UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Peran Penting Commercial Finance pada Unit Bisnis Personal Care di PT Unilever Indonesia Tbk = The Vital Role of Commercial Finance in the Personal Care Business Unit at PT Unilever Indonesia Tbk

Ilham Luqmanul Hakim; Dwi Sulistyorini Amidjono, supervisor; Muthia Pramesti, examiner; Muhammad Budi Prasetyo, examiner (Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024)

 Abstrak

Di tengah ketatnya persaingan bisnis, perusahaan-perusahaan pada industri Fast Moving Consumer Goods (FMCG) saling berlomba dalam peningkatan daya saing melalui inovasi produk sehingga unit bisnis dan brand berperan penting dalam pertumbuhan penjualan. Untuk memastikan setiap strategi berjalan dengan kondisi finansial yang sehat, fungsi keuangan unit bisnis Personal Care di PT Unilever Indonesia Tbk menerapkan pendekatan commercial finance dalam mengukur performa keuangan yang detail pada setiap stock keeping unit (SKU). Pada bisnis yang memiliki produk berjumlah besar, commercial finance dapat menjadi pendekatan yang relevan dalam pengelolaan anggaran pemasaran, mendukung inovasi, efisiensi biaya, dan penetapan harga yang mendukung keputusan manajerial unit bisnis dan mengelola risiko terkait akurasi pada detail operasional. Pengelolaan efisiensi dan profitabilitas unit bisnis kemudian menjadi bagian dari upaya perusahaan dalam mempertahankan keberlanjutan usaha. Di sisi lain, Unilever Indonesia juga mengelola keberlanjutan usaha melalui implementasi etika bisnis dengan intensitas yang tinggi dan tanggung jawab sosial di dalam perusahaan secara defensif dan proaktif yang berdampak pada aspek lingkungan, masyarakat, dan inklusivitas sosial. Untuk memberikan kontribusi lebih pada perusahaan, aktivitas magang diiringi dengan peningkatan kemampuan teknis yang meliputi pemahaman product hierarchy, metrik laba rugi komersial, dan penguasaan Microsoft Excel sebagai perangkat lunak utama. Pengembangan keterampilan dan pengalaman profesional yang diperoleh kemudian menjadi bekal untuk mempersiapkan kebutuhan di pasar kerja. Berdasarkan temuan isu selama magang, perusahaan disarankan untuk melakukan standardisasi rekonsiliasi anggaran, penetapan target inovasi yang dinamis, membuat pedoman rekonsiliasi savings dan pricing, serta meningkatkan intensitas sosialisasi etika bisnis dan tanggung jawab sosial pada fungsi bisnis. Untuk mempersiapkan mahasiswa melaksanakan program magang, program studi disarankan untuk mengadakan pelatihan pendampingan, sosialisasi, dan penyesuaian relevansi perkuliahan dengan praktis di dunia kerja. Pada akhirnya, kegiatan magang ini memberikan kesadaran untuk memperluas hard skill pada pemodelan finansial dan memperbaiki kekurangan soft skill terkait fokus dan negosiasi.

In the midst of intense business competition, companies in the Fast Moving Consumer Goods (FMCG) industry compete with each other in increasing competitiveness through product innovation so that business units and brands play an important role in sales growth. To ensure each strategy runs with healthy financial conditions, the finance function of the Personal Care business unit at PT Unilever Indonesia Tbk applies a commercial finance approach in measuring detailed financial performance on each stock keeping unit (SKU). In businesses that have a large number of products, commercial finance can be a relevant approach in managing marketing budgets, supporting innovation, cost efficiency, and pricing that support business unit managerial decisions and manage risks related to accuracy in operational details. Managing business unit efficiency and profitability then becomes part of the company's efforts to maintain business sustainability. On the other hand, Unilever Indonesia also manages business sustainability through the implementation of business ethics with high intensity and social responsibility within the company defensively and proactively which has an impact on aspects of the environment, society, and social inclusiveness. In order to contribute more to the company, internship activities are accompanied by technical skills enhancement which includes understanding product hierarchy, commercial profit and loss metrics, and mastering Microsoft Excel as the main software. The skills development and professional experience gained then become provisions to prepare for the needs in the job market. Based on the findings of issues during the internship, the company is advised to standardize budget reconciliation, set dynamic innovation targets, create savings and pricing reconciliation guidelines, and increase the intensity of socialization of business ethics and social responsibility in business functions. To prepare students to carry out internship programs, study programs are advised to hold mentoring training, socialization, and adjustment of the relevance of lectures to the practical world of work. In the end, this internship activity provides awareness to expand hard skills on financial modeling and improve soft skills deficiencies related to focus and negotiation.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Ilham Luqmanul Hakim.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 91 pages + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-24-69470640 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920546869
Cover