UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengaruh Edukasi Blended Menggunakan Web Apps “Diabetacare” Terhadap Tingkat Stres Dan Manajemen Diri Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 = Effect of Blended Education Using the 'Diabetacare' Web Apps on Stress Levels and Self-management of Type 2 Diabetes Mellitus Patients

Laili Fitriana; Agung Waluyo, supervisor; Lestari Sukmarini, supervisor; Debie Dahlia, examiner; Katuuk, Mario Esau, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024)

 Abstrak

Latar Belakang: Buruknya manajemen diabetes melitus tipe 2 menyebabkan peningkatan komplikasi dan tingginya morbiditas sehingga diperlukan adanya pendampingan pasien berkelanjutan dalam menjalankan manajemen dirinya. Stres dapat berkaitan timbal balik dengan penurunan manajemen diri. Salah satu intervensi nonfarmakologis untuk menurunkan tingkat stres dan meningkatkan manajemen diri adalah edukasi pasien dengan metode blended menggunakan web apps "diabetacare". Edukasi ini terdiri dari beberapa pendekatan pembelajaran seperti video tutorial, pemantauan diri dan konsultasi, sehingga pasien dapat belajar dan menerapkan pendidikan berkelanjutan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh edukasi blended menggunakan web apps “diabetacare” terhadap tingkat stres dan manajemen diri pasien DM tipe 2. Bahan dan Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi eksperimental pretestposttest control group design terhadap 54 responden yang dibagi rata menjadi 2 kelompok. Program edukasi blended menggunakan web apps “Diabetacare” diberikan selama 3 minggu. Instrumen penelitian ini menggunakan DASS 21 (Depression Anxiety Stress Scale) untuk mengukur tingkat stres dan kuesioner M Tingkat stres dan manajemen diri responden telah diukur pada saat sebelum dan sesudah intervensi, kemudian dianalisis dengan uji wilcoxon dan mann-whitney. manajemen diri. Hasil: Terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor tingkat stres dan manajemen diri antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol sesudah diberikan intervensi (p = 0,000 dan p=0,000 ). Kesimpulan: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa edukasi blended menggunakan web apps “Diabetacare” berpengaruh terhadap penurunan tingkat stres dan peningkatan manajemen diri pada pasien DM tipe 2.

Background: Poor management of type 2 diabetes mellitus causes increased complications and high morbidity, so that ongoing patient assistance is needed in carrying out self-care. Stress can be reciprocally related to decreased self-care. One non-pharmacological intervention to reduce stress levels and increase selfcare is patient education using a blended method using the "diabetacare" web app. This education consists of several learning approaches such as video tutorials, selfmonitoring and consultation, so that patients can learn and apply continuing education in their daily lives. This study aims to test the effect of blended education using the "diabetacare" web app on the stress level and self-care of type 2 DM patients. Materials and Methods: This study used a quasi-experimental Pretest- Posttest Control Group Design approach with 54 respondents who were divided equally into 2 groups . The blended educational program using the "Diabetacare" web app is provided for 3 weeks. This research instrument uses the DASS 21 (Depression Anxiety Stress Scale) to measure stress levels and a self-care questionnaire. The respondents' levels of stress and self-care were measured before and after the intervention, then analyzed using the Wilcoxon and Mann-Whitney tests. Component scores were compared between the two groups. Results: There was a significant difference between the average stress and self-care level scores between the intervention group and the control group after being given the intervention (p = 0.000 and p = 0.000). Conclusion: The results of this study show that blended education using the "diabetacare" web app has an effect on reducing stress levels and increasing self-care in type 2 DM patients.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Laili Fitriana.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : Online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 151 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-25-20455479 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920549294
Cover