UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Tindak Tutur Ilokusi dalam Caption di Instagram @picnic Supermarkt op Wielen Periode Maret-September 2020 = llocutionary Acts of Speech in Caption on Instagram @picnic Supermarkt op Wielen March-September 2020 Period

Saddatina Mutiara; Munif Yusuf, supervisor; Triaswarin Sutanarihesti, examiner; Andrea Pradsna Paramita Djarwo, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024)

 Abstrak

Tindak tutur ilokusi merupakan tuturan yang mengandung tindakan baik dari penutur atau mitra tutur atas tuturan yang disampaikan. Tindak tutur ilokusi ini memiliki beberapa klasifikasi, yaitu: tindak tutur ilokusi asertif, komisif, direktif, ekspresif, dan deklaratif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apa saja jenis tindak tutur ilokusi dalam caption Instagram @picnic supermarkt op wielen berdasarkan klasifikasinya. Penelitian ini dianalisis melalui teori tindak tutur dari Austin (1962) dan Searle (1969). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, mulai dari mengumpulkan data dari Instagram @picnic, mengelompokkan data, menjelaskan penyebab data dipilih, dan menarik kesimpulan dari hasil pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 17 unggahan dengan total 35 jenis tindak tutur ilokusi berdasarkan pengelompokkan data dalam caption di Instagram Picnic supermarkt op wielen periode Maret–September 2020. Hasil ini menunjukkan bahwa tindak tutur ilokusi dalam caption di Instagram @picnic supermarkt op wielen diduga menjadi pola strategi pemasaran yang digunakan Picnic untuk mengiklankan jasanya di media sosial.

Illocutionary speech acts are utterances containing actions of both speakers and speech partners on the speech delivered. This illocutionary speech act has several derivatives, namely: assertive, directive, commissive, expressive, and declarative illocutionary speech acts. This research aims to identify what are the types of illocutionary speech acts in the Instagram caption @picnic supermarkt op wielen based on its derivatives. This research is analyzed through speech act theory of Austin (1962) and Searle (1969). This research uses descriptive qualitative research methods, starting from collecting data from Instagram @picnic, categorizing data, explaining the causes of the data selected, and drawing conclusions from the results of the discussion. The results showed that there were 17 posts with a total of 35 types of illocutionary speech acts based on data grouping in captions on Instagram Picnic supermarkt op wielen in the March-September 2020 period. This result shows that illocutionary speech acts in Instagram caption @picnic supermarkt op wielen are thought to be a pattern of marketing strategy used by Picnic to advertise its services on social media.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Saddatina Mutiara.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 32 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-24-59535177 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920546480
Cover