UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Peran Smartphone Addiction terhadap Prokrastinasi Akademik pada mahasiswa program sarjana = The role of Smartphone Addiction on Academic Procrastination in undergraduate students

Muhammad Irvan Reza Attariq; Fivi Nurwianti, supervisor; Yudiana Ratna Sari, examiner; Inge Uli Wiswanti, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024)

 Abstrak

Salah satu dampak negatif dari smartphone addiction adalah meningkatnya prokrastinasi akademik. Perilaku ini dapat menyebabkan penurunan prestasi akademik, stres, dan berbagai masalah lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi smartphone addiction terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan alat ukur Smartphone Addiction Scale (SAS) dan Academic Procrastination Scale (APS). Sampel penelitian ini terdiri dari 200 mahasiswa dengan rata-rata usia 21 tahun. Hasil penelitian dengan analisis regresi menunjukkan bahwa terdapat kontribusi positif (0.277) yang signifikan dari smartphone addiction terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa. Semakin tinggi tingkat smartphone addiction, maka semakin tinggi pula tingkat prokrastinasi akademik mahasiswa. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya upaya untuk mengatasi smartphone addiction pada mahasiswa, sehingga dapat mengurangi tingkat prokrastinasi akademik mahasiswa.

One of the negative impacts of smartphone addiction is increased academic procrastination. This behavior can lead to decreased academic performance, stress, and various other problems. This study aims to determine the effect of smartphone addiction on academic procrastination in college students. Smartphone addiction is defined as a condition of excessive addiction to the use of smartphones, while academic procrastination is the tendency of students to procrastinate academic tasks. The method used in this study is a quantitative method with a regression approach. The sample of this study consisted of 200 students with an average age of 21 years selected by several criteria. Data collection was carried out using the smartphone addiction scale (SAS) questionnaire and the Academic Procrastination Scale (APS). The results showed that there was a positive (0.277) and significant influence between smartphone addiction and students' academic procrastination. The higher the level of smartphone addiction, the higher the level of student academic procrastination. The implication of this study is the need for efforts to overcome smartphone addiction in students, so as to reduce the level of student academic procrastination.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Muhammad Irvan Reza Attariq.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : ... pages : illustrations ; 28 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-24-51156483 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920547276
Cover