Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4388 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Bandung: Femmeline , 2006
306 874 3 TRI
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Allison, Anne
California: University of California Press, 2000
306.709 52 ALL p (1)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Canfied, Jack
Jakarta : Gramedia Pustaka Utama , 2010
810.8 CAN ct
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Stigter, Bianca
Amsterdam/Antwerpen: Contact, 2008
BLD 839.374 STI o
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Banny Rahayu
"Akibat kemunculan kebudayaan populer, wacana like sering disebut sebagai perangkat linguistik remaja Amerika, khususnya perempuan muda. Hal ini tergambar dalam film Juno (2007) karena like sering digunakan oleh karakter-karakter perempuan muda pada dialognya. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kerangka teori coding wacana like oleh Terraschke, penelitian ini bertujuan meninjau fungsi wacana like dan hubungannya dengan identitas remaja Amerika.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa like tidak hanya menguatkan stereotipe kelompok gender atau usia tertentu, tetapi juga merepresentasikan gaya bahasa individual sang karakter. Artikel ini berkontribusi dalam penelitian komparatif mengenai representasi linguistik antara wacana terencana dan tidak terencana dalam media Amerika.

Due to the emergence of popular culture, the discourse like is commonly labeled as the linguistic device of American adolescents, particularly young women. This is portrayed in the movie Juno (2007) since like is frequently used by the young female characters throughout their dialogs. Using both quantitative approach and Terraschke?s framework of coding like, the study aims to examine the functions of the discourse like and how they are correlated with American teenage identity.
The findings reveal that like does not only strengthen the stereotype of a certain age or gender group, but also represents the characters? individual speech style. This paper contributes to the comparative studies of linguistic representation between natural and planned discourse in American media."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Farah Tsani Almasah
"Industri budaya populer Korea Selatan telah mengalami pertumbuhan yang luar biasa jika dibandingkan pada awal perkembangannya di tahun 2000-an. Meskipun telah banyak penelitian yang memberikan wawasan mengenai hubungan antara budaya populer dan pariwisata, masih sedikit yang membahas mengenai bagaimana industri budaya populer Korea Selatan berperan dalam membentuk dan mengubah citra negaranya. Penelitian ini kemudian hadir untuk mengonfirmasi hubungan antara budaya populer Korea Selatan (Hallyu) dengan citra negara Korea Selatan dengan menggunakan musik (K-Pop), serial drama (K-Drama), dan film Korea Selatan sebagai objek penelitiannya. Survei diikuti oleh 280 responden usia sekolah menengah atas (perempuan = 66,1%) yang familiar dengan budaya populer Korea Selatan. Temuan menunjukkan bahwa Hallyu berpengaruh terhadap citra negara Korea Selatan. Akan tetapi, hasil dari uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa Hallyu bukanlah faktor pemengaruh satu-satunya dalam pembentukan citra negara Korea Selatan (R2 = 36,8%).

South Korea's popular culture industry has seen tremendous growth compared to its early development in the 2000s. While studies have provided many insight into the relationship between popular culture and tourism, little has been discussed about how South Korea's popular culture industry plays a role in shaping and changing its country's image. This research is then aimed to confirm the relationship between South Korean popular culture (Hallyu) and the country image of South Korea by using music (K-Pop), drama series (K-Drama), and South Korean films as the research objects. Valid survey responses were collected from 280 high school students respondents (female = 66,1%) who are familiar with South Korean popular culture. The findings showed that Hallyu has an effect on the country's image of South Korea. However, the coefficient of determination analysis test shows that Hallyu is not the only influencing factor that could contribute to South Korea's country image (R2 = 36,8%)."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maghfira Ramadhyanti Putri
"This research paper aims to investigate the way fans of popular culture adopt the role of both consumers and producers, becoming prosumers of media by participating in meaning co-creation. The main objective of this qualitative study was to explore prosumer activity in the context of digital musical fandom. This paper examined two videos by two separate fan creators from EPIC: The Musical (2024) fandom and their participation in
meaning co-creation through the production of fan animatic videos. The researcher argued that by utilizing Kenneth Burke’s (1989) dramatistic pentad and identifying the different ratio of elements between the original text and fan-generated content, the creation and expansion of meanings by fans can be observed. The analysis revealed that through animatic videos, fans are able to emphasize elements of the dramatistic pentad that were previously de-emphasized or omitted from the source material, thus contributing to the context surrounding the original text. The findings suggest that the role of fans as prosumers in digital fandom contributes in enriching
the meanings of products in popular culture.

Makalah penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki cara penggemar budaya populer mengadopsi peran sebagai konsumen dan produsen, menjadi prosumer media dengan berpartisipasi dalam penciptaan makna bersama. Tujuan utama dari studi kualitatif ini adalah untuk mengeksplorasi aktivitas prosumer dalam konteks fandom musikal digital. Makalah ini menelaah dua video yang dibuat oleh dua kreator penggemar yang berbeda dari
fandom EPIC: The Musical (2024) serta partisipasi mereka dalam penciptaan makna melalui produksi video animatik penggemar. Peneliti berpendapat bahwa dengan memanfaatkan pentad dramatistme Kenneth Burke (1989) dan mengidentifikasi rasio elemen yang berbeda antara teks asli dan konten yang dihasilkan penggemar, penciptaan dan perluasan makna oleh penggemar dapat diamati. Analisis mengungkapkan bahwa melalui video animatik, penggemar dapat menekankan elemen-elemen dari pentad dramatistik yang sebelumnya tidak ditekankan atau diabaikan dalam materi sumber, sehingga berkontribusi pada konteks di sekitar teks asli. Temuan ini menunjukkan bahwa peran penggemar sebagai prosumer dalam fandom digital berkontribusi dalam
memperkaya makna produk dalam budaya populer.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Storey, John, 1950-
Athens: University of Georgia Press, 1998
306.01 STO i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Balqis Cemal Xaviera Hadi
"Terdapat mutualisme (hubungan saling menguntungkan) antara penggemar dan industri budaya populer. Adanya perspektif negatif terkait penggemar yang menyatakannya sebagai sesuatu yang pasif dan tidak terberdayakan perlu diubah. Berangkat dari hal tersebut, penulis melakukan studi terhadap penggemar NCT (NCTzen) melalui karya penggemar Alternate Universe (AU) dan novel Butterflies yang dibuat oleh Alesa Cakes. Tulisan ini bertujuan untuk melihat mutualisme antara Alesa Cakes sebagai penggemar NCT dan industri budaya populer. Penulis melakukan analisis deskriptif dengan memerhatikan beberapa aspek, yaitu (1) penggemar sebagai textual poacher, (2) penggemar sebagai pemasaran industri budaya populer (fan-labour), (3) fantrepreneurship dan karya penggemar, dan (4) produsage pada karya penggemar. Dari analisis yang dilakukan, ditemukan bahwa Alesa Cakes berhasil memberdayakan dirinya melalui komersialisasi karya penggemar Alternate Universe (AU) Butterflies menjadi sebuah novel dengan judul serupa. Penciptaan karya penggemar tersebut turut menguntungkan industri budaya populer karena membantu memasarkan produk media, yaitu Haechan (NCT) pada khalayak umum.

There is mutualism between fans and the popular culture industry. There is a negative perspective regarding fans who declare it as something passive and helpless that needs to be changed. Based on this, the author studied NCT fans (NCTzen) through Alternate Universe (AU) fan art and the Butterflies novel by Alesa Cakes. This paper aims to see the mutualism between Alesa Cakes as a fan of NCT and the popular culture industry. The author conducts a descriptive analysis by paying attention to several aspects, namely (1) fans as textual poachers, (2) fans as the marketing for the popular culture industry (fan-labour), (3) fantrepreneurship and fanworks, (4)Production of fanworks. From the analysis conducted, it was found that Alesa Cakes succeeded in empowering herself through the commercialization of the fan work Alternate Universe (AU) Butterflies into a novel with a similar title. The creation of fan art also benefits the popular culture industry because it helps market the media product, namely Haechan (NCT), to the general public."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Rosenna Ernady Rabbani
"Studi ini meneliti aktivitas donasi fandom K-Pop dari grup perempuan asal Korea Selatan, GFRIEND dan Dreamcatcher, yang ada di Indonesia. Berdasarkan wawancara mendalam dengan penggemar, artikel ini membahas makna budaya donasi sebagai budaya partisipatoris bagi BUDDY dan InSomnia. Budaya donasi yang difokuskan adalah donasi atas nama idola. Penelitian ini berfokus pada konstruksi makna yang dibangun oleh kedua fandom melalui kegiatan berdonasi. Dalam tulisan ini budaya fandom merupakan budaya yang dimiliki oleh seseorang atau suatu kelompok untuk menunjukan kegemarannya sebagai sebuah dukungan terhadap suatu objek. Tulisan ini menganalisis kegiatan berdonasi atas nama idola sebagai bentuk budaya partisipatoris dengan objek penelitian fandom BUDDY dan fandom InSomnia Indonesia untuk memahami makna yang dikonstruksi melalui kegiatan berdonasi itu. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara dan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fandom BUDDY dan InSomnia memaknai donasi sebagai wadah bagi penggemar untuk membangun citra positif idola dan fandom. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa dalam berdonasi untuk membangun citra positif idola bukan hanya karena faktor untuk mendorong popularitas saja, tetapi juga terdapat faktor moralitas di dalamnya.

This study examines the donation activities of K-Pop fandom from South Korean girl groups, GFRIEND and Dreamcatcher, in Indonesia. Based on in-depth interviews with fans, this article discusses the cultural meaning of donation as a participatory culture for BUDDY and InSomnia. The donation culture in this study focused on donating on behalf of idols. This study focuses on the meaning construction built by both fandoms through donating activities. In this study, fandom culture is a culture that is owned by a person or group to show their passion as a support for an object. This paper analyzes the activity of donating on behalf of idols as a form of participatory culture with the research object of the BUDDY fandom and the InSomnia Indonesia fandom to understand the meaning constructed through the donation activity. This study uses a qualitative approach with interview methods and descriptive analysis. The results of this study indicate that the BUDDY and InSomnia fandom interpret donations as a forum for fans to build a positive image of idols and fandoms. In this study, it was found that the donation activities to build a positive image of an idol is not only a factor to encourage popularity, but also a factor of morality in it."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>