Kehadiran internet telah memberikan dampak yang mendalam pada berbagai aspek masyarakat, terutama pada generasi muda seperti Generasi Y (Millenial) dan Generasi Z. Generasi ini, yang tumbuh di era digital, menunjukkan perilaku dan sikap yang khas yang dipengaruhi oleh penggunaan internet yang luas. Propensity score matching (PSM) digunakan untuk menganalisis pengaruh variabel otonomi tingkat upah terhadap Lokasi desa/ kota, jenis kelamin, status perkawinan, jabatan, pendidikan, status pekerjaan utama, dan pengalaman di Indonesia pada sub sampel generasi Y dan Z. Penggunaan dan pemilihan metode PSM dalam penelitian ini juga bertujuan untuk mengurangi bias seleksi yang disebabkan karena variabel otonomi internet yang bersifat tidak acak. Pengaruh internet dalam bekerja pada generasi Y dan Z diketahui mempunya hasil yang siginifikan di mana pengaruh penggunaan internet dalam bekerja pada upah di generasi Y dan Generasi Z lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak menggunakan internet dalam pekerjaannya di mana generasi Y lebih tinggi 6 persen dibandingkan generasi Z. Jika melihat kelompok jabatan pengaruh internet white-collar generasi Y lebih tinggi dibandingkan generasi Z sedangkan pada jabatan Grey-collar pengaruh penggunaan internet lebih tinggi pada pada generasi Z. Selanjutnya berdasarkan wilayah, daerah Non-Jawa diketahui signifikan dan pengaruh internet pada upah lebih tinggi pada generasi Y.
The presence of the internet has had a profound impact on various aspects of society, especially on younger generations such as Generation Y (Millennials) and Generation Z. These generations, having grown up in the digital era, exhibit distinct behaviors and attitudes influenced by their extensive use of the internet. Propensity score matching (PSM) is used to analyze the impact of wage autonomy variables on village/city location, gender, marital status, job position, education, main employment status, and experience in Indonesia within the sub- samples of Generation Y and Z. The use and selection of the PSM method in this study also aims to reduce selection bias caused by the non-random nature of internet autonomy variables. The effect of internet use on work among Generations Y and Z has shown significant results where the influence of internet use on wages is higher for those who use the internet in their work compared to those who do not, Generation Y higher 6 percent than Generation Z. When looking at job categories, the influence of the internet is higher for white-collar jobs in Generation Y compared to Generation Z, while for grey-collar jobs, the impact of internet use is higher in Generation Z. Furthermore, based on regions, it is found that in non-Java areas, the effect of the internet on wages is higher for Generation Y.