Indonesia merupakan negara dengan mayoritas muslim terbanyak di dunia, tetapi jumlah nasabah bank syariah masih sedikit dibandingkan dengan bank konvensional. Oleh karena itu, untuk meningkatkan minat menabung di bank syariah, perlu dilakukan kerja sama berbagai pihak, salah satunya melalui lembaga pendidikan. Meskipun sudah banyak penelitian yang membahas faktor-faktor yang mempengaruhi minat menabung di bank syariah, namun belum banyak bahkan belum ada penelitian yang membahas tentang efek dari pembelajaran wajib agama Islam selama 3 tahun di SMA Negeri terhadap minat menabung di bank syariah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada efek dari pembelajaran agama islam tersebut terhadap minat menabung di bank syariah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan 125 data alumni SMA Negeri Jakarta lulus tahun 2020-2023 dan dianalisis menggunakan Partial Least Square Structural Equation Model (PLS-SEM) dengan SmartPLS 3.0. Berdasarkan Theory of Reasoned Action (TRA) yang digunakan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran agama Islam, religiusitas, sikap dan norma subjektif berpengaruh signifikan terhadap minat menabung di bank syariah.
Indonesia is the country with the most significant Muslim majority in the world, but the number of Sharia bank customers is still tiny compared to conventional banks. Therefore, to increase interest in saving in Islamic banks, it is necessary to collaborate with various parties, one of which is through educational institutions. Even though there has been a lot of research that discusses the factors that influence interest in saving in Islamic banks, there is not much or even no research that discusses the effect of 3 years of compulsory Islamic religious learning at public high schools on interest in saving in Islamic banks. Therefore, this research aims to determine whether Islamic religious learning affects interest in saving in Islamic banks. This research uses quantitative methods with data from 125 Jakarta Public High School alumni graduating in 2020-2023 and analyzed using the Partial Least Square Structural Equation Model (PLS-SEM) with SmartPLS 3.0. Based on the Theory of Reasoned Action (TRA), this research shows that learning about the Islamic religion, religiosity, attitudes, and subjective norms significantly affect interest in saving in Islamic banks.