Kompetensi klinis profesi ners adalah elemen esensial yang dapat menjamin efektifitas, efisisensi dan kepuasan pelayanan yang diberikan perawat. Diperlukan standar kompetensi valid dan reliable untuk dapat menjamin bahwa profesi ners dapat memenuhi aspek keamanan dan keselamatan klien. Penelitian bertujuan untuk menyusun dan mengembangkan model standar kompetensi klinis ners Indonesia. Pendekatan yang digunakan adalah pararell, mixed method yang terdiri atas tiga tahap penelitian. Tahap 1 analisa tugas, survey pada 410 perawat pada 57 kabupaten di 19 provinsi, didapatkan 175 tugas hasil survey yang terkonfirmasi oleh ahli. Tahap 2 pengembangan standar, terbentuk standar kompetensi klinis dengan hieraki 1 nilai perawat, 2 organisasi praktik, 5 ranah, 29 subranah, 39 unit kompetensi, dan 267 elemen kompetensi. Tahap 3 validasi standar, survey pada kelompok praktisi dan akademisi di 28 propinsi pada 214 responden, mayoritas (90,2%) menilai baik dan sangat baik dan tidak ada perbedaan nilai yang bermakna (p=0,390) antar kelompok. Simpulan, struktur taxonomy keilmuan ini diharapkan akan semakin mengokohkan keperawatan sebagai profesi dan academic discipline. Komponen standar kompetensi klinis yang dihasilkan dalam studi ini dapat menjadi prototipkomponen standar kompetensi nasional. Perlu studi lebih lanjut untuk penyempurnaan dan finalisasi proses pengembangan standar kompetensi klinis perawat, khususnya profesi ners di Indonesia. Selanjutnya, kerjasama negara-negara ASEAN mungkin penting dilakukan untuk mengembangkan core competency ASEAN yang telah disepakati dengan tetap menghormati keunikan dan kebutuhan tiap negara anggota.
Clinical competence of professional nurse is an essential element that can ensure the effectiveness, efficiency and satisfaction of the services provided by nurses. A valid and reliable standard of competence is needed to ensure that nurses can meet the safety and security aspects of the community. The research aims to develop a standard model of nurse clinical competence. The approach used is the mix method (pararel type) consists of three stages of research. Stage 1 task analysis, survey on 410 nurses in 57 districts in 19 provinces, obtained 175 survey assignments confirmed by experts. Stage 2 of standard development, clinical competency standards are formed with a hierarchy of 1 nurse value, 2 practice organizations, 5 domains, 29 sub-domains, 39 competency units, and 267 competency elements. Stage 3 standard validation, a survey on groups of practitioners and academics in 28 provinces on 214 respondents, the majority (90.2%) rated it as good and very good and there was no significant difference in scores (p = 0.390) between groups. In conclusion, the taxonmy of the standar may strengthen the nurse as profession and academic discipline. The standards can be used as components of national competency standards of Indonesian nurse. Further research is needed for developing complete standard. Moreover, collaborative research with ASEAN countries will play important role to develop a standard model based on ASEAN's 5 core competencies that still respect the needs and uniqueness of each country.