Tujuan studi ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan antara dukungan keluarga, spiritual dan dukungan gereja dengan kualitas hidup pasien kanker bersuku Minahasa.
Metode merupakan penelitian dengan jenis cross-sectional, teknik pengambilan data
Consecutive Sampling, pada 150 pasien kanker bersuku Minahasa. Menggunakan kuesioner dalam bentuk
google form, responden mengisi 5 instrumen yaitu kuesioner demografi,
(ESSI), (DSES), Pelayanan Kunjungan Gereja, dan
(EORTC QLQ-C30).
Hasil Analisa statistik menunjukkan variabel konfonding stadium kanker dan variabel independen, dukungan keluarga, dukungan spiritual, dan dukungan gereja berhubungan secara signifikan dengan kualitas hidup pasien kanker bersuku Minahasa (nilai p <0,05). Hasil analisis akhir pemodelan regresi multivariat didapatkan (OR) variabel dukungan spiritual yaitu 0,338. Artinya dukungan spiritual yang tinggi sebagai faktor pencegah pada variabel kualitas hidup yang rendah.
Kesimpulan berdasarkan hasil analisis yang didapat diharapkan rumah sakit dapat mengfasilitasi ketiga hal ini serta dapat memberikan pelatihan khusus bagi para pemuka agama khusus melayani pasien kanker. dan memperhatikan keseimbangan jumlah kerohanian dengan jumlah pasien.
The aim of this study was to identify the relationship between family, spiritual and church support with the quality of life of Minahasa cancer patients. The method is a cross-sectional study, Consecutive Sampling technique, on 150 Minahasa cancer patients. Using a questionnaire in the form of google form, respondents filled out 5 instruments namely demographic questionnaires, (ESSI), (DSES), Church Visiting Services, and (EORTC QLQ-C30). Statistical analysis showed that the confounding variable of cancer stage and independent variables, family support, spiritual support, and church support were significantly associated with the quality of life of Minahasa cancer patients (p value <0.05). The results of the final analysis of multivariate regression modelling obtained (OR) variable spiritual support is 0.338. This means that high spiritual support is a preventive factor in low quality of life variables. Conclusions based on the results of the analysis obtained, it is hoped that the hospital can facilitate these three things and can provide special training for religious leaders specifically serving cancer patients. and pay attention to the balance of the amount of spirituality with the number of patients.