Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4870 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Harty, F. J.
Jakarta: EGC, 1995
R 617.600 3 HAR ct
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Preiskel, H. W.
Jakarta: Erlangga, 1981
617.6 PRE k
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Intan Detrianis Syafaaturrachma
"ABSTRAK
Tujuan: Mengetahui Sikap Mahasiswa Kedokteran dan Kedokteran Gigi Universitas Indonesia terhadap Kolaborasi dalam Praktik Kedokteran dan Kedokteran Gigi. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain cross sectional menggunakan kuesioner yang dilakukan pada mahasiswa yang terdaftar sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi Universitas Indonesia angkatan 2013-2017. Kuesioner terdiri dari 8 pertanyaan yang dirancang untuk mendapatkan sikap mahasiswa mengenai kolaborasi antara praktik kedokteran dan kedokteran gigi. Mahasiswa juga ditanya mengenai kesadaran terhadap kolaborasi antara kedokteran gigi dan kedokteran. Hasil: sebanyak 1.432 kuesioner didistribusikan dan terdapat 1.137 79.39 kuesioner yang valid.Rata-rata skor sikap terhadap kolaborasi SD dilihat dari 8 item pertanyaan adalah 6.98 1.252 . Terdapat perbedaan signifikan dalam skor rata-rata sikap antara responden yang setuju n=752 atau yang tidak setuju n=385 bahwa mahasiswa kedokteran seharusnya menjalani rotasi di kedokteran gigi 7.65 0.72 vs. 5.68 1.03; p < 0.001 .Kesimpulan: Dalam penelitian ini, mahasiswa kedokteran dan kedokteran gigi pada umumnya menunjukkan sikap yang baik terhadap kolaborasi antara praktik kedokteran dan kedokteran gigi di Universitas Indonesia. Hal ini merupakan pondasi penting untuk mendorong kolaborasi dokter dan dokter gigi, yang penting dalam meningkatkan efisiensi sumber daya dan standar perawatan pasien.Kata kunci: Kolaborasi kedokteran dan kedokteran gigi, Sikap
ABSTRACT
Objective this study aimed to invesigate the attitude of medical and dental students of University Indonesia about collaboration between medical and dental practice. Methods this study is a descriptive study with cross sectional design using questionnaires conducted on students who are registered as astudents of Faculty of Medicine and Dentistry Universitas Indonesia batch 2013 2017. The questionnaire contained 8 questions designed to elicit their attitudes about the collaboration between medical and dental practice. Students were also asked about their awareness of the collaboration between dentistry and medicine. Results A total of 1.432 questionnaires were distributed and 1.137 79.39 were returned. Their mean attitude score SD towards medical dental collaboration derived from these 8 items was 6.98 1.252 . There is a significant difference in the mean attitude score between respondents who did n 752 or did not agree n 385 that medical students should have a rotation in dentistry 7.65 0.72 vs. 5.68 1.03 p 0.001 .Conclusion In this study, the medical and dental students in general demonstrated a good attitude of the collaboration between medical and dental practice in University Indonesia. This established an essential foundation for fostering medica dental collaboration, which is vital to improving resource efficiency and standards of care. "
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Akhyar Dyni Zakyah
"Pendahuluan: Dalam pendidikan kedokteran, beberapa penelitian menunjukkan bahwa penilaian yang diberikan oleh dosen tidak selalu sesuai dengan kemampuan mahasiswa yang sesungguhnya. Dampaknya dapat merugikan mahasiswa, dosen, bahkan pasien. Penelitian mengenai fenomena penilaian kompetensi mahasiswa yang kurang tepat, yang disebut dengan failing to fail, belum pernah dilakukan di pendidikan kedokteran gigi di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi fenomena failing to fail pada dosen kedokteran gigi di Indonesia. 
Metode: Penelitian kualitatif deskriptif ini menggunakan wawancara mendalam yang dilakukan terhadap 10 narasumber. Transkrip wawancara dibuat secara verbatim dan dianalisis menggunakan metode SCAT (Steps for Coding and Theorization). Analisis dokumen dipilih sebagai metode triangulasi data serta prosedur member checking dilakukan untuk validasi data. 
Hasil penelitian: Bentuk asesmen berupa diskusi kasus, observasi pekerjaan klinik, OSCE, ujian komprehensif, DOPS, dan Mini-CEX. Bentuk failing to fail terdiri dari pengurangan jumlah requirement, penurunan standar, dan perubahan bentuk asesmen. Penyebab failing to fail: Tahap pre-decision, profesionalisme dan persepsi dosen terhadap asesmen yang keliru, kemampuan dosen kurang dalam melakukan asesmen, keterbatasan waktu pelaksanaan asesmen dan rasio dosen dan mahasiswa yang tidak ideal. Tahap driver, ketidakpahaman dosen terhadap tingkat kompetensi, adanya fenomena failing to pass, rubrik penilaian tidak ada atau sulit digunakan,sarana dan prasarana tidak memadai, serta performa mahasiswa yang buruk secara klinis dan profesionalis. Tahap primary decision, keahlian dosen bukan pada materi yang diujikan, adanya keinginan dosen untuk menjaga hubungan baik dengan mahasiswa atau orangtuanya. Tahap communication, adanya anjuran dari atasan dan tidak adanya program remedial. Dampak failing to fail dapat terjadi pada dosen, mahasiswa, pasien, dan profesi dan institusi pendidikan.
Kesimpulan: failing to fail harus dicegah dengan cara memberikan pelatihan asesmen dan profesionalisme serta menyediakan sistem dukungan bagi dosen; memberikan pelatihan asesmen dan menyediakan sistem dukungan bagi mahasiswa; serta membuat sistem asesmen yang optimal dan rasio dosen dan mahasiswa ideal agar bisa menyediakan program remedial bagi mahasiswa.

Introduction: In medical education, several studies have shown that assessments provided by clinical instructors are only sometimes consistent with the actual competencies of medical students. This condition can harm students, clinical instructors, and even patients. Research on inadequate student competence assessment, known as "failing to fail," has not yet been conducted in dental education in Indonesia. This study aims to explore the failing to fail phenomenon among dental clinical instructors in Indonesia. 
Methods: This descriptive qualitative study employed in-depth interviews with ten respondents. Interview recordings were transcribed verbatim and analysed using the SCAT (Steps for Coding and Theorisation) method. Document analysis was chosen as a data triangulation method, and member-checking procedures were conducted for data validation. 
Result: Assessment methods included case discussions, clinical work observations, OSCE (Objective Structured Clinical Examination), comprehensive exams, DOPS (Direct Observation of Procedural Skills), and Mini-CEX (Mini-Clinical Evaluation Exercise). Failing to fail was found in reducing requirements, lowering standards, and changing the assessment format. The causes of failing to fail were categorised into four stages. The pre-decision stage consists of incorrect perceptions of assessment by instructors, inadequate assessment skills of instructors, limited assessment time, and an unfavourable faculty-to-student ratio. In the driver stage, instructors' lack of understanding of competency levels, the phenomenon of failing to pass, the absence or difficulty in using assessment rubrics, inadequate facilities and resources, and poor clinical and professional performance of students were the contributing factors to failing to fail. In the primary decision stage, instructors' lack of expertise in the tested material and the desire to maintain good relationships with students or their parents were the factors. In the communication stage, there were recommendations from the faculty and a need for remedial programs. Failing to fail can affect instructors, students, patients, and the public image of the profession and educational institutions. 
Conclusion: Failing to fail should be prevented by providing assessment and professionalism training and establishing support systems for instructors, providing assessment training and support systems for students, and creating an optimal assessment system and an ideal faculty-to-student ratio to facilitate remedial programs for students.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dofka, Charline M.
Singapore: Delmar Cengage Learning, 2013
617.6 DOF d
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rifai Hasbi
"Latar Belakang : Pilihan karir merupakan salah satu keputusan terpenting dalam hidup, karena memiliki dampak sepanjang hidup seorang individu. Memahami motivasi pemilihan karir pada mahasiswa kedokteran gigi memberi manfaat dalam ranah pendidikan dan kebijakan kedokteran gigi. Belum terdapat studi yang mampu memberikan gambaran motivasi pemilihan karir mahasiswa kedokteran gigi di Indonesia.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi mahasiswa kedokteran gigi di Indonesia
Metode : Penelitian ini merupakan studi corss sectional menggunakan teknik two stage cluster sampling dengan perhitungan proportional size. Mahasiswa preklinik kedokteran gigi dari 16 perguruan tinggi di Indonesia berpartisipasi dalam penelitian ini. Motivasi pemilihan karir mahasiswa dibagi ke dalam 5 domain utama yaitu ekonomi, profesional, pekerjaan, sosial, dan personal, diukur melalui self-administered questionnaire dengan 5 poin skala likert. Perbedaan motivasi pemilihan karir mahasiswa berdasarkan sosiodemografi dan karakteristik mahasiswa juga dianalisis melalui mann-whitney dan kruskal wallis test pada perangkat lunak IBM SPSS Statistik.
Hasil Penelitian : Jumlah responden penelitian ini mencapai 639 mahasiswa (547 orang perempuan dan 92 orang laki-laki, dengan response rate 153%. Domain alasan pekerjaan adalah domain alasan yang paling memotivasi pemilihan karir mahasiswa. Motivasi pemilihan karir terbesar mahasiswa kedokteran gigi di Indonesia adalah keinginan untuk membantu/melayani masyarakat (90,6%), keinginan untuk mengobati orang lain dan memperbaiki penampilan mereka (89,7%), serta dorongan independensi pekerjaan (82,6%). Terdapat perbedaan signifikan (p-value <0,05), antara pendidikan dan pekerjaan ibu serta domisili pada domain alasan sosial, perbedaan signifikan (p-value <0,05), antara pekerjaan ibu pada domain alasan ekonomi, serta perbedaan signifikan antara tahun angkatan dan domisili pada domain alasan pekerjaan. Jenis kelamin, pekerjaan dan pendidikan ayah tidak menunjukkan perbedaan bermakna secara statistik pada seluruh domain motivasi.
Kesimpulan : Mahasiswa kedokteran gigi di Indonesia paling besar termotivasi oleh alasan pekerjaan, meliputi keinginan membantu/melayani masyarakat dalam pemilihan karir. Tidak terdapat perbedaan yang bermakna secara statistik antara jenis kelamin dalam motivasi pemilihan karir, namun pekerjaan dan pendidikan ibu, tahun angkatan dan domisili memiliki perbedaan bermakna secara statistik.

Background: Career choice is one of the most important decisions in life, because it has a path throughout an individual's life. Understanding the choice of career motivation in dental students provides benefits in the realm of dental education and policy. There are no studies that are able to provide an overview of the motivations for choosing a career for dental students in Indonesia.
Objective : This study aims to determine the motivation of dental students in Indonesia in choosing the dental profession.
Methods: This research is a cross-sectional study using a two-stage cluster sampling technique with proportional size calculations. Preclinical dental students from 16 universities in Indonesia participated in this study. Career motivation is divided into 5 main domains, namely economic, professional, vocational, social, and personal, measured through a self-administered questionnaire with a 5-point Likert scale. Differences in student career motivation were also analyzed through the Mann-Whitney and Kruskal Wallis tests on the IBM SPSS Statistics software based on sociodemographics and student characteristics
Results: The number of respondents to this study reached 639 people (547 women and 92 men, with a response rate of 153%. Vocational reasons is the most motivates student career choices. The biggest career choice motivation for dental students in Indonesia are the desire to help/serve the community (90.6%), the desire to heal others and improve their appearance (89.7%), and encourage work independence (82.6%). There are significant differences (p-value <0,05), between mother’s education and occupation and domicile in the domain of social reasons, a significant difference (p-value <0,05), between mother's occupation in the domain of economic reasons, and a significant difference (p-value <0,05) between years of study and domicile in the domain of work reasons. Gender, father’s occupation and education did not show significant differences in all motivational domains.
Conclusion: Dental Student in Indonesia is mostly motivated by vocational reasons, includes the desire to help/serve the community in work motivation. No significant difference between the sexes in the motivation for choosing a career, however, there were significant differences between mother’s occupation and education, years of study and domicile in work motivation.
"
Depok: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shinta Anissa Noviana
"ABSTRAK
Tujuan: Mengetahui pengetahuan, sikap, dan tindakan tenaga pendukung praktik
kedokteran gigi terhadap prosedur kontrol infeksi di Rumah Sakit Khusus Gigi
dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (RSKGM FKG UI).
Metode: Penelitian deskriptif potong lintang dilakukan kepada 30 responden;
petugas administrasi, perawat gigi, dan petugas kebersihan di RSKGM FKG UI
dengan cara mengisi kuesioner. Hasil: Terkait pengetahuan, rata-rata responden
memberikan 43% jawaban benar, terkait sikap rata-rata responden memberikan
97% jawaban setuju dan terkait tindakan rata rata responden memberikan 55%
jawaban melakukan tindakan kontrol infeksi. Kesimpulan: Pengetahuan kontrol
infeksi responden tergolong buruk, sikapnya tergolong positif, namun tindakannya
tergolong buruk.

ABSTRACT
Objective: To determine the level of knowledge, attitude, and practice of dental
practice supporting personnel towards the infection control procedures in Rumah
Sakit Khusus Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia
(RSKGM FKG UI) Methods: A cross-sectional descriptive study using a
questionnaire conducted on 30 respondents; administrative staff, dental nurses,
and cleaning service staff in RSKGM FKG UI Results: Related to knowledge an
average respondents giving 43% correct answers, related to attitude an average
respondents giving 97% agree statements and related to practice an average
respondents provide 55% answers about performing infection control procedures.
Conclusion: The knowledge of dental practice supporting personnel is poor, the
attitude are positive, but the practice are classified as poor."
Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2014
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Dental record is one of the ways to identify human identity. Identification requires a system, which is able to recognize each human tooth automatically. Teeth and gums becomes an important issue be-cause they have a high similarity in a dental radiograph image. This similarity tends to influence the segmentation error. This paper proposes a new contrast enhancement by using parameter sigmoid transform to improve the segmentation accuracy. The five main steps are: 1) preprocessing to improve the image contrast using our proposed method, 2) teeth segmentation using horizontal and vertical in-tegral projection, 3) feature extraction, 4) teeth classification using Support Vector Machine (SVM) and 5) teeth numbering. Experimental results using our proposed method have an accuracy rate of 88% for classification and 73% for teeth numbering.

Data rekaman gigi adalah salah satu cara untuk mengidentifikasi manusia. Pengidentifikasian membutuhkan sebuah sistem yang mampu mengenali tiap gigi secara otomatis. Intensitas gigi dan gusi yang hampir sama menjadi masalah utama pada citra dental radiographs karena dapat menga-kibatkan kesalahan dalam proses segmentasi. Pada paper ini diusulkan sebuah metode perbaikan kontras yang baru dengan menggunakan parameter sigmoid transform untuk meningkatkan keaku-ratan hasil segmentasi. Lima tahapan utama yaitu: 1) praproses untuk memperbaiki kontras gambar menggunakan metode yang diusulkan, 2) segmentasi gigi menggunakan horizontal dan vertical inte-gral projection, 3) ekstraksi fitur, 4) klasifikasi meggunakan Support Vector Machine (SVM) dan 5) penomoran gigi. Hasil eksperimen menggunakan metode yang diusulkan menunjukkan tingkat keaku-ratan hasil klasifikasi sebesar 88% dan penomoran gigi sebesar 73%."
Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Faculty of Information Technology, Department of Informatics Engineering, 2015
AJ-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
McCabe, John F.
Jakarta: EGC, 2018
617.695 MCC b
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Fatma Suniarti
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2012
615.1 DEW f
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>