Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Pengaruh pelatihan kecerdasan emosi terhadap keterampilan sosial siswa akselerasi

Irwan Nuryana K (Pusat Keberbakatan-Fakultas Psikologi UI, 2008)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik apakah pelatihan kecerdasan emosi memberikan pengaruh terhadap keterampilan sosial pada siswa akselerasi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan memberikan perlakuan berupa pelatihan kecerdasan emosi pada seluruh subjek. Mated yang diberikan dalam pelatihan ini adalah kemampuan intrapribadi, kemampuan antarpribadi, ketahanan menanggung stres, penyesuaian diri dan suasana hati. Subjek penelitian ini berjumlah 30 orang dan 17 orang yang berhasil dianalisis. Seleksi subjek yang dianalisis dilakukan berdasarkan kehadiran subjek selama mengikuti setiap tahap penelitian. Subjek adalah seluruh siswa akselerasi kelas X SMU Negeri 3 Yogyakarta yang berusia antara 13-16 tahun. Desain eksperimen dalam penelitian ini menggunakan tretments by subject desain, dengan menggunakan metode analisis data paired sample t-test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tidak adanya pengaruh pelatihan kecerdasan emosi terhadap keterampilan sosial siswa akselerasi.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 150 GRJKK 2:1 (2008)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Pusat Keberbakatan-Fakultas Psikologi UI, 2008
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 19782489
Majalah/Jurnal : Jurnal Keberkatan & Kreatifitas
Volume : Vol. 2, No. 1, Februari: Hal. 13-19
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik : https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/24593;jsessionid=F23DCB05DF28AF9A72CCCD246989EDF0
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4 R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
150 GRJKK 2:1 (2008) 08-25-81608417 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920567109
Cover