UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Transformasi Konsumsi Berita oleh Khalayak dari Situs Berita Online ke Platform Media Sosial Instagram = Audience Transformation of News Consumption from Online News Site to Instagram Social Media Platform

Selvina Suryaningsih; Rosy Tri Pagiwati, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Media sosial membentuk kembali cara orang dalam mengonsumsi berita. Tulisan ini mengulas perihal peralihan atau pergeseran konsumsi berita dari situs web ke platform media sosial Instagram. Metode yang digunakan adalah studi literatur. Beberapa contoh perbandingan antara penyajian berita di situs web dengan di Instagram dicantumkan untuk mempermudah pemahaman mengenai alasan atau faktor apa yang melandasi terjadinya pergeseran konsumsi tersebut. Hasilnya memperlihatkan bahwa pergeseran konsumsi berita dari situs web ke Instagram didorong oleh pandemi COVID-19. Pandemi meningkatkan intensitas penggunaan media sosial, khususnya Instagram untuk memperoleh informasi. Kondisi ini didorong oleh generasi muda yang turut berperan dalam peningkatan penggunaan Instagram yang berdampak pada naiknya konsumsi berita. Di saat yang sama, ada penurunan minat pada konsumsi berita di situs web dengan tingkat daya tarik yang lebih rendah. Instagram dipilih menjadi tempat 'berpaling' untuk mengonsumsi berita dari situs web karena karakteristik konten audio visual dan fitur-fitur yang disediakan Instagram. Fitur-fitur ini, seperti IGTV, Insta Stories, dan Reels sangat interaktif dan menarik secara visual.

Social media is reshaping the way people consume news. This paper encourages research or shifting news shifts from the website to the social media platform Instagram. The method used is a literature study. Several examples of comparisons between the presentation of news on the website and on Instagram are included to make it easier to understand the reasons or factors that underlie the shift in consumption. The result is a shift in news consumption from websites to Instagram shared by the COVID-19 pandemic. The pandemic has increased the intensity of the use of social media, especially Instagram to obtain information. This condition is driven by the younger generations who play a role in increasing the use of Instagram which has an impact on increasing news consumption. At the same time, there is a decrease in interest in news consumption on websites with less attractiveness. Instagram was chosen as the 'turning point' for consuming news from the website because of the characteristics of the audio-visual content and the features provided by Instagram. These features, such as IGTV, Insta Stories, and Reels are highly interactive and visually appealing.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Selvina Suryaningsih.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf 11-25-18225496 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920553669
Cover