https://access.unram.ac.id/wp-content/

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI DAN PESAN PRO LINGKUNGAN PADA USAHA MIKRO KEBUTUHAN SEHARI-HARI DEMIBUMI = ANALYSIS OF COMMUNICATION STRATEGIES AND PRO- ENVIRONMENTAL MESSAGE IN DAILY NEEDS MICRO BUSINESS DEMIBUMI

Nadia Natasya Putri; Nissa Cita Adinia, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Tren bisnis keberlanjutan telah banyak diadopsi oleh usaha mikro di Indonesia. Dalam menyampaikan pesan, usaha mikro perlu untuk merancang strategi komunikasi agar mencapai tujuannya. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah pemasaran sosial dan pemasaran hijau. Makalah non seminar ini ditujukan untuk mengetahui dan memaparkan penggunaan strategi komunikasi dan pesan pro lingkungan pada usaha mikro kebutuhan sehari-hari Demibumi. Penelitian kualitatif deskriptif ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara singkat dan studi dokumen terhadap saluran komunikasi Instagram dan website Demibumi. Analisis dilakukan secara deskriptif dan menggunakan teknik analisis pesan. Hasil penelitian menunjukkan Demibumi secara optimal menggunakan bauran pemasaran sosial dan pemasaran hijau dalam strategi komunikasi serta melakukan pengemasan pesan pro lingkungan.

The sustainability business trend has been widely adopted by micro-enterprises in Indonesia. In conveying messages, micro-enterprises need to design communication strategies to achieve their goals. Approaches that can be used is social marketing and green marketing. This non-seminar paper is intended to identify and explain the use of communication strategies and pro-environmental messages in daily needs micro business Demibumi. This descriptive qualitative research uses the technique of collecting data from short interviews and document studies on communication channels Demibumi: Instagram and website. The analysis was carried out descriptively and using message analysis techniques. The results showed that Demibumi optimally used the marketing mix from social marketing and green marketing in its communication strategy as well as packaging pro-environmental messages.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Nadia Natasya Putri.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf 11-25-04200297 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920553642
Cover