Perawat berperan dalam melakukan asuhan keperawatan, termasuk perawatan spiritual. Perawatan spiritual dapat memberikan ketenangan batin dan menumbuhkan harapan baru bagi pasien yang membutuhkan. Mahasiswa keperawatan merupakan cikal bakal yang nantinya akan menjadi perawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat spiritualitas dengan dengan penerapan spiritual care pada mahasiswa keperawatan program profesi ners. Sampel pada penelitian ini berjumlah 208 orang mahasiswa keperawatan di Jakarta. Penelitian ini menggunakan design cross sectional dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuesioner karakteristik responden, Daily Spiritual Experience Scale (DSES) dan Nursing Spiritual care Therapeutics Scale (NSCTS). Hasil menujukkan terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat spiritualitas dengan penerapan spiritual care dengan p<0,05. Temuan ini menggambarkan spiritualitas dan penerapan spiritual care pada mahasiswa keperawatan. Rekomendasi pada peneitian ini adalah perlu adanya peningkatan kurikulum dengan menambahkan pembalajaran mengenai spiritual care untuk dapat meningkatkan penerapan spiritual care.
Nurses play a role in providing nursing care which include spiritual care. Spiritual care can provide inner peace and bring new hope for patients who need it. Nursing students are the initiators who will later become nurses. This aims of this study is to see the relationship between level of spirituality and application of spiritual care in nursing students in Ners program. This study use a cross sectional design with a purposive sampling technique. The sample in this study involved 208 nursing student in Jakarta. The instruments used in this study were respondent characteristic questionnaire, the Daily Spiritual Experience Scale (DSES) and the Nursing Spiritual care Therapeutics Scale (NSCTS). The result of this study there is a significant relationship between level of spirituality and spiritual care (p<0,05). This finding shows spirituality and application of spiritual care in nursing students. The study recommends that it is necessary to improve the curriculum by adding spiritual care learning to increase application of spiritual care.