Ditemukan 133692 dokumen yang sesuai dengan query
"The use of aj alcohol as a motor fuel received during the oil crises of the oil crises of the 1970 an due to its s availebul...."
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
"Peat is one of energy resource alternatives as a sudstitute for oil."
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Bandung: Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Mineral dan Batubara,
600 BGI
Majalah, Jurnal, Buletin Universitas Indonesia Library
Sarita Anjani Noerhadi
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh waktu pelapisan bahan adhesif universal sistem self-etch yang terhadap perubahan morfologis mikrostruktur dentin. Lima gigi premolar manusia yang diekstraksi diabrasi dan dihaluskan dari arah oklusal dan medial menggunakan
diamond disc grit #600 dan kertas silikon karbida grit #1000, #1500 dan #2000. Bahan adhesif Single Bond Universal diaplikasikan dalam sistem self-etch pada permukaan oklusal dentin yang terbagi menjadi tiga kelompok berdasarkan waktunya yaitu selama 20 detik (
n = 3), 30 detik (
n = 3) dan 40 detik (
n = 3). Spesimen dipolimerisasi dengan LED
curing unit, iradiansi 900mW/cm
2 selama 10 detik. Satu spesimen yang tidak diaplikasi bahan adhesif digunakan sebagai kontrol. Pengamatan SEM dilakukan dengan perbesaran x850, x1,600 dan x3,000. Hasil menunjukkan bahwa terdapat perbedaan gambaran morfologis mikrostruktur dentin sebelum dan sesudah aplikasi bahan adhesif tetapi tidak ada perbedaan antar kelompok 20 detik, 30 detik dan 40 detik. Disimpulkan bahwa waktu pelapisan bahan adhesif tidak mempengaruhi perubahan morfologis mikrostruktur dentin.
The aim of this study is to evaluate the effect of bonding application time on dentin microstructure created by a universal adhesive in self-etch mode. Five extracted human premolars were sectioned and polished occlusally and medially using diamond disc grit #600 dan silicone carbide paper grit #1000, #1500 and #2000. One universal adhesive, Single Bond Universal was applied on to the occlusal surface of dentin and was divided into 3 groups based on the time: 20 s (n = 3), 30 s (n = 3) and 40 s (n = 3). Specimens were polimerized using LED curing unit, irradiance 900mW/cm2 for 10 s, except for one that was left untreated as control. All specimens were observed using SEM at magnifications x850, x1,600 dan x3,000. The result showed that there were morfological differences in dentin microstructure between before and after application but none between specimen groups. It was concluded that bonding application time does not affect the morfological differences in dentin microstructure."
Jakarta: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2018
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
JS 2:1 (2012)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
JS 2:1 (2012)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Salatiga : Pelayanan Informasi Penelitian Lembaga Penelitian Universitas Kristen Satya Wacana
050 PIPK 4 (1979)
Majalah, Jurnal, Buletin Universitas Indonesia Library
Abu Bakar Baasyir
Depok: Mushaf , 2006
923.2 ABU c
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Satria Utama
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S37617
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Hariandja, Marshall
"Proses pembakaran yang tedadi pada ruang bakar motor diesel sangat dipengaruhi oleh kualitas bahan bakar yang digunakannya. Proses pembakaran yang terjadi dan kualitas dari penyalaan yang balk algan menaikkan tingkat eflsiensi yang dihasllkan mesin. Untuk tujuan ini bahan bakar yang dipergunakan diberikan campuran zat-zat kimia tambahan pada komposisl tertentu, yang dlsebut sebagai aditlf bahan bakar. Penambahan aditif pada penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan angka setana bahan bakar yang terjadi dan pengaruhnya terhadap elisiensi serta untuk krja mesin Diesel selain peningkatan dari fuel handling dan stabilitas bahan bakar tersebut. Hal penting Iainnya yang menjadi pertimbangan adalah kualitas emisi gas buang yang dlhasilkan sebagal akibat penambahan aditif jenis ini, balk untuk gas-gas beracun dan partikulat yang dihasilkannya.
Eksperimen ini dilakukan dalam beberapa komposisi aditif bahan bakar yaitu dari 0% hingga 0,01% volume. Selanjutnya mesin uji dijalankan selama sepuluh jam operasi secara kontinu. Berdasarkan analisa dari data yang didapat menunjukkan bahwa pada komposisi 0,01% terjadi penurunan emisi hldrokarbon sebesar 56% dan 50% dibanding bahan bakar solar murni. Gambaran ini menunjukkan semakln kecll jumlah bahan bakar yang tidak terbakar sempurna dan peningkatan kulaitas proses pembakaran yang terjadi pada ruang bakar. Mesin Diesel uji ini juga mampu menghasilkan ellsensl maksimum pemakaian bahan bakar yaitu sebesar 0,36 BSFC yang berarti penurunan sebesar hamplr 2% dibandingkan bahan bakar normal.
The quality of hiels which used on Diesel engine is signilicant in influencing the combustion processes which occurred on the combustion chamber The combustion proccesses and the ignition quality eitect on the eticiency produced by the engine. Some chemical substances which blended with precise composition were added as fuel additives. This trial have been made to find the fuel additives that can boost fuel cetane number which related to engine performance and its fuel efliciency, beside other puiposses such as to improve fuel handling and stability. Other important purpose is to reduce the discharge level of hazardous and pollutant gasses and particulate emmisions.This experiment used several compositions of mixtured addtives and normal fuel ranging from 0 to 0,01 % of volume. Then the tested engine run to operate for ten hours continously. From the data analysis showed that the composition of additive-fuel 0,01 % produced hydrocarbon (HC) and carbon monoxyde (CO) emission of signiticant number around 56% and 50% lower than normal diesel fuel. These illustration reflect the lesser of unbumed fuels and better quality of combustion process. This engine are also capable of generating maximum efficiency with less than half litre of fuel per kilowatt per hour, or 0.36 BSFC, which indicates reduction almost 2%compared to the normal diesel fuel-"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
S37057
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library