Penelitian ini membahas mengenai permasalahan SDM di Indonesia yang dinilai rendah karena kurangnya kompetensi guru yang pada akhirnya berpengaruh pada kualitas pendidikan, dan penurunan tingkat kesejahteraan masyarakat. Kompetensi guru yang dinilai masih kurang adalah guru SMK yang menepati persentase terkecil jika dibandingkan dengan guru lainnya. Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah dan pihak swasta untuk mendorong peningkatan kompetensi guru SMK. Salah satu kontribusi pihak swasta untuk mendorong peningkatan kompetensi guru adalah program Basic Technical Course (BTC) yang diselenggarakan oleh CSR PT United Tractors Tbk. Program tersebut dinilai sebagai program unggulan CSR PT United Tractors Tbk sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengkaji pelaksanaan dengan rencana program. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi proses dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan mulai Mei-Juni 2024 dengan lokasi penelitian di PT United Tractors Tbk Head Office Jakarta dengan jumlah informan sebanyak 8 yang terlibat dalam program. Adapun isi dari penelitian ini membahas mengenai pelaksanaan program serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program. Pelaksanaan program dibagi menjadi input dan aktivitas/proses. Input dari program ini adalah sarana dan prasarana, dana, kurikulum, UT School, instruktur, lembaga sertifikasi LSPABI, dan peserta SOBAT dan non SOBAT. Adapun aktivitas dalam program BTC terdiri dari sosialisasi, seleksi, in class training, on job training, sertifikasi dan monitoring. Sementara itu, dalam program BTC juga terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat yang dibagi menjadi faktor pendukung internal dan eksternal, serta faktor penghambat internal dan eksternal. Hasil dari evaluasi proses ini menunjukkan bahwa input dan aktivitas yang dilaksanakan dalam program telah sesuai dengan rencana yang ditetapkan dalam program. Jika dikaji dalam jangka panjang program BTC memiliki kontribusi dalam peningkatan SDM dan mutu pendidikan sehingga berpengaruh pada meningkatnya tingkat kesejahteraan guru dan masyarakat luas.
This study addresses the issue of human resources in Indonesia, which is considered low due to the lack of teacher competence that ultimately affects the quality of education and the decline in the welfare of society. The competence of teachers that is considered still lacking is that of vocational high school (SMK) teachers, who occupy the smallest percentage compared to other teachers. Various efforts are being made by the government and private sector to encourage the improvement of SMK teacher competence. One of the private sector contributions to encourage the improvement of teacher competence is the Basic Technical Course (BTC) program organized by the CSR of PT United Tractors Tbk. This program is considered a flagship CSR program of PT United Tractors Tbk, so this research is conducted to evaluate the implementation of the program against its planned objectives. This research is a process evaluation study using a qualitative approach. The research was conducted from May to June 2024 at PT United Tractors Tbk Head Office in Jakarta, with a total of 8 informants involved in the program. The content of this research discusses the implementation of the program as well as the supporting and inhibiting factors in the implementation of the program. The implementation of the program is divided into inputs and activities/processes. The inputs of this program are facilities and infrastructure, funding, curriculum, UT School, instructors, LSPABI certification institution, and SOBAT and non-SOBAT participants. The activities in the BTC program consist of socialization, selection, in-class training, on-the-job training, certification, and monitoring. Furthermore, the BTC program also has supporting and inhibiting factors, which are divided into internal and external supporting factors, as well as internal and external inhibiting factors. The results of this process evaluation indicate that the inputs and activities implemented in the program are in accordance with the plans established in the program. In the long term, the BTC program contributes to the improvement of HR and the quality of education, thereby impacting the increased welfare of teachers and the wider community.