikasi, sumber daya, sikap dan struktur birokrasi, sedangkan 30,70% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya. Dari keempat variabel tersebut, variabel struktur birokrasi tidak berbengaruh secara signifikan terhadap keberhasilan implementasi kebijakan pencegahan penyalahgunaan narkoba di Universitas Nasional Jakarta.
Untuk lebih meningkatkan keberhasilan implementasi kebijakan pencegahan penyalahgunaan narkoba di Universitas Nasional Jakarta dalam rangka mewujudkan kampus yang bebas dari pengaruh narkoba perlu adanya peraturan khusus dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru yang berkaitan dengan penyalahgunaan narkoba. Disamping itu, perlu adanya Iembaga khusus yang mempunyai wewenang dan tanggungjawab dalam bidang pencegahan penyalahgunaan narkoba. Selanjutnya, pimpinan universitas hendaknya terbuka terhadap penyalahgunan narkoba yang terjadi di Iingkungan kampus dan bagi mereka yang terbukti terlibat kasus narkoba diberikan sanksi.

Drugs abuse and their illegal distribution have become a serious to the continuity of nation life and state of Indonesia. The government of Indonesia has shown much attention to the efforts of prevention and eradication of drugs abuse and their distribution.
Succeeding of a certain policy is not merely determined by quality of the policy, but also the implementation of it. Meanwhile, failure of the policy has not been completely implemented, un proper implementation an execution and the policy it?s self is significantly bad ( Hogwood and Gunn : 1986 ).
Research on the implementation of prevention and drugs abuse policy was carried out at Jakarta National University. The purpose of the research was to explain perception on some factors that influence to succeeding the implementation of prevention and drugs abuse policy at Jakarta National University and to know the degree of succeed of the implementation of that policy.
The research was carried out by using quantitative method. All of operational variables were studied, those consist of the perception on some factors that influence to succeeding of the implementation of prevention and drugs abuse policy at Jakarta National University. Those variables were broken down in to a number of indicators that further developed in to some question in closed questioner. Collecting data was done by technical survey through distributing the questioner to the head of university, Department/Faculty, Bureau/Chosen Institution. Then, collected data were analysis by making tabulation. Because of measurement scale of Liken?s Summated Rating is ordinal, therefore collected data should be changed in to interval scale by using Method of Successive Interval ( MSI ).
The research result shown, according to the respondent perception, the succeeding of the policy 60,30 % were influenced by communication, resources, dispositions, bureaucratic structure and 30, 70% were influenced by other factors . From four variables mentioned above, bureaucratic structure was not significantly effect to the succeeding of the implementation of the policy.
To improve the succeeding of the implementation of prevention and drugs abuse policy at Jakarta National University, in order to clear off campus from drugs affect, need special regulation designed to the prevention of drugs abuse, in selecting and accepting new students, In addition, it is also needed a special institution has responsibility in preventing drugs abuse. Furthermore, all ofthe head of university should aware and transparent to the issues of drugs abuse take place in campus, and those who are proven involve in narcotic cases have to be given relevant sanction.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
T22345
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Winda Paramita
"Penelitian ini mengenai Analisis Faktor Komunikasi, Sumberdaya, Disposisi dan Struktur Birokrasi Pada Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana Bidang Pendidikan. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Penelitian ini mengkaji secara mendalam dan terperinci tentang analisis implementasi kebijakan penyelenggaraan Penanggulangan Bencana Bidang Pendidikan. Model implementasi kebijakan yang digunakan dalam menganalisis faktor komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur birokrasi pada implementasi kebijakan penyelenggaraan Penanggulangan Bencana Bidang Pendidikan adalah model yang dikemukakan oleh George C. Edward III. Model ini menjelaskan bahwa terdapat empat varibel yang berperan penting dalam pencapaian keberhasilan implementasi, yaitu: komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur birokrasi. Karena penelitian ini mempertanyakan makna suatu obyek secara mendalam dan tuntas, dan keakuratan deskripsi setiap variabelnya, maka metode yang digunakan pada penelitian ini adalah perpaduan (mix) antara kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan penjelasan tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa semua aspek atau dimensi, yaitu komuniaksi, sumberdaya, disposisi dan struktur birokrasi masih kategori sedang, artinya bahwa pelaksanaan implementasi penyelenggaraan penanggulangan bencana bidang pendidikan masih perlu ditingkatkan agar lebih maksimal dan lebih efektif, sehinggadapat menimbulkan kesadaran masyarakat untuk lebih mandiri di dalam penanggulangan bencana bidang pendidikan. Dengan demikian Pengurangan Resiko bencana akan lebih mudah ditanggapi.

The research is about Factor Analysis of Communication, Resource, Disposition and Bureaucratic Structure in Implementation of Disaster Management Policies in Education. The research was conducted in district Tasikmalaya dan Cianjur, West Java. The research examines about the analysis of the implementation of disaster management policy in education in depth and detail. Policy implementation model used in analyzing the factors of communication, resources, disposition and bureaucratic structure in the implementation of disaster management policy in education is the model proposed by George C. Edward III. The model explains that there are four important variables in achieving the success of implementation, they are: communication, resource, disposition and bureaucratic structure. Since the research questions the meaning of an object in depth and complete and accurate description of each variable, the method used in this study is combination of quantitative and qualitative.
The result of the research shows that based on above explanation can be concluded that all the aspects or dimensions, which are communication, resource, disposition and bureaucratic structure are still in medium category, which means the implementations of disaster management in education needs to be improved for more leverage and more effectively, so that it can generate the community?s self-awareness in disaster management in education. Thereby, reducing disaster risk will be addressed more easily."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
T30914
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Ridwan
"Kebijakan Sistem Penerbitan Surat Perjalanan Republik Indonesia merupakan suatu kebijakan yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi dengan diterbitkannya Peraturan Direktur .Ienderal Imigmsi Nomor IMI- 89l.GR.01.0i Tahun 2008 tentang Standar Operasional Proscdur Sistem Pcncrbitan Surat Perjalanan Republik Indonesia, dengan tujuan memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat sekaligus mengedepankan aspck keamanannya.
Penelitian ini dilakukan dengan tuiuan menganalisis dan menguji pengaruh komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi terhadap keberhasilan implemcntasi kebijakan pelayanan Sistem Penerbitan Surat Perjalanan Rcpublik Indonesia pada Kantor Imigrasi di Wilayah DKI Jakarta. Dengan responds-:n sebanyak 70 (tujuh puluh) orang petugas yang terlibat langsung di dalam pemberian pelayanan Surat Perjalanan Republik Indonesia pada Kantor Imigrasi di Wilayah DKI Jakarta.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa keempat variabel memiliki pengaruh yang kuat tcrhadap kcbcrhasilan kebijakan implementasi sistem penerbitan Surat Pcrjalanan Rcpublik Indonesia pada Kantor Imigrasi. Sinergi keempat variabel dimaksud telah mampu mengeliminir kelemahan diantaranya, khususnya sumbcr daya yang akhimya mampu mengantarkan kcbcrhasilan implcmcntasi kebijakan sistem pencrbitan Surat Petjalanan Republik Indonesia pada tingkat pengukuran baik dalam skala liken (kurang baik, cukup baik, baik, dan sangat baik).

Travel Document Issuance System Policy of the Republic of Indonesia is a policy issued by the Directorate General of Immigration by the issuance of the Director General of Immigration of IMI-89l.GR.0l.0l Regulations 2008 on the Standard Operating Procedure Travel Document Issuance System for the Republic of Indonesia, with the aim of providing services to the public convenience and prioritize the aspects ofsafety.
This research was conducted with the aim of analyzing and testing the influence of communication factors, resources, disposition, and bureaucratic structures towards a successtiil implementation of service' policies Travel Document Issuance System for the Republic of Indonesia at the Immigration Office in Jakarta. With 70 respondents (seventy) of the officers who were directly involved in the provision of services Travel Letter Republic of Indonesia at the Immigration Ofiice in Jakarta.
Based on data analysis can be concluded that all four variables have a strong influence on the successful implementation of the policy of the Republic of Indonesia Travel publishing system at the Immigration Oflice. The synergy of these four variables was able to eliminate these deficiencies, especially factor resources, which in tum is able to provide the successful implementation of issuance of the policy of the Republic of Indonesia Travel Letter at the second level of measurement in a Likert scale (poor, good, good, and very good).
"
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2010
T33869
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Bima Bijak Prasetyo
"Repositori Institusi menjadi bagian yang penting dalam pengelolaan karya-karya yang dihasilkan institusi. Pengembangannya Repositori Institusi sebagai sebuah layanan perlu berorientasi kepada kepentingan pemangku kepentingan. Maka penelitian ini, bertujuan untuk melihat kebutuhan dan harapan sivitas akademik terhadap repositori institusi ITL Trisakti. Penelitian dengan pengembangan Repositori Institusi ITL Trisakti sebagai objek penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan wawancara mendalam kepada informan dan observasi untuk mendapatkan data penelitian,. Menggunakan teori
Maslow mengenai kebutuhan manusia sebagai dasar analisis, berikut adalah hasil
penelitian yang diperoleh: kebutuhan sivitas akademika atas repositori ITL Trisakti merupakan kebutuhan fisiologis, yakni sebagai tempat penyimpanan yang baik sehingga karya-karya yang dihasilkan akan aman untuk kepentingan jangka panjang (kebutuhan rasa aman). Dengan adanya repositori terjalin komunikasi ilmiah antara sivitas akademika dengan masyarakat ilmiah yang menurut Maslow merupakan kebutuhan cinta dan rasa saying. Repositori dapat menampilkan kemampuan diri melalui karyakarya yang dihasilkan merupakan kebutuhan aktualisasi diri. Adapun Harapan yang diinginkan oleh sivitas akademika ITL Trisakti antara lain, Repositori memiliki tujuan (Goal) menjadi tempat penyimpanan karya-karya ITL Trisakti dengan kualitas baik sehingga bisa menjadi informasi dan rujukan dalam bidang transportasi dan logistik.
Dengan strategi (Pathway Thinking) membuat kebijakan yang jelas, menghasilkan
karya-karya dengan kualitas yang baik. Pengelolaan repositori dengan pemilahan
(kurasi) untuk menjaga kualitas, untuk peningkatan penyimpanan dan penggunaan
repositori perlu dilakukan promosi. Selanjutnya untuk memotivasi dorongan untuk
memulai dan mempertahankan repositori (Agency Thinking). Dengan menerapkan open
access atas repositori akan menjadikan karya-karya yang telah dihasilkan dilihat dan dikutip oleh masyarakat ilmiah (sebuah bentuk aktualisasi diri). Perlunya penghargaan dari institusi terhadap karya-karya yang telah dihasilkan oleh sivitas akademika.
Diperlukan pula sebuah kebijakan yang jelas sehingga Repositori Institusi ini
berkembang dan menjalankan fungsinya dengan baik. Dengan Kebutuhan dan Harapan
tersebut, the DCC curation lifecycle menjadi model yang cocok untuk memenuhinya.

Institutional repositories are an important part of managing the intellectual works of an
institution. The development of Institutional Repositories as a service needs to be
oriented to the stakeholders. So this research aims to see the needs and expectations of
the academic community towards the repository. This research is qualitative as the
object is ITL Trisakti as an organization, with in-depth interviews with informants and
observations to obtain research data. With the following research results, the needs of
the ITL Trisakti academic community based on Maslow's theory are as follows; storage
area (physiological needs), a well-managed repository so that the works produced will
be safe for long-term interests (safety needs), with a repository for scientific
communication between the academic community and the scientific community (love
and affection needs), then the repository can display one's abilities through the works
produced (self-actualization needs). And the hope that is wanted by the ITL Trisakti
academic community is, among other things, the Repository has the goal (goal) of being
a place for storing ITL Trisakti works of good quality so that it can become information
and reference in the field of transportation and logistics. With the strategy (Pathway
Thinking) making clear policies, producing good quality work, managing repositories
with sorting (curation) to maintain quality, to increase storage and use of repositories,
promotion needs to be done. Furthermore, to motivate the drive to start and maintain
repositories (Agency Thinking), with repositories having open access or open access to
make the works that have been produced seen and quoted by the scientific community
(a form of self-actualization), then the need for appreciation from institutions, for works
-The work that has been produced by the academic community, lastly is a clear policy
so that this Institutional Repository stands and carries out its functions properly. With
these needs and expectations, the DCC curation lifecycle becomes a suitable model for
implementation.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pudentiana Rr Reno Enggarwati
"Sejak penerbitan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: 890/MENKES/PER/VIII/2007 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Kesehatan, di lingkungan Departemen Kesehatan (kini Kementerian Kesehatan) terdapat tiga puluh tiga (33) Politeknik Kesehatan. Dari kesemuanya yang tersebar di seluruh Indonesia, terdapat institusi pendidikan Jurusan Kesehatan Gigi atau disingkat JKG yang belum pelaksanaan implementasi nama jenis pendidikan Diploma bidang kesehatan sebagaimana tertuang di dalam Peraturan Menteri Kesehatan nomor:1192/MENKES/PER/X/2004 tertanggal 19 Oktober 2004 yaitu Jurusan Keperawatan Gigi dan bukan Jurusan Kesehatan Gigi -sebagaimana yang digunakan hingga kini-.
Tesis ini membahas mengenai faktor-faktor yang berpengaruh terhadap implementasi PerMenKes tersebut (faktor komunikasi,sumber daya dan disposisi) dan sebagaimana teori yang terkait sebagaimana peneliti George C.Edward III,2006 dalam riset implementasi kebijakan.
Penelitian ini menggunakan data primer dengan pendekatan studi deskriptif cross sectional terhadap Pejabat Pelaksana Jurusan Kesehatan Gigi pada 18 Poltekkes seluruh Indonesia. Dari 36 orang yang masing-masing Jurusan diambil data dari Ketua dan Sekretaris Jurusan. Teknik pengambilan sampelnya adalah nonprobability sampling. Pengolahan datanya menggunakan SPSS Complex Sample versi 13. Analisis datanya menggunakan chi square dan regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belum semua responden siap mengimplementasikan PerMenKes tersebut sedangkan menurut pernyataan Edward III(1984:P.1) bahwa implementasi kebijakan adalah aktivitas yang terlihat setelah dikeluarkan pengarahan yang sah dari suatu kebijakan yang meliputi upaya mengelola input untuk menghasilkan ouput atau outcomes bagi masyarakat. Variabel yang paling berpengaruh atau dominan terhadap implementasi kebijakan adalah pemberian wewenang Exp.(b) =
Hasil penelitian menyarankan perlunya pemberian wewenang secara formal agar perintah dapat dilaksanakan secara efektif, berkenaan pula dengan bagaimana kebijakan dikomunikasikan pada organisasi dan atau publik. Dengan demikian melakukan hubungan dan mengaktifkan berbagai saluran komunikasi secara baik, serta ketersediaan sumber daya dalam hal ini adalah Standar Operasional Prosedur sebagai petunjuk dan pedoman. Dan kesemuanya sangat diperlukan dalam pelaksanaan kebijakan untuk implementasi nama jenis institusi pendidikan Jurusan Keperawatan Gigi berlangsung lancar.

Since the publication of Regulation of the Minister of Health of the Republic of Indonesia Number: 890/MENKES/PER/VIII/2007 on Organization and Administration of Health Polytechnic, in the Ministry of Health (now Ministry of Health) there were thirty-three (33) Health Polytechnic. From all of which spread across Indonesia, there are educational institutions or abbreviated Dental Health Programs JKG but until now there has been implementation of the name of the type of education diploma in the field of health as contained in the Minister of Health number: 1192/MENKES/PER/X/2004 dated October 19, 2004 the Department of Nursing and Dental Health Programs Dental-not as used up to now-.
This thesis discusses the factors that influence the readiness of the implementation of the Health Minister (individual factors, communication, resources and disposition) and as relevant as the researcher's theory that George C. Edward III, 2006, inresearch policy implementation. This study uses primary data in a cross-sectional descriptive study approach to Officer Executing Dental Health Programs in 18 polytechnic entire Indonesia.Dari 36 people who each retrieved data from the Department Chair and the Secretary of the Department. Sample collection techniques are nonprobability sampling. Processing the data using SPSS Complex Sample version 13. Analysis of the data using chi square and logistic regression.
The results showed that not all respondents are ready to implement it while according to a statement Health Minister Edward III (1984: P.1) that policy implementation is an activity that looks after the legal directives issued from a policy that includes efforts to manage the inputs to produce outputs or outcomes for the community . Variables of the most influential or dominant over the readiness of policy implementation is the empowerment Exp. (b) = The results suggest the necessity of giving formal authority to command can be executed effectively, is also concerned with how policy is communicated to the organization and or the public. Thereby engage and activate a variety of communication channels are good, and the availability of resources in this regard is the Standard Operating Procedures as instructions and guidelines. And all of them indispensable in the implementation of policies for implementation type name Programs Nursing Dental education institutions takes place smoothly.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2011
T30040
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Gegen Sandiko
"Persepsi konsumen terhadap suatu produk dipengaruhi oleh beberapa faktor. Persepsi yang timbul tersebut dapat menumbuhkan minat konsumen terhadap suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara atribut produk yang terdiri atas harga, kualitas, desain, dan prestige; serta negara asal suatu produsen, dengan persepsi sivitas akademika Trisakti dalam membeli atau menggunakan suatu ponsel, dan juga bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan persepsi sivitas akademika Trisakti terhadap ponsel Nokia dan Motorola.
Suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang produk atau jasa, tidak terlepas dari lingkup pemasaran. Perusahaan perlu memikirkan suatu strategi dalam melakukan pemasaran produk atau jasanya. Strategi pemasaran sendiri tidak terlepas dari pembentukan persepsi pada konsumen. Perusahaan perlu mengetahui gejala-gejala pembentukan persepsi pada konsumen sehingga perusahaan dapat membentuk dan membawa persepsi konsumen pada produk atau jasa mereka sesuai yang diharapkan. Dari sekian banyaknya teori pemasaran, salah satunya mengenai teori pemasaran produk yang terfokus pada atribut produk serta country of origin atau country of image dari produk tersebut. Dari teori yang ada tentang pemasaran produk, hampir semua berpendapat bahwa country of origin atau country of image, serta atribut produk berhubungan dengan pembentukan persepsi konsumen terhadap suatu produk.
Penelitian ini merupakan studi lapangan (field research) terhadap sivitas akademika Trisakti Grogol, dengan sampel berjumlah 130 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode convenient sampling. Pengumpulan data menggunakan metode survei, dengan menyebarkan kuesioner yang menggunakan skala liken. Pengolahan data menggunakan program komputer SPSS 10.0 dengan analisis data bivariat yang dipakai yaitu spearman's coefficient correlation serta paired sampled test (uji T).
Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara variabel negara asal, harga, fitur, durability, serviceability, bentuk desain, kemudahan operasional, inovasi dan prestige dengan persepsi sivitas akademika Trisakti dalam membeli atau menggunakan suatu ponsel. Hal ini terlihat dari p-value yang lebih kecil dari 0.05. Pada uji T, untuk melihat perbedaan persepsi terhadap ponsel Nokia dan persepsi terhadap ponsel Motorola, nilai p-value juga lebih kecil dari 0.05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan pula antara persepsi responden terhadap ponsel Nokia dan persepsi responden terhadap ponsel Motorola."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2003
T12414
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marissa Octrinanda
"Penelitian ini membahas pemanfaatan e-journal yang disediakan perpustakaan oleh sivitas akademik fakultas ekonomi dan bisnis Universitas trisakti, yaitu mahasiswa dan dosen. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah menganalisis dan menginterpretasi pamanfaatan e-journal yang disediakan perpustakaan oleh sivitas akademik berdasarkan user-centered-access dan web access, serta faktor-faktor yang mendorong dan menghambat pemanfaatan e-journal.
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran pemanfaatan e-journal oleh sivitas akademik fakultas ekonomi dan bisnis universitas trisakti dan faktor-faktor yang mendorong dan menghambatnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan wawancara dalam pengumpulan data.
Peneliti menyimpulkan bahwa para sivitas akademik sebagai pengguna e-journal sudah mampu memahami pemanfaatan e-journal dari awal mengakses, menelusur, mencari, dan menggunaka e-journal yang ditemukan. Namun, kekurangannya adalah ketersediaan kebutuhan informasi dari beberapa subjek dan artikel yang tidak tersedia, tidak bisa diakses.

This study discusses about the use of e-journal supplied libraries by academic faculty by faculty of economics and business university of trisakti, namely students and lecturer. The problem studied in this research is to analyze and interpret the use of e-journal is provided by academic faculty library based on user centered-access and web-access, as well as the factors that drive and impede the use of e-journal.
This study aims to provide an overview the use of e-journal by academic faculty the faculty of economic and business university of trisakti and factors driving and impeding the use it. The method that used is qualitative case study and interviews in data collection.
The researchers concluded that the academic faculty as e-journal users have been able to understand the use of e-journal from the start accessing, searching, searching, and make use of e-journal were found. However, the drawback is the availability of the information needs of some subjects and articles that are not available, it can not be accessed.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S64758
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yunessha Puti Lalita
"[ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai hal-hal yang memengaruhi sikap masyarakat terhadap kebijakan pemerintah dengan memperhitungkan sosok pemimpin yang memimpin pemerintahan tersebut. Dua konsep yang diukur adalah konsep kredibilitas sumber Source Credibility) dan daya tarik sumber (Source Attractiveness). Jika kebijakan dianalogikan sebagai produk setiap pemerintahan, maka dibutuhkan seseorang yang memilki kredibilitas dan daya tarik di mata masyarakat agar pesan yang disampaikan oleh pemerintah tersebut dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Sehingga dengan kredibilitas dan daya tarik yang tinggi, hendaknya setiap kebijakan yang diambil mampu dianggap positif oleh masyarakat.
Berdasarkan paparan tadi penelitian ini meneliti Hubungan Kredibilitas Sumber (Source Kredibility) dan Daya Tarik Sumber (Source Attractiveness) Dengan Sikap Masyarakat Pada Kebijakan Pemerintah di Kota Surabaya, di bawah pimpinan Ibu Tri Rismaharini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh antara variabel-variabel terkait pembentukan sikap positif masyarakat yang disebabkan oleh adanya kredibilitas sumber dan daya tarik sumber..
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksplanatif, responden pada penelitian ini adalah mahasiswa Ilmu Politik Universitas Airlangga Surabaya berjumlah 136 orang yang ditarik secara acak sederhana (simle random) pada populasi keseluruhan mahasiswa 2012-2013 yang berjumlah 214 orang. Metode analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda untuk membuktikan hipotesis dalam penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan dari variable-variabel yang diuji dimana variable Kredibilitas Sumber (Source Kredibility) dan Daya Tarik Sumber (Source Attractiveness) masing masing memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap sikap masyarakat pada kebijakan pemerintah Surabaya. Pada pengujian koefisien determinasi juga ditemukan bahwa total variable sikap dapat dijelaskan sangat tinggi oleh variable Kredibilitas Sumber (Source Kredibility) dan Daya Tarik Sumber (Source Attractiveness), dimana kedua variable ini juga dipastikan memiliki pengeruh secara bersama-sama dalam pembentukan sikap.

ABSTRACT
This research discouses the thins that affect public demeanour towards government policy by considering a leader who leads government. Two concepts measured related to the role of the leader in the contex of political communicators in estabilishing positive public demeanour towards the policy is source credibility concept nad source attranctiveness concept. If the policy is analogue as a product of each government, it takes someone who has the credibility and attractiveness on the public, so that the messages delivered by government can be well received by the public. High credibility and attractiveness will make the public consider the policy positive.
This research study the relation of source credibility and source attractiveness with public demeanour on government policy in Surabaya under the ledearship of Mrs. Tri Rismaharini. This research?s purpose is to identify and examine the influence of the variables related to estabilishment of positive demeanor of public caused by the presence of source credibility and source attractiveness.
This research is a quantitative research with explanatory design. The respondents in this study were students of political science in University of Airlangga amounted 136 people drawn randomly (simple random) in the overall population of students from year 2012 an 2013 which amounted 214 people. Methods of data analysisconducted by descriptive statistical analysis and multiple regression analysis that prove this hypothesis.
The research showed that there is positive and significant influence of the variables examined. Each source credibility and source attractiveness variables has significant and positive influences on public demeanour towards government policies in Surabaya. Coefficient of determination showed that the total of demeanour variable can be explained by source credibility and source attractiveness variables, which is also confirmed both variables have influenced collectively in the demeanour estabilishment.;This research discouses the thins that affect public demeanour towards government policy by considering a leader who leads government. Two concepts measured related to the role of the leader in the contex of political communicators in estabilishing positive public demeanour towards the policy is source credibility concept nad source attranctiveness concept. If the policy is analogue as a product of each government, it takes someone who has the credibility and attractiveness on the public, so that the messages delivered by government can be well received by the public. High credibility and attractiveness will make the public consider the policy positive.
This research study the relation of source credibility and source attractiveness with public demeanour on government policy in Surabaya under the ledearship of Mrs. Tri Rismaharini. This research?s purpose is to identify and examine the influence of the variables related to estabilishment of positive demeanor of public caused by the presence of source credibility and source attractiveness.
This research is a quantitative research with explanatory design. The respondents in this study were students of political science in University of Airlangga amounted 136 people drawn randomly (simple random) in the overall population of students from year 2012 an 2013 which amounted 214 people. Methods of data analysisconducted by descriptive statistical analysis and multiple regression analysis that prove this hypothesis.
The research showed that there is positive and significant influence of the variables examined. Each source credibility and source attractiveness variables has significant and positive influences on public demeanour towards government policies in Surabaya. Coefficient of determination showed that the total of demeanour variable can be explained by source credibility and source attractiveness variables, which is also confirmed both variables have influenced collectively in the demeanour estabilishment.;This research discouses the thins that affect public demeanour towards government policy by considering a leader who leads government. Two concepts measured related to the role of the leader in the contex of political communicators in estabilishing positive public demeanour towards the policy is source credibility concept nad source attranctiveness concept. If the policy is analogue as a product of each government, it takes someone who has the credibility and attractiveness on the public, so that the messages delivered by government can be well received by the public. High credibility and attractiveness will make the public consider the policy positive.
This research study the relation of source credibility and source attractiveness with public demeanour on government policy in Surabaya under the ledearship of Mrs. Tri Rismaharini. This research?s purpose is to identify and examine the influence of the variables related to estabilishment of positive demeanor of public caused by the presence of source credibility and source attractiveness.
This research is a quantitative research with explanatory design. The respondents in this study were students of political science in University of Airlangga amounted 136 people drawn randomly (simple random) in the overall population of students from year 2012 an 2013 which amounted 214 people. Methods of data analysisconducted by descriptive statistical analysis and multiple regression analysis that prove this hypothesis.
The research showed that there is positive and significant influence of the variables examined. Each source credibility and source attractiveness variables has significant and positive influences on public demeanour towards government policies in Surabaya. Coefficient of determination showed that the total of demeanour variable can be explained by source credibility and source attractiveness variables, which is also confirmed both variables have influenced collectively in the demeanour estabilishment.;This research discouses the thins that affect public demeanour towards government policy by considering a leader who leads government. Two concepts measured related to the role of the leader in the contex of political communicators in estabilishing positive public demeanour towards the policy is source credibility concept nad source attranctiveness concept. If the policy is analogue as a product of each government, it takes someone who has the credibility and attractiveness on the public, so that the messages delivered by government can be well received by the public. High credibility and attractiveness will make the public consider the policy positive.
This research study the relation of source credibility and source attractiveness with public demeanour on government policy in Surabaya under the ledearship of Mrs. Tri Rismaharini. This research’s purpose is to identify and examine the influence of the variables related to estabilishment of positive demeanor of public caused by the presence of source credibility and source attractiveness.
This research is a quantitative research with explanatory design. The respondents in this study were students of political science in University of Airlangga amounted 136 people drawn randomly (simple random) in the overall population of students from year 2012 an 2013 which amounted 214 people. Methods of data analysisconducted by descriptive statistical analysis and multiple regression analysis that prove this hypothesis.
The research showed that there is positive and significant influence of the variables examined. Each source credibility and source attractiveness variables has significant and positive influences on public demeanour towards government policies in Surabaya. Coefficient of determination showed that the total of demeanour variable can be explained by source credibility and source attractiveness variables, which is also confirmed both variables have influenced collectively in the demeanour estabilishment., This research discouses the thins that affect public demeanour towards government policy by considering a leader who leads government. Two concepts measured related to the role of the leader in the contex of political communicators in estabilishing positive public demeanour towards the policy is source credibility concept nad source attranctiveness concept. If the policy is analogue as a product of each government, it takes someone who has the credibility and attractiveness on the public, so that the messages delivered by government can be well received by the public. High credibility and attractiveness will make the public consider the policy positive.
This research study the relation of source credibility and source attractiveness with public demeanour on government policy in Surabaya under the ledearship of Mrs. Tri Rismaharini. This research’s purpose is to identify and examine the influence of the variables related to estabilishment of positive demeanor of public caused by the presence of source credibility and source attractiveness.
This research is a quantitative research with explanatory design. The respondents in this study were students of political science in University of Airlangga amounted 136 people drawn randomly (simple random) in the overall population of students from year 2012 an 2013 which amounted 214 people. Methods of data analysisconducted by descriptive statistical analysis and multiple regression analysis that prove this hypothesis.
The research showed that there is positive and significant influence of the variables examined. Each source credibility and source attractiveness variables has significant and positive influences on public demeanour towards government policies in Surabaya. Coefficient of determination showed that the total of demeanour variable can be explained by source credibility and source attractiveness variables, which is also confirmed both variables have influenced collectively in the demeanour estabilishment.]"
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pandan Enggarwati
"Kopi merupakan minuman yang digemari masyarakat Indonesia yang kerap memicu perdebatan mengenai efeknya terhadap tekanan darah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek pola konsumsi kopi terhadap tekanan darah melalui pendekatan potong lintang. Penelitian dilakukan dengan teknik non probability sampling, khususnya purposive sampling dan convinience sampling melalui metode pengukuran tekanan darah dan kuesioner. Hasil penelitian terhadap 103 responden civitas akademika FIK UI dianalisis menggunakan analisis univariat dan bivariat. Hasil analisis bivariat melalui uji chi square menunjukkan bahwa tidak ditemukan hubungan yang signifikan antara pola konsumsi kopi dengan kenormalan tekanan darah. Tidak ada hubungan yang signifikan antara pola konsumsi kopi dengan hipertensi dan ada hubungan yang signifikan antara pola konsumsi kopi dengan hipotensi (p=0,045; OR=2,609). Saran dari penelitian ini yaitu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai pola konsumsi kopi terhadap tekanan darah dengan melibatkan faktor gaya hidup yang memengaruhi tekanan darah.

Coffee is favourite beverage among Indonesian people which often trigger debates over their effect on blood pressure. This research aimed to determine the effect of coffee consumption patterns on blood pressure through cross sectional approach. The samples size are 108 that taken with purposive sampling and convinience sampling through blood pressure measurement and questionnaire methods (α crombach 0,692). The results of the bivariate analysis through chi square test shown that there is no significant correlation found between coffee consumption patterns to abnormality of the blood pressure. There is also no significant relation between coffee consumption patterns with hypertension, while there are significant relation between coffee consumption patterns with hypotensi. Researcher suggest that it is necessary to do further research on coffee consumption patterns effect on blood pressure which is more respondents involving lifestyle factors that affect blood pressure
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2014
S56908
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>