UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis Pengaruh Live Streaming Interaction dan Emotional Visual Element Terhadap Sustained Engagement Behaviour Pengguna TikTok LIVE = The Influence of Live Streaming Interaction and Emotional Visual Element Towards Sustained Engagement Behavior on TikTok Live Users

Zahrah Kania Nur Afifah; Nissa Ghulma Ratnasari, supervisor; Karto Adiwijaya, examiner; Sri Daryanti, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh live streaming interaction dan emotional visual elements terhadap sustained engagement behavior pengguna social commerce. TikTok LIVE telah berkembang menjadi platform populer yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi secara real-time, menciptakan hubungan yang lebih dalam dan autentik antara streamer dan pengikut. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu penelitan konklusif deskriptif, dengan menggunakan metode purposive sampling untuk mengumpulkan data melalui kuesioner online yang disebarkan kepada 100 responden yang aktif menggunakan TikTok dengan frekuensi menonton TikTok LIVE setidaknya satu kali dalam seminggu. Metode analisis yang digunakan adalah partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa live streaming interaction dan emotional visual elements memiliki pengaruh positif terhadap social presence dan perceived trust yang dirasakan, yang pada gilirannya mempengaruhi sustained engagement behavior pengguna. Temuan ini memberikan wawasan bagi para marketer dan platform developer tentang pentingnya menciptakan pengalaman live streaming yang interaktif dan emotionally engaging untuk mempertahankan keterlibatan pengguna.

This study aims to analyze the influence of live streaming interaction and emotional visual elements on the sustained engagement behavior of social commerce users. TikTok LIVE has evolved into a popular platform that allows users to interact in real-time, creating deeper and more authentic connections between streamers and followers. This study employs a quantitative approach, namely descriptive conclusive research, using a purposive sampling method to collect data through an online questionnaire distributed to 100 respondents who actively use TikTok with the frequency of watching TikTok LIVE at least once a week. Analysis method used in this research is partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). The results indicate that live streaming interaction and emotional visual elements positively impact perceived social presence and perceived trust, which in turn affect users' sustained engagement behavior. These findings provide insights for marketers and platform developers on the importance of creating interactive and emotionally engaging live streaming experiences to maintain user engagement.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Zahrah Kania Nur Afifah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 82 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-24-76203032 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920547720
Cover