Di akhir masa kuliah, mahasiswa dihadapi dengan kondisi yang penuh tekanan, yaitu penyusunan tugas akhir. Tekanan yang dialami dapat berujung pada rendahnya kesejahteraan diri mahasiswa. Penelitian terdahulu menemukan bahwa harapan dan optimisme berperan positif terhadap kesejahteraan psikologis mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir. Namun, perlu adanya penelitian lebih lanjut mengenai peran harapan dan optimisme dengan bentuk kesejahteraan tertinggi, yaitu flourishing. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran harapan dan optimisme secara simultan terhadap flourishing serta melihat hubungan harapan dan optimisme terhadap seluruh dimensi flourishing menggunakan metode regresi linear berganda dan korelasi. Instrumen yang digunakan adalah adaptasi Bahasa Indonesia dari The PERMA-Profiler, Adult Hope Scale, dan Life Orientation Test-Revised. Partisipan dalam penelitian ini adalah 159 mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir dengan rentang usia 21-26 tahun (M = 21,8, SD = 0,855). Hasil uji regresi linear berganda menunjukkan nilai adjusted R square sebesar 0,688. Hasil ini menunjukkan bahwa harapan dan optimisme secara simultan berkontribusi sebesar 68,8% terhadap flourishing. Koefisien beta terstandarisasi harapan sebesar 1,165 dengan signifikansi <,001 (p<0,05) dan optimisme sebesar 0,385 dengan signifikansi 0,005 (p>0,05). Harapan dan optimisme juga ditemukan memiliki hubungan positif dan signifikan dengan seluruh dimensi pada flourishing.
At the end of their studies, college students are faced with stressful conditions, namely writing an undergraduate-thesis. This stressful situation can lead to low levels of students' well-being. Previous research has found that hope and optimism play a positive role in the psychological well-being of final-year students. However, further research is needed regarding the role of hope and optimism in the highest form of well-being, namely flourishing. This study aims to examine the simultaneous role of hope and optimism on flourishing and to explore the relationship between hope and optimism with all dimensions of flourishing using multiple linear regression and correlation analysis. The instruments used in this study are the Indonesian adaptation of The PERMA-Profiler, Adult Hope Scale, and Life Orientation Test-Revised. The participants in this study were 159 final-year students, aged between 21-26 years (M = 21.8, SD = 0.855). The results of the multiple linear regression analysis show an adjusted R square value of 0.688. These results show that hope and optimism simultaneously contribute 68.8% to flourishing. The standardized beta coefficient for hope is 1.165 with a significance of <.001 (p<0.05) and optimism is 0.385 with a significance of 0.005 (p>0.05). Hope and optimism were also found to be positively and significantly correlated with all dimensions of flourishing.