Penelitian ini menyoroti peran penting dompet elektronik dalam era global saat ini dan menekankan perlunya analisis lebih lanjut terhadap faktor-faktor yang memengaruhi niat perilaku dan penggunaan dompet elektronik di Indonesia. Mengingat masih belum diketahui secara lengkap faktor-faktor yang membentuk niat masyarakat untuk menggunakan dompet elektronik, penelitian ini mencoba mengisi celah tersebut. Banyak penelitian sebelumnya hanya menggunakan satu kerangka teoritis, menunjukkan adanya kekosongan yang perlu diisi. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini mengadopsi kerangka kerja UTAUT-2 dan memperluasnya dengan memasukkan perceived security dan epistemic value sebagai faktor tambahan. Dengan desain cross-sectional dan pendekatan survei, model konseptual yang diusulkan diuji menggunakan analisis PLS-SEM pada 372 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor tersebut secara positif dan signifikan (kecuali effort expectancy dan social influence) memengaruhi niat perilaku, dengan penjelasan varians sebesar 63,9%. Hasil ini memiliki implikasi penting bagi pemangku kepentingan terkait dalam merancang strategi untuk meningkatkan adopsi dan penggunaan teknologi dompet elektronik, khususnya di Indonesia.
This study highlights the crucial role of electronic wallets in the current global era. It emphasizes the need for further analysis of the factors influencing behavioral intentions and the use of electronic wallets in Indonesia. Given that the factors shaping the public's intention to use electronic wallets are not fully understood, this research attempts to fill that gap. Many previous studies have used only a single theoretical framework, indicating a void that needs to be addressed. To tackle this issue, this study adopts the UTAUT-2 framework and extends it by incorporating perceived security and epistemic value as additional factors. Using a cross-sectional design and a survey approach, the proposed conceptual model is tested using PLS-SEM analysis on 372 samples. The results show that these factors positively and significantly (except for effort expectancy and social influence) influence behavioral intentions, explaining a variance of 63.9%. These findings have significant implications for relevant stakeholders in designing strategies to enhance the adoption and use of electronic wallet technology, particularly in Indonesia.