https://access.unram.ac.id/wp-content/

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Evaluasi Program Bantuan Pendidikan dan Pemberdayaan Anak oleh ISCO Foundation di Jakarta (Studi Kasus: Sanggar Gege 2015-2020) = Evaluation of Children Educational Support and Child Empowerment Program by ISCO Foundation in Jakarta (Case Study: Sanggar Gege 2015-2020)

Mayla Primanda Olivianti; Sulastri, supervisor; Rosa Diniari, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Evaluasi ini dilakukan untuk menilai pelaksanaan program bantuan pendidikan dan pemberdayaan anak yang dilaksanakan oleh Indonesian Street Children Organization (ISCO Foundation) untuk anak ekonomi rendah di Sanggar Gege. Model evaluasi dalam studi ini adalah Main Analytical Categories dan Analisis SWOT dengan metode kualitatif melalui wawancara mendalam dengan penerima pemanfaat dan pelaksana program. Peneliti melakukan evaluasi pada tiga program utama ISCO Foundation yaitu Bantuan Pendidikan, Sanggar Kegiatan Anak, serta Nutrisi Tambahan dan Kesehatan. Studi ini menunjukkan bahwa ketiga program ISCO Foundation memiliki relevansi yang baik. Program yang memberikan banyak manfaat adalah Bantuan Pendidikan dan Sanggar Kegiatan Anak, kedua program ini memiliki efektivitas dan impact yang baik serta dapat dirasakan penerima progam. Implementasi program Nutrisi Tambahan dan Kesehatan perlu ditingkatkan karena penilaian dimensi impact belum dirasakan dan efektivitasnya perlu ditingkatkan lagi. Partisipasi penerima program pada tahap pelaksaan sudah baik sehingga dapat meningkatkan capacity building anak dampingan yaitu peningkatan IQ dan EQ, serta dapat meningkatkan capacity building orang tua dampingan dalam mengasuh anak. Berdasarkan analisis SWOT, secara internal ISCO memiliki kemampuan organisasional yang baik namun kurang memaksimalkan partisipasi penerima program dalam meningkatkan implementasi program. Secara eksternal ISCO terbuka dengan kerja sama pihak ketiga, namun memiliki ancaman lingkungan yang rawan banjir dan pandemi. Melalui evaluasi ini, peneliti merekomendasikan untuk memaksimalkan partisipasi penerima program dalam memberikan sumbangan ide saat evaluasi dan memanfaatkan media digital dalam berkomunikasi di masa pandemi. Sebaiknya ISCO membuat indikator keberhasilan yang rinci untuk setiap programnya untuk mengukur keberhasilan program.

This evaluation was carried out to assess the implementation of the educational assistance and child empowerment program by Indonesian Street Children Organization Foundation (ISCO Foundation) for low-income children in Sanggar Gege. The main model for the evaluation is Main Analytical Categories and SWOT Analysis by using qualitative method with in-depth interviews with beneficiaries and program implementers. Researcher conduct an evaluation on ISCO’s three main programs, which are Children Educational Support, Children's Activities Center, also Health and Nutrition. This study shows that the three ISCO Foundation programs have good relevance. Program that provides many benefits are Children Educational Support and Children's Activities Center, these two programs have good effectiveness and impact that can be felt by the program recipients. Implementation of Health and Nutrition program need to be further enhanced because the impact dimension assessment has not been felt and its effectiveness needs to be improved. The participation of program recipients at the implementation stage is good so that it can increase the assisted children’s capacity, i.e. IQ and EQ, and also increase the capacity of assisted parents in raising children. According to SWOT analysis, internally ISCO has good organizational capacity but doesn’t maximize the participation of program recipients in improving program implementation. Externally ISCO open with cooperation with third parties, but has environmental threats that are flood-prone and pandemic. Through this evaluation, researchers recommend to maximize the participation of the recipient program in contributing ideas during the evaluation and utilizing digital media in communicating during the pandemic. ISCO would better make key performance indicator for its program to measure the success of the program.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Mayla Primanda Olivianti.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf 11-25-25965378 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920554025
Cover